Connect with us

Sakit Jantung

14 Cara Menghindari Stres dengan Mudah

Published

on

TIAP hari masalah datang silih berganti. Di rumah, tempat kerja atau di mana pun, sama saja. Tetapi, bagaimana cara menghindari stres sehingga Anda tetap sehat dan semua masalah bisa terselesaikan dengan baik?

Ya, semua orang bisa menderita stres. Apalagi di zaman sekarang di mana beban hidup makin tinggi. Banyak orang stres karena berbagai permasalahan hidup yang datang silih berganti.

Stres bisa terjadi berkaitan dengan masalah keluarga, kantor, organisasi, tetangga, atau lainnya. Anak nakal, tidak nurut perintah orang tua, nilai sekolahnya terjun bebas, suami selingkuh, istri boros, dsb.

Singkat kata, stres bisa terjadi di mana-mana dan muncul kapan saja. Walaupun, terkadang Anda sendiri tidak merasa stres.

Saya sendiri pernah merasakan hal seperti itu. Saya merasa tidak stres. Saya biasa-biasa saja. Tetapi, saat periksa dokter, tensi saya naik sangat tinggi, yakni 190/110.

Tidak hanya di satu tempat. Saya periksa tensi di tempat lain, hasilnya juga sama. Saya sadari saat itu saya punya masalah. Tetapi, saya anggap bukan masalah berat dan saya bisa atasi.

Tetapi, kenyataannya tensi darah saya naik sangat tinggi. Ya, ini benar-benar tensi tinggi yang tidak akan saya lupakan.

Tentu saja, stres akan mengganggu kinerja Anda ataupun kesehatan Anda. Banyak orang menderita darah tinggi, stroke, sakit jantung, dsb. akibat sering stres. Ya, stres berat yang sering terjadi bisa membuat seseorang menderita sakit.

Pertanyaannya adalah bagaimana Anda bisa menyelesaikan berbagai masalah yang Anda hadapi tanpa harus stres? Ah, kayak pegadaian saja. Semboyannya, Mengatasi Masalah tanpa Masalah.

mengatasi stresstres berat..(sumber:shintagunadi08.worpress.com)

Daftar 14 Tips Menghindari Stres dengan Mudah

Ya, betul. Stres bisa mempengaruhi kesehatan Anda. Tensi bisa naik, bahkan naik cukup tinggi seperti pernah saya alami.

Oleh karena itu, penderita penyakit darah tinggi atau sakit apa pun harus menghindari stres. Jika Anda punya masalah, jangan dipikirkan. Apalagi, dipikir terus-menerus sampai mendalam dan menguasai pikiran Anda.

Anda bisa stres berat. Sampai-sampai makan tak enak, tidur pun tak nyenyak. Ini bisa mengganggu kesehatan fisik Anda.

Bagaimana cara mengatasi stres? Bagaimana stres tidak menghinggapi diri Anda? Apa saja yang harus Anda lakukan supaya Anda bisa menghilangkan stres biarpun punya masalah besar?

Berikut ini 14 cara menghindari stres yang bisa Anda lakukan. Tentu saja, dengan tips menghindari atau mengatasi stres ini tidak berarti masalah Anda selesai. Tetapi, tanpa stres, Anda tetap sehat dan akhirnya mampu menyelesaikan masalah dengan baik.

Sebaliknya, jika Anda stres, masalah tidak selesai dan Anda justru makin tidak sehat. Tensi Anda makin tinggi dan akhirnya harus masuk rumah sakit. Kian bertambah stres kan?

Jadi, rumusnya adalah stres + stres sama dengan stres ++ (plus plus).

Ya, ini adalah rumus rekaan. Tujuannya supaya Anda tidak stres dengan membaca artikel ini.

Apa saja yang harus Anda lakukan untuk menghindari atau menghilangkan stres?

1. Berdoa Supaya Hati Tenang

Ini adalah tindakan pertama dan utama yang harus Anda lakukan. Apa pun agama Anda. Berdoalah kepada Tuhan supaya hati tenang, dijauhkan dari stres, selalu diberi kesehatan dan diberi jalan untuk menyelesaikan masalah yang Anda hadapi sebagai sumber stres.

Ini harus Anda lakukan berulang-ulang. Tidak hanya tiap hari, tetapi tiap waktu. Bagi muslim seperti saya, misalnya, berdoalah seperti itu tiap selesai shalat (sembahyang). Tuhan itu sangat dekat dengan Anda dan doa Anda pasti didengar.

cara mengatasi stresmembaca alquran atau kitab suci bisa menghilangkan stres (sumber:dalaail.blogspot.co.id)

2. Membaca Alquran

Tiap agama pasti punya Kitab Suci. Bacalah Kitab Suci Anda karena itu bisa menenteramkan hati. Bagi muslim membaca Alquran. Bagi non muslim membaca kitab suci masing-masing. Itu bisa memberi jalan hidup yang mampu membawa ke ketenangan dan bebas dari stres.

Selama membaca Alquran atau Kitab Suci, Anda akan diajak melanglangbuana ke dunia lain yang damai, tenteram, saling mengasihi dan abadi. Hati dan pikiran pun secara bertahap tapi pasti akan menjadi sangat tenang dan damai.

3. Selalu Berpikir Positif

Selalu berpikir positif juga bisa menenangkan hati dan tidak mudah stres. Lawannya, selalu berpikir negatif bisa menjadi sumber stres. Terhadap siapa pun dan dalam situasi apa pun selalu berpikirlah positif.

Dengan berpikir positif, hati akan terasa tenang dan pikiran terasa dingin. Oleh karena itu, agama selalu meminta kita tidak mudah mencurigai ataupun membincangkan kejelekan orang. Tiap informasi mengenai seseorang harus dicek dulu akurasinya. Tidak mengembangkan isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

Selalu berpikir positif terhadap siapa pun dan dalam masalah apa pun akan membantu kesehatan Anda. Makan menjadi nyaman dan tidur pun nyenyak.

4. Berpikir Sabar dan Santai

Ada lo orang yang tidak bisa berpikir sabar dan santai. Dia bukan pejabat, bukan anggota partai, apalagi anggota legislatif. Tetapi, kalau dengar orang lain membincangkan partai atau pejabat yang didukungnya dalam konteks negatif, ia marah. Ia melawannya dengan nada bicara yang tinggi (emosional).

Cara berpikir dan bersikap emosional seperti itu mudah menimbulkan stres. Anda perlu melatih diri untuk berlaku sabar dan tidak emosional. Menanggapi segala sesuatu tidak dengan emosi dan marah. Entah masalah yang diperbincangkan atau dipersoalkan itu menyangkut dirinya, keluarganya, kelompoknya, kantor tempat kerjanya, dsb.

Jika Anda masih seperti yang gambarkan di atas, cobalah berlatih mengendalikan emosi dan mempertinggi kesabaran atau sikap sabar. Caranya, selain menambah wawasan, ya bisa dengan berolahraga, melakukan meditasi, yoga, zikir, dsb.

5. Berolahraga atau Senam

Olahraga atau senam juga bisa menghilangkan atau menghindari stres. Dengan berolahraga atau senam, tidak hanya membuat fisik sehat. Jiwa juga menjadi sehat. Ya, sehat jasmani (fisik) dan sehat rohani (kejiwaan). Sehat rohani berarti mampu mengendalikan emosi dan nafsu sehingga tidak mudah stres.

Ada 5 olahraga ringan yang bisa Anda pilih untuk hidup sehat, yaitu jalan kaki, berlari, senam, push up, dan bersepeda. Sementara itu, senam juga ada senam untuk penderita sakit jantung, senam untuk penderita hipertensi, penderita diabetes, dll.

6. Bercengkerama dengan Keluarga

Ini juga penting. Luangkan waktu untuk bercengkerama dengan semua anggota keluarga. Misalnya, bercengkerama dan makan bersama tiap bulan sekali, tiap dua minggu sekali atau terserah Anda waktunya. Di situ Anda bisa menjalin keakraban dan kebersamaan di antara semua anggota keluarga.

Banyak orang modern yang kehilangan momen ini. Mereka tenggelam dalam kesibukan hariannya sehingga melupakan anggota keluarga. Bahkan, suami tak pernah sehati dengan istri atau ayah ibu tak pernah seperjalanan dengan anak-anak mereka. Huuhh..

7. Duduk Santai Sambil Relaksasi

Lengkapi rumah Anda dengan kursi santai. Di situ, Anda bisa duduk santai mengistirahatkan raga (fisik) dan jiwa (psikis) sambil melakukan relaksasi. Bisa satu minggu sekali atau dua minggu sekali. Ya, tentang waktunya terserah Anda. Yang penting, Anda harus secara teratur meluangkan waktu untuk itu demi kesehatan Anda.

Relaksasi adalah upaya menenangkan pikiran dan suasana batin dari kelelahan jiwa akibat sikap ego yang dimilikinya sehingga Anda bisa mengontrol diri, menyelamatkan jiwa dan menyehatkan tubuh.

8. Tidur yang Cukup

Tidur juga bisa menghilangkan stres. Oleh karena itu, tidurlah tiap hari dengan alokasi waktu yang cukup. Artinya, mampu menurunkan atau mengistirahatkan fisik dan psikis Anda sehingga Anda kembali sehat. Dari hasil penelitian, tidur yang cukup adalah 7 jam sehari.

Mengapa Tuhan menciptakan siang dan malam? Ya, tujuannya supaya manusia punya waktu untuk mengistirahatkan fisik dan psikisnya setiap hari. Apakah istirahatnya siang atau malam, itu terserah Anda. Sesuaikan dengan waktu Anda.

Bagi pekerja malam, tentu waktu istirahatnya siang hari. Yang lebih penting, mereka bisa terhindari dari stres.

liburan keluargaliburan keluarga bisa menghilangkan stres (sumber:id.theresianaparent.com)

9. Rekreasi/Liburan Keluarga

Saya pernah melakukan rekreasi atau liburan keluarga yang benar-benar mampu membuahkan kesegaran pada fisik dan jiwa. Ini saya lakukan ketika berlibur bersama keluarga ke Bali dengan menggunakan jasa travel.

Mengapa tidak membawa mobil sendiri? Ya, inginnya berlibur tanpa beban pikiran seperti mencari tempat menginap, mencari tempat rekreasi, mencari tempat parkir mobil, dsb. Saya dan keluarga ingin bebas dari semua beban itu. Kami semua ingin benar-benar berekreasi yang santai, nyaman tanpa beban apa pun.

Ternyata, benar apa yang saya pikirkan itu. Rekreasi atau liburan keluarga ke Bali berbeda dengan rekreasi ke kota lain di mana kami membawa mobil sendiri, termasuk rekreasi bersama teman kantor.

10. Berkebun dan Berkebun

Berkebun tidak selalu membutuhkan tanah luas. Jika Anda punya tanah luas, itu lebih baik. Tetapi, tanah sempit juga bisa. Di halaman atau teras rumah Anda juga bisa. Bahkan, di ruang tamu pun bisa.

Tentu saja, tanaman untuk berkebun di ruang tamu adalah tanaman bunga. Biar ruang tamu menyejukkan hati dan mata sehingga secara psikologis bisa menjadi cara menghindari stres.

Kini banyak dikembangkan tanaman buah dalam bentuk mini. Kecil tetapi bisa berbuah. Halaman rumah Anda bisa untuk ditanami tanaman yang bisa berbuah sehingga menambah kebanggaan dan kegembiraan Anda dalam berkebun. Tentu saja, itu otomatis bisa menjadi cara mengurangi stres.

11. Suka Melakukan Kegiatan Sosial

Aktif dalam organisasi nirlaba atau kegiatan sosial juga bisa dijadikan sarana untuk mengatasi atau menghindari stres. Seperti ramai-ramai mengecat marka jalan, memberi bantuan sembako kepada warga kurang mampu, donor darah, dsb.

Selain menambah teman dan wawasan, aktif di organisasi sosial juga bisa mempertajam kepekaan kita untuk bersimpati atau berempati dengan sesama. Ini adalah perbuatan mulia yang akan membuat Anda selalu sehat dan bebas dari stres.

Bahkan, kata Dr David Agus, kegiatan sosial juga bisa membuat otak kita selalu sehat.

bakti sosialngecat marka jalan, bakti sosial yang bisa menghilangkan stres (foto:suarasatu.com)

12. Memiliki Kosultan

Jangan salah mengartikan istilah konsultan di sini. Maksudnya adalah orang yang bisa diajak curhat untuk menyelesaikan masalah Anda. Jika Anda punya masalah, terutama masalah besar di mana Anda tidak bisa menyelesaikan sendiri, bawalah ke “konsultan” Anda.

Pilih konsultan yang bisa menyelesaikan masalah-masalah Anda. Misalnya, teman dekat, ayah, ibu, saudara, paman, tetangga atau siapa saja yang Anda anggap bisa menyelesaikan masalah Anda.

Tetapi, juga tidak ada salahnya jika Anda datang ke konsultan beneran saat Anda punya masalah, khususnya masalah besar. Tujuannya, Anda bisa mendapatkan pencerahan dan solusi sehingga tidak membuat Anda stres.

13. Mengembangkan Hobi

Anda punya hobi khusus seperti melukis, bersepeda, menaiki motor besar, bermain layang-layang, naik gunung, hiking, main game, atau hobi apa saja. Jadikan hobi Anda sebagai media (cara) untuk mengatasi atau menghilangkan stres Anda. Dengan mencegah atau menghilangkan stres, Anda akan sehat dan lebih produktif.

obat depresiobat stres yang bisa anda konsumsi (sumber:bukalapak.com)

14. Mengonsumsi Obat Penghilang Stres

Anda bisa menambah kesehatan Anda dengan mengonsumsi obat penghilang stres. Misalnya, Obat Herbal Depression and Anxiety.

Obat herbal ini berfungsi untuk menghilangkan stres dan depresi, mengurangi kecemasan berlebihan, memperbaiki metabolisme tubuh, menghilangkan kadar gula, dan membuat tidur Anda lebih berkualitas.

Stres berlebihan, jika tidak diobati bisa menyebabkan sakit darah tinggi, stroke, sakit jantung, dsb.

Dengan mengonsumsi obat ini, sistem syaraf dan kinerja otak akan lebih baik, suplai darah dan oksigen ke otak berjalan lancar. Selain itu, zat aktif dalam obat ini bisa mencegah terjadinya penyumbatan dalam pembuluh darah. Anda akan merasa lebih sehat, nyaman, dan bebas dari kecemasan.

*****

Tentu saja, masih ada cara-cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mencapai hidup sehat tanpa stres. Stres harus enyah dari diri Anda. Walaupun, Anda memiliki dan menghadapi banyak masalah, tetapi Anda harus menyelesaikannya dengan tanpa stres.

Sebab, stres akan membuat Anda bertambah sakit atau kesehatan Anda menurun. Ya, sakit darah tinggi, stroke, jantung, atau apa saja. Stres bisa membuat sakit Anda bertambah buruk.

Melalui artikel ini, mari kita menjalankan hidup sehat dengan Cara Menghindari Stres. Semoga Anda sukses.

Save

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.