Connect with us

Asam Urat

Asam Urat Normal untuk Wanita – Diet Asam Urat Solusinya

Published

on

ASAM urat normal untuk wanita – Ya, sama dengan para pria, para wanita juga perlu menjaga kadar asam uratnya agar tetap normal. Sebab, penyakit asam urat sangat menjengkelkan. Rasa nyeri di sendi-sendi, khususnya di jari kaki dan lutut, bisa membuat Anda harus istirahat.

Anda tidak bisa bekerja atau pergi ke mana pun. Rasa nyeri di sendi atau bengkak di sekitar sendi bisa membuat Anda sulit untuk menggerakkan bagian tubuh yang sakit.

Bahkan, tetangga saya harus masuk rumah sakit karena asam uratnya. Asam urat yang tidak diobati dengan baik bisa menyebabkan penderita kena sakit batu ginjal atau kencing batu.

Sakit?? Huh, sakitnya bukan main kena penyakit batu ginjal atau kencing batu. Karena itu, penyakit asam urat harus diobati tuntas biar tidak suka kambuh.

Asam Urat Normal untuk Wanita, Cek Sejak Usia 35 Tahun

Bagi Anda yang telah berusia 35 tahun sebaiknya periksa kadar asam urat di laboratorium, baik untuk pria ataupun wanita. Anda bisa periksa di puskesmas, rumah sakit, atau klinik kesehatan.

asam urat normal untuk wanita

sumber:vigpower-capsule.web.id

Meskipun ada juga seseorang yang menderita asam urat sebelum usia 30 tahun. Tetapi, jumlahnya sangat sedikit.

Biaya periksa di laboratorium tidak mahal, kok. Yang penting manfaatnya. Anda bisa mengetahui kondisi asam urat, sehat atau tidak. Rendah, tinggi atau normal. Baik Anda pria atau wanita, semua perlu cek kadar asam urat.

Jika Anda punya alat ukur asa urat digital, Anda bisa cek sendiri di rumah. Ukuran kadar asam urat normal wanita berbeda dengan ukuran asam urat normal pria. Akuran asam urat untuk wanita terdiri dari tiga tingkatan, yaitu:

Wanita dewasa usia 18 – 40 tahun adalah 2 – 6,5 mg/dL
Wanita usia di atas 40 tahun adalah 2 – 8 mg/dL
Anak perempuan 10 – 18 tahun adalah 3,6 – 4 mg/dL.

Jika dari hasil pemeriksaan diketahui kadar asam urat Anda dalam batas angka-angka yang tertera di atas berarti asam urat Anda adalah asam urat normal.

Tetapi, jika melebihi angka di atas, Anda harus berusaha menurunkannya. Anda harus berusaha membuat kadar asam urat Anda kembali normal biar Anda bisa selalu sehat.

Cara Mencegah Asam Urat: Banyak Minum Air Putih

Ada dua cara penting untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Cara pertama adalah banyak minum air putih. Tujuannya supaya ginjal bisa bekerja dengan baik untuk memproses zat asam urat yang masuk ke ginjal.

Jika Anda terlalu sedikit minim ir putih atau bahkan tidak pernah minum air putih, maka ginjal tidak bisa berfungsi dengan baik. Ginjal tidak bisa memproses semua zat asam surat yang diterimanya,

Akibatnya, zat asam menumpuk di berbagai sendi yang akhirnya menyebabkan terjadinya penyakit asam urat.

Jadi, cara terbaik untuk mencegah terjadinya penyakit asam urat atau menurunkan kadar asam urat adalah memperbanyak minum air putih.

Supaya Anda bisa rutin minum air putih 6 – 8 liter perhari, ya Anda perlu dekat dengan air putih. Misalnya, di meja kerja selalu tersedia air putih. Pergi ke mana saja selalu membawa air putih. Anda harus sering minum air putih. Satu jam atau setengah jam sekali, misalnya.

Selain frekuensi minum, Anda juga harus memperbanyak jumlah (volume) air putih yang Anda minum. Misalnya 6 – 8 liter air putih. Cara ini akan membuat ginjal bisa selalu sehat dan mampu memproses zat asam urat yang diterimanya.

Menurunkan Asam Urat dengan Melakukan Diet

Cara terbaik untuk menurunkan atau mencegah terjadinya asam urat adalah melakukan diet asam urat. Artinya, Anda harus menghindari makanan yang mengandung asam urat tinggi atau makanan pantangan asam urat.

Setidaknya ada 30 makanan pantangan asam urat yang harus Anda hindari supaya asam urat Anda turun dan akhirnya Anda bisa terbebas dari penyakit asam urat.

Diet asam urat juga perlu dilakukan oleh Anda yang sehat tetapi pernah kena asam urat. Tujuannya biar asam urat tidak kambuh.

Menjalani diet asam urat sangat penting biar Anda tidak kena penyakit asam urat. Sebab, meskipun tubuh Anda sekarang sehat, tetapi jika terus-menerus mengonsumsi makanan dengan kandungan zat purin tinggi, ya Anda bisa kena sakit asam urat.

Selama diet asam urat, Anda hanya diperbolehkan mengkonsumsi purin 120-150 mg/hari. Untuk mengetahui jumlah kadar purin bisa dibaca tentang daftar kandungan purin untuk makanan yang kaya zat purin.

Contoh Makanan dengan Zat Purin Tinggi:

  • hati sapi 100 gram mengandung 530 mg purin
  • ikan sarden 480 mg
  • daging ayam 175 mg
  • daging bebek 138 mg
  • daging sapi 120 mg
  • ikan tuna 257 mg
  • ikan salmon 170 mg
  • kacang panjang 80 mg
  • kembang kol 51 mg
  • buncir 78 mg, dsb.

Dari contoh ini ternyata banyak makanan atau sayuran yang jumlah kadar purinnya melebihi kebutuhan konsumsi Anda perhari. Oleh karena itu, selama masih sakit sebaiknya Anda menghindari total makanan yang kandungan zat purinnya melebihi kebutuhan, yakni 120 – 150 mg/hari.

Tentu saja ini bukan cara yang mudah. Apalagi jika makanan dengan zat purin tinggi adalah makanan favorit seperti beberapa daging. Tetapi, biar Anda selalu sehat, ya apa boleh buat. Anda harus menghindari makanan dengan kandungan purin tinggi, baik pria maupun wanita.

Yang perlu diperbanyak seperti dikatakan di atas adalah minum air putih yang bisa menurunkan kadar asam urat Anda. Ya, ini adalah satu cara terpenting membuat asam urat normal untuk wanita.

Perbanyak Konsumsi Makanan Penurun Asam Urat

Sebaliknya, Anda perlu memperbanyak makanan penurun asam urat. Contohnya, mengonsumsi buah, wortel, sayuran hijau, tomat, kentang, beras merah, dan susu rendah lemak. Ini adalah beberapa makanan terbaik untuk penderita asam urat.

Anda juga pelu istirahat yang cukup, termasuk tidur. Tentu saja, olahraga juga sangat penting untuk membuat tubuh Anda selalu sehat dan tidak mudah dihinggapi penyakit, termasuk penyakit asam urat.

Demikian artikel mengenai Asam Urat Normal untuk Wanita. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kesembuhan sakit asam urat Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.