15 Tips Menurunkan Kolesterol dengan Mudah dan Cepat

Posted on

ANDA menderita kolesterol tinggi? Tidak perlu khawatir. Dengan usaha sungguh-sungguh, Anda bisa menurunkan kolesterol Anda menjadi normal dalam waktu tidak terlalu lama. Caranya dengan melaksanakan 15 tips menurunkan kolesterol yang akan dijelaskan di bawah nanti.

Ya, Anda harus memperhatikan bagaimana kolesterol Anda, terutama bagi Anda yang telah berusia 40 tahun lebih. Jika sampai sekarang belum mengetahui bagaimana dan berapa kadar kolesterol Anda, Anda perlu periksa dokter untuk memastikan kolesterol Anda: sehat atau tidak sehat.

Kolesterol perlu mendapat perhatian jika Anda ingin tetap sehat. Kolesterol tinggi bisa membuat Anda menderita sakit jantung, stroke, atau lainnya jika tidak segera diobati atau diturunkan.

Adik ipar saya, tempo hari harus masuk rumah sakit karena kolesterol tinggi. Ia tidak tahu bahwa dirinya menderita kolesterol tinggi. Tidak ada gejala atau tanda-tanda yang menunjukkan ia sakit kolesterol.

Tanda-tanda kolesterol itu muncul saat kadar kolesterol sudah sangat tinggi, yakni 285 mg/dL. Tengkuk dan punggung sering sakit. Dibawa ke rukang pijat beberapa kali, sakitnya tidak sembuh. Akhirnya ia periksa ke puskesmas.

Setelah periksa laboratorium diketahui dia menderita kolesterol tinggi. Bahkan, jantungnya juga telah kena akibat kolesterol tinggi yang tidak diobati. Dokter pun memerintahkan ia masuk rumah sakit untuk menurunkan kolesterol tinggi dan menyembuhkan sakit jantungnya.

 15 Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Jalankan

obat kolesterol

OBAT KOLESTEROL: seseorang sedang minum obat kolesterol

Berikut ini 15 tips menurunkan kolesterol tinggi dengan mudah dan cepat sehingga Anda bisa segera terbebas dari penderitaan akibat kolesterol tinggi.

Perlu diketahui, gejala sakit kolesterol hampir sama dengan gejala sakit darah tinggi atau hipertensi. Yaitu, sakit di tengkuk, punggung, dan sakit kepala.

Jika Anda merasakan gejala seperti itu, berikut ini tips menurunkan kolesterol tinggi. Apalagi rasa sakit berulang-ulang, Anda jangan hanya pergi ke tukang pijat atau minum obat pusing kepala. Itu justru membuat kadar kolesterol Anda terus naik menjadi kolesterol tinggi.

1. Periksa Dokter, Cek Kolesterol

Pergi ke dokter untuk mengetahui gejala apa yang Anda rasakan. Apakah sakit Anda akibat darah tinggi, kolesterol atau lainnya. Gejala dari kedua penyakit itu hampir sama. Perlu pengecekan dengan alat cek kolesterol untuk memastikan sakit dan berapa kadar kolesterol Anda. Atau keduanya sama-sama naik: kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

2. Jika Anda Dipastikan Sakit Kolesterol

Jika dari hasil pemeriksaan laboratorium atau alat khusus untuk memeriksa khusus dipastikan bahwa kolesterol Anda tinggi atau lebih tinggi dari angka normal (200 mg/dL), Anda harus berusaha menurunkannya. Anda ikuti apa yang disarankan oleh dokter. Banyak cara menurunkan kolesterol yang bisa Anda lakukan.

3. Minum Obat Penurun Kolesterol

Konsumsi obat penurun kolesterol dari dokter dengan teratur. Ada beberapa obat pilihan yang harus Anda konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol Anda. Anda juga bisa mengonsumsi obat herbal yang juga berkhasiat untuk menurunkan kolesterol Anda.

Tetapi, Anda sebaiknya memilih salah satu dari kedua jenis obat itu: obat farmasi atau obat herbal. Anda juga bisa membuat obat kolesterol alami dari tumbuhan obat yang bisa Anda temukan di kebun atau beli di pasar tradisional atau swalayan. Banyak tumbuhan obat berkembang di sekitar kita.

Anda bisa memilih cara mana yang akan Anda lakukan. Yang terpenting adalah bisa menurunkan kolesterol Anda.

4. Hindari Makanan Penyebab Kolesterol

Cara menurunkan kolesterol berikutnya adalah perbanyak makanan yang tergolong sebagai penyebab kolesterol, terutama yang kandungan kolesterolnya sangat tinggi dan Anda harus menghindarinya. Misalnya, kuning telor, cumi-cumi, otak sapi, otak babi, dan telur burung puyuh.

Karena kandungan kolesterolnya sangat tinggi, biar nanti kolesterol Anda sudah kembali normal, Anda sebaiknya tetap menghindari makanan-makanan itu. Sebab, jika Anda mengonsumsi makanan larangan super-tinggi itu, dikhawatirkan penyakit kolesterol Anda kambuh lagi.

Selain itu, obat kolesterol yang Anda konsumsi akan percuma karena kalah pengaruh dengan makanan penyebab kolesterol yang Anda konsumsi.

makanan penyebab kolesterol

PANTANGAN: daging disertai lemak merupakan salah satu makanan pantangan kolesterol

5. Buat Daftar Makanan Pantangan

Tempelkan daftar makanan pantangan kolesterol itu di meja makan Anda. Buat daftar makanan pantangan kolesterol lengkap. Bukan hanya yang tertera pada poin 4, tetapi lengkapi dengan makanan pantangan lainnya. Tujuannya supaya Anda selalu ingat ada makanan pantangan kolesterol bagi Anda dan Anda harus mematuhinya.

6. Hindari Makan di Luar

Hindari makan di luar, khususnya di restoran atau rumah makan besar di mana Anda tidak bisa mengontrol menu makanan yang akan Anda konsumsi. Ini sering menjadi penyebab terjadinya kolesterol tinggi karena makanan menggunakan bahan penyebab kolesterol tinggi.

Jika Anda terpaksa makan di restoran karena dalam perjalanan jauh. Anda harus hati-hati. Jangan mengonsumsi makanan yang tidak jelas keamanannya. Pastikan bahwa makanan yang Anda konsumsi adalah bukan makanan pantangan kolesterol tinggi.

7. Lakukan Diet Kolesterol

Diet kolesterol sangat penting. Yaitu, menghindari makanan-makanan penyebab kolesterol tinggi. Jika kandungan kolesterolnya agak rendah, Anda bisa mengonsumsi tetapi sedikit dan tidak tiap hari. Tetapi, untuk makanan dengan kolesterol tinggi, Anda harus benar-benar menghindarinya.

8. Konsumsi Makanan Penurun Kolesterol

Perbanyak konsumsi makanan dan buah penurun kolesterol. Banyak buah yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol Anda. Tidak sedikit buah penurun kolesterol itu rasanya manis, lezat dan segar.

Misalnya, semangka dan melon. Ini adalah buah yang sangat baik untuk membantu menurunkan kolesterol Anda. Selain bermanfaat untuk kesehatan, kedua buah itu resanya segar dan manis. Semua orang, termasuk Anda, tentu suka.

Ada banyak buah yang bisa membantu menurunkan kolesterol Anda. Demikian pula makanan penurun sakit kolesterol. Anda bisa memilih mana yang Anda suka dan mudah mendapatkannya.

9. Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak minum air putih juga bisa membantu menurunkan kolesterol Anda dengan cepat. Manfaat air putih sangat besar untuk kesehatan. Usahakan setidaknya minum 2,5 liter per hari.

Air putih murah harganya tetapi besar khasiatnya. Kenyataannya banyak orang yang setiap harinya sangat sedikit minum air putih. Yang terbanyak minum kopi dan minuman lain yang menyebabkan tidak sehat. Anda sebaiknya pergi ke manapun selaluy membawa air putih dalam botol biar selalu minum air putih kapan pun.

10. Lakukan Olahraga dan Senam

Lakukan olahraga, jalan kaki, bersepeda atau aktivitas fisik lainnya. Ini juga cara menurunkan kolesterol dengan mudah dan cepat. Tidak hanya untuk penyakit kolesterol, aktivitas fisik perlu Anda lakukan untuk mencegah dari penyakit lainnya.

Setidaknya Anda perlu lakukan olahraga 4 hari selama satu minggu. Apalagi, bagi Anda yang tiap hari banyak duduk seperti pekerja kantoran. Olahraga, senam, jalan kaki, dsb sangat penting untuk dilakukan biar Anda tetap sehat dan tidak terkena penyakit wazir.

11. Istirahat yang Cukup

tidur

ISTIRAHAT: tidur cukup bisa menghindari stres yang akhirnya positif untuk penurunan kolesterol

Ya, istirahat cukup juga sangat penting Anda lakukan untuk bisa menurunkan kolesterol dengan cepat. Di kantor-kantor atau perusahaan, biasanya ada jam istirahat. Gunakan waktu istirahat dengan baik supaya pikiran Anda rileks dan Anda terhindar dari sakit, termasuk sakit kolesterol. Setidaknya Anda perlu istirahat 7 jam tiap hari, termasuk tidur.

12. Hindari Stres

Ini juga sangat penting untuk membuat diri Anda sehat dan tidak mudah dihinggapi penyakit, termasuk penyakit kolesterol tinggi. Biarpun Anda menghadapi banyak masalah, bahkan masalah berat, tetapi Anda harus menghadapi dengan tenang tanpa stres.

Ini memang perlu wawasan dan latihan. Ya, Anda perlu melatih diri untuk tidak mudah stres atau mampu menghindari stres. Sebab, stres selain bisa menyebabkan Anda sakit, stres juga tidak menyelesaikan masalah. Kolesterol justru bisa makin tinggi.

13. Jangan Merokok

Merokok bukan cara hidup sehat. Oleh karena itu, jika Anda ingin hidup sehat dan tidak terhinggapi oleh penyakit kolesterol, ya jangan merokok.

Selain itu, jangan sering berada di tempat dekat dengan orang yang sedang merokok. Biar Anda tidak merokok, tetapi sering berada di dekat orang yang sedang merokok, ya Anda juga ikut menghirup asap kotor dari orang merokok. Anda harus menghindar dari mereka. Di sinilah pentingnya ada tempat khusus bagi perokok.

Tujuannya mereka tidak menyebarkan virus kepada orang yang sehat dan ingin tetap hidup sehat dengan tidak merokok. Berhenti merokok akan menurunkan kolesterol Anda.

14. Hindari Minuman Keras

Sama dengan merokok, mengonsumsi minuman keras atau memabukkan juga bukan cara hidup yang sehat. Ya, segala macam minuman atau makanan yang memabukkan justru membuat tubuh Anda mudah terkena penyakit, termasuk stroke dan sakit jantung.

Demikian pula mengonsumsi narkoba, juga bukan cara hidup yang baik dan sehat. Hindari konsumsi narkoba.

15. Turunkan Berat Badan

Tips cara menurunkan kolesterol terakhir adalah dengan menurunkan berat badan jika Anda berat badan Anda melebihi ukuran normal atau kegemukan. Anda harus menurunkannya menjadi berat badan ideal. Kegemukan atau obesitas sering menyebabkan seseorang mudah terkena kolesterol, bahkan sakit jantung. Oleh karena itu, Anda harus menurunkan berat badan Anda biar Anda bisa hidup sehat.

Demikian artikel tentang 15 Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Sangat Mudah. Jika Anda sudah pernah terkena sakit kolesterol, tentu Anda bisa melaksanakan ke-15 tips ini dengan mudah. Semoga Anda bisa sukses membuat kolesterol Anda tetap normal.

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *