Connect with us

Diet Sehat

Anda Ingin Selalu Sehat? Jalani 14 Tips Hidup Sehat Berikut Ini

Published

on

TIPS hidup sehat – Siapa yang tidak ingin hidup sehat? Semua orang pasti ingin hidup sehat. Tidak ada yang tidak. Pertanyaannya, sudahkah Anda menjalani hidup sehat? Apakah cara hidup Anda mampu membuat diri Anda sehat?

Saya yakin, jika ditanya seperti itu, kebanyakan dari Anda akan geleng kepala. Anda tidak bisa memastikan bahwa cara hidup Anda itu adalah cara hidup sehat.

Mungkin malah sebaliknya. Apa yang Anda jalani belum menuju cara hidup yang sehat. Atau apa yang Anda jalani bukan cara hidup sehat.

Saya pun seperti Anda. Belum bisa memastikan seberapa besar cara hidup saya adalah cara hidup sehat. Kecuali Anda adalah seorang dokter atau petugas paramedis lainnya.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda atau kita semua untuk menjalankan tips hidup sehat. Yaitu, tips bagaimana menjalankan pola hidup sehat sehingga tubuh kita bisa selalu sehat.

Perbanyak Pengetahuan Anda tentang Cara Hidup Sehat

tips hidup sehatsumber:trikcantik.com

SENAM: senam dan mengonsumsi makanan sehat adalah kunci dari hidup sehat

Ya, tips kesehatan ini sangat penting untuk Anda ketahui supaya Anda bisa hidup sehat. Bisa menghindari hal-hal yang membuat hidup Anda tidak sehat. Bisa memperbanyak konsumsi untuk makanan dan buah yang bisa membuat hidup Anda lebih sehat.

Dulu, pada tahun-tahun awal menderita penyakit darah tinggi, boleh dikatakan bahwa pengetahuan saya tentang darah tinggi atau hipertensi sangat minim.

Saat itu, yang saya tahu hanyalah penderita darah tinggi jangan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak garam (rasa asin), jangan makan daging kambing, dan jangan makan buah durian.

Sangat sedikit sekali informasi yang saya ketahui tentang sakit hipertensi. Apalagi, saat itu penggunaan internet belum memasyarakat seperti sekarang.

Bahkan, saat itu banyak kantor besar, negeri maupun swasta, belum menggunakan komputer. Lebih-lebih untuk internet. Ketika itu, kata internet belum menjadi bagian dari keseharian kita.

Saya pun jatuh bangun menghadapi deraan darah tinggi. Satu-satunya cara adalah periksa dokter. Setelah mendapatkan obat, saya minum obat hingga habis. Akhirnya dokter memberi obat generik untuk darah tinggi yang harganya cukup murah.

Ketika suatu saat mengonsumsi makanan penyebab tensi tinggi karena ketidaktahuan saya, saya pun jatuh sakit dan kembali ke dokter. Itu terjadi berulang-ulang karena minimnya informasi mengenai penyakit darah tinggi.

Bukan hanya saya. Di wilayah tempat saya tinggal, ada beberapa orang yang terkena stroke akibat penyakit darah tingginya tidak diobati dengan baik. Bahkan, seorang di antaranya adalah profesor ahli hukum perdata yang sangat energik.

Umumnya mereka sadar tentang perlu memiliki banyak informasi atau pengetahuan tentang penyakitnya dan menjalankan informasi setelah sakit stroke mulai menyerang.

Tentu saja, ibarat nasi sudah menjadi bubur. Untuk mengembalikan lagi menjadi nasi tentu sulit. Begitulah sakit stroke.

Tetangga saya, begitu dokter menyatakan dia terkena stroke, segera ia bersepeda tiap pagi. Inginnya berolahraga dengan bersepeda supaya sehat.

Berkali-kali jatuh karena sebagian anggota tubuhnya telah terserang stroke. Anggota tubuhnya tidak bisa digerakkan dengan mudah sesuai dengan keinginan.

Ketika usahanya itu tidak membawa hasil, akhirnya ia menyerah. Ia tidak melanjutkan usahanya untuk hidup sehat.

14 Tips Hidup Sehat yang Harus Anda Jalankan Tiap Hari

cuci tanganselalu cuci tangan menggunakan sabun (sumber:bibli.com)

Tips hidup sehat adalah sangat penting. Anda harus memiliki banyak tips untuk hidup sehat dan melaksanakannya.

Baik tips yang bersifat umum ataupun tips yang bersifat khusus sesuai dengan sakit yang Anda derita.

Hidup sehat itu sangat penting. Selain nyaman, hidup sehat akan membuat Anda bisa melakukan kegiatan dan pekerjaan apa pun yang Anda inginkan.

Jangan terbalik. Misalnya disuruh makan karena sudah waktunya makan, Anda jawab, “Wah, masih banyak kerjaan. Makan nanti saja.” Ini adalah pripsip hidup yang terbalik dan harus diperbaiki.

Diberitahu waktunya makan siang, ya Anda harus segera makan. Tinggalkan pekerjaan karena makan pada waktunya adalah sehat. Sering terlambat makan bisa berakibat kena sakit maag.

Berikut ini adalah 14 tips hidup sehat yang bersifat umum. Syukur Anda bisa menjalankan semuanya sekaligus. Jika tidak, lakukan secara bertahap. Pilih tips mana yang bisa Anda jalankan sehingga mampu membuat tubuh Anda selalu sehat.

Setelah itu, selalu tingkatkan sehingga akhirnya Anda bisa menjalankan semua tips cara hidup sehat. Tips khusus diperbincangkan pada bahasan sakit khusus, seperti sakit kolesterol, darah tinggi, maag, stroke, dsb.

Inilah 14 tips hidup sehat yang harus Anda jalankan:

1. Jaga Kebersihan

Ini sangat penting supaya lingkungan Anda, terutama di rumah dan tempat kerja, selalu bersih. Bersih bisa membuat lingkungan Anda sehat, tidak membuat Anda mudah sakit.

2. Makan Cukup

Anda harus makan dalam porsi cukup. Jangan berlebihan. Apalagi, jika makanan yang Anda konsumsi bukan makanan sehat. Misalnya, makanan mengandung banyak lemak, banyak kandungan gula, dsb. Ini akan membuat Anda kegemukan dan mudah terkena penyakit.

3. Makan pada Waktunya

Di atas sudah disinggung tentang perlu makan pada waktunya. Ini harus Anda jalankan dengan baik supaya tidak terhinggapi sakit maag.

Sakit maag?? Waduhhh … kalau bisa jangan. Ini sangat menyiksa.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Ini juga sangat penting. Makanan sehat adalah makanan yang membuat diri Anda sehat, baik secara umum atau secara khusus. Secara khusus, maksudnya adalah sesuai dengan penyakit Anda. Misalnya, makanan penurun kolesterol, makanan penurun darah tinggi, makanan untuk penderita asam urat, dsb. Itu adalah makanan-makanan sehat.

5. Hindari Makanan Tidak Sehat

Ya, misalnya makanan berlemak, banyak kandungan gula, banyak kandungan garam, makanan siap saji, dsb. Penilaian tidak sehat terutama berkaitan dengan penyakit Anda. Misalnya, makanan penyebab darah tinggi, makanan penyebab kolesterol tinggi, makanan penyebab asam urat, dsb.

6. Konsumsi Makanan Berserat

Makanan jenis ini penting untuk membuat tubuh Anda bebas dari serangan bakteri. Contoh makanan berserat adalah wortel, apel, dan kacang-kacangan.

7. Konsumsi Vitamin D

Vitamin ini berfungsi untuk menstimulus sel imun untuk menghalau virus dan bakteri. Untuk mendapatkan vitamin D yang cukup, Anda bisa berjemur matahari, makan telur, hati dan ikan. Paling murah adalah berjemur di bawah sinar matahari, terutama di pagi hari.

8. Perbanyak Minum Air Putih

Ya, Anda boleh minum ini minum itu. Tetapi, yang harus diperbanyak adalah minum air putih. Ia akan membuat diri Anda sehat dan menetralisir semua zat negatif yang masuk ke tubuh Anda.

9. Lakukan Olaraga

Anda perlu berolahraga rutin untuk membuat diri Anda tetap sehat. Tidak harus berolahraga berat. Apalagi, jika usia Anda sudah kepala 5 ke atas. Anda bisa olahraga dengan jalan kaki, bersepeda, senam, dsb.

minuman alkoholhindari minuman alkohol supaya tetap sehat..(sumber:health.kompas.com)

10. Tidak Minum Alkohol dan Merokok

Ya, ini adalah anjuran klasik. Anjuran yang suka diperdebatkan. Tetapi, buat saya, pedomannya satu. Jika Anda ingin hidup sehat, ya dua hal itu harus dihindari. Kalau ingin sakit atau mendapatkan efek negatif, ya silakan…

11. Istirahat Cukup

Daya tahan tubuh ada batasnya. Walaupun Anda sehat. Supaya tetap sehat, Anda harus beristirahat cukup, termasuk istirahat adalah saat Anda tidur.

Jadi, jangan berpikiran istirahat mengurangi jam kerja. Tetapi, ingin supaya produkvitas kerja kembali tinggi. Sebab, fisik dan psikis bisa merasa lelah. Istirahat sebagai upaya mengembalikan fisik dan psikis Anda kembali sehat dengan semangat tinggi.

12. Jangan Stres

Hindari stres supaya Anda tetap sehat dan produktif. Anda perlu melatih diri untuk tidak mudah stres. Apa pun problem yang Anda hadapi, Anda harus menghadapi dengan tenang dan mampu mencari solusi yang bisa menyelesaikan masalah Anda.

13. Jangan Kurang dan Jangan Berlebihan

Ya, istilahnya hidup seimbang. Jangan makan suatu makanan berlebihan tetapi juga jangan kurang dari ukuran normal. Tidak hanya dari segi fisik, tetapi juga kandungannya. Baik yang kurang atau berlebih dari ukuran normal, tidak membuat Anda sehat.

Misalnya, tubuh Anda membutuhkan kolesterol supaya sehat. Tetapi, jika kolesterol Anda lebih dari 200 mg/dL, ya Anda akan sakit. Apalagi, kolesterol Anda lebih dari 140 mg/dL, Anda bisa sakit jantung seperti dialami adik ipar saya yang punya kolesterol 185 mg/dL sehingga ia harus masuk rumah sakit.

14. Jangan Malas Jalankan Tips Sehat

obat-herbalobat herbal untuk hidul sehat…(sumber:jellygamatgoldgplus.com)

Ini yang sulit. Menjalankan semua tips hidup sehat sesuai dengan aturan. Mengerti dan memahami cara hidup sehat adalah mudah. Satu kali atau dua kali membaca artikel tentang hidup sehat selesai. Anda tahu apa yang harus dijalankan dan apa yang harus dihindari.

Tetapi, untuk menjalankan semua tips sehat dalam kehidupan sehari-hari?

“Wahh…gimana yaaa..!” jawab beberapa orang yang saya tanya tentang kemungkinan menjalankan diet sehat.  Ya, antara pengetahuan dan praktek memang sering berbeda. Praktek selalu ketinggalan jauh.

Contohnya tentang kebersihan. Semua orang Indonesia tahu tentang pentingnya kebersihan. Kebersihan adalah pangkal utama dari kesehatan. Tidak ada kesehatan tanpa kebersihan.

Artinya, jika Anda ingin selalu sehat, ya Anda harus selalu bersih. Mandi tiap hari dua kali, rumah selalu bersih, kamar mandi selalu bersih, pakaian selalu bersih, hati selalu bersih, dsb, dsb.

Tetapi, bagaimana prakteknya? Huuhhh…

Anda tahu sendiri jawabannya. Tak hanya di dalam negeri. Di Hongkong, kata Ustad Yusuf Mansyur, jika ditemui ada sampah berserakan, pasti dekat daerah itu ada beberapa penduduk asal Indonesia.

Wahhh…malu-maluin itu Ustad. Tegur saja mereka….

Itulah beberapa tips kesehatan atau tips untuk hidup sehat yang harus Anda jalankan tiap hari supaya Anda tetap sehat. Sebab, hidup sehat itu nyaman dan menyenangkan. Semua dari kita pasti ingin hidup sehat. Tetapi, hidup sehat tidak gratis. Harus ada upaya….

Obat herbal bisa membantu Anda untuk mencapai hidup sehat. Obat herbal umumnya bebas efek samping dan harganya tidak mahal.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.