Connect with us

Treadmill Murah

PerbedaanTreadmill Manual dan Elektrik, Mana yang Terbaik

Published

on

Perbedaan treadmill manual dan elektrik. Penting untuk mengetahui perbedaan keduanya sebelum Anda memilih salah satunya. Yakni, treadmill manual dan treadmil elektrik. Anda bisa memilih salah satu dari keduanya atau ingin menggunakan semuanya. Ya, sepenuhnya terserah Anda.

Sebelum memilih teradmill mana yang ingin Anda gunakan, ada baiknya di sini lebih dahulu dipaparkan tentang pengertian dan perbedaan dari masing-masing jenis treadmill ini. Yaitu, apa perbedaan treadmill manual dan elektrik.

Treadmill manual adalah alat olahraga (treadmill) yang bisa Anda gunakan untuk berjalan ataupun berlari tanpa menggunakan mesin / motor listrik. Karena tidak menggunakan listrik, tentu saja Anda tidak perlu menambah atau mencari colokan listrik.

Tetapi, seperti treadmill elektrik, treadmill manual juga dilengkapi dengan monitor display dengan tombol pengatur kecepatan treadmill, detak jantung, jarak tempuh, waktu pemakaian, kalori yang terbakar, dsb.

Treadmill manual terdiri dari beberapa tipe. Yaitu, tipe 1 fungsi, 2 fungsi, 3 fungsi, 4 fungsi, 5 fungsi, dan seterusnya.

Untuk alat olahraga treadmill dengan 6 fungsi, yaitu:

  1. fungsi treadmill untuk melatih otot kaki dan otot jantung
  2. stepper untuk melatih otot bokong, kaki, paha dan otot betis
  3. twister untuk melatih otot pinggang dan membuat pinggang Anda ramping
  4. belt trainer untuk membakar lemak di perut, pinggang, dan bokong
  5. upsh up
  6. rope trainer

Bagaimana dengan alat olahraga treadmill elektrik? Ya, fungsinya hampir sama dengan treadmill manual, yakni sebagai alat olahraga lari dan jalan. Hanya saja, treadmill elektrik digerakkan dengan menggunakan tenaga listrik.

Selain itu, treadmill elektrik dilengkapi dengan fitur pemutar musik, pengatur ketinggian, dan pengatur kecepatan.
Treadmill elektrik tidak menggunakan sistem grafitasi karena dilengkapi dengan motor penggerak. Ini berbeda dengan treadmill manual yang tanpa motor penggerak.

Beberapa Perbedaan Treadmill Manual dan Elektrik

Setelah mengetahui perbedaan treadmill manual dan elektrik, mana yang lebih baik dan bisa Anda pilih? Alat olahraga treadmill manual atau treadmill elektrik?

perbedaan treadmill manual dan elektriktreadmill manual dengan 6 fungsi (sumber:sentralfitnes.com)

Dengan fasilitas yang dimiliki, maka harga treadmill manual lebih murah. Maklum, fiturnya juga lebih sedikit. Ia tidak memerlukan listrik dan motor penggerak. Begitu Anda berjalan atau berlari di atas treadmill, maka karpet tempat Anda berjalan atau berlari akan bergerak mengikuti langkah Anda.

Jadi, kecepatan gerakan treadmill ini tergantung pada gerakan Anda. Dari segi latihan/olahraga, treadmill manual membuat Anda melakukan pembakaran lemak lebih besar dibandingkan dengan menggunakan treadmill elektrik. Sebab, Anda benar-benar berjalan atau berlari di atas treadmill.

Tetapi, run area treadmill manual standar, yakni 35 cm. Treadmill manual disiapkan untuk penggunaan di rumah, bukan di tempat penyewaan atau di tempat kebugaran dengan frekuensi penggunaan yang tinggi.

Setingan menanjak/incline dari pen/per, dan perawatannya mudah karena sederhana.

Berbeda dengan treadmill manual, maka treadmill elektrik menggunakan motor penggerak berkekuatan 1 – 3 hp untuk olahraga rumahan dan 3 hp lebih untuk pusat kebugaran dengan banyak pengguna.

Run areanya 35 cm lebih sampai 52 cm. Dimensinya lebih lebar dan tampak lebih mewah. Untuk perawatan, tiap bulan harus ditetesi minyak pelumas supaya tahan lama atau tidak mudah rusak.

Kelebihan lain dari treadmill elektrik adalah fiturnya lebih banyak. Ada fitur pengatur ketinggian, fitur musik, pengatur kecepatan, pengukur denyut jantung, dsb.

Dengan berbagai kelebihannya itu, maka harga treadmill elektrik lebih tinggi atau lebih mahal dibandingkan harga treadmill manual. Bahkan, bisa berlipat-lipat.

Kelemahan treadmill elektrik adalah jika motor penggerak rewel atau listrik padam, ya treadmill tidak bisa digunakan. Untuk tempat kebugaran besar, biasanya mereka juga memiliki mesin penyedia tenaga listrik sendiri sehingga tidak tergantung pada listrik dari PLN.

Mana yang Lebih Menguntungkan: Treadmill Manual atau Treadmill Elektrik

Pertanyaan selanjutnya, alat olahraga treadmill mana yang lebih menguntungkan? Treadmill manual atau elektrik?

Ya, tergantung pada dana yang tersedia dan tujuan membeli treadmill. Jika dana terbatas, Anda bisa memilih treadmill manual. Toh, kualitas olahraga Anda lebih tinggi dengan menggunakan treadmill manual jika Anda berkehendak seperti itu.

Sebab, intensitas berolahraga dengan treadmill manual tergantung pada Anda. Apakah Anda berlari dengan kencang, sedang atau tidak kencang. Atau hanya jalan saja.

Selain itu, seperti disinggung di atas, teradmill manual memiliki beberapa tipe. Ada bertipe 1 fungsi, 2 fungsi, 3 fungsi, dan seterusnya. Ini membuat Anda punya banyak pilihan sesuai dengan tujuan Anda berolahraga menggunakan treadmill.

treadmill eletriktreadmill elektrik tl 146 (sumber:tokopedia.com)

Treadmill manual terdiri dua jenis, yaitu magnetic dan non-magnetic. Treadmill manual magnetic adalah treadmill yang diberi magnet sebagai pemberat tambahan sehingga kualitas olahraga bisa lebih tinggi atau lebih maksimal.

Anda bisa mengatur beban tambahan magnet. Treadmill yang non-magnetic tentu tanpa tambahan apa pun sehingga tetap sebagai standar treadmill manual.

Tetapi, jika Anda ingin kenyamanan, ya pilih treadmill elektrik. Artinya, dana Anda cukup dan ingin memilih treadmill yang terbaik.

Hanya saja, yang perlu dipertimbangkan adalah tambahan beban biaya langganan listrik. Tentu biaya listrik akan lebih tinggi dari sebelum menggunakan treadmill.

Jika pertimbangan utama adalah kenyamanan, ya pilihlah alat olahraga treadmill elektrik. Kenyamanan akan membuat Anda lebih sehat dan lebih produktif. Ini justru lebih bernilai dan mungkin bisa menjadi tujuan utama dari penggunaan treadmill.

Namun, fungsi treadmill elektrik lebih sedikit dibandingkan dengan fungsi treadmill manual. Paling banyak fungsi treadmill elektrik 4, yaitu berlari, massanger, sit up dan twister untuk treadmill tertentu.

Namun dari segi bahan, kualitas treadmill elektrik lebih tinggi. Maklum, harga treadmill elektrik juga lebih mahal. Jadi, layak jika produk ini dibuat dengan menggunakan bahan kuat dan tahan lama.

Anda Bisa Memilih Treadmill Elektrik dengan Harga Lebih Murah

Jika Anda ingin berhemat, ya pilih treadmill elektrik yang tidak terlalu mahal. Selain itu, penggunaan kecepatan tidak terlalu tinggi. Misalnya, dengan kecepatan 12 – 14 km/jam. Saya kira, kecepatan ini sudah cukup untuk membuat Anda sehat.

Tetapi, Anda juga bisa memilih harga treadmill elektrik murah. Artinya, harga treadmill elektrik yang paling murah, yaitu dibawah Rp 5 juta.

Kecuali Anda adalah seorang olahragawan yang memerlukan latihan lebih tinggi lagi. Anda perlu menggunakan treadmill dengan kapasitas lebih besar.

Demikian artikel mengenai perbedaan treadmill manual dan elektrik. Lalu, mana yang terbaik antara keduanya? Treadmill mana yang harus Anda pilih? Mana yang lebih menguntungkan dan lebih cocok untuk Anda?

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan Anda bisa terhindar dari penyakit.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.