8 Makanan Pantangan bagi Penderita Kolesterol Tinggi

MAKANAN pantangan bagi penderita kolesterol tinggi. Ya, ada beberapa makanan pantangan bagi Anda yang tidak ingin terkena kolesterol tinggi. Atau Anda sudah terkena kolesterol tinggi dan ingin kolesterolnya bisa turun ke posisi kolesterol normal.

Untuk mencapai hal itu, Anda harus menghindari makanan pantangan kolesterol. Jika tidak, akibatnya bisa sangat fatal.Kolsterol Anda bisa lebih parah atau lebih tinggi lagi.

Penderita kolesterol yang  tidak diobati bisa terkena sakit jantung atau stroke. Sama dengan penderita sakit darah tinggi. Jika tidak diobati dengan sungguh-sungguh juga bisa berakibat sakit stroke atau sakit jantung.

Kalau Anda sudah pernah menderita sakit stroke, tentu Anda tahu bahwa pengobatannya sangat sulit. Memakan waktu yang lama. Ditambah, penderitaan yang sangat berat.

Teman saya, Bapak Joko Waluyo yang sakit stroke ringan, berharap anak cucunya jangan sampai kena sakit stroke seperti dirinya. Penyakit itu benar-benar menguras energi dan meminta kesabaran yang tiada tara.

Tidak hanya dirinya. Keluarganya juga ikut repot. Harus selalu mendampingi ke mana pun ia pergi.
Padahal, ia menderita sakit stroke ringan (20%). Bagaimana dengan mereka yang menderita sakit stroke berat? Ke mana-mana harus menggunakan kursi roda. Tentu saja, harus ada anggota keluarga yang membantu.

Cek Kolesterol Tiap Tahun Sekali, Hindari Makanan Pantangan Kolesterol

cek kolesterol lakukan cek kolesterol berkala , 3 tahun atau 5 tahun sekali (sumber:alatcekguladarah.com)

Kembali ke makanan pantangan kolesterol. Hampir semua penyakit punya pantangan, termasuk pantangan makanan dengan kolesterol tinggi. Anda harus menghindari makanan pantangan penderita kolesterol jika tidak ingin sakit Anda kembali kambuh.

Yang agak merepotkan, tidak semua penyakit kolesterol memberikan gejala. Gejala muncul justru saat kadar penyakitnya sudah tinggi. Sebelumnya tak pernah ada tanda-tanda apa pun.

Contohnya adalah apa yang dialami adik ipar saya, Trisjani. Ia tidak pernah merasakan sakit apa pun. Misalnya, kepala pusing, tengkuk (punggung belakang) kencang dan sebagainya.

Gejala itu baru dirasakan dua bulan terakhir. Ketika diperiksa di laboratorium, ternyata ia menderita kolesterol tinggi hinggga 285 mg/dL.

Tidak hanya menderita kolesterol. Ia juga menderita sakit jantung sebagai akibat dari sakit kolesterol. Kolesterol yang tidak diobati bisa menyebabkan sakit jantung atau stroke. Ia pun harus masuk rumah sakit untuk pengobatan kedua sakitnya.

Oleh karena itu, Anda harus hati-hati dengan pantangan penderita kolesterol. Yaitu, makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Bagi Anda yang telah berumur 40 tahun sebaiknya cek kolesterol di laboratorium. Cek setidaknya 5 tahun sekali.

Tetapi, bagi Anda yang pernah punya sakit kolesterol, cek setidaknya satu tahun sekali. Dengan cara itu, Anda bisa segera menurunkannya jika diketahui kadar kolesterol Anda tinggi.

Dulu, saya pun beberapa kali cek kolesterol selalu dinyatakan bahwa kolesterol saya sehat. Tetapi, akhir tahun 2014 saya menderita kolesterol tinggi. Ya, soalnya usia sudah berkepala enam.

Ya, tadinya tidak merasakan sesuatu. Tetapi, ketika sering pusing dan tengkuk kencang, saya periksa dokter. Ternyata, kolesterol saya adalah 257 mg/dl. Berarti saya menderita kolesterol tinggi.

Tempelkan Nama-nama Makanan Pantangan Kolesterol di Meja Makan

Makanan Kolesterol Tinggi
Bobot Kolesterol Klasifikasi
Santan Kelapa 185 Berbahaya
Gajih Babi 200 Berbahaya
Susu Sapi 250 Berbahaya
Susu Sapi Cream 280 Berbahaya
Cokelat 290 Berbahaya
Margarin/Mentega 300 Berbahaya
Jeroan Sapi 380 Berbahaya
Jeroan Babi 420 Berbahaya
Kerang Putih/Tiram 450 Berbahaya
Jeroan Kambing 610 Berbahaya
Makanan Pantangan Dikonsumsi
Cumi-cumi 1170 Pantangan
Kuning Telur Ayam 2000 Pantangan
Otak Sapi 2300 Pantangan
Otak Babi 3100 Pantangan
Telur Burung Puyuh 3640 Pantangan

TINGGI: daftar makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan harus Anda hindari

Kembali ke makanan pantangan kolesterol. Makanan apa saja yang termasuk sebagai pantangan bagi penderita kolesterol?

makanan pantangan kolesterolmakanan pantangan bagi penderita kolesterol tinggi (sumber:macampenyakit.com)

Ya, ada beberapa. Makanan pantangan bagi penderita kolesterol adalah makanan yang mengandung lemak jahat. Makanan ini merupakan pemicu terbesar atas meningkatnya kadar kolesterol pada tubuh Anda.

Anda perlu catat nama-nama makanan pantangan kolesterol dan tempelkan di meja makan atau ruang makan. Tujuannya supaya Anda bisa selalu mengetahui persis makanan apa yang harus Anda hindari karena sebagai pemicu kolesterol tinggi.

Kalau perlu, tulis dengan huruf agak besar sehingga mudah terlihat. Tidak hanya untuk Anda, tetapi terlihat oleh semua anggota keluarga sehingga mereka bisa ikut membantu untuk mengingatkan Anda jika Anda lupa dengan makanan pantangan.

Tidak hanya menempelkan catatan makanan pantangan penderita kolesterol di ruang makan. Anda juga perlu menyimpan catatatan tentang daftar nama makanan pantangan kolesterol itu di dalam tas atau saku.

Jika tengah bepergian dan harus makan di rumah makan atau restoran, Anda bisa ingat akan pantangan kolesterol itu.

Ya, ini sangat penting jika Anda benar-benar ingin sehat dari gangguan kolesterol. Lalai dalam pengobatan kolesterol bisa menjadikan Anda terkena sakit stroke atau jantung.

Ya, ini saya sampaikan di sini karena kemarin saya bertemu seseorang dalam acara takziyah orang yang meninggal. Ia bercerita punya teman yang sakit stroke akibat kolesterol tinggi yang terlambat pengobatannya.

8 Kelompok Makanan Pantangan bagi Penderita Kolesterol yang Harus Anda Hindari

Makanan pantangan kolesterol yang harus Anda hindari adalah:

1. Kelompok daging, meliputi daging sapi, kambing dan daging kuda. Juga kepala sapi dan kepala kambing.

2. Kelompok jeroan, meliputi usus, ginjal, paru, hati, otak, lidah, dan limpa.

3. Kelompok ekstrak daging, meliputi dendeng dan abon

4. Kelompok seafood, meliputi ikan teri, kepiting, tiram, cumi-cumi remis, udang, kerang, belut, ikan sarden dan juga sotong

5. Kelompok sayuran, meliputi buncis, daun singkong, sawi, asparagus, kol, daun pepaya dan juga jamur kuping.

6. Kelompok makanan, meliputi semua aneka gorengan. Tempe goreng, tahu goreng, ayam goreng, ketela goreng, dsb.

7. Kelompok kacang-kacangan. Misalnya, kacang hijau, kacang tanah, kedelai dan melinjo, termasuk juga semua makanan yang dibuat dengan bahan kacang-kacangan.

8. Kelompok lain, seperti air kelapa, es krim, keju, kuah daging, dan kaldu, telur puyuh, daging puyuh dan santan kelapa. Kulit ayam, kulit unggas, dan kulit hewan lainnya.

Bagaimana? Anda siap menghindari semua pantangan kolesterol seperti dalam daftar di atas agar Anda terhindar dari sakit kolesterol atau sembuh dari kolesterol tinggi? Saya yakin Anda siap untuk itu.

Jika kadar kolesterol Anda sudah turun hingga pada posisi kolesterol normal, Anda bisa makan makanan pantangan kolesterol. Tetapi, dalam jumlah sedikit dan tidak tiap hari.

Sebab, jika kolesterol Anda terlalu rendah juga membuat Anda tidak sehat. Kolesterol tinggi yang tidak diobati (karena Anda tidak merasakan ada gejala) bisa menyebabkan Anda menderita sakit jantung atau stroke.

Saya yakin Anda tidak ingin seperti itu. Menderita sakit stroke atau sakit jantung akibat kolesterol Anda sangat tinggi dan tidak segera diobati seperti dialami adik ipar saya.

Anda juga bisa mengobati kolesterol tinggi Anda dengan obat herbal anti-kolsterol. Obat-obat kolesterol ini bisa Anda dapatkan di toko obat herbal, termasuk di toko online.

Selain menghindari makanan pantangan, Anda sebaiknya juga mengonsumsi makanan untuk menurunkan kolesterol. Dengan cara itu, kolesterol tinggi akan turun dengan cepat sehingga Anda bisa kembali sehat. Sehat itu nyaman, lo !!

Demikian artikel mengenai Makanan Pantangan bagi Penderita Kolesterol Tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat.