Connect with us

Kolesterol

32 Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi dan Anda Harus Jauhi

Published

on

ANDA sering menderita kolesterol tinggi? Jangan khawatir. Anda bisa menstabilkan kolesterol Anda dengan cara menjauhi makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Tentu saja, jika Anda ingin penurunan kolesterol berjalan cepat, Anda perlu minum obat kolesterol. Baik obat farmasi maupun obat herbal.

Tetapi, menurut pengalaman saya, cara menurunkan kolesterol yang paling mujarab adalah menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Anda akan sia-sia jika minum obat tetapi di sisi lain tetap mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol. Obat yang Anda minum sia-sia, tidak bisa menurunkan kolesterol Anda.

“Gimana dok, saya sudah minum obat, kok kolesterol saya masih tinggi,” tanya seorang pasien kepada dokter dalam acara penyuluhan tentang pencegahan kolesterol.

Penyakit kolesterol tinggi harus diturunkan menjadi normal. Sebab, kolesterol tinggi bisa menyebabkan sakit jantung atau stroke jika tidak diobati. Tentu saja, Anda tidak ingin seperti itu kann??

Adik ipar saya, bulan lalu masuk rumah sakit karena kolesterol tinggi. Bahkan, ditengarai kolesterol tingginya telah membuat jantungnya sakit. Untunglah, sakit jantungnya baru tahap awal sehingga mudah diobati.

Pertanyaan: Berapa Kolesterol Anda Sekarang? Jika Belum Tahu, Coba Cek di Puskesmas atau Laboratirum.

Minum Obat Plus Menghindari Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi

telur burung puyuhsate telur burung puyuh, kandungan kolesterolnya sangat tinggi (sumber:ceritalucuabiz.blogspot.com)

Ya, kolesterol tinggi yang tidak diobati bisa menyebabkan sakit jantung atau stroke. Tetapi, bagaimana cara mengobati kolesterol dengan baik sehingga mampu membuat kolesterol Anda kembali normal?

Dari pengalaman menurunkan kolesterol tinggi, saya menilai faktor utama mengobati kolesterol tinggi adalah diet, yaitu menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Diet adalah cara efektif untuk menurunkan kolesterol jahat Anda. Tidak hanya kolesterol, diet juga efektif untuk menurunkan darah tinggi. Saya sudah beberapa kali mempraktekkan cara menurunkan darah tinggi dengan diet tanpa minum obat.

Saya sangat bergembira ketika merasakan tubuh mulai nyaman dan sehat. Saya tidak merasakan lagi gejala sakit darah tinggi atau hipertensi. Bahkan, juga kolesterol saya. Kolesterol saya kembali normal.

Kini, saya pun mengintensifkan diet sebagai cara hidup sehat. Diet tidak berarti sama sekali tidak mengonsumsi makanan pantangan. Sesekali boleh mengonsumsi makanan terlarang, tetapi dalam jumlah sedikit sesuai tingkat kesehatan Anda.

Hal yang sama juga berlaku untuk diet kolesterol. Sesungguhnya tubuh kita juga membutuhkan kolesterol. Jika kadar kolesterol Anda terlalu rendah, ya Anda bisa sakit. Anda tidak sehat dan perlu meningkatkan kadar kolesterol Anda.

Tetapi, jika berlebihan, juga Anda berakibat sakit, termasuk sakit jantung atau stroke. Oleh karena itu, jika Anda punya masalah dengan kolesterol tinggi, jangan mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi atau diet kolesterol.

Makanan apa yang kandungan kolesterolnya tinggi, Anda bisa lihat tabel di bawah.

Jika Anda bisa melakukan diet terhadap makanan yang mengandung kolesterol tinggi, Anda akan sehat. Hidup Anda nyaman dan tidak perlu khawatir terhadap kolesterol Anda.

Kunci Sehat: Hindari Konsumsi Makanan yang Kandungan Kolesterolnya Tinggi. Kalau makan, ya jangan banyak-banyak dan tidak terlalu sering. Anda aman !

Daftar Makanan Kolesterol Tinggi dan Harus Anda Hindari

masakan cumi-cumihati-hati menikmati masakan cumi-cumi, kolesterolnya tinggi (sumber:selerasa.com)

Nah, sekarang makanan apa saja yang mengandung kolesterol tinggi dan harus Anda hindari dengan cara diet.

Diet sangat diperlukan, apalagi buat Anda dengan usia 60 tahun lebih. Daya tahan Anda mulai berkurang sehingga diet kolesterol akan sangat membantu untuk mencegah terjadinya penyakit stroke ataupun sakit jantung.

Berikut ini adalah makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan Anda harus menjauhi:

Boleh dimakan tetapi sesekali saja

1. daging asa atau diasapi 98
2. iga sapi 100
3. iga babi 105
4. daging sapi 105
5. burung dara 120
6. ikan bawal 120

Anda boleh makan tetapi harus sangat hati-hati sebab kandungan kolesterolnya tinggi. Tetapi, kalau Anda bisa menghindari, ya itu sikap yang aman dan sehat.

1. daging sapi berlemak 125
2. gajih sapi 130
3. gajih kambing 130
4. daging babi berlemak 130
5. keju 140
6. sosis daging 150
7. kepiting 150
8. udang 160
9. kerang 160
10. siput 160
11. belut 185

Makanan berikut ini harus Anda hindari karena membahayakan kesehatan Anda. Kolesterolnya cukup tinggi.

1. santan 185
2. gajih babi 200
3. susu sapi 250
4. susu sapi cream 280
5. cokelat 290
6. margarin/mentega 300
7. jeroan sapi 380
8. jeroan babi 400
9. kerang putih/tiram 450
10. jeroan kambing 610

Anda harus menghindari makanan di bawah ini karena kandungan kolesterolnya sangat tinggi. Ya, jangan coba-coba mengonsumsinya.

1. cumi-cumi 1170
2. kuning telur ayam 2000
3. otak sapi 2300
4. otak babi 3100
5. Telur burung puyuh  3640

Demikian 32 makanan yang harus Anda hindari karena kandungan kolesterolnya tinggi atau sangat tinggi. Ya, sekali lagi, Anda masih bisa mengonsumsi makanan dengan kolesterol tinggi, tetapi sesekali saja. Artinya, jangan sering mengonsumsinya dan kalau Anda makan ya sedikit saja.

Tentu saja, daftar makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan harus Anda hindari itu belum seluruhnya. Masih ada beberapa lainnya. Intinya, makanan yang mengandung kolesterol tinggi harus Anda hindari supaya kolesterol jahat Anda tidak melonjak tinggi.

Minum obat penurun kolesterol dipadu dengan diet kolesterol akan sangat efektif untuk menurunkan kolesterol Anda.

Saya kira, diet terhadap makanan yang mengandung kolesterol tinggi bukan hal yang sulit. Selain itu, diet kolesterol tidak akan membuat Anda menderita. Sebaliknya, diet akan membuat Anda sehat dan nyaman karena tidak memiliki kolesterol tinggi.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.