16 Cara Alami untuk Menurunkan Darah Tinggi dengan Mudah dan Cepat

Cara Alami Menurunkan Darah Tinggi. Sebenarnya, menurunkan darah tinggi bukan hal yang sulit. Bahkan, Anda bisa melakukannya tanpa biaya. Atau kalau harus mengeluarkan biaya, maka biayanya sangat sedikit.

Ya, ini betul. Saya tidak membual. Sebab, saya sudah mengalami sendiri. Saya menderita darah tinggi sudah 26 tahun. Sejak tahun 1991 hingga sekarang. Ketika melakukan rontgen belum lama ini, jantung dan paru saya dinyatakan sehat.

Saya sangat beryukur atas hasil itu. Sebenarnya, sebelum melakukan rontgen, saya dag-dig-dug. Gimana jantung saya karena saya menderita darah tinggi cukup lama. Selama ini, saya hanya minum obat generik dan diet sebisanya. Minum obat pun tidak rutin.

Ketika mengetahui hasil rontgen yang bagus, saya kembali semangat untuk hidup sehat sehingga sakit darah tinggi atau hipertensi saya bisa terkendali.

Saya lebih mengutamakan penggunaan cara alami menurunkan darah tinggi. Artinya, saya terlebih dahulu menggunakan cara alami untuk menurunkan darah tinggi saya.

Sementara, minum obat hanya sebagai pembantu, bukan cara pengobatan utama.

5 Cara Alami untuk Menurunkan Darah Tinggi Anda

jus daun seledri jus daun seledri, penurun darah alami (foto:vemale.com)

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana saya menurunkan darah tinggi secara alami? Apa yang saya lakukan?

Cara alami menurunkan darah tinggi adalah cara yang aman dari efek samping. Ada 5 cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan darah tinggi.

Cara pertama: menghindari makanan dan minuman yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi naik.

Cara kedua: memperbanyak konsumsi makanan dan minuman yang bisa menurunkan darah tinggi. Cara ini adalah kebalikan dari cara pertama.

Cara ketiga: tidak merokok dan tidak minum alkohol.

Cara keempat: berolahraga, senam, jalan kaki, bersepeda, berkebun, dan lainnya.

Cara kelima: tidak stres.

Jika Anda bisa menjalankan lima cara menurunkan darah tinggi ini dengan baik, tekanan darah Anda akan selalu normal. Anda tidak akan mengalami darah tinggi hingga lebih dari 140/90, apalagi lebih dari 160/100.

Cara menurunkan darah tinggi ini akan berjalan dengan mudah jika Anda mulai melaksanakan sejak tahap awal. Yakni, sejak munculnya sakit darah tinggi pada diri Anda.

Tetapi, umumnya penderita darah tinggi tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang penyakit yang dideritanya itu.

Beberapa penderita darah tinggi dan stroke yang saya kenal umumnya sangat minim informasi yang mereka miliki tentang cara menurunkan hipertensi.

Atau setidaknya, pengetahuan tentang cara menurunkan darah tinggi dan cara mencegah tekanan darah naik.

Akibatnya, perhatian mereka untuk hidup sehat dengan tensi normal sangat kecil. Mereka hanya minum obat saat tensi darah tinggi sekali dan terasa pusing kepala.

Jika tidak, ya mereka tidak periksa dokter dan tidak minum obat hipertensi. Di sisi lain, mereka masih tetap mengonsumsi makanan penyebabkan darah tinggi. Ini yang akhirnya membuat mereka terkena penyakit stroke.

Hati-hati dengan Sakit Stroke, Anggota Keluarga Ikut Repot

Jadi, sebenarnya cara alami menurunkan darah tinggi adalah sangat mudah. Harus Anda ingat, darah tinggi yang tidak diobati dengan baik bisa mengakibatkan sakit stroke.

Jika Anda sudah terkena sakit stroke, aduuhhh… pengobatannya sangat sulit. Butuh waktu bertahun-tahun. Pastinya, seperti data di Kementerian Kesehatan, 100% penderita stroke mengalami kecatatan.

Teman saya, Bapak Joko Waluyo, mengatakan bahwa sakit stroke itu sangat berat. Ia berharap anak keturunannya tidak ada yang terkena stroke. Padahal, dokter menyatakan ia menderita stroke 20%.

Lha, bagaimana dengan mereka yang sakit stroke 50% atau 75%? Kolega saya, Prof Dr Ali Masyur SH, sudah satu tahun lebih menderita stroke. Tangan kanannya lumpuh dan belum bisa bicara.

Padahal, ia baru usia 53 tahun. Artinya, ia masih dalam usia produktif. Aktif dalam banyak organisasi dan mengajar di banyak perguruan tinggi. Tetapi, sudah satu setengah tahun ini ia hanya di atas kursi roda.

Tidak hanya penderita sakit stroke yang mengalami cobaan hidup. Keluarganya juga ikut repot. Salah satu anggota keluarganya harus selalu menemaninya, siang maupun malam. Ia harus melayani semua kebutuhan penderita stroke.

Oleh karena itu, jika Anda menderita darah tinggi, turunkan sampai ke posisi tekanan darah normal. Lakukan terus-menerus cara menurunkan darah tinggi tanpa henti sampai menjadi normal. Ini suatu keharusan yang tidak boleh ditawar jika Anda tidak ingin kena stroke.

jus mengkudu jus mengkudu sangat efektif menurunkan darah tinggi (sumber:tradisionalkesehatan.com)

16 Langkah untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kini, bagaimana dengan Anda? Punya penyakit darah tinggi? Berikut ini 16 langkah penting untuk membuat diri Anda tetap sehat. Salah satunya dengan melakukan cara alami menurunkan darah tinggi. Tidak sulit kok. Yang terpenting adalah mau berupaya dan konsisten. Ke-16 langkah itu adalah:

1. Cek tekanan darah tinggi Anda jika Anda telah berusia 40 tahun. Cara ini sangat penting supaya Anda tahu persis berapa tensi darah Anda. Anda sehat atau tensi darah Anda bermasalah.

2. Jika tensi darah Anda adalah normal, bersyukurlah kepada Tuhan yang memberi Anda kesehatan. Sebab, sehat itu mahal harganya. Walaupun, Anda sekarang memiliki kartu BPJS.

Tetapi, ini tidak berarti Anda bebas dari tekanan darah tinggi untuk selamanya. Untuk itu, Anda perlu cek tensi darah lagi setelah 2 atau 3 tahun.

3. Jika ternyata tensi darah Anda lebih dari 120/80, Anda harus segera menurunkannya. Tentu saja, Anda harus periksa dokter. Ini adalah cara menurunkan darah tinggi yang paling aman dan tepat. Anda akan diberi obat hipertensi.

Minum obat sampai tensi darah Anda normal. Tetapi, jika Anda sudah berpengalaman, bisa menggunakan cara alami menurunkan darah tinggi dengan cepat. Cara alami akan membuat Anda bebas dari efek samping yang bisa merugikan kesehatan Anda.

4. Jika Anda ternyata punya sakit darah tinggi, lakukan cek darah tinggi Anda secara berkala. Misalnya, setengah tahun sekali, lima bulan sekali, dsb. Pada tahap awal, pengendalian tensi darah masih mudah.

Tetapi, setelah Anda usia 60 tahun, cek tensi perlu lebih sering atau sesuai dengan kebutuhan karena faktor usia. Misalnya, cek tekanan darah tinggi tiap bulan atau tiap dua bulan.

5. Hindari makanan yang menyebabkan tensi darah Anda naik. Misalnya, kurangi konsumsi garam (rasa asin), kurangi rasa manis gula, kurangi makan aneka gorengan, dsb.

Anda bisa baca daftar makanan penyebab darah tinggi. Fotokopi daftar makanan itu dan tempelkan di meja makan biar Anda selalu ingat.

6. Perbanyak makan buah dan makanan lain yang bisa menurunkan darah tinggi. Banyak buah punya khasiat menurunkan darah tinggi.

7. Perbanyak minum air putih. Anda tetap boleh mengonsumsi minuman lain, tetapi minum air putih tidak boleh Anda lupakan. Bahkan, perbanyak minum air putih hingga 2 liter per hari. Anda bawa air putih ke mana saja biar bisa sering minum air putih.

8. Kurangi mengonsumsi makanan siap saji seperti mie, hamburger, hotdog, dsb. Semua itu adalah makanan tidak sehat untuk penderita darah tinggi.

9. Perbanyak pengetahuan Anda mengenai penyakit darah tinggi dan berbagai permasalahannya. Tujuannya supaya Anda bisa menjalani pola hidup sehat, termasuk sehat dari darah tinggi.

10. Lakukan diet hipertenti, yaitu menghindari makanan dan minuman penyebab darah tinggi dan memperbanyak makanan yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi Anda seperti pada nomor 5 dan 6.

Yang harus diprioritaskan dalam diet hipertensi adalah menurunkan konsumsi banyak garam. Banyak makanan yang pengolahannya menggunakan banyak garam, termasuk roti.

11. Hindari minuman alkohol dan merokok. Ini adalah pola hidup tidak sehat. Tidak hanya menyebabkan penyakit darah tinggi, merokok juga bisa menyebabkan Anda terkena kanker.

12. Lakukan olahraga secara teratur. Atau lakukan jalan kaki, senam, bersepeda atau aktivitas lain yang menyehatkan. Berkebun juga bisa membuat hidup sehat dan tensi darah tinggi turun. Ini adalah salah satu cara alami menurunkan darah tinggi.

13. Istirahat yang cukup. Misalnya, tidur atau bersantai dengan teman, anggota keluarga, main game, nonton TV, dsb.

14. Hindari stres. Misalnya, dengan melakukan berbagai hobi, rekreasi, melakukan wirid usai shalat (bagi muslim), melakukan yoga, dsb. Menghindari stres perlu latihan.

15. Minum obat sehat alami. Ya, banyak tumbuhan yang bisa Anda jadikan sebagai cara alami untuk menurunkan tensi darah Anda. Misalnya, buah mengkudu, daun seledri, bawang putih, daun kumis kucing, dsb yang bisa Anda buat minuman kesehatan.

16. Jika tidak ingin repot, kini banyak dijual obat herbal, baik berupa sirup atau cairan, tablet, pil, atau kapsul. Cara ini aman dari efek samping yang merugikan kesehatan Anda.

Demikian informasi mengenai cara alami menurunkan darah tinggi. Terima kasih atas kesediaannya telah membaca informasi ini. Semoga Anda sukses menurunkan darah tinggi.