15 Tips Sukses Menjaga Kesehatan Jantung, meski Anda Punya Darah Tinggi

Posted on

BAGAIMANA supaya jantung Anda tetap sehat, walaupun Anda menderita darah tinggi, kolesterol tinggi, atau sakit lainnya? Berikut ini 15 tips menjaga kesehatan jantung yang bisa Anda praktekkan dengan mudah.

Ya, menjaga kesehatan jantung adalah sangat penting. Jantung adalah pusat peredaran darah yang akan membuat tubuh Anda tetap sehat.

Saya menderita darah tinggi 25 tahun lebih. Tetapi, saat cek jantung di laboratorium belum lama ini, jantung saya dinyatakan sehat tanpa catatan apa pun.

Kondisi ini sangat saya syukuri. Tadinya, sebelum menjalani rontgen di sebuah klinik, saya merasa dag-dig-dug. Saya sangat khawatir dengan kondisi jantung saya. Jangan-jangan jantung saya tidak sehat lagi akibat darah tinggi belasan tahun.

Apalagi, saya memiliki beberapa teman yang sudah operasi jantung. Ada yang menjalani operasi bypass, pasang ring, dsb. Biaya pengobatan jantung tidak kecil.

Beberapa teman saya menghabiskan biaya Rp 100 juta lebih untuk mengobati penyakit jantung yang dideritanya. Ada yang utang perusahaan tempat kerja atau jual mobilnya.

Oleh karena itu, saat menjalani rontgen jantung di laboratorium, saya sangat khawatir. Tetapi, saya serahkan semuanya kepada Tuhan.

Saat dokter yang mengobati darah tinggi membuka hasil rontgen dan jantung saya dinyatakan sehat, langsung saya menyatakan bersyukur dan terima kasih kepada Tuhan.

Rasa syukur terus-menerus saya ucapkan dalam hati. Hati merasa sangat lega dinyatakan jantung saya sehat. Kini saya kembali bersemangat dalam bekerja dan optimis menghadapi masa depan.

Tentu saja, saya harus terus menjaga kesehatan jantung saya, hipertensi saya, kolesterol saya, dsb. Sakit darah tinggi (hipertensi) dan kolesterol tinggi yang tidak diobati sampai tuntas bisa menyebabkan sakit jantung atau stroke.

15 Tips Menjaga Kesehatan Jantung yang Saya Lakukan

kesehatan jantungjaga jantungmu (sumber:obatalternatifjantungbocor.com)

Bagaimana cara menjaga kesehatan jantung, meskipun sudah 25 tahun menderita sakit darah tinggi? Padahal, penderita darah tinggi sangat rentan terkena sakit jantung. Demikian pula kolesterol tinggi.

Ya, saya ingin sampaikan 15 tips menjaga kesehatan jantung yang saya lakukan. Jadi, ini bukan sekadar teori, tetapi berdasarkan pengalaman yang saya lakukan selama 25 tahun lebih menderita darah tinggi, ditambah penyakit kolesterol tinggi sejak tiga tahun lalu.

1. Selalu Hindari Makanan Pantangan

Sedapat mungkin, saya selalu menghindari makanan pantangan atau makanan penyebab darah tinggi dan kolesterol tinggi, .

Di mana pun, saya selalu berhati-hati saat makan di luar rumah. Terutama di tempat pesta orang punya kerja, di hotel atau restoran, atau di rumah makan.

Walaupun sulit untuk menghindari 100%, namun saya tetap berusaha menghindari makanan larangan itu sebagai salah satu cara menjaga kesehatan jantung.

Darah tinggi saya naik, umumnya terjadi akibat makan di tempat-tempat yang telah saya sebutkan itu. Saya hanya satu kali darah tinggi naik akibat makanan di rumah.

2. Pengalaman Harus Dijadikan sebagai Guru Terbaik

Pengalaman mengonsumsi makanan harus dijadikan sebagai guru terbaik. Artinya, jika hari ini darah tinggi naik akibat minuman kopi yang saya minum, lain kali saya tak ingin minum kopi lagi.

Begitu seterusnya sehingga akhirnya saya bisa menemukan sederet pengalaman yang tidak terlupakan, tetapi tidak ingin mengulanginya, termasuk bagaimana cara pengobatan darah tinggi yang efektif.

3. Jangan Suka Coba-coba Melanggar Aturan

Ya, ini sangat penting. Saya pernah sekali melanggar aturan ini. Makan daging kambing bisa menjadi penyebab darah tinggi naik. Saya pun sudah belasan tahun tidak mengonsumsi daging kambing.

Eh, waktu naik haji saya melanggar aturan itu. Saya ikut makan nasi kambing guling dalam suatu acara tradisi di rumah seorang syekh di Mekah. Malamnya, saya tidak bisa tidur akibat darah tinggi saya naik.

Pagi harinya, saya langsung periksa dokter dan meminta obat penurun darah tinggi. Saya pun berjanji tidak akan mengulangi perbuatan sembrono itu. Risikonya sangat besar, yaitu stroke atau sakit jantung.

4. Jangan Mengonsumsi Makanan Barat yang Tak Jelas

Ini saya alami di hotel berbintang empat. Saya mendatangi acara makan-makan bersama teman. Kami semua dijamu dengan masakan barat.

Saya telah tanya kepada kepala koki di hotel itu tentang keamanan makanan yang disajikan untuk darah tinggi saya. Dia tak bisa menjelaskan detail. Saya saat itu makan beberapa sajian yang tak jelas itu bersama teman-teman. Esoknya, aduhh… tensi darah saya naik hingga dua minggu baru sembuh.

5. Jangan Mudah Tergoda Bujuk Rayu Teman atau Siapa Pun

Jangan mudah terkena bujuk rayu teman atau siapa pun untuk mengonsumsi makanan pantangan atau larangan. Jangan anggap sepele terhadap penyakit darah tinggi. Kalau Anda tidak disiplin dalam menghindari makanan penyebab darah tinggi, akibatnya bisa fatal. Bisa terkena stroke atau sakit jantung.

Saya punya kenalan dan tetangga yang sakit stroke akibat melanggar makanan larangan. Bahkan, ada juga yang saya sudah minta dia untuk diet supaya tensi darah tingginya bisa normal.

Tetapi, ia keberatan dengan berbagai alasan. Ya, kini dia terkena stroke. Walaupun, kadar strokenya masih 20%. Tetapi, namanya stroke tetap berat bebannya. Hingga kini dia masih berusaha sehat dengan berbagai terapi.

penurun darah tinggimakanan/buah penurun darah tinggi (sumber:makanandarahtinggi.com)

6. Lakukan Diet untuk Sakit Darah Tinggi dan Kolesterol

Diet adalah cara terbaik dan paling efektif untuk mengendalikan darah tinggi atau kolesterol Anda. Atau, untuk menstabilkan darah tinggi dan kolesterol Anda.

Diet jangan digambarkan sebagai cara yang membuat Anda tak bisa makan ini makan itu. Diet adalah cara untuk membuat diri Anda sehat.

Dalam kondisi Anda sakit hipertensi (darah tinggi) atau kolesterol tinggi, yang Anda butuhkan bukan makanan lezat, tetapi makanan sehat, selain obat hipertensi dan obat kolesterol. Anda harus utamakan kesehatan Anda dibandingkan dengan sekadar ingin makan enak.

Yang suka makanan enak dan lezat itu hanya lidah. Organ yang lain menginginkan makanan sehat. Makanan lezat tak penting baginya.

Diet 100% hanya untuk makanan tertentu dan saat darah atau kolesterol Anda sangat tinggi. Yaitu, melebihi ukuran tensi darah normal orang dewasa 140/90 atau melebihi ukuran normal kolesterol 200 mg/dL.

Jika tidak melebihi angka itu, Anda bisa mengonsumsi makanan larangan, tetapi sedikit saja. Yang terpenting, tips menjaga kesehatan jantung harus dijalankan dengan sebaik mungkin.

7. Kenali Semua Makanan Penyebab Darah Tinggi/Kolesterol

Kenali semua makanan penyebab darah tinggi dan kolesterol. Tempelkan nama-nama makanan larangan itu di meja makan Anda, di meja kerja dan di tempat tidur. Tujuannya supaya Anda selalu ingat untuk menghindari makanan-makanan itu demi kesehatan Anda.

Lagi, tanamkan kesadaran dan keinginan untuk menjauhi makanan larangan itu dengan baik. Jika upaya menghindari makanan larangan itu telah masuk ke alam bawah sadar, Anda ingin selalu menghindari larangan itu. Tak ada keinginan sedikit pun untuk melanggar.

Anda pun akan sehat dengan tensi dan kolesterol selalu normal. Ini berarti Anda selalu menjaga kesehatan jantung Anda.

Ya, ini adalah salah satu tips menjaga kesehatan jantung yang juga sangat penting. Saya berharap Anda bisa menjalankan dengan sungguh-sungguh. Walaupun bertahap.

Beberapa teman saya terkena stroke karena tidak meninggalkan makanan penyebab darah tinggi atau makanan pantangan ini.

Aduuhh.. saya sedih sekali. Hanya masalah sepele, masalah makanan, tetapi akibatnya sangat fatal. Saya harap Anda bisa mengerti himbauan saya ini dan menjalannya dengan baik.

8. Selalu Konsumsi Makanan dan Buah Penurun Darah/Kolesterol Tinggi

Ini juga sangat penting. Selalu siapkan buah atau makanan penurun darah tinggi atau kolesterol di kulkas atau meja makan Anda. Saya yakin Anda akan sering menikmati buah atau makanan itu.

Tetapi, jika yang disiapkan di kulkas dan meja makanan adalah buah dan makanan terlarang, saya yakin tensi darah dan kolesterol Anda akan selalu tinggi.

Kalau datang ke dokter, Anda mengatakan, “Dok, saya selalu minum obat darah tinggi. Tetapi, kok tensi saya masih selalu tinggi. Apa penyebabnya dok?”

Ya, penyebabnya Anda masih mengonsumsi makanan larangan atau makanan penyebab darah tinggi.

Jadi, makanan dan buah yang harus selalu berada di kulkas, di meja makan atau almari ruang makan adalah makanan dan buah penurun darah tinggi dan kolesterol. Itulah makanan sehat untuk jantung Anda. Bukan sebaliknya, makanan dan buah penyebab darah tinggi atau kolesterol tinggi.

Mengonsumsi makanan yang mencegah darah tinggi dan kolesterol

senam jantungsenam jantung … (sumber:femalist.com)

9. Lakukan Olahraga, Senam atau Aktivitas Fisik Lainnya

Olahraga atau senam juga merupakan cara efektif untuk menurunkan darah tinggi dan kolesterol atau membuat diri Anda sehat. Tidak hanya Anda yang punya penyakit darah tinggi atau kolesterol, Anda yang sehat pun penting untuk tetap menjaga kesehatan Anda.

Jika bisa, luangkan waktu minimal 30 menit tiap hari. Setidaknya, selama 5 hari per minggu. Tetapi, tiap hari melakukan senam juga lebih baik.

Jika karena berbagai alasan tidak bisa olahraga, ya bisa lakukan senam, jalan kaki, bersepeda, dsb. Pokoknya, harus menyediakan waktu untuk beraktivitas fisik sehingga Anda bisa sehat.

Jangan pernah bilang tidak punya waktu untuk olahraga atau aktivitas fisik. Yang terjadi, Anda belum meluangkan waktu untuk menyehatkan tubuh Anda.

Kurangi waktu nonton TV untuk Anda gunakan senam sehat atau apalah yang bisa membuat Anda sehat. Atau, Anda senam saja di depan TV.  Melakukan senam sambil nonton TV. Ya, sekali dayung dua pulau terlampaui.

Membersihkan halaman rumah, samping rumah, menanam bunga, menanam pisang, dsb adalah contoh aktivitas fisik yang bisa membuat Anda sehat.

Intinya, luangkan waktu untuk kesehatan diri Anda tiap hari.

10. Jangan Merokok atau Minum Minuman Keras

Lakukan pola hidup sehat. Caranya, Anda tidak merokok dan mengonsumsi minuman keras. Minuman keras bisa merusak jantung Anda. Jika sekarang Anda perokok atau peminum, ya Anda harus punya tekad untuk lepas dari keduanya.

Jangan hiraukan omongan orang yang menganggap Anda banci karena tidak merokok atau tidak minum minuman keras. Itu adalah tantangan buat Anda. Jika Anda bisa menghadapi dengan baik, Anda akan sukses untuk hidup sehat.

Tetapi, jika Anda khawatir dikucilkan oleh teman-teman Anda, ya namanya Anda tidak punya tekad besar. Jiwa Anda terlalu kerdil. Anda akan rugi besar di belakang hari. Kena penyakit darah tinggi, kolesterol, stroke atau sakit jantung.

Kalau Anda sudah kena stroke, huhh… sedih dan sangat repot. Yang repot bukan Anda sendiri, tetapi seluruh keluarga Anda. Repot karena harus membantu Anda. Ke mana-mana Anda harus ditemani. Mandi, memakai pakaian, dsb.

11. Tidur yang Cukup

Istirahat dan tidur sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Jika memungkinan, Anda perlu tidur 8 jam sehari. Tidur bisa membuat pikiran dan jantung Anda istirahat. Ini penting untuk membuat Anda tetap sehat.

Sebaliknya, kurang tidur bisa menyebabkan terjadinya gangguan terhadap jantung Anda. Jika Anda sulit untuk tidur, lakukan latihan pernapasan beberapa saat sebelum tidur.

12. Biasakan Minuman Teh Hijau

Seduhan teh hijau tanpa gula bisa membuat jantung Anda selalu sehat. Anda sebaiknya selalu siap untuk membuat minuman teh hijau karena teh hijau mengandung antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Seduhan teh hijau akan menghindarkan Anda dari kerusakan pembuluh darah menuju jantung. Anda sebaiknya minum dua cangkir teh hijau tiap hari sehingga Anda terbebas dari sakit darah tinggi dan sakit jantung.

13. Perbanyak Makan banyak Sayuran

Banyak sayuran yang bisa mencegah atau menurunkan tensi darah Anda. Anda pilih yang mudah Anda temukan dan besar khasiatnya. Daun seledri, bawang putih, mentimun, tomat adalah contoh sayuran yang sangat baik untuk menurunkan darah tinggi Anda.

Anda juga bisa mengonsumsi berbagai sayuran hijau untuk mencegah terjadinya darah tinggi ataupun kolesterol tinggi. Banyak sekali sayuran yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan atau mencegah tensi Anda naik. Yang penting, Anda perlu sering mengonsumsi sayuran penurun darah tinggi.

15. Cek Darah Tinggi dan Kolesterol Anda secara Berkala

Jika Anda sudah terkena penyakit darah tinggi atau kolesterol, Anda perlu cek tensi darah atau kolesterol secara berkala. Apakah satu bulan sekali, dua bulan sekali, dan seterusnya. Tergantung kondisi kesehatan Anda.

Kalau tensi atau kolesterol Anda sering naik, ya cek tensi darah atau kolesterol harus lebih cepat dibandingkan dengan tensi darah atau kolesterol Anda jarang naik.

Bagi Anda yang belum terkena darah tinggi/kolesterol, bisa lima tahun sekali. Ini sebagai cek dini apakah Anda memiliki kedua penyakit itu. Sebab, ada darah tinggi atau kolesterol yang tanpa gejala. Anda selalu merasa sehat, ternyata Anda telah lama menderita darah tinggi atau kolesterol. Cuma, penyakit Anda tanpa gejala.

Yang dikhawatirkan, ketika diketahui sudah stadium tinggi. Tensi Anda sudah lebih dari 200/100. Ini bahaya, bisa langsung ke stroke seperti dialami teman saya di Yogyakarta. Selama ini merasa sehat. Tak pernah cek tensi darah.

Ketika dia merasa sakit, ternyata tensinya sangat tinggi dan ia menderita stroke. Untunglah, masih stroke ringan. Tetapi, namanya stroke, tetap ia penyakit berat. Perlu perhatian serius.

Demikian pula kolesterol Anda, harus dicek. Biar tidak seperti dialami adik ipar saya. Tahu-tahu kolesterolnya sudah sangat tinggi dan telah membuat jantungnya sakit.
makanan penyebab darah tinggipizza, makanan pantangan sakit jantung (foto:pizzahut.tt)

15. Sebaiknya Kurangi Makan di Luar

Anda sebaiknya lebih mengutamakan konsumsi makanan buatan sendiri di rumah. Makan di luar seperti di rumah makan, di restoran atau tempat lain sangat berisiko.

Banyak makanan yang disajikan di rumah makan mengandung zat penyebab tensi atau kolesterol tinggi. Sajian di restoran atau rumah makan memang ditujukan kepada mereka yang sehat dan ingin menikmati makanan lezat.

Bukan kepada mereka yang sakit, khususnya sakit darah tinggi atau kolesterol tinggi. Makanan yang mengandung zat penyebab darah tinggi, misalnya, makanan banyak garam, banyak santan, vetsin, gula, dsb.

Atau, mengonsumsi gorengan, daging kambing, kulit ayam, kuning telur, dsb. Itu semua penyebab darah tinggi dan kolesterol tinggi yang harus Anda tinggalkan.

Ya, gejala penyakit darah tinggi dan kolesterol tinggi hampir sama, baik penyebab, proses maupun akibat yang ditimbulkannya. Meskipun, penanganannya terpisah dan obatnya beda.

Demikian 15 tips menjaga kesehatan jantung yang mahapenting. Biarpun Anda menderita sakit darah tinggi dan kolesterol tinggi, tetapi jika Anda berusaha keras untuk selalu menurunkan yang tinggi-tinggi itu menjadi selalu normal, jantung Anda akan tetap sehat.

Lengkapi pengetahuan dan pengalaman Anda tentang sakit darah tinggi dan kolesterol, termasuk pengobatannya. Jangan biarkan kedua penyakit itu menggerogoti hidup Anda. Cegahlah kedua penyakit itu dengan pola hidup dan pola makan sehat.

Yaitu, diet, olahraga, hindari rokok dan minuman keras, istirahat cukup, jangan stres, dan perbanyak makan buah. Jadikan hidup sehat sebagai tujuan utama dari hidup Anda. Sukses untuk Anda.

NB: Silakan artikel ini Anda bagikan kepada rekan atau kenalan Anda supaya mereka dan keluarganya selalu sehat. Sebab, sehat itu sangat nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *