Inilah Alat Pengukuran Tekanan Darah Terbaik untuk Anda

Advertisement

ALAT pengukuran tekanan darah sangat penting bagi siapa pun. Dengan alat tensi darah ini, Anda bisa mengetahui perkembangan kesehatan Anda. Apakah sekarang Anda sakit atau sehat.

Jika Anda ternyata dalam keadaan sehat, ya Anda harus bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan yang memberikan kehidupan dan kesehatan kepada Anda. Kesehatan hakikatnya adalah pemberian dari Tuhan.

Tetapi, jika ternyata Anda dalam kondisi tidak sehat, Anda harus segera melakukan langkah penting untuk menyehatkan diri Anda. Apalagi, jika kesehatan Anda dalam kondisi buruk. Misalnya, tensi darah Anda menunjukkan angka lebih dari 200/110 mmHg.

Anda harus melakukan langkah ekstra untuk mengembalikan kesehatan Anda. Anda harus melakukan langkah cepat untuk menurunkan darah tinggi atau hipertensi Anda ke kondisi normal.

Jika tidak, akibat yang lebih buruk bisa menimpa Anda. Banyak orang terkena stroke karena terlambat mengobati darah tinggi mereka. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang tidak tertolong jiwanya.

Ya, moga-moga Tuhan selalu menolong kita dan selalu menjadikan tubuh kita sehat.

alat tensi darah digitalalat tensi darah digital yang sangat praktis (sumber:hiamag.com)

Hati-hati, Ada Penyakit Darah Tinggi Tanpa Gejala

Di sini, kehadiran alat pengukur darah sangat penting. Anda harus selalu mengetahui berapa tensi darah Anda. Dalam keadaan sehat atau tidak sehat.

Apalagi, untuk Anda dengan usia di atas 40 tahun. Anda harus melakukan cek tekanan darah secara berkala. Walaupun, Anda merasa dalam keadaan sehat.

Mengapa? Karena tidak semua kasus darah tinggi memberikan tanda-tanda. Misalnya, kepala pusing, badan merasa kurang sehat, dsb.

Saya punya teman di Yogyakarta. Teman sekerja. Saya lama tidak pernah berjumpa karena domisilinya berjauhan. Tiba-tiba menerima informasi bahwa ia stroke. Untunglah masih stroke ringan.

Saat ada kesempatan bertemu, saya tanya apakah sebelumnya tidak ada tanda-tanda darah tinggi. Dia menyatakan sama sekali tidak ada gejala hipertensi untuk itu. Ia selalu merasa sehat sehingga tidak pernah periksa kesehatan ke dokter.

Ya, darah tinggi memang ada dua macam. Ada yang memberikan tanda-tanda (gejala) seperti kepala pusing. Tetapi, ada yang tidak memberikan gejala. Ini yang merepotkan. Tahu-tahu sudah dalam kondisi stroke seperti dialami oleh teman saya di Yogya.

Oleh karena itu, jika Anda sudah berusia 40 tahun lebih, Anda perlu cek tekanan darah Anda. Tinggi, sedang (normal), atau rendah. Darah rendah juga bisa terkena stroke.

Tetapi, yang lebih baik lagi adalah cek tensi mulai usia 20 tahun. Sebab, ada juga lo usia muda sudah terkena penyakit hipertensi atau darah tinggi. Walaupun, ini sangat jarang terjadi.

Jika ternyata tensi darah Anda tinggi, yakni lebih dari 140/100 mmHg, Anda perlu melakukan upaya untuk menurunkannya. Jika tidak diturunkan, penyakit darah tinggi akan jadi gangguan serius. Bahkan, bisa menyebabkan stroke atau sakit jantung.

No TEKANAN DARAH SISTOLIK

(Angka Pertama)

DIASTOLIK

(Angka Kedua)

O1 Darah Rendah atau Hipotensi Di Bawah 90 Di Bawah 60
02 Normal 90 – 120 60 – 80
03 Pre-Hipertensi 120 – 140 80 – 90
04 Darah Tinggi atau Hipertensi (Stadium 1) 140 – 160 90 – 100
05 Darah Tinggi atau Hipertensi (Stadium 2/ Bahaya) Di Atas 160 Di Atas 100

Banyak orang terkena stroke akibat tidak mengobati darah tingginya secara serius. Mereka tidak berusaha keras untuk menstabilkan atau menurunkan tensi darahnya. Mereka anggap penyakit darah tinggi sebagai hal biasa; dan seolah tak ada ancaman serius di balik peningkatan tensinya.

Menurut data di Kementerian Kesehatan, 100% penderita stroke mengalami kecatatan. Mereka tidak bisa pulih kembali seperti sebelumnya. Misalnya, sebagian anggota badannya lumpuh. Harus menggunakan kursi roda, menggunakan penyangga untuk jalan, dsb.

Oleh karena itu, Anda harus cek tensi darah sejak dini. Jika diketahui Anda menderita hipertensi, Anda harus berusaha mengobatinya, termasuk melakukan diet. Yaitu, menghindari makanan dan minuman yang bisa menyebabkan darah tinggi naik.

Tips Mencegah Darah Tinggi Anda Naik

Bagaimana cara mencegah darah tinggi Anda agar tidak naik? Atau, dengan kata lain membuat tensi Anda bisa selalu stabil?

Saya menderita darah tinggi selama 25 tahun lebih merasakan bahwa menurunkan darah tinggi bukan pekerjaan ringan. Perlu tekad dan kemauan yang keras untuk hidup sehat dan mampu menstabilkan tensi. Selain itu, juga perlu dukungan keluarga.

Berikut ini 7 cara mencegah hipertensi atau darah tinggi Anda naik:

  • Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang penyakit darah tinggi, baik melalui buku, internet atau teman / orang lain yang menderita darah tinggi. Dengan pengetahuan yang cukup, Anda bisa melakukan langkah tepat untuk menurunkan darah tinggi Anda.
  • Lakukan pola hidup sehat seperti tidak merokok dan tidak mengonsumsi minuman keras.
  • Hindari makanan penyebab tensi naik. Misalnya, makanan yang mengandung banyak garam, kuning telur, makanan banyak gula, aneka gorengan, jeroan, daging kambing, santan, dsb.
  • Olahraga teratur 75 menit per minggu. Ya, olahraga apa sajalah. Jalan kaki, senam, bersepeda juga bisa. Bagi Anda yang berusia, tidak biasa olahraga, bisa memilih jalan kaki atau bersepeda.
  • Hindari stres.

Alat Tensi Darah yang Bisa Anda Pilih

Untuk bisa mengetahui tensi darah Anda, Anda bisa datang ke klinik atau rumah sakit yang melayani pengukuran tensi. Bahkan, ada yang memberi layanan periksa tensi darah gratis.

Tetapi, Anda juga bisa memiliki alat tensi darah sendiri jika menginginkan atau memungkinkan. Harga alat tensi darah juga tidak mahal kok. Sementara, manfaatnya sangat-sangat besar. Ya, Anda bisa terus memonitor tensi darah Anda.

Banyak alat tensi darah yang bisa Anda pilih. Jika ingin harga alat tensi yang murah, pilih alat yang hanya berfungsi untuk mengukur tensi darah. Ada juga alat tensi yang punya fungsi lebih dari satu. Misalnya, bisa untuk mengukur tensi darah, kadar kolesterol dan gula darah.

Berikut ini adalah alat tensi darah dan harganya yang bisa Anda miliki sesuai dengan keinginan dan kemampuan finansial Anda.

1. Tensimeter Omron

tensimeter omronHasil pengukuran tensi darah Anda dengan alat kesehatan ini akurat dan penggunaannya sangat mudah. Anda mendapatkan garansi 2 tahun dengan pembelian alat tensi darah ini. Ini berarti produk ini sangat baik karena memberikan garansi yang cukup lama.

Alat pengukur tekanan darah ini menggunakan teknologi Intellisense. Yaitu, teknologi cerdas yang hasil pengukurannya akurat, cepat, mudah dan nyaman.

Berapa harga alat tensi darah Omron hem-7111 ini?

Harga tensimeter Omron ini bervariasi. Tergantung tipe yang ingin Anda pilih. Yaitu Rp 465.000 hingga Rp 1.565.000. Ada 30-an model yang bisa Anda pilih.

2. Beaurer BC-32

Beaurer BC-32Tensimeter Beurer BC-32 ini adalah tensimeter digital pada pergelangan tangan. Ia bekerja secara otomatis. Tidak hanya mengukur tekanan darah, tetapi juga mengukur detak jantung Anda.

Tensimeter Beurer BC-32 ini praktis. Ia bisa dibawa ke mana saja. Sebab, ukurannya kecil dan ringkas.

Alat kesehatan ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, di antaranya dapat mendeteksi kelainan ritme detak jantung (arrhythmia). Hanya dengan menekan 1 tombol, proses pengukuran tekanan darah berjalan otomatis.

Ada layar LCD besar sehingga hasil pengukuran tensi Anda bisa dibaca dengan jelas. Ini membuat Anda bisa membaca hasil pengukuran tekanan darah dengan mudah.

Harga Beaurer BC-32 ini antara Rp 371.000 hingga Rp 669.900. Alat tes darah tinggi ini memang terdiri dari beberapa tipe. Ya, ada 10 model yang bisa Anda pilih.

Alat tensi darah lainnya yang juga bisa Anda pilih adalah:

  1. Alat Pengukur Tekanan Darah / Tensi – Tensimeter Blood Pressure Praktis. harga Rp 251.000
  2. Intellisense – Alat Tensi Digital Blood Presurre Monitor Tekanan Darah Tinggi, harga Rp 275.000
  3. Alat Tensi Tekanan Darah Digital Portable(Bisa Dibawa ke Mana – Mana), harga  Rp 423.000
  4. Beurer BM55 Tensimeter Digital – Alat Ukur Tekanan Darah Lengan Atas, harga Rp 800.000
  5. Universal – Alat Tensi Tekanan Darah Jantung Tensimete, harga Rp 328.000

Catatan: harga alat tensi darah bisa berubah sesuai dengan kebijakan penjual dan satu toko dengan lainnya juga bisa berbeda. Harga di atas hanya sebagai patokan.

Demikian artikel mengenai Alat Pengukuran Darah yang bisa Anda miliki. Yang lebih penting, Anda harus selalu mengukur tensi Anda secara berkala. Jika ternyata Anda diketahui menyandang sakit darah tinggi atau hipertensi, selalulah berusaha mengendalikan supaya tensi darah Anda stabil normal.

Jika tidak, ancaman penyakit stroke di depan mata atau sangat dekat. Data menyebutkan, 100% penderita stroke mengalami kecacatan. Sekian, semoga Anda selalu sehat dan sehat itu nyaman.

Save

Advertisement