11 Cara Mudah Menghindari Sakit Jantung Koroner

Advertisement

PENYAKIT jantung selalu menakutkan. Apalagi, sakit jantung koroner. Selain akibatnya bisa fatal, tidak bisa disembuhkan, biaya perawatannya juga sangat mahal.

Oleh karena itu, sebaiknya sejak dini Anda selalu memperhatikan kesehatan jantung Anda. Hindari semua penyebab sakit jantung koroner dengan melakukan pola hidup sehat.

Ya, betul pernyataan itu. Saya punya teman kerja sekantor. Ia pernah menjalani operasi jantung di sebuah rumah sakit terkenal di Jakarta. Sebagai karyawan, ia tak punya dana besar untuk biaya operasi.

Dari mana biaya untuk operasi jantung? Untunglah kantor tempat dia bekerja bersedia memberikan pinjaman dana yang dibutuhkan untuk operasi jantung. Walaupun, biayanya sangat besar.

Tidak hanya operasinya yang tergolong berat. Dampak kejiwaannya juga berat. Hingga 15 tahun kemudian, ia masih trauma dengan peristiwa (operasi jantung) yang harus dijalaninya itu. Ia tak mau jika ditugasi untuk suatu acara di Jakarta.

Terkadang, malam-malam ia datang ke kantor karena sulit tidur di rumah. Ia sering gelisah dan tidak merasa tenang. Datang ke kantor, ia bisa bercanda dengan teman-teman yang bertugas malam hari.

Yang lebih berat, ia harus mengangsur pinjamannya hingga belasan tahun. Untunglah, istrinya seorang guru di SMA Negeri. Tentu saja, gajinya bisa menutupi kebutuhan rumah tangga dan biaya sekolah anaknya. Bertambah untung lagi karena anaknya hanya satu. Ia tak butuh biaya pendidikan yang sangat besar.

Ya, itu pengalaman menderita jantung koroner yang dialami teman saya.

jalan kakijalan kaki menghindari sakit jantung (foto:apakabardunia.com)

Lemak Penyebab Utama Sakit Jantung Koroner

Jantung memang hanya sebesar kepalan tangan. Tetapi, fungsinya sangat penting. Yaitu, memompa dan menyebarkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh Anda.

Oleh karena itu, ketika jantung tak bisa berfungsi dengan baik, akibatnya juga fatal. Ia bisa menyebabkan kematian. Dan, kematian akibat penyakit jantung cukup besar di Indonseia, yaitu 35%.

Tidak hanya di Indonesia. Hal yang sama juga terjadi di negeri-negeri lain. Federasi Jantung Dunia mencatat kematian akibat penyakit jantung koroner mencapai 1,5 juta kasus lebih per tahun.

Apa penyebab utama sakit jantung koroner?

Penimbunan lemak di dalam arteri jantung adalah penyebab utama terjadinya jantung koroner. Dengan gumpalan lemak di dinding arteri, darah tidak bisa mengalir lancar. Bahkan, bisa berhenti sama sekali dan saat itulah terjadi serangan jantung.

Apa pemicu terjadinya penimbunan lemak di dalam arteri jantung atau aterosklerosis?

Ya, macam-macam. Antara lain kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes dan merokok. Oleh karena itu, jika Anda punya penyakit darah tinggi, kolesterol tinggi atau diabetes, Anda harus berusaha menekannya hingga ke tingkat normal.

Mengapa? Karena akibat dari semua penyakit itu bisa fatal. Jangan anggap remeh beberapa penyakit itu. Atasi dengan sungguh-sungguh sehingga selalu dalam tingkat yang normal. Darah tinggi normal, kolesterol normal, diabetes normal, dsb.

Intinya, penyakit jantung koroner terjadi akibat rusaknya dinding pembuluh darah. Ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan terjadinya jantung koroner. Misalnya, radikal bebas dari asap rokok dan polusi, kolesterol tinggi, hipertensi, diabetes, dsb.

Bikin Jadwal Aktivitas Hidup Sehat

penyakit jantungmakanan modern, lezat, tetapi tidak menyehatkan (sumber:obatherbaldiet.com)

Sakit jantung umumnya bukan sebagai penyebab awal. Ia merupakan akibat dari penyakit sebelumnya seperti darah tinggi, kolesterol tinggi, dsb. Oleh karena itu ada baiknya pencegahan sakit jantung dilakukan sejak dini mulai dari hilir.

Jika faktor penyebabnya diatasi atau dicegah, penyakit jantung tidak akan muncul, termasuk penyakit jantung koroner. Pencegahan dini lebih mudah dilakukan dan lebih murah dibandingkan dengan pengobatan setelah mulai terkena sakit jantung.

Selain itu, tidak akan kecacatan apa pun pada diri Anda. Anda tetap akan sehat selama hayat masih dikandung bahan.

Setidaknya ada 11 hal yang harus Anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit jantung, termasuk sakit jantung koroner. Ke-11 hal itu terdiri atas sesuatu yang harus Anda lakukan atau sesuatu yang harus Anda hindari.

Berbagai hal harus Anda lakukan supaya Anda terhindar dari sakit jantung adalah:

1. Turunkan Darah Tinggi

Penyakit darah tinggi bisa membuat penderitanya kena sakit jantung koroner jika sakit darah tinggi tidak diobati dengan baik. Banyak penderita sakit darah tinggi akhirnya juga terkena sakit jantung karena kurang seriusnya mereka menyembuhkan darah tingginya. Banyak cara bisa Anda lakukan untuk menurunkan tensi darah, termasuk mengenakan kalung kesehatan. Yang diperlukan adalah ketekunan dan kesabaran untuk mencegah darah Anda tidak naik tinggi. Sebab, darah tinggi adalah penyakit abadi.

2. Hindari Diabetes

Sama dengan penyakit darah tinggi. Penyakit diabetes yang tidak diobati dengan baik, juga bisa menyebabkan sakit jantung. Lakukan cara hidup sehat dan pola makan sehat, termasuk diet untuk mengendalikan sakit gula darah Anda. Cek selalu gula darah Anda dan hindari makanan pemicu diabetes.

berhenti merokok ucapkan, maaf saya tidak merokok (sumber:health.kompas)

3. Berhenti Merokok

Jika Anda perokok, Anda sebaiknya menghentikan kegiatan yang bisa menyebabkan Anda terkena sakit jantung koroner, darah tinggi atau sakit paru. Jika masih sehat, ya merokok tidak apa-apa. Tetapi, endapan nikotin akibat asap rokok yang Anda isap bisa menjadikan berbagai penyakit, termasuk sakit jantung. Jadi, munculnya sakit jantung adalah setelah beberapa tahun sejak Anda mulai merokok. Setelah nikotin menumpuk dan menyabkan sakit jantung atau paru.

4. Lakukan Diet: Hindari Makanan Pemicu

Diet sangat penting dengan menghindari makanan pemicu sakit darah tinggi, sakit jantung, kolesterol, diabes, dsb, termasuk sakit jantung koroner. Menurut saya, melakukan diet adalah obat pertama dan utama untuk penyembuhan berbagai penyakit yang telah disebutkan. Saya pernah satu bulan melakukan diet dengan serius, maka kadar kolesterol dan tensi darah tinggi saya turun tajam. Saya sangat senang sekali dan hingga kini saya tetap diet. Walau tidak seketat dulu.

5. Konsumsi Makanan/Buah Serba Anti

Selain tidak mengonsumsi makanan pemicu sakit darah tinggi, diabetes, kolesterol, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang membuat organ-organ penting Anda tetap sehat. Jumlah makanan dan buah yang mampu membantu menghindari darah tinggi, kolesterol, asam urat, sangat banyak. Bahkan, tidak sedikit yang ada di sekeliling kita dan murah harganya. Anda bisa memilih mana yang cocok dan menyehatkan jantung Anda.

minum minuman keras minum minuman keras tidak sehat (foto:majapahitpos.com)

6. Hindari Minuman Keras

Minuman keras juga bisa menjadi pemicu penyakit darah tinggi dan jantung. Ada tetangga saya dikenal suka mengonsumsi minuman keras. Ia sering mendorong istrinya untuk berobat ke puskesmas karena sering menderita kepala dan tengkuk pusing.  Eh, ternyata dia sendiri yang terkena stroke. Penyebabnya, ia suka mengonsumsi minuman keras. Tetapi, ia tidak mengira bahwa pengaruh minuman keras sangat besar, menyebabkan ia stroke. Usaha keras yang dia lakukan di awal diketahui ia terke stroke tak bisa menghentikan ganasnya sakit stroke.

7. Lakukan Olahraga dan Senam

Olahraga sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga Anda tidak mudah terkena penyakit. Kalau tidak sempat berolahraga, ya lakukan senam. Cukup senam yang ringan di depan rumah tetapi menyehatkan. Cukup setengah jam tiap hari. Atau 4 hari selama satu minggu. Tetapi, kebanyakan orang malas untuk berolahraga atau senam dengan berbagai alasan. Semangati diri sendiri untuk selalu berolahraga atau senam tanpa henti.

8. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Ini juga sangat penting. Makan buah dan sayur adalah aktivitas yang sangat menyehatkan. Tidak usah membeli buah yang mahal. Buah murah tetapi menyehatkan juga banyak. Pisang, misalnya. Dengan kalium yang tinggi, pisang sangat menyehatkan. Semangka, apel, melon, anggur, alpukat adalah buah yang menyehatkan. Bahkan, makanan tradisional yang sangat murah, punya kalium sangat tinggi dan sangat untuk penderita darah tinggi. Anda bisa mendapatkan di pasar-psara tradisional atau menanam sendiri.

9. Jaga Berat Badan Anda

Jaga berat badan Anda sehingga tidak kegemukan. Itu adalah sangat penting. Sebab, kegemukan bisa menyebabkan Anda mudah terkena penyakit, termasuk penyakit darah tinggi, kolesterol, dan jantung koroner. Banyak makanan modern yang bisa menyebabkan kegemukan. Anda perlu hindari, seperti mengonsumsi makanan cepat saji.

10. Hindari Kolesterol Tinggi

Lakukan pengukuran kolesterol Anda secara berkala. Jika ternyata Anda mengidap kolesterol tinggi, segera turunkan ke tingkat normal. Kolesterol tinggi juga bisa membuat Anda rawan terkena sakit jantung. Sama dengan darah tinggi. Saya pernah menderita kolesterol tinggi, yakni 253 mg/dL, membuat saya jatuh sakit. Dengan mengonsumsi obat kolesterol dan diet selama satu bulan, kolesterol saya turun menjadi 191 mg/dL. Ya, kembali ke tingkat normal.

11. Minum Obat Penyehat Tubuh

Makin tambah usia, Anda makin mudah dihinggapi penyakit. Daya tahan menurun. Apalagi, tidak ada upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Waktu masih usia 50-an tahun, makanan opor dengan kuah santan kelapa tak menyebabkan tensi saya naik.

Tetapi, setelah usia 60 tahun lebih, tensi saya mudah naik usai makan dengan kuah santan kelapa. Anda yang sudah berusia perlu meminum obat yang membuat fisik sehat, baik dengan minum obat herbal atau obat farmasi. Atau diet sehat, cara ini juga sangat efektif untuk membuat tubuh Anda selalu sehat.

Tingkatkan Pengetahuan Anda tentang Cara Hidup Sehat

Saya sekarang menyadari bahwa pengetahuan tentang kesehatan itu sangat penting. Membuat diri selalu sehat sebenarnya tidak sulit. Hanya umumnya kita kurang memberi perhatian kepada kesehatan diri kita sendiri. Makanan yang mudah mendatangkan penyakit justru disukai. Makanan yang membuat diri sehat justru dihindari atau diremehkan.

Informasi tentang kesehatan bisa Anda temukan di Internet, termasuk penjualan obat-obat herbal, obat farmasi, dsb. Luangkan waktu sedikit untuk menambah wawasan Anda mengenai kesehatan, terutama yang berkaitan dengan penyakit Anda.

Dengan cara itu, Anda bisa melaksanakan cara hidup sehat dengan baik. Anda tidak akan mengonsumsi makanan-makanan yang justru bisa menyebabkan Anda sakit atau membuat Anda tidak sehat.

Ingin contoh? Ya, makanan cepat saji. Lezat, bergengsi dan tren anak muda atau orang kaya. Padahal, itu bisa jadi sumber penyakit jika kita tidak hati-hati. Juga roti yang banyak mengandung gula pasir, kuning telur dan obat pengawet yang bisa menyebabkan sakit darah tinggi, kolesterol, dan bahkan sakit jantung.

Sebaliknya, makanan tradisional yang mengandung banyak obat untuk membuat diri kita sehat justru dihindari. Coba luangkan waktu untuk mengetahui makanan tradisional apa saja yang membuat kita selalu sehat. Tidak mudah kena darah tinggi, maag, kolesterol tinggi, sakit jantung koroner, dsb.

Kita harus mencintai obat herbal made in Indonesia seperti mempercayai obat herbal dari China. Pengembangan obat herbal di China memang sangat maju sejak zaman nenek moyang.

Demikian artikel mengenai 11 Cara Menghindari Sakit Jantung Koroner. Semoga artikel ini bermanfaat.

Save

Save

Save

Save

Save

Advertisement