Connect with us

Herbal

17 Cara Melangsingkan Perut dengan Mudah, Aman dan Murah

Published

on

CARA melangsingkan perut. Anda punya masalah perut buncit dan ingin menurunkannya? Ya, saya setuju dengan apa yang Anda rencanakan. Punya perut buncit memang tidak nyaman dan tidak sehat. Oleh karena itu, Anda harus mengempiskannya.

Tetapi, bagaimana cara melangsingkan perut?

Ada 17 cara yang bisa dijalankan untuk membuat Anda kembali bisa tampil trendi. Apalagi buat Anda yang masih berusia muda. Punya perut buncit bisa membuat Anda jadi bulan-bulanan teman, apalagi wanita.

Selalu jadi bahan guyonan ketika berkumpul dalam acara apa pun. Bahkan, Anda jadi bahan ejekan atau tertawaan.

Pokoknya, tak enaklah memiliki perut buncit. Baik untuk pergaulan maupun kesehatan. Anda sebaiknya mengatasi perut buncit Anda.

Bagi Anda yang sudah pernah mencoba menurunkan perut buncit tetapi gagal, jangan takut untuk mencoba lagi. Tidak perlu putus asa karena selalu gagal mengecilkan perut.

Mungkin cara yang Anda lakukan belum tepat. Atau ada hal penting yang belum Anda jalankan sehingga belum membuahkan hasil. Perut Anda belum ramping atau masih buncit.

Oleh karena itu, silakan coba cara melangsingkan perut buncit berikut ini. Insya Allah Anda akan sukses membuat perut  ramping dan sehat.

Daftar 17 Cara Melangsingkan Perut Buncit

Berikut ini daftar 17 cara melangsingkan perut yang harus Anda lakukan dengan baik. Anda melakukannya dengan sungguh-sungguh dan tidak boleh ada hal yang dilanggarnya.

Sebelum mulai melakukan program pengecilan perut, silakan cek dulu berapa berat badan Anda. Dengan cara itu, nantinya Anda bisa mengetahui perkembangannya.

Setelah satu minggu menjalankan cara atau tips melangsingkan perut, Anda timbang lagi berat badan Anda. Lakukan evaluasi apa yang membuat usaha mengecilkan perut buncit berjalan cepat atau berjalan lambat.

Jika masih berjalan lambat, cari penyebabnya. Jangan mudah menyerah. Evaluasi harus dilakukan terus-menerus tiap minggu. Dengan cara seperti itu, Anda akhirnya bisa menemukan cara yang tepat untuk mengatasi perut buncit Anda.

Ya, pengalaman satu orang dengan lainnya bisa berbeda. Banyak faktor yang mempengaruhi. Misalnya, makanan yang Anda konsumsi, istirahat Anda, masa tidur Anda, minum Anda, olahraga Anda, dsb.

Anda harus mencari faktor yang mempercepat dan meningkatkannya. Sekaligus membuang faktor yang memperlambat.

cara melangsingkan perutayooo… dorong terusss….(copy: harapanrakyat.com)

Ke-17 cara untuk mengecilkan perut buncit adalah:

1. Kurangi Porsi Makan, meskipun Sering Makan

Lebih baik makan berulang-ulang dengan porsi kecil dibandingkan dengan makan dua kali dengan porsi besar. Mengapa? Makan dengan porsi besar akan membuat Anda kelebihan lemak.

Dengan makan porsi besar, tidak semua lemak bisa dikonversikan menjadi energi. Lemak pun menumpuk di dalam tubuh.

Beda dengan makan porsi kecil, lemak yang dihasilkan dari konsumsi makan mudah diubah menjadi energi. Lebih baik makan 5 kali dengan porsi kecil daripada dua kali dengan porsi besar.

2. Diet dengan Konsumsi Makan Tinggi Protein dan Serat

Lakukan diet dengan banyak mengonsumsi makanan tinggi protein dan tingi serat. Cara ini mampu melarutkan lemak yang menumpuk di perut Anda. Ini adalah diet seimbang dan sehat.

Makanan dengan tinggi serat, misalnya, gandum, oatmeal, kacang polong, kelabat, kedelai, dsb. Selain itu Anda perlu mengonsumsi makanan rendah karbohidrat, rendah lemak dan natrium. Ini bisa menjadi cara efektif melangsingkan perut Anda.

3. Jangan Terlalu Sering Makan di Luar Rumah

Mengapa? Makanan di rumah lebih aman dibandingkan dengan makanan di luar seperti di tempat-tempat pesta, di restoran atau rumah makan.

Tetapi, masakan di rumah juga harus sesuai dengan kepentingan Anda. Karena Anda ingin menurunkan berat badan, khususnya dengan perut buncit, ya makanan yang disiapkan di rumah juga harus makanan yang bisa melangsingkan perut buncit Anda.

Lain halnya makanan di luar rumah. Semua makanan yang disediakan tak dimaksudnya untuk Anda yang ingin mengecilkan perut buncit.

4.  Vitamin C Mengurangi Hormon Stres

Anda perlu banyak mengonsumsi makanan dan buah yang kaya vitamin C. Sebab, vitamin C bisa mengurangi stres dan mengembalikan hormon stres (korsitol) ke tingkat yang normal.

Pengurangan hormon stres akan mencegah peningkatan lemak di dalam perut. Ini berarti akan membantu mengecilkan perut buncit Anda. Makanan dan buah yang kaya vitamin C antara lain jeruk dan buah kiwi.

Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C. Tetapi, jumlah tiap hari jangan lebih dari 500 miligram.
makanan dengan lemak tak jenuhlemak tak jenuh (copy: dokter.id)

5. Konsumsi Makanan dengan Lemak Tak Jenuh

Silakan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak tak jenuh. Ini bisa membuat Anda tidak punya keinginan untuk makan secara berlebihan. Sebuah studi di Amerika Serikat menunjukkan mereka yang suka mengonsumsi almond selalu merasa kenyang.

Bukan sebaliknya, mudah merasa lapar dan ingin selalu makan. Almond juga bagus untuk menyehatkan jantung.

Almond mengandung banyak magnesium yang sangat baik untuk membangun otot. Fungsi otot antara lain membakar banyak lemak di perut.

Di sisi lain, almond juga kaya serat yang bisa membuat Anda merasa kenyang untuk waktu lama. Dengan kata lain, Anda tidak mudah merasa lapar dan ingin kembali makan. Ini akan membantu Anda melangsingkan perut.

Makanan dengan tinggi lemak tak jenuh antara lain minyak wijen, minyak kacang, buah alpukat, kacang almond, kacang tanah, kacang mete, minyak kacang, tahu goreng, susu kedelai, dsb.

6. Semangka Mengurangi Lemak di Perut

Anda juga bisa mengonsumsi buah semangka untuk mengecilkan perut buncit. Semangka membuat Anda selalu merasa kenyang untuk waktu agak lama.

Tetapi, Anda mengonsumsi semangka sebaiknya sebelum makan besar. Bukan setelah makan besar. Kebanyakan orang Indonesia mengonsumsi semangka setelah makan. Konsumsi semangka dilakukan sebagai pencuci mulut.

Air semangka yang jumlah 91% dari buah semangka merupakan penambah kalori dalam makanan. Semangka juga kaya vitamin B1, B6, C, kalsium dan magnesium.

Hasil studi Universitas Kentucky menyatakan minum dua gelas jus semangka setiap hari selama 8 minggu bisa menurunkan berat badan, terutama di sekitar perut tanpa mengubah otot massa.

7. Mentimun Rendah Kalori Efektif Turunkan Berat Badan

Anda tentu sudah akrab dengan mentimun. Ternyata, mentimun sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Sebab, sayuran ini rendah kalori. Dari 100 gram mentimun, 96% berupa air dan hanya sekitar 45 kalori.

Kandungan lain berupa vitamin B, C, mineral, dan kaya serat. Anda sebaiknya mengonsumsi mentimun tiap hari biar efektif menurunkan berat badan, sekaligus melangsingkan perut buncit. Sebab, mentimun bertugas membersihkan racun dalam tubuh Anda melalui pencernaan sekaligus menurunkan berat badan.

8. Tomat Mengontrol Lemak Perut

Sayuran lain yang juga efektif untuk menurunkan lemak dalam tubuh adalah tomat. Tiap buah tomat mengandung 33 kalori dan senyawa 9-oxo-ODA yang bisa mengurangi lipid darah, sekaligus ikut mengontrol lemak di perut.

Senyawa dalam tomat juga bisa melawan penyakit kronis akibat kegemukan (obesitas).

Kandungan zat lain adalah zat besi, kalium, vitamin A dan C. Ia juga bisa mengurangi kadar kolesterol, keriput di wajah, dan melawan kanker. Layak Anda untuk selalu mengonsumsi tomat tiap hari untuk kesehatan. Ya, tomat bagus dikonsumsi sebagai cara melangsingkan perut.

9. Alpukat, Membakar Lemak di Perut dengan Mudah

Buah ini juga mengandung banyak khasiat untuk hidup sehat. Karena itu, layak untuk menjadi menu harian dari kelompok buah. Alpukat mengandung asam amino yang cukup penting untuk mengendalikan lemak dalam tubuh.

Ia mengandung lemak tak jenuh yang justru bermanfaat untuk membakar lemak di perut dengan mudah sehingga Anda mampu mengecilakan perut buncit. Selain itu juga kaya serat yang bisa mencegah Anda makan berlebihan dan bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

mengecilkan perut buncitjus alpukat (sumber: dranak.blogspot.co.id)

10. Perbanyak Minum Air Putih Bisa Mengurangi Lemak

Minum air putih juga bisa mengurangi lemak dalam tubuh, khususnya di dalam perut. Demikian hasil studi dari jurnal endokrinologi klinis dan metabolisme. Seseorang yang telah minum air putih 17 ons, maka metabolismenya meningkat hingga 30%.

Selain itu, konsumsi air putih juga akan memecah lemak yang tertimbun dalam tubuh Anda sehingga berat badan, termasuk perut buncit, akan menurun. Ya, ini adalah cara yang bagus untuk menurunkan berat badan.

11. Istirahat dan Tidur yang Cukup

Istirahat, termasuk tidur, adalah sangat penting untuk mengembalikan stamina setelah sehari bekerja atau melakukan aktivitas lain. Orang yang kurang tidur ataupun kurang istirahat akan banyak makan karena hormon ghrelinnya meningkat. Ini berarti nafsu makannya bertambah. Istirahat dan tidur cukup akan melangsingkan perut Anda.

12. Olahraga Perut, Banyak Jenisnya

Anda bisa melakukan olahraga yang dapat melangsingkan perut buncit. Banyak jenis olahraga perut ini. Antara lain back up, sit up, bersepeda, jalan kaki, lari, senam, dsb. Lakukan sekitar 30 – 40 menit tiap hari dan 4 – 5 hari dalam satu minggu. Yang penting selalu semangat untuk melakukan olahraga perut ini.

Dalam beberapa minggu, Anda akan melihat hasilnya. Tetapi, Anda harus selalu konsisten melakukan olahraga. Mulai dari yang mudah dan ringan. Secara bertahap olahraga Anda akan meningkat. Olahraga bisa menjadi cara efektif mengatasi perut buncit.

jalan kaki
sumber:kaskus.co.id

13. Perbanyak Gerak Tubuh (Jalan Kaki, Bersepeda, dll).

Perbanyak gerak tubuh. Melakukan aktivitas apa saja, yang terpenting adalah tubuh bergerak sehingga Anda mampu mengecilkan perut buncit. Misalnya, bersih-bersih rumah tiap minggu sekali, berkebun, senam, dsb. Lengkapi dengan diet, maka gerak tubuh akan mampu melangsingkan perut buncit Anda.

14. Kuning Telur Mengendalikan Nafsu Makan

Banyak orang menganggap kuning telur tidak baik untuk kesehatan, termasuk dalam hal perut buncit. Yang benar ternyata adalah sebaliknya. Kuning telur bisa Anda konsumsi untuk mengecilkan perut Anda. Ah, masak..

Ya, sebab kuning telur mengandung 90% nutrisi, vitamin, mineral dan antioksiden, termasuk vitami A, D, E, K, B, kalsium, kolin, folat, zat besi, lutein, fospor, thiamin, zinc, dan panthothenic acid, dsb.

Kuning telur juga sebagai sumber kalori yang baik untuk mengendalikan nafsu makan dan Anda akan merasa kenyang sepanjang hari. Ini membuat Anda makan sedikit.

Lemak dalam kuning telur memiliki efek positif terhadap hormon pembakar lemak. Dengan demikian, kuning telur sangat baik untuk cara melangsingkan perut yang sangat baik.

Pendek kata, kuning terlur mampu membakar kalori lebih banyak sehingga perut buncit Anda makin lama makin mengecil. Sarapan pagi berupa sereal yang kaya gula bisa Anda ganti dengan roti gandum dan telur.

15. Kol atau Kubis Rendah Kalori

Mengonsumsi kol atau kubis juga bisa melangsingkan perut buncit Anda. Sebab, kol mengandung banyak nutrisi dan rendah kalori. Nutrisi dalam kol antara lain vitamin C, vitamin B6, vitamin K dan kalori karbohidrat sehingga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan mengecilkan perut.

paprika hijau
paprika hijau (sumber:marketexpress.com.gh)

 16. Paprika Hijau Meningkatkan Metabolisme Tubuh 25%

Paprika hijau juga bagus sebagai cara mengecilkan perut buncit dan pinggang. Dr Lori Shemek menyatakan paprika sangat bagus untuk kesehatan.

Bisa meningkatkan metabolisme tubuh hingga 25%. Tetapi, cara mengonsumsinya harus 30 menit sebelum makan. Paprika bisa membakar kalori lebih cepat dan Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, Anda tidak akan terlalu sering makan.

16. Jus Lemon Dicampuri Bawang Putih

Jus lemon yang dicampuri bawang putih juga bisa mengecilkan perut buncit. Kandungan leptin dapat mengurangi nafsu makan. Bawang putih yang dikenal sebagai sayur obat ini sangat baik untuk detoksifikasi tubuh dan mengurangi perut kembung.

Resep pembuatannya adalah bikin jus lemon dan ambil 3 siung bawang putih. Setelah bawang putih dihaluskan, maka masukkan ke dalam jus lemon. Jus lemon ditambah bawang putih siap diminum.

Minumlah rutin 30 menit sebelum sarapan pagi. Setelah 2 minggu mengonsumsi jus lemon dicampur bawang putih, Anda bisa lihat hasilnya. Perut buncit Anda berkurang.

Ya, bawang putih memang multifungsi, banyak kegunaannya. Saya pun suka mengonsumsinya untuk menurunkan darah tinggi, mencegah kolesterol tinggi, sekaligus sebagai cara melangsingkan perut buncit.

17. Mengonsumsi Suplemen atau Obat Herbal Perut Buncit

Anda juga bisa mengonsumsi obat herbal untuk melangsingkan perut. Banyak suplemen atau obat herbal perut buncit yang bisa Anda pilih.

Yang terbaik tentu saja minum obat pelangsing perut, melakukan olahraga dan diet perut buncit. Tiga hal itu harus dilakukan bersamaan sehingga usaha mengatasi perut buncit bisa berhasil dengan baik.

Demikianlah artikel mengenai 17 Cara Melangsingkan Perut secara alami sehingga aman dan murah. Ingin mencobanya? Lakukan saja. Mudah kok caranya. Yang penting selalu konsisten menjalankan tips-tips di atas.

Terima kasih atas kunjungan Anda. Jika berkenan, bagikan artikel ini kepada teman dan keluarga biar mereka juga selalu sehat.




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.