13 Makanan Sehat untuk Menghindarkan Anda dari Sakit Jantung

Posted on

MENYEDIAKAN makanan sehat untuk jantung merupakan cara cerdas untuk menghindari sakit jantung. Sebab, jantung adalah salah satu organ sangat vital untuk kehidupan. Oleh karena itu, Anda harus selalu mengupayakan supaya jantung Anda selalu sehat.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung Anda adalah mengonsumsi makanan untuk kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi makanan sehat, Anda bisa terhindar dari risiko penyakit jantung atau risiko kematian akibat sakit jantung.

Hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi makanan sehat, olahraga teratur, dan tidak merokok, seseorang bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 82%. Ya, angkanya sangat tinggi.

Oleh karena itu, layak jika Anda selalu mengonsumsi makanan untuk kesehatan jantung. Bahkan, dengan mengonsumsi makanan sehat untuk penderita jantung, Anda juga akan terhindari dari berbagai penyakit lain. Kenali juga tanda-tanda sakit jantung.

13 Makanan Sehat untuk Jantung Anda dan Cara Mengonsumsinya

makanan untuk kesehatan jantung ahlinyapenyakitjantung.web.id

Pertanyaannya, makanan apa saja yang termasuk makanan sehat untuk jantung sehingga perlu Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan jantung Anda?

Ternyata, jumlah makanan sehat untuk jantung cukup banyak. Di sini akan disebutkan 13 makanan untuk kesehatan jantung yang perlu Anda konsumsi, yaitu makanan senyawa fitonutrien.

Senyawa ini akan membantu tubuh Anda untuk bekerja dengan baik dan mampu menangkal penyakit.

Makanan yang mengandung fitonutrien itu antara lain berupa sayuran dan buah-buahan. Misalnya:

1. Kacang Merah, 3 Cangkir Seminggu

Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang merah 3 cangkir dalam satu minggu. Selain sebagai makanan untuk penderita jatung, kacang-kacangan juga bisa membuat Anda cepat kenyang karena makanan itu kaya akan kandungan serat dan air. Ini akan menghindarkan Anda dari kegemukan.

Kacang-kacangan juga bisa mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Sebab, sayur ini kaya akan antioksidan.

2. Makan Biji-bijian, Turunkan Risiko Sakit Jantung

Mengonsumsi biji-bijian juga sangat bagus sebagai upaya menghindari risiko sakit jantung, diabetes, kanker, dan obesitas (kegemukan). Sebab, biji-bijian mengandung protein, serat, antioksidan, vitamin B dan mineral (zat besi, zinc dan magnesium).

Makanan biji-bijian, misalnya, gandum, beras merah dan jagung. Makanan itu adalah sumber utama karbohidrat untuk kesehatan jantung Anda.

3. Apel, Juga Efektif Cegah Kolesterol

Buah apel memiliki banyak manfaat. Di antaranya sebagai makanan sehat untuk jantung. Bahkan, juga bisa mengurangi risiko sakit kolesterol, darah tinggi, dan gula darah. Anda sebaiknya mengonsumsi 2 butir apel per hari.

Buah apel mengandung fitonutrien dan senyawa lain yang sangat baik untuk kesehatan jantung Anda. Senyawa lain, misalnya, quercetin dan pektin.

4. Bawang Putih, Gantikan Garam

manfaat bawang putihbawang putih untuk sakit jantung dan kecantikan (sumber:bawangputih.org)

Mengonsumsi bawang putih bisa menghindarkan Anda dari kemungkinan terkena penyakit jantung. Sebab, konsumsi bawang putih bisa menggantikan konsumsi garam karena rasa gurih dalam makanan. Dengan cara ini, Anda berarti mengonsumsi makanan rendah garam.

Sementara, konsumsi banyak garam bisa berisiko kena darah tinggi yang akhirnya memicu sakit darah tinggi (hipertensi) dan sakit jantung.

Anda boleh makan makanan yang mengandung garam, maksimal 5 – 6 gram perhari. Jangan lebih. Jika Anda sekarang telah menderita darah tinggi, asupan garam bisa separohnya saja per hari. Ya, biar Anda lebih sehat. .

5. Anggur, Mengandung Serat dan Senyawa Quercetin

Mengonsumsi buah anggur merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung dan menghindari sakit hipertensi atau darah tinggi. Sebab, buah anggur mengandung serat dan senyawa quercetin. Quercetin bisa menghindarkan pembuluh darah Anda dari penyumbatan.

Oleh karena itu, Anda bisa menjadikan buah anggur sebagai menu harian. Meskipun, efek anggur sebagai makanan sehat untuk jantung masih perlu penelitian lanjutan.

6. Kubis, Kaya Fitonutrien

Kubis juga kaya fitonutrien yang bisa membuat jantung Anda sehat. Selain itu, kubis juga mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin K, kalsium, potasium, dan zat besi. Anda dapat menambahkan kubis ke dalam salad atau menu sayuran Anda.

7. Buah Beri, Bagus Dibuat Camilan Menyehatkan

Buah lain yang bisa menjaga kesehatan jantung Anda adalah kelompok buah beri. Misalnya, bluberi, stroberi, rasberi, dan blackberry. Anda bisa membuat beberapa buah tersebut sebagai camilan yang menyehatkan.

Dengan kandungan serat dan antioxidan, buah beri bisa mengurangi kemungkinan penyebab penyakit jantung. Meskipun rasanya manis, tetapi mengonsumsi buah beri tidak memicu penyakit diabetes.

8. Teh Hijau, Turunkan 25% Risiko Kematian

manfaat teh hijau khasiat teh hijau sangat besar untuk kesehatan (sumber:khasiatherba.wordpress.com)

Dari hasil penelitian diketahui minum teh hijau bisa menurunkan risiko sakit jantung. Orang yang minum 5 cangkir teh hijau dalam sehari mempunyai risiko 25% lebih rendah mengalami kematian akibat stroke dan sakit jantung dibandingkan dengan mereka yang tidak minum teh hijau.

Tetapi, jika Anda minum teh hijau lebih dari 5 cangkir per hari bisa terkena penyakit batu ginjal. Sebagai pencegahan, Anda perlu memperbanyak minum air putih jika tiap hari minum teh hijau lebih dari 5 cangkir. Tujuannya supaya Anda terhindar dari kekurangan air putih (dehidrasi) dan lancar buang air keci.

9. Jeruk, Kaya Akan Kandungan Flavonoid

Buah jeruk sangat bagus sebagai makanan sehat untuk jantung Anda karena kaya akan kandungan flavonoid. Jeruk bisa berfungsi sebagai antioksidan yang menetralisir radikal bebas dan membuat jantung tetap sehat.

Selain itu, flavonoid jeruk bisa memperlancar aliran darah melalui arteri koroner, menghindari darah beku di arteri, dan mencegah oksidasi kolesterol jahat (LDL) sehingga tidak akan terjadi adanya plak pada arteri.

Jeruk juga mengandung Vitamin C yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas yang merusak, termasuk melindungi jantung.

10. Popcorn, Tinggi Serat dan Kaya Antioksidan

Cemilan anak-anak, popcorn alias berondong jagung, ternyata punya khasiat untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan sakit diabetes.

Jadi, ia bukan sekadar camilan saat nonton biskop atau nonton TV, sepak bola, dsb.

Popcorn termasuk camilan yang tinggi serat, kaya antioksidan dan rendah kalori. Tetapi, sebaiknya makanan ini digoreng tanpa menggunakan minyak dan mentega sehingga popcorn tetap rendah kalori dan lemak sehingga bisa menjadi makanan sehat untuk penderita jantung.

11. Madu, Tak Sama dengan Manisnya Gula

manfaat-madumanfaat madu sangat besar, mencegah sakit jantung (copy:obatherbalpepy.blogspot.com)

Jangan disamakan antara manisnya madu dan gula. Manisnya madu adalah manis murni sehingga ia sangat baik untuk menurunkan darah tinggi yang sekaligus menurunkan risiko sakit jantung.

Dalam Al Quran pun disebutkan tentang khasiat madu. Ia bisa dijadikan sebagai pembangun kesehatan Anda. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa madu mampu mengurangi kadar kolesterol tubuh.

12. Kuning Telur, Satu Minggu Konsumsi 1 – 2 Butir Saja

Kuning telur bisa menurunkan risiko sakit jantung jika Anda mampu membatasi konsumsinya sesuai dengan aturan. Anda sebaiknya hanya mengonsumsi telur ayam 1 – 4 butir per minggu.

Dengan cara seperti itu, telur mampu menghindarkan Anda dari risiko sakit jantung sekaligus aman dari kolesterol tinggi. Tetapi, jika Anda pernah mengalami kelosterol tinggi dan darah tinggi, Anda sebaiknya hanya makan 1 – 2 telor per minggu.

Belakangan banyak beredar telur yang diperkaya dengan omega-3 yang dapat menjadi makanan sehat untuk jantung atau membantu meningkatkan kesehatan jantung.

13. Ikan Sarden, Khasiatnya Lebih Tinggi

Ikan sarden juga bagus untuk menurunkan kadar kolesterol dan menghindari risiko sakit jantung. Bahkan, khasiat ikan sarden lebih tinggi dibandingkan ikan salmon sebagai makanan untuk kesehatan jantung.

Kata pakar gizi, Joy Bauer, ikan sarden sangat kaya omega-3. Ikan ini tidak hanya mengurangi tingkat darah trigliserida yang bisa menyumbat arteri, tetapi juga bisa mengatasi sakit jantung.

Demikian informasi mengenai berbagai makanan sehat untuk jantung. Anda bisa memilih beberapa untuk Anda konsumsi sehingga Anda bisa menjaga kesehatan jantung Anda.

Anda juga bisa membeli makanan olahan dalam bentuk obat herbal sakit jantung di berbagai toko obat, offline atau online, jika Anda tidak ingin mengolah atau membuat sendiri. Ya, terserah Anda. Yang penting, Anda selalu berusaha mencegah sakit jantung Anda.

Semoga tips tentang menjaga kesehatan jantung ini bermanfaat bagi Anda semua. Pepatah lama mengatakan bahwa mencegah timbulnya penyakit lebih baik daripada mengobati penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *