9 Buah Penurun Darah Tinggi Favorit Saya

BUAH penurun darah tinggi – Makanan dan buah punya peran sangat besar untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Maka, perbanyaklah konsumsi makanan atau buah yang bisa menurunkan atau menstabilkan tensi Anda.

Sebaliknya, hindari makanan dan buah yang bisa menyebabkan tekanan darah Anda naik atau tinggi.

Ya, kedua hal itu harus dilakukan bersamaan. Itu adalah cara yang efektif untuk menurunkan darah tinggi. Apalagi, Anda juga mengonsumsi obat hipertensi.

Pengobatan sakit apa pun memang tidak bisa dilakukan hanya dengan satu macam atau satu metode. Misalnya, hanya minum obat.

Supaya cepat mendapatkan hasil yang baik dan sakitnya cepat sembuh atau darah tingginya cepat turun, ya Anda harus:

  • minum obat darah tinggi
  • menghindari makanan dan minuman penyebab darah tinggi.
  • mengonsumsi makanan minuman yang mempercepat kesembuhan
  • berolahraga atau senam secara teratur
  • tidak stres, dsb.

Tentu saja, pelaksanaan dari semua itu harus disesuaikan dengan tingkat sakit yang Anda derita. Atau, sesuai dengan kondisi fisik atau daya tahan tubuh Anda.

Saya punya teman satu kantor yang juga menderita darah tinggi seperti saya. Pernah, saya dan dia mendapat tugas untuk mengikuti seminar dua hari di hotel berbintang lima di Jakarta.

Saat waktunya makan siang, saya lebih dulu menemui koki untuk memastikan makanan yang cocok untuk hipertensi saya. Saya tanya-tanya tentang bahan makanan yang disajikan.

Melihat saya bertanya-tanya, teman saya menukas, “Mas, makan tidak usah repot-repot. Makan saja apa yang diinginkan dan setelah itu minum obat seperti saya lakukan.”

Ya, ke mana-mana dia selalu bawa obat hipertensi. Dia akan mengonsumsi obat di mana dan kapan saja saat membutuhkan.

Tentu saja, saya tidak mengikuti saran dia. Saya selalu hati-hati agar tetap sehat. Darah tinggi tidak naik drastis. Saya tidak ingin hipertensi saya makin berat.

Sebaliknya, saya selalu berusaha menurunkan darah tinggi. Apa pun yang saya lakukan, semuanya saya tujukan untuk menurunkan darah tinggi.

Makan, minum, bekerja, olahraga, tidur (istirahat), semuanya harus dipilih yang bisa menurunkan darah tinggi. Bukan sebaliknya.

Maklum, usia saya sudah mendekati kepala enam (waktu itu) dan sakit darah tinggi sudah hampir 20 tahun. Saya harus ekstra hati-hati.

Dua tahun kemudian, saya menerima informasi bahwa rekan saya itu telah dipanggil Tuhan. Sakit hipertensinya makin tinggi dan dokter tak bersedia lagi mengobatinya.

Terlepas dari takdir Tuhan, menurunkan darah tinggi tak bisa hanya mengandalkan obat pemberian dokter. Tetapi, juga harus menghindarkan makanan dan minuman yang menyebabkan darah tinggi naik.

Itulah sebabnya, dokter saat memeriksa pasien darah tinggi juga menyarankan agar pasien selalu berolahraga atau senam untuk menurunkan tensinya.

“Tetapi, senamnya harus di ruang terbuka. Jangan di dalam ruangan,” kata dokter saat periksa tensi saya beberapa tahun lalu.

Intinya, usaha penurunan tensi harus dilakukan dengan beberapa metode. Tidak hanya obat, tetapi juga disertai tindakan lain.

Misalnya,  mencegah stres, mengonsumsi makanan yang membantu penurunan tensi, menghindarkan makanan minuman penyebab hipertensi, memperbanyak konsumsi buah obat darah tinggi, dsb.

Satu metode tidak cukup. Harus disertai metode penyembuhan lainnya.

aneka buah aneka buah penurun darah tinggi (sumber:sonherbal.com)

Makanan dan Buah Favorit Penurun Darah Tinggi

Kini, makanan apa saja yang bisa membantu menurunkan darah tinggi Anda?

Ya, sesungguhnya banyak sekali makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan darah tinggi. Tetapi, favorit saya adalah buah penurun darah tinggi.

Hampir semua buah memiliki zat-zat atau senyawa yang bisa membantu penurunan tekanan darah tinggi.

Hanya saja, beberapa buah yang memiliki rasa asam tidak cocok untuk saya.

Sebab, saya pernah sakit maag hingga belasan tahun lamanya. Saya khawatir makan buah asam bisa membuat maag saya kambuh, seperti mengonsumsi mangga.

Beberapa buah favorit saya adalah:

1. Pisang, Kandungan Kaliumnya Tinggi

Buah pisang mudah ditemukan dan harganya juga tidak mahal. Bahkan, saya juga punya tanaman pisang di sebelah rumah.

Sudah beberapa kali berbuah dan pohonnya sangat subur. Pernah, tiga pohon berbuah dalam waktu bersamaan. Tak habis dikonsumsi orang serumah, pisang juga dibagikan ke tetangga.

Istri saya juga sering merebus buah pisang untuk makanan kecil pengganti makanan goreng-gorengan dan roti yang tidak baik untuk penderita darah tinggi.

Ya, saya suka diet goreng-gorengan dan roti. Sebab, keduanya bisa memicu naiknya darah tinggi. Pembuatan roti membutuhkan kuning telur yang banyak dan gula pasir. Kuning telur sebaiknya dihindari.

Pisang yang sudah matang selain rasanya lezat, juga mengandung posatium dan kalium tinggi. Karena itu, pisang termasuk buah penurun darah tinggi yang sangat baik.

Beberapa gizi yang terkandung dalam buah pisang:

  • lemak 0,2 gram
  • protein 1,2 gram
  • karbohidrat 25,8 gram
  • serat 0,7 gram
  • besi 0,5 gram
  • fosfor 28 gram
  • kalsium 8 mg
  • vitamin C 3 mg
  • vitamin B 0,08 mg
  • vitamin A 44 RE

Selain rendah garam, pisang juga mengandung kalium yang cukup tinggi sehingga sangat bagus untuk penderita darah tinggi.

Kandungan kaliumnya sampai 12% atau lebih besar daripada kandungan kalsium (1%) atau magnesium (8%). Inilah sebabnya, ia cocok untuk penderita hipertensi. Dianjurkan setiap hari makan buah pisang tiga kali.

Badan otoritas makanan di Amerika Serikat pun mengizinkan produsen untuk mengklaim bahwa pisang bisa menurunkan risiko terkena darah tinggi atau hipertensi dan stroke.

buah pisangpisang, buah favorit untuk menurunkan darah tinggi  (sumber:anekashare.com)

2. Mengkudu, UGM Pernah Menelitinya

Mengkudu juga termasuk buah penurun darah tinggi yang sangat baik. Saya pernah mengonsumsinya beberapa tahun lalu. Tensi turun setelah minum jus mengkudu.

Tetapi, ada efek sampingnya. Bobot badan saya naik setelah minum jus mengkudu atau ekstrak mengkudu. Tetapi, badan merasa segar dan sehat setelah minum jus mengkudu.

Kini tersedia obat herbal darah tinggi dari buah mengkudu dalam bentuk obat jadi seperti kapsul atau tablet. Jika Anda ingin mengonsumsi buah mengkudu untuk menurunkan darah tinggi, Anda bisa membeli obat herbal darah tinggi yang sudah jadi.

Mengkudu olahan pabrik tentu lebih baik dan lebih higienis daripada buatan sendiri secara manual. Baunya juga nyaman. Tidak seperti bau mengkudu asli.

Dengan kandungan scopoletin, ekstrak mengkudu bisa menurunkan tensi darah Anda.

Tidak hanya untuk menurunkan darah tinggi, mengkudu memiliki seribu satu manfaat untuk kesehatan. Maksudnya, ia memiliki banyak sekali manfaat untuk daya tahan tubuh kita.

Fakultas Kedoktoran UGM Yogyakarta pernah meneliti buah mengkudu. Hasilnya, sari buah mengkudu mampu menurunkan kontraksi otot jantung, sehingga jantung lebih tenang sekaligus risiko terkena sakit jantung koroner menurun.

Detak jantung lebih teratur dan aliran darah lebih lancar. Endapan lemak dalam pembuluh darah yang biasanya menyebabkan arterosklerosis (peradangan dalam pembuluh darah) bisa dibersihkan.

Itulah manfaat minum ekstrak buah mengkudu, bisa menurunkan darah tinggi. Anda tidak perlu membuat sendiri. Bisa beli di toko-toko obat hasil olahan pabrik.

obat hipertensi ekstrak mengkudu, obat hipertensi dan stroke (sumber:herbal-id.com)

3. Buah Melon, Kaya Kalsium

Buah melon atau curcumis melo juga favorit saya. Mengapa? Karena carinya mudah, harga murah, rasa segar dan manis. Anda bisa beli di supermarket atau di pasar buah. Kini, buah ini bisa Anda temukan sepanjang tahun.

Buah melon mengandung posatium yang tinggi yang bisa mengendalikan darah tinggi Anda. Kalium atau potassium yang dikandungnya 484 mg, setara dengan 14 % dari nilai kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Ini bisa membuat jantung dan tekanan darah tinggi Anda tetap stabil. Selain itu, melon juga merupakan sumber yang baik dari magnesium, asam folat , vitamin B6, dan vitamin c yang mampu meningkatkan ketahanan tubuh sehingga tetap sehat.

Masih banyak manfaat kesehatan yang Anda dapatkan dari mengonsumsi melon. Selain itu, rasa buah melon juga manis dan segar.

Melon bisa dikonsumsi langsung atau dibuat jus. Ia adalah salah satu buah untuk menurunkan darah tinggi.

4. Semangka, Sumber Posatium yang Baik

Sama dengan melon, buah semangka atau citrullus lanatus juga mudah ditemukan di supermarket. Rasanya juga segar dan manis.

Harganya pun tidak mahal sehingga sangat layak dijadikan makanan atau buah penurun darah tinggi. Ini tidak lain karena semangka adalah salah satu sumber potasium yang baik.

Apakah posatium itu?

Potasium adalah komponen sel dan cairan tubuh yang bisa membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Oleh karena itu, mengonsumsi melon bisa membuat Anda bebas dari risiko kena serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menyatakan ekstrak semangka bisa mengurangi tekanan darah di pergelangan kaki.

Ia juga mampu memperbaiki tekanan darah brachialis dan gelombang karotis.

Satu cangkir jus semangka mengandung 0 gram lemak, 43 kalori, dan 11 gram karbohidrat.

 

buah semangkasegar dan sangat baik untuk menurunkan darah tinggi (sumber:akurapost.com)

5. Blewah Tak Mengandung Kolesterol

Blewah juga sangat baik untuk menurunkan darah tinggi. Ia juga mengandung level posatium tinggi sehingga sangat baik untuk menurunkan hipertensi.

Biasanya buah blewah digunakan sebagai isian dalam minuman es sirup. Ya, es blewah lah namanya. Rasanya juga manis dan segar. Apalagi, saat haus. Meskipun nama blewah tidak setenar semangka atau melon.

Kandungan nutrisi tiap 100 gram blewah menurut hasil penelitian the Journal of Food Science yang dikutip oleh manfaatbuahkesehatan.blogspot.co.id adalah:

  1. Vitamin A – 3382IU (mencukupi hingga 68% kebutuhan harian vitamin A)
  2. Vitamin C – 36,7 mg (mencukupi 61% kebutuhan)
  3. Mineral Kalium – 267 mg (mencukupi 8% kebutuhan)
  4. Folat – 21 mcg (mencukupi 5% kebutuhan harian)
  5. Magnesium – 12,69 mg
  6. Mangan – 0,03 mg
  7. Tembaga – 0,05 mg
  8. Seng – 0,10 mg
  9. Kobalt – 0,003 mg
  10. Krom – 0,005 mg

Baca Juga: 12 Makanan Penurun Darah Tinggi  Favorit Saya

Dengan kandungan kalium, posatium dan vitamin C, buah blewah sangat baik untuk penurun darah tinggi. Selain itu, ia juga tidak mempunyai kandungan kolesterol sehingga sangat aman bagi penderita hipertensi ataupun stroke.
ES BLEWAH: selain terasa menyegarkan, minuman es blewah juga bisa untuk menurunkan darah tinggi

6. Anggur Juga Lindungi Jantung Anda

Anggur juga termasuk buah untuk menurunkan darah tinggi yang sangat baik. Ia mengandung vitamin B1 sebanyak 0,069 mg, vitamin B2 sekitar 0,07 mg, vitamin b3 sekitar 0,188 mg, asam pantotenat 0,05 mg, folat memenuhi 1% kebutuhan vitamin B9 harian, vitamin C seberat 10,8 mg, dan vitamin K yang mengasup 21% kebutuhan harian Anda.

Secara rinci bisa disebutkan bahwa vitamin E dan C yang terkandung di dalam buah anggur merupakan antioksidan yang bisa menurunkan darah tinggi sekaligus melindungi jantung Anda.

Anggur juga mengandung zat pembentuk basa (alkaline forming) secara alami. Dengan zat ini, pembuluh darah mampu membersihkan timbunan toksin dan lemak darah sehingga aliran darah ke otak tetap berjalan lancar.

Tak akan ada yang namanya penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah. Penyempitan pembuluh darah bisa membuat alirah darah ke otak terhenti dan terjadilah stroke.

Buah anggur juga memiliki kemampuan untuk mengeluarkan kelebihan cairan dari tubuh sehingga Anda bisa terhindar dari potensi terkena penyakit darah tinggi.

Tak hanya menurunkan darah tinggi. Anggur juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita lever, ginjal, kolesterol, dan masih banyak lagi.

Selain itu, rasa buah anggur adalah manis menyegarkan. Setiap orang pasti menyukai buah anggur. Hanya saja, harganya agak mahal karena ini adalah buah bergengsi.

anggurbuah anggur, penurun hipertensi (sumber:buahbuahanbermanfaat.com)

7. Apel: Khasiat Kulit 6 Kali Lebih Tinggi

Anda suka buah apel? Tentu saja. Buah ini sekarang sudah memasyarakat karena harganya tidak terlalu mahal. Selain itu, apel tersedia di banyak pasar tradisional atau swalayan.

Buah ini juga mengandung zat penurun darah tinggi, yaitu possatium dan pectin. Selain membantu menurunkan tensi, juga bagus untuk menurunkan kolesterol.

Tetapi, beberapa peneliti di Kanada menemukan bahwa lapisan kulit apel luar mengandung sejumlah zat alami yang mampu mengendalikan tekanan darah tinggi.

Bahkan, kemampuannya enam kali lebih besar daripada khasiat daging buah apel yang juga punya kemampuan untuk menurunkan tensi tinggi.

Hal itu diketahui dari hasil penelitian di Kanada. Mereka meneliti khasiat buah apel seluruhnya: kulit apel ataupun daging apel terhadap enzim yang disebut sebagai ACE. Enzim ini bisa menyebabkan darah tinggi.

Bagaimana hasilnya?

Kulit apel mempunyai enam kali flavonoid daripada daging buahnya. Ini membuat kulit apel menghasilkan tingkat antioksidan yang lebih tinggi.

Nah, sekarang Anda bisa memilih. Hanya memakan dagingnya atau juga kulitnya. Jika dengan kulitnya berarti kulit tak usah dikupas. Tetapi, cukup dibersihkan dan dimakan bersama daging buahnya.

Di sini, yang dipentingkan bukan rasa, tetapi manfaat buah apel untuk menurunkan tensi tinggi. Kecuali Anda tak memiliki darah tinggi. Anda boleh mengupas kulitnya dan hanya mengonsumsi dagingnya.

8. Jus Mentimun dan Seledri Sangat Bagus

Mentimun telah dikenal luas sebagai buah obat darah tinggi. Ia adalah makanan tinggi kalium, magnesium dan serat. Dikombinasikan dengan diet sehat, mentimun mampu menurunkan tekanan darah sistolik 5 poin dan tekanan darah diastolik 3,5 poin.

Tidak hanya mengandung nutrisi tinggi, buah mentimun juga sumber Vitamin A dan K, folat, asam caffeic, dan silika. Juga bisa menurunkan tekanan darah karena ia mengandung vitamin C atau antioksidan kuat.

Mengonsumsi buah tinggi kalium seperti mentimun adalah sangat baik karena dia bisa mengontrol tekanan darah Anda. Mentimun menyediakan sekitar 442 mg kalium.

Walaupun masih jauh dari kebutuhan, tetapi khasiat mentimun cukup besar untuk membuat tekanan darah Anda normal.

Jika Anda merasa bosan dengan jus mentimun karena harus minum selama beberapa hari, Anda bisa mencampurnya dengan daun seledri. Daun seledri juga dikenal bisa menurunkan darah tinggi atau hipertensi.

Dengan kandungan vitamin K, C, B6, kalium, kalsium, magnesium serat makanan, dan zat besi, maka seledri mampu berperan untuk  menurunkan tekanan darah.

Dengan jus mentimun plus seledri, tentu khasiatnya sebagai obat darah tinggi akan lebih besar. Selain mampu membunuh kebosanan Anda yang terus-menerus harus minum jus mentimun.

jus mentimun mentimun penurun hipertensi sudah dikenal cukup lama (sumber:suaradesa.com)

9. Bawang Putih, Tersedia dalam Bentuk Kapsul

Bawang putih juga bisa Anda konsumsi untuk penurun darah tinggi. Ia mengandung beberapa senyawa seperti senyawa aliin. Ia bisa membuat darah lebih encer sehingga tak akan terjadi penyumbatan di pembuluh darah.

Zat-zat yang terkandung dalam bawang putih adalah:

  1. Inhibitor ACE alami (peptida gamma – glutamil dan senyawa flavonolic )
  2. Magnesium
  3. fosfor
  4. adenosine
  5. allicin
  6. sulfer

Dengan mengonsumsi bawang putih, pembuluh darah akan elastis sehingga aliran darah ke otak berjalan lancar. Tentu saja, ini membuat tekanan darah turun atau bahkan menjadi normal.

Anda bisa mengonsumsi bawang putih untuk menurunkan darah tinggi dengan membeli dalam bentuk kapsul. Anda akan merasa lebih nyaman daripada mengonsumsi langsung.

kapsul bawang putih

(sumber:cahayaherbalnusantara.com)

Demikianlah 9 buah penurun darah tinggi yang menjadi favorit saya. Tetapi, kini saya lebih banyak mengonsumsi buah yang tidak repot penyiapannya.

Saya merasa sangat senang dengan perkembangan tensi saya beberapa tahun terakhir. Saya menderita hipertensi sudah 26 tahun.

Dengan mengonsumsi buah yang menyehatkan dan mengonsumsi obat khusus, saya sekarang merasa lebih sehat daripada saat muda dulu.

Tentu saja, semua itu harus dikombinasi dengan diet hipertensi.

Semoga artikel ini bermanfaat.