7 Cara Mencegah Stroke dengan Sangat Mudah

PERNAH mengunjungi orang terkena stroke? Sangat menyedihkan, terutama penderita stroke berat. Tetapi, bagaimana cara mencegah stroke supaya Anda tidak seperti mereka?

Ini yang sangat penting. Anda jangan sampai terkena stroke. Jika sudah terkena stroke, apalagi stroke berat, aduuhhh… dunia seperti sudah kiamat.

Ya, benar. Anda tidak bisa berbuat apa-apa lagi, kecuali minta pelayanan dari keluarga. Apa-apa minta bantuan atau dilayani. Mandi, makan, minum, mengenakan pakaian, ingin ke belakang, minum obat stroke, semua harus dibantu oleh orang lain.

Lebih-lebih jika sakit stroke Anda berat dan Anda tidak bisa bicara. Atau bisa bicara tetapi tidak jelas apa maksudnya. Wooww… orang serumah benar-benar akan repot.

Ya, kalau masih satu bulan, enam bulan, satu tahun, tiga tahun, mungkin keluarga masih bersemangat untuk membantu Anda dengan senang hati.

Tetapi, jika sudah lima tahun, delapan tahun, apa tidak jenuh? Jika kejenuhan terjadi, saya tidak bisa membayangkan akibatnya.

Beberapa keluarga penderita stroke bercerita kepada saya bahwa mereka harus selalu sabar. Penderita stroke suka emosi jika permintaannya tidak segera dipenuhi.

Harus selalu ada anggota keluarga yang siap membantu apa yang diminta. Penderita stroke tidak bisa dibiarkan sendirian di rumah. Jika semua pergi, siapa yang membantu seandainya penderita stroke minta sesuatu? Cara terbaik bagi Anda sekarang adalah bagaimana cara mencegah stroke.

pengobatan strokedilatih berjalan (sumber:clip-cliping.blogspot.co.id)

Mencegah Stroke: Cara Terbaik untuk Bebas dari Stroke

Kata pepatah, mengobati lebih sulit daripada mencegah. Makan, sebaiknya Anda melakukan pencegahan stroke sejak sekarang. Usahakan diri Anda jangan sampai terkena stroke dan kenali gejala stroke. Sekali lagi, pencegahan adalah lebih baik daripada pengobatan.

Semboyan ini harus selalu Anda ingat  dalam pikiran. Tujuannya supaya Anda hati-hati dan selalu berusaha menghindarkan diri dari kemungkinan terkena stroke.

Caranya, ya Anda harus selalu menjalankan pola hidup sehat dan pola makan sehat. Biarpun Anda masih muda, Anda sehat, Anda banyak uang, Anda pandai, Anda pejabat, dsb, dsb. Anda tetap harus menghindari stroke.

Mengapa? Semua tidak akan ada gunanya jika Anda terkena stroke, apalagi stroke berat. Mohon, renungkan hal ini.

Saya pun pernah melakukan perbuatan bodoh. Karena merasa tensi saya normal, hampir satu tahun tidak pernah minum obat hipertensi dan tidak pernah cek tensi darah.

Eh, satu hari saat berjalan menuju masjid untuk shalat berjamaah, di tengah perjalanan tiba-tiba saya sempoyongan. Saya merasa seperti ingin pingsan karena fisik tidak stabil. Saya segera berpegangan pagar untuk menghindari jatuh ke jalan.

Segera setelah shalat jamaah selesai, saya segera pulang dan minum obat darah tinggi. Untunglah, Tuhan menolong saya sehingga saya bisa sehat kembali.

Sejak saat itu, saya menyatakan pada diri sendiri untuk tidak ingin berbuat ceroboh lagi. Saya tidak ingin darah tinggi naik terlalu tinggi sehingga menyebabkan saya stroke.

Akhirnya saya kembali melakukan diet darah tinggi dan minum obat hipertensi. Inilah cara mencegah stroke seperti dianjurkan oleh dokter. Ya, jalani hidup sehat.

7 Cara Penting untuk Mencegah Anda Sakit Stroke

 terapi stroketerapi stroke dengan menggerakkan kakinya (sumber:bogornews.com)

Kembali tentang cara menghindari stroke. Biarpun Anda sekarang merasa sehat, tidak punya sakit darah tinggi, tidak punya kolesterol atau penyakit lainnya, tidak berarti Anda bebas dari ancaman stroke.

Stroke bisa terjadi kapan saja dan kepada siapa saja. Bahkan, stroke terkadang tidak memberikan gejala. Tiba-tiba Anda terkena stroke. Meskipun, kemarin masih sehat, masih bekerja seperti biasa, dsb.

Saya punya teman di Yogyakarta. Sebelumnya ia tidak punya keluhan apa pun. Ia selalu merasa sehat. Tiba-tiba, suatu pagi ia agak sulit bicara. Ia merasa ada sesuatu yang aneh pada dirinya. Setelah diperiksakan ke dokter, ternyata ia dinyatakan terkena stroke ringan.

Maka, cara terbaik supaya Anda tidak terkena sakit stroke adalah menghindari sakit stroke. Anda harus melakukan berbagai upaya dan cara mencegah stroke. Apa saja itu?

1. Cek Tekanan Darah, Kolesterol, dsb.

Anda perlu cek tekanan darah, kolesterol, gula darah, dsb. Tujuannya supaya tahu persis kesehatan Anda. Mana yang sehat dan mana yang harus diwaspadai. Atau, mana yang perlu diambil tindakan sehingga Anda bisa kembali sehat.

Misalnya, kolesterol Anda 220 mg/dl. Tentu saja, ini berarti Anda perlu hati-hati dan usahakan bisa menurunkan kolesterol Anda supaya kembali normal (maksimal 200 mg/dL). Kolesterol tinggi bisa menyebabkan Anda menderita stroke atau sakit jantung.

Demikian juga dengan tekanan darah tinggi, gula darah, dsb, Anda perlu cek secara berkala. Jika tinggi, harus segera diobati atau diturunkan. Yang terpenting, Anda harus berusaha mencegah stroke.

2. Hindari Makanan dan Minuman Penyebab Sakit

Hindari makanan dan minuman yang bisa menyebabkan Anda sakit. Terutama jika Anda makan berlebihan, yakni melebihi ukuran normal.

Contohnya, kolesterol sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh manusia. Tetapi, jika jumlahnya melebihi batas, yaitu lebih dari 200 mg/dl, kolesterol justru berubah menjadi musuh Anda.

Kolesterol bisa membuat Anda sakit stroke atau sakit jantung. Hal yang sama juga terjadi pada makanan-makanan penyebab darah tinggi naik.

Intinya, Anda boleh mengonsumsi tetapi sedikit saja, sesuai kebutuhan. Berapa banyak yang masih bisa Anda konsumsi? Ya, sesuai dengan kadar tensi dan kolesterol Anda.

3. Perbanyak Makanan Minuman yang Menyehatkan

Ini adalah kebalikan dari poin 2. Selain menghindari makanan minuman yang bisa menyebabkan Anda sakit jika dikonsumsi berlebihan, ada juga makanan dan minuman penurun darah tinggi atau kolesterol tinggi. Makanan ini bisa membantu menormalkan tensi dan kolesterol Anda, terutama dengan mengonsumsi buah dan minum air putih.

senam strokedilatih senam sambil duduk di kursi (foto;jawapos.com

4. Lakukan Olahraga, Senam, dsb.

Lakukan olahraga dengan teratur. Bentuk olahraga bisa Anda pilih sendiri. Tidak perlu olahraga berat jika tidak memungkinkan.

Misalnya karena usia Anda atau Anda tidak terbiasa berolahraga. Anda bisa menggantinya dengan jalan kaki, bersepeda, senam, jogging, berkebun, atau aktivitas lain yang bisa membuat fisik bergerak dan sehat. Yang penting bisa mencegah stroke.

5. Hindari Stres dengan Olahraga, Tidur, Lakukan Hobi

Ini juga sangat penting untuk menghindari sakit stroke. Mengapa? Dengan tuntutan yang tinggi di masyarakat modern, banyak hal yang bisa menyita pikiran hingga membuat Anda stres.

Misalnya, saat berangkat dan pulang kerja. Banyak jalan macet saat jam sibuk, pagi atau sore. Kondisi jalan macet sering membuat orang stres. Sengaja atau tidak sengaja, Anda mudah stres.

Banyak contoh suasana lain yang membuat Anda mudah stres dan menyebabkan mudah terkena sakit, termasuk stroke.

Bagaimana cara mengatasi stres? Ya, latihan tidak mudah stres. Benar, ini bisa dilatih lo. Atau melakukan olahraga, naik gunung, tidur, membaca Kitab Suci agama masing-masing, melakukan hobi, dsb. Ya, pilih cara mana bisa mencegah Anda dari stroke.

6. Minum Suplemen Sehat: Obat Herbal

Ini hanya saran, terutama kepada Anda yang punya penyakit seperti darah tingi, kolesterol, stroke, dsb. Atau bagi Anda yang sehat.

Minum suplemen kesehatan bisa membantu untuk menyehatkan fisik Anda. Ya, tidak harus terus-menerus. Lakukan sesuai dengan kebutuhan.

Apalagi suplemen dari obat herbal untuk stroke. Anda bisa minum untuk mencegah terjadinya penyakit darah tinggi, stroke, diabetes, dsb. Obat herbal yang dibuat tanpa bahan kimia bisa menghindarkan Anda dari bahaya efek samping.

Jadi, fungsinya untuk menjaga kesehatan Anda. Minum sesuai dengan kebutuhan.

7. Hindari Kebiasaan Merokok dan Mengonsumsi Minuman Keras

Kebiasaan buruk adalah merokok dan minum minuman keras. Ini bisa merusak kesehatan Anda. Apalagi, mengonsumsi minuman keras. Banyak peminum hanya untuk gaya-gayaan bersama teman-teman. Kecenderungannya minum dalam jumlah melebihi batas kewajaran. Jelas ini mengancam kesehatan Anda. Bisa menyebabkan darah tinggi, stroke, dan sakit jantung.

Demikian beberapa cara mencegah stroke yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan murah. Ya, sekali lagi bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Mencegah lebih murah biayanya daripada mengobati.

Terima kasih atas kesediaan Anda membaca artikel ini. Jika tak keberatan, sebarkan artikel ke teman-teman melalui tombo melalui media sosial di bawah.