Connect with us

Berita Kesehatan

9 Alat Olahraga di Rumah dengan Harga Sangat Murah

Published

on

ALAT olahraga di rumah sangat penting untuk siapa saja yang ingin selalu sehat. Apalagi di zaman sekarang, banyak orang yang selalu sibuk bekerja mulai pagi hingga petang hari atau malam hari.

Mereka tidak sempat berolahraga. Ini berbahaya karena di belakang hari mereka mudah kena penyakit. Olahraga sangat penting untuk membangun daya tahan tubuh supaya selalu sehat.

Maka, memiliki alat olahraga di rumah sangat penting. Dengan alat olahraga ini, Anda tidak perlu pergi ke mana-mana. Anda bisa hemat waktu dan tenaga (energi). Tidak perlu membuang waktu di perjalanan, misalnya dari rumah menuju tempat berolahraga.

Dengan memiliki alat olahraga sendiri, Anda bisa melakukan olahraga di rumah dengan efektif dan efisien, termasuk olahraga sebelum tidur. Juga tidak perlu biaya membeli bensin untuk kendaraan atau biaya transpot menuju lokasi latihan.

Ya, waktu memang sangat penting, terutama untuk kota-kota besar di mana kepadatan lalu lintas di jalan raya menjadi fenomena yang tidak mudah dipecahkan. Melakukan olahraga di rumah adalah alternatif yang sangat tepat dan efektif untuk hidup sehat.

Dengan rajin berolahraga, Anda bisa menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, menurunkan darah tinggi, menghindari stroke, dsb. Pendek kata, olahraga merupakan bagian dari hidup sehat yang tidak bisa ditinggalkan.

Anda ingin sehat, ya Anda harus berolahraga. Walaupun olahraga ringan.

Beberapa Jenis Alat Olahraga di Rumah Murah

Setelah memilih jenis olahraga apa yang ingin Anda jalani di rumah supaya tubuh selalu sehat, Anda perlu melengkapi dengan alat olahraga yang cocok. Ya, tidak semua olahraga memerlukan peralatan khusus. Misalnya push up, senam, sit up, dsb.

Yang akan disebutkan di sini adalah alat olahraga di rumah yang harganya murah. Ada beberapa jenis yang bisa disebutkan. Anda bisa memilih mana yang Anda suka sesuai dengan jenis olahraga yang ingin Anda jalani.

alat olahraga di rumah

melakukan olahraga door way pull up bar di rumah (foto:amazon.com.au)

Anda bisa memilih satu jenis olahraga di rumah atau lebih dari satu juga boleh.

1. Door way pull up bar

Alat olahraga di rumah ini cukup populer sebab bentuknya minimalis. Anda pun bisa menggunakannya dengan mudah. Alat ini digunakan untuk pull up. Anda bisa memasang bar ini dengan mudah pada daun pintu di rumah Anda.

Dengan cara ini, Anda bisa hemat waktu. Anda bisa berolahraga pull up di rumah.

Ada dua jenis alat olahraga ini. Yang sederhana seharga Rp 144.000 – Rp 175.000. Yang satunya harga Rp 367.000. Yang termahal harga Rp 3 juta lebih.

2. Barbel atau Dumbell

Anda bisa memilih angkat dumbell atau barbel unuk berolahraga di rumah. Banyak anak muda menyukai olahraga ini. Bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tak memerlukan ruang khusus.

Harga peralatan ini juga murah sesuai dengan ukuran dan beratnya. Olahraga ini bisa memperkuat otot-otot sehingga Anda selalu sehat.

Alat olahraga di rumah ini banyak jenisnya, termasuk bahan pembuatannya. Berat alat dimulai dari 1 kg – 10 kg. Harga alat olahraga di rumah ini adalah Rp 50 ribu sampai Rp 500-an ribu.

3. Push up bar

Ini adalah alat bantu untuk melakukan olahraga push up. Dengan olahraga ini, Anda bisa memperkuat otot dada. Ada beberapa variasi gerakan yang bisa Anda coba.

Dengan alat yang terbuat dari besi ini, Anda bisa menggunakannya untuk bergantung. Ada beberapa variasi bentuk yang bisa Anda pilih.

Tentu saja ini adalah alat olahraga murah. Dari Rp 39 ribu sampai Rp 1 juta lebih. Tetapi, yang terbanyak adalah alat olahraga harga murah di bawah Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribu.

4. Hand grip

Ini adalah alat olahraga yang sangat simpel. Berolahraga dengan alat ini tidak memakan banyak tempat. Dengan olahraga ini, Anda bisa melatih otot-otot forearm. Jenis alat olahraga ini juga bermacam-macam. Dari harga Rp 12.500 hingga R 300-an ribu.

5. Chest expander

Alat olahraga di rumah ini berfungsi untuk melatih otot dada, lengan dan bahu. Penggunaan alat ini sangat mudah dan simpel sehingga layak untuk Anda pilih. Harganya juga tidak mahal.

Alat olahraga ini juga terdiri dari banyak model. Harga dari Rp 100 ribu – Rp 1 juta lebih. Tetapi, yang terbanyak adalah Rp 100 ribu – Rp 200 ribu.

6. Alat lompat tali

Ini sebenarnya olahraga tradisional yang sudah ada sejak sangat lama. Hanya sekarang disediakan alat lompat tali yang lebih bagus dan nyaman. Lompat tali merupakan olahraga kardio yang banyak orang suka.

Olahraga ini efektif untuk menurunkan berat badan. Tentu saja, ini adalah alat olahraga murah. Harganya dari dibawah Rp 100 ribu sampai Rp 300 ribu, tergantung model, bahan dan kelengkapan.

7. Ball fitness

Bola besar yang terbuat dari karet ini juga bisa Anda gunakan untuk bermacam gerakan olahraga. Sangat cocok digunakan untuk menurunkan perut buncit. Dengan bola ini Anda juga bisa berlatih untuk menyetabilkan tubuh.

Alat olahraga di rumah ini juga sangat banyak variasinya sehingga harganya pun bervariasi. Dari Rp 60 ribu sampai Rp 300-an ribu.

8. Weight plates

Alat beban berat ini berbentuk cakram dari logam. Bisa digunakan untuk 2 tujuan, yakni menggunakannya sebagai jenis olahraga tersendiri atau sebagai beban tambahan untuk latihan menggunakan alat olahraga lain.

Harga alat olahraga ini agak mahal, yakni dari Rp 500 ribu hingga Rp 3 jutaan. Anda bisa memilih model dan kualitas yang Anda suka.

9. Matras

Anda sebaiknya menggunakan matras berupa karpet yang terbuat dari bahan yang tidak licin. Dengan menggunakan matras sebagai alas tempat latihan, Anda bisa berolahraga dengan nyaman. Digunakan untuk push up, sit up, gerakan yoga, dsb.

Harga matras tentu berbeda-beda sesuai dengan jenis, bentuk dan kualitas bahan. Harga alat olahraga di rumah ini adalah Rp 35 ribu sampai Rp 200-an ribu.

Demikian beberapa alat olahraga di rumah yang bisa Anda pilih beserta harganya. Tentu harga bisa berbeda di antara satu toko dan lainnya. Anda bisa memilih olahraga yang Anda suka. Yang terpenting, Anda harus menyisihkan sedikit waktu untuk berolahraga di rumah biar tubuh selalu sehat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.