39 Makanan Penurun Kolesterol yang Sangat Manjur

Posted on

ANDA menderita kolesterol tinggi? Coba konsumsi beberapa dari 39 makanan penurun kolesterol yang akan disebutkan dalam artikel ini. Dijamin kelosterol Anda segera kembali normal.

Kok bisa? Ya, bisalah. Sebab, saya juga pernah menderita kolesterol tinggi, yaitu 253 mg/dL. Jadi, kolesterol saya saat itu sangat tinggi. Saat periksa ke dokter, saya diminta untuk menjalani diet kolesterol.

Saya pun melakukan diet dengan serius. Saya hindari semua makanan yang bisa menyebabkan kolesterol naik. Di sisi lain, saya mengonsumsi beberapa makanan dan buah yang bisa menurunkan kolesterol

Dalam waktu 21 hari, kolesterol saya kembali normal dengan angka yang sangat meyakinkan.

Saya sendiri juga terkejut melihat hasil itu. Tidak sampai satu bulan, kolesterol saya turun menjadi 191 mg/dL. Angka normal adalah  150 Р200 mg/dL. Angka normal ideal adalah 170 Р180 mg/dL.

Ketika itu, saya tidak mengonsumsi obat antikolesterol dengan dosis tinggi. Oleh dokter yang memeriksa saya, saya diperintahkan untuk meminum obat kolesterol selama 30 hari.

Bersamaan dengan itu, saya juga diperintahkan untuk menghindari makanan penyebab kolesterol atau diet.

Ternyata, diet adalah cara yang sangat efektif untuk menurunkan kolesterol. Tidak sampai satu bulan, saya telah kembali sehat. Saya bisa kembali menikmati kolesterol normal. Ya, alhamdulillah.

Tidak hanya kolesterol. Pengobatan darah tinggi saya juga berlangsung dengan baik, dan tensi saya turun drastis menjadi normal (120/80 mmHg).

Ya, ibarat pepatah sekali dayung dua pulau terlampaui.

Diet kolesterol yang saya jalankan atas perintah dokter tidak hanya membuat kolesterol saya kembali normal. Tetapi, darah tinggi saya juga kembali normal.

Diet kolesterol terdiri dari dua tindakan. Yaitu, menjauhi makanan penyebab kolesterol dan mengonsumsi makanan penurun kolesterol, termasuk mengonsumsi buah penurun kolesterol.

Berikut ini daftar makanan dengan kandungan kolesterol tinggi sehingga Anda harus menjauhinya:

 

kolesterol tinggisumber:chanisia.wordpress.com

Derita Akibat Penyakit Kolesterol Lebih Berat

Hanya saja, karena saya mengonsumsi obat kolesterol dengan harga murah, maka penyembuhannya pun memerlukan proses yang agak lama. Yaitu hampir satu bulan. Atau tepatnya 21 hari. Pada hari ke-21 itu, fisik saya merasa sangat sehat dan nyaman.

Tidak seperti di hari-hari sebelumnya. Terasa fisik tidak sehat dengan kepala pusing dan tubuh tidak nyaman.

Yang saya rasakan, efek penyakit kolesterol sangat berat. Lebih berat dibandingkan penyakit darah tinggi. Saya harus istirahat di tempat tidur berhari-hari.

Selain badan tak sehat, tidur pun tidak tenang dan tidak nyaman.

Tiap badan merasa agak baik, saya coba keluar rumah untuk shalat jamaah di masjid dengan jarak sekitar 500 meter dari rumah.

Tetapi, begitu kembali dari masjid, kesehatan saya kembali turun. Saya harus tiduran lagi.

Itu terjadi beberapa kali sehingga saya pun merasa jenuh.

Walaupun, obat yang diberikan oleh dokter belum habis, dalam hati saya ingin minta dokter mengganti dengan obat kolesterol yang lebih manjur.

Saya pun datang ke klinik. Sayang, sesampai di klinik, dokter telah pulang. Saya gagal untuk meminta obat kolesterol baru. Saya pulang dan kembali ke tempat tidur.

Hari-hari berikutnya saya jalani dengan selalu minum obat kolesterol dari dokter. Sehari hanya minum obat satu kali.

Eh, pada hari ke-21, badan saya terasa telah sehat. Saya mulai melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa.

Misalnya, menulis artikel, mengerjakan berbagai pekerjaan harian, dsb. Termasuk pergi ke masjid saat waktu shalat fardu tiba.

Gangguan kolesterol tidak muncul lagi. Ini berarti saya memang harus bersabar dalam menjalani pengobatan kolesterol tinggi. Pada saatnya, saya kembali sehat. Saya hanya membutuhkan 21 hari untuk sembuh dari kolesterol tinggi.

Selebihnya, saya tetap minum obat untuk menurunkan kolesterol hingga habis. Setelah merasa sehat dan obat habis, saya kembali datang ke klinik untuk cek hasil pengobatan.

Apa hasilnya? Dokter menyatakan bahwa saya telah sehat kembali. Saya telah bebas dari penyakit kolesterol. Seperti telah saya sebutkan di atas, kolesterol saya turun menjadi 191 mg/dL dari 153 mg/dL.

Alhamdulillah. Saya pun merasa senang sekali. Saya bisa kembali beraktivitas normal sebagaimana hari-hari sebelum saya terserang sakit kolesterol. Diet kolesterol disertai pola makan dan pola hidup sehat sangat membantu percepatan penurunan kadar kolesterol saya.

Makanan yang Harus Saya Hindari Saat Diet Kolesterol

Di atas sudah saya sebutkan bahwa selain minum obat penurun kolesterol, saya juga diminta melakukan diet dengan menghindari makanan penyebab kolesterol tinggi. Tentu saja, saya siap untuk menjalankan apa yang diminta oleh dokter.

Berikut ini adalah beberapa makanan penyebab kolesterol tinggi yang harus saya hindari selama diet. Beberapa makanan pantangan kolesterol adalah:

aneka gorengananeka gorengan, penyebab kolesterol tinggi (sumber:ide-bisnis.net)

1. Makanan Gorengan

Ya, makanan apa saja yang digoreng atau aneka gorengan. Misalnya, tahu goreng, tempe goreng, pisang goreng, dsb. Makanan digoreng mengandung kolesterol tinggi, terutama karena menggunakan minyak goreng yang sudah dipakai menggoreng beberapa kali.

Minyak goreng yang beberapa kali dipakai membuat asam lemak jenuhnya juga meningkat. Akibatnya, kolesterol jahatnya tinggi dan mudah menempel pada dinding pembuluh darah Anda.

2. Kuning Telur

Kandungan kolesterol pada kuning telur juga sangat tinggi. Tiap 100 gram kuning telur memiliki kandungan kolesterol 1.200 miligram. Ini melebihi kebutuhan Anda per hari sekitar 400 miligram.

Maka, disarankan jika pagi hari Anda mengonsumsi kuning telur, jangan lagi mengonsumsi makanan yang penyebab kolestor jahat. Telur burung puyuh juga harus Anda hindari karena kandungan kolesterolnya lebih tinggi lagi.

3. Udang, Ikan Teri, dll

Undang juga harus Anda hindari karena mengandung kolesterol tinggi. Yakni, tiap 100 mg udang mengandung kolesterol 195 mg. Buntut udang juga memiliki kandungan kolesterol cukup tinggi. Tidak hanya udang, Anda juga perlu menghindari seafood lain seperti ikan teri, kepiting, tiram, ikan sarden, dan cumi-cumi remis.

4. Makanan Cepat Saji

Kolesterol yang terkandung dalam makanan cepat saji juga tinggi, yaitu 172 mg per 100 mg. Contohnya, biskuit, keripik, dsb. Sementara, 1 biskuit mengandung kolesterol 246 mg. Tiap makanan cepat saji mengandung minyak jenuh yang membuat kandungan kolesterolnya tinggi.

5. Jeroan Binatang Ternak

Jeroan binatang ternak, misalnya, usus, ginjal, paru, hati, otak, dan juga limpa dari sapi dan kambing. Selain diperoleh dari makanan yang Anda santap, terbesar kolesterol yang diproduksi oleh hati. Inilah sebabnya jeroan binatang mengandung banyak kolesterol. Hati dari daging apa pun berisi 564mg kolesterol per 100 gram atau 188% AKG.

6. Keju

Sebenarnya, keju adalah salah satu sumber protein dan kalsium yang bagus. Keju juga bisa membuat makanan bertambah lezat. Sayangnya, rata-rata keju mengandung kadar kolesterol tinggi. Ya, sekitar 123mg kolesterol (41% AKG) per 100 gram keju. Oleh karena itu, pengidap kolesterol tinggi harus menghindari konsumsi keju.

7. Kulit Ayam Goreng

Hati-hati saat menikmati masakan daging ayam. Bagi penderita kolesterol, Anda harus menghindari konsumsi kulit ayam, terutama di bagian paha dan dada. Mengapa? Ya, karena kandungan kolesterolnya tinggi.

Tidak hanya kulitnya. Daging ayam jika disajikan dengan cara digoreng, ya Anda perlu hati-hati. Makanan digoreng atau aneka gorengan, termasuk ayam goreng, bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi. Daging ayam plus kulit digorong, woww.. bisa lebih tinggi kolesterolnya.

8. Minuman keras

Misalnya, mengonsumsi minuman beralkohol, bir, dan tuak. Minuman berfermentasi seperti dari ragi juga harus Anda hindari karena pemicu kolesterol tinggi.

daging sapidaging sapi, penyebab kolesterol (sumber:batamtvnews)

9. Daging sapi, kambing dan juga daging kuda

Pada hari Raya Kurban tahun 2016 lalu, saya mencoba makan daging sapi cukup banyak karena sampai tiga hari. Ya, karena ikut berkurban sehingga mendapatkan pembagian daging cukup banyak.

Apa hasilnya? Ya, kolesterol kembali naik. Untunglah, saya sudah punya pengalaman menurunkan kolesterol tinggi. Jadi, tidak ada satu minggu, kolesterol saya sudah kembali normal.

10. Ekstrak daging seperti dendeng, sosis dan abon

Yang ini sama dengan nomor 9. Hanya saja, item ini adalah daging yang sudah diolah menjadi makanan lain. Bahkan, setelah diolah atau dimasak dengan digoreng, misalnya, kadar kolesterol semua daging bisa sama. Ya, daging ayam, kambing, domba, dan sapi. Kandungan kolesterol sesuai dengan besarnya potongan daging dan jumlah garam yang ditaburkan.

11. Udang goreng

Anda suka mengonsumsi udang? Siapa pun pasti suka karena rasanya yang sangat lezat dan gurih. Tetapi, hati-hati dengan kolesterolnya yang cukup tinggi. Apalagi udang goreng. Kolesterolnya makin bertambah tinggi.

Setidaknya 195 mg kolesterol terkandung dalam setiap 100 mg udang. Kandungan kolesterol dalam satu ons udang setidaknya ada 55 mg. Satu ekor udang cukup besar memiliki kandungan kolesterol sekitar 11 mg. Jika Anda ingin mengurangi kandungan kolesterolnya, maka harus dimasak dengan cara direbut. Jangan digoreng.

13. Es krim

Jika Anda penghobi es krim, kini perlu hati-hati. Mengapa? Karena kandungan kolesterol dalam es krim cukup tinggi. Es krim mengandung lemak lebih banyak dibandingkan dengan hamburger. Juga kandungan sama dengan 10 donat. Kandungan kolesterolnya  yang tinggi dibandingkan dengan 10 donat. Oleh sebab itu, ketika Anda mengonsumsi ek krim, hindari mengonsumsi makanan dengan kolsterol tinggi.

Untuk mengurangi tinggi kolesterol, Anda bisa melengkapinya dengan makan banyak buah segar.

14. Mentega dan cokelat

Ya, dengan melakukan diet terhadap makanan minuman yang mengandung kolesterol tinggi seperti di atas, Anda akan kembali sehat. Kolesterol Anda akan turun secara bertahap, dan akhirnya menjadi normal dan stabil.

39 Makanan Penurun Kolesterol yang Mudah Anda Temukan

Pertanyaannya sekarang, apa saja makanan penurun kolesterol yang perlu Anda konsumsi? Di mana bisa mendapatkan makanan untuk menurunkan kolesterol itu?

Ya, makanan untuk kolesterol tinggi ini penting karena dengan demikian, upaya mengurangi kolesterol bisa berlangsung lebih cepat

buah penurun kolesterolaneka buah penurun kolesterol tinggi (sumber:pengobatankolesterol.com)

Jadi, dalam proses menurunkan kolesterol tinggi, Anda perlu melakukan empat hal, yaitu:

  1. Periksa ke dokter dan minum obat penurun kolesterol yang diperintahkan oleh dokter. Atau minum obat herbal atau obat tradisional/obat alami kolesterol.
  2. Menghindari makanan penyebab kolesterol, terutama yang diperintahkan oleh dokter untuk dijauhi.
  3. Melakukan senam, jalan kaki atau olahraga ringan lainnya, paling tidak 4 kali dalam satu minggu.
  4. Mengonsumsi makanan atau minuman yang bisa membantu penurunan kolesterol.

Berikut ini daftar 39 makanan penurun kolesterol yang cukup manjur dan perlu Anda konsumsi, termasuk buah penurun kolesterol. Di antaranya berupa buah-buahan yang juga berkhasiat menurunkan kolesterol.

Ya, tidak semua makanan itu harus Anda konsumsi seketika atau sekaligus. Anda bisa memilih mana makanan atau buah yang cocok dengan Anda dan mudah pengadaaannya.

Nanti, Anda pun akan mengetahui makanan mana yang manjur untuk pengobatan kolesterol Anda. Pengalaman adalah guru terbaik bagi siapa pun.

Ke-39 makanan itu adalah:

1. Tahu tempe dan makanan lain yang terbuat dari kedelai seperti nugget, tepung kedelai, susu kedelai, dsb.

2. Kacang-kacangan seperti kaceng mede, sayur kacang panjang, dsb.

3. Buncis, sayuran rendah lemak.

4. Bawang putih, bagus untuk kesehatan jantung dan penurun kolesterol.

5. Beras merah, bagus untuk menurunkan kadar lemak darah dan gula darah.

6. Bayam, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk penurun kolesterol.

7. Gandum, menurunkan kolesterol dan trigliserida darah. Banyak roti dibuat dari bahan gandum.

8. Biji bunga matahari, mengandung sterol yang bisa menurunkan kolsterol.

9. Ikan salmon, bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Tetapi, jangan memasak ikan ini dengan minyak.

10. Ikan omega 3 seperti ikan kembung, sarden, tuna, trout, makarel, dan salmon.

11. Kacang hazelnut, mengandung lemak monosaturated yang bisa untuk menurunkan kolesterol.

12. Jeruk nipis, buah yang mengandung zat flavonoid yang bisa memproduksi LDL.

13. Delima. Buah ini juga mengandung zat penurun kolesterol

14. Mangga, mengandung vitamin C yang bisa membantu upaya menyembuhkan penyakit kolesterol.

15. Jambu biji/jambu merah, mengandung zat flavonoid yang mampu menghambat produksi LDL (kolesterol jahat).

16. Anggur, mempunyai senyawa flavonoid untuk menurunkan kadar kolestrol

17. Buah zaitun, mengandung zat anti oksidan atau zat hydroxytyrosol yang dapat menurunkan kadar kolestrol.

18. Alpukat, buah yang bisa menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) sekaligus menurunkan kolesterol jahat (LDL).

19. Blueberry, mengandung pterostilbene yang berfungsi antioksidan.

20. Jeruk lemon, mengandung vitamin C yang bisa mengurangi pertambahan kolesterol dalam darah.

21. Strewberry, bisa menolak lemak jahat (LDL) dan mencegah oksidasi.

22. Tomat, sama dengan strewberry, bisa mengurangi kadar kolesterol jahat. Juga bisa untuk membantu penderita maag kronis.

23. Apel dan pir, mengontrol produksi kolesterol jahat, melindungi jantung dan mencegah stroke.

24. Ketumbar, ambil dua sendok dan direbus. Airnya yang diminum untuk menurunkan kolesterol.

25. Rimpang jahe, melancarkan sirkulasi darah mencegah kolesterol.

26. Juice brokoli, dikukus atau dibuat jus. Bisa dimakan mentah atau dimasak dulu.

27. Juice sanapis, menurunkan kolesterol dan menyehatkan jantung.

28. Teh hitam, menurunkan kadar kolesterol dan mencegah sel kanker.

29. Kayu manis, bisa mengurangi gula darah, trigliserida, kolesterol jahat.

30. Sekitar 2 – 3 porsi ikan per minggu sebagai ganti daging.

31. Oatmeal, mengandung serat larut yang mengurangi kolesterol jahat. Pisang, apel, dan pir juga mengandung serat larut.

32. Kacang panjang, bisa dimasak sup. Setengah cangkir sup dapat menurunkan kolesterol total dan LDL.

33. Yoghurt bebas lemak, kaya protein, kalsium, microorganisme lactobacillus yang bisa untuk penurun kolesterol.

34. Cuka apel, jika dikonsumsi secara teratur menggunakan air dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

35. Seledri, menurunkan kolesterol dan risiko sakit jantung.

36. Margarin, Anda bisa memilih dari beberapa jenis margarin. Misalnya, margarin dari minyak biji bunga kanola.

37. Cokelat, pilih cokelat hitam yang pahit. Cokelat mengandung antioksidan dan flavonoid.

38. Jahe, dari hasil penelitian diketahui bahwa jahe mampu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke dengan meningkatkan HDL, mengurangi kolesterol, trigliserida, dan kadar gula darah.

39. Biji ketumbar, ambil dua sendok ketumbar dengan segelas air. Saring airnya dan simpan di kulkas. Bisa menurunkan kolesterol.

Tentu saja, Anda tidak perlu mengonsumsi ke-39 makanan tersebut seluruhnya. Pilih mana yang mudah didapatkan, cocok untuk mengonsumsinya, mudah cara mengolahnya dan murah harganya.

Misalnya, daun seledri. Ini mudah Anda dapatkan. Harga murah, tetapi Anda harus memblendernya dulu. Punya blender? Kalau tak punya blender, Anda tentu repot untuk mengonsumsinya. Jika langsung dimakan, rasa dan baunya kurang nyaman.

Yang paling mudah ditemukan dan enak rasanya adalah buah. Misalnya, apel, pir, anggur, mangga, siapa pun suka, termasuk Anda. Semua buah tersebut manis rasanya. Pavorit saya memang buah. Ya, buah penurun kolesterol. Harga murah, tetapi kadar penyembuhannya tinggi.

Ya, sepenuhnya terserah Anda. Ingin pilih yang mana. Pilih semua juga boleh. Pokoknya, tiap hari usahakan mengonsumsi makanan atau buah-buahan penurun kolesterol. Di sisi lain, Anda harus menghindari makanan atau buah penyebab naiknya kolesterol Anda.

 Obat Herbal untuk Memelihara Kesehatan Kolesterol Anda

obat herbal penurun kolesterolobat herbal kolesterol tinggi (sumber:herbaterapi.com)

Jika Anda tidak ingin repot, ya Anda bisa membeli obat herbal kolesterol buatan pabrik. Kini, makin banyak pabrikan memproduksi obat herbal, termasuk pabrik obatan-obatan farmasi. Ya, penggunaan obat herbal tahun-tahun belakangan meningkat tajam.

Obat herbal diproduksi dengan bahan baku tanaman herbal sebagaimana halnya jamu. Banyak obat herbal berbentuk tablet dan kapsul. Tetapi, ada juga dalam bentuk cair. Anda bisa pilih mana yang Anda suka.

Kelebihan obat herbal adalah tidak menimbulkan efek samping sebagaimana obat farmasi. Tetapi, daya sembuh dari obat farmasi lebih cepat dan terukur. Mana yang akan Anda pilih, sesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda dan tingkat kolesterol yang Anda derita.

Tetapi, jika Anda periksa dokter, tentu harus minum obat farmasi. Obat herbal bisa Anda gunakan untuk pemeliharaan kesehatan supaya kolesterol Anda selalu normal.

Walaupun, kolesterol Anda turun setelah Anda periksa dokter dan minum obat, tidak berarti tugas Anda selesai. Pekerjaan selanjutnya adalah mempertahankan kolesterol normal Anda. Anda tidak boleh kembali mengonsumsi makanan larangan dengan alasan kolesterol Anda sudah sembuh atau sudah normal.

Anda harus mempertahankan kolesterol Anda tetap normal selama hayat dikandung badan. Ya, selama hidup Anda harus selalu memelihara kesehatan Anda dengan menjaga kolesterol Anda agar tidak naik. Atau, selalu dalam posisi normal.

Ini bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi obat herbal kolesterol. Selain itu, Anda cek kadar kolesterol secara periodik. Jika diketahui melebihi angka normal, yaitu di atas 200 mg/dl, Anda perlu menurunkannya secepat mungkin sebelum telanjur tinggi. Kolesterol tinggi bisa mengakibatkan sakit jantung dan stroke.

Beberapa obat herbal kolesterol yang bisa Anda pilih adalah:

1. Colestero, Obat Herbal Untuk Menyembuhkan Kolesterol. Terbuat dari tanaman herbal Annona muricata dan Garcinia mangostana. Bisa digunakan untuk mengobati kolesterol dan menghilangkan kolesterol jahat. Isi 60 kapsul per botol. Harga Rp 185.000 – Rp 200.000. Harga di satu toko online bisa beda dengan lainnya.

2. Nature`s Evening Primrose Oil, Obat Kolesterol dan Diabetes. Obat herbal kolesterol ini juga menurunkan darah tinggi, menyembuhkan sakit jantung koroner, dan mengatasi pengerasan pembuluh darah. Bisa menurunkan kolesterol jahat dan menaikkan kolesterol baik hingga 50%.

3. Gnr Garlic Oil Obat kolesterol . Tidak hanya mengobati kolesterol, obat herbal kolesterol ini juga bisa digunakan mencegah sakit jantung koroner, tekanan darah tinggi. stroke, kanker, dsb. Obat kolesterol ini dibuat dari herbal bawah putih.

Ada banyak obat herbal untuk penurun kolesterol tinggi. Bahkan, beberapa obat juga sekaligus bisa menyembuhkan penyakit lain. Anda bisa memilih obat herbal mana yang Anda suka. Mudah kok penggunaannya.

Demikian artikel mengenai 39 Makanan Penurun Kolesterol yang Sangat Manjur. Semoga artikel ini bermanfaat.

One thought on “39 Makanan Penurun Kolesterol yang Sangat Manjur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *