Connect with us

Berita Kesehatan

Asuransi Kesehatan Prudential – Hati-hati supaya Anda Tidak Tertipu

Published

on

JIKA Anda ingin menjadi nasabah asuransi kesehatan, termasuk Asuransi Kesehatan Prudential, harus hati-hati. Ini sangat penting supaya Anda tidak kecewa di belakang hari. Ternyata apa yang Anda bayangkan dan harapkan dari asuransi tidak sesuai dengan kenyataan.

Ada nasabah yang kecewa berat dengan asuransi kesehatan Prudential. Alasannya, perusahaan asuransi itu tidak membayar penuh klaim yang dia ajukan untuk istrinya yang dirawat di sebuah rumah sakit.

Pihak asuransi hanya mengganti biaya kamar per hari Rp 450 ribu selama 10 hari. Padahal, tagihan dari rumah sakit adalah sekitar Rp 53 juta. Istrinya memang dalam kondisi kritis ketika dibawa ke rumah sakit.

Nasabah itu menilai pihak Prudential berbuat curang dan menipu. Dia mengajukan klaim Rp 53 juta hanya diganti Rp 4,4 juta. Akhirnya nasabah itu membatalkan kepesertaannya sebagai nasabah asuransi kesehatan Prudential.

Pertanyaannya, mengapa Prudential berbuat seperti itu, yakni tidak mengganti seluruh klaim nasabahnya?

Menurut nasabah itu, pihak asuransi menyatakan karena program yang diikuti nasabah memang hanya untuk biaya kamar. Penggantian biaya kesehatan sesuai dengan program asuransi yang diikuti.

Asuransi Kesehatan Prudential – Pahami Benar Produk yang Anda Pilih

 

asuransi kesehatan prudential

Prudential meluncurkan produk baru (sumber:mysharing.co)

Ya, ini adalah salah satu contoh kasus kecewa mengikuti program asuransi kesehatan. Banyak kasus serupa terjadi dalam masyarakat. Ada yang kemudian menuliskan pengalaman buruknya pada media umum dan ada yang tidak.

Perusahaan Asuransi Prudential adalah perusahaan asuransi yang berdiri di Indonesia pada tahun 1995. Perusahaan ini merupakan cabang dari perusahaan jasa keuangan di Inggris yang sudah berumur 160 tahun lebih. Banyak cabangnya berdiri di berbagai negara.

Prudential Indonesia memiliki beberapa program asuransi kesehatan, selain program investasi unit link. Ada 6 program asuransi kesehatan yang ditawarkan. Meliputi PRUmed cover, PRUmed cover syariah, PRUprime healthcare, PRUprime healthcare syariah, PRUhospital & surgical cover plus,
PRUhospital & surgical cover plus syariah.

Nah, sebelum menentukan pilihan, Anda sebaiknya lebih dulu mempelajari dan memahami semua produk tersebut. Anda perlu memilih produk mana yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan membayar preminya.

Jika Anda ingin mendapatkan layanan asuransi yang banyak cakupannya, tentu premi yang harus Anda bayar tinggi atau besar jumlahnya.

Pelajari Semua Hak Layanan yang Bisa Anda Dapatkan

Selain itu, pelajari juga layanan apa saja yang bisa Anda dapatkan dengan program asuransi kesehatan yang Anda pilih. Penyakit apa saja yang bisa mendapatkan penggantian dari asuransi dan penyakit yang tidak dapat penggantian dari asuransi.

Juga, penyakit apa saja yang tidak masuk dalam cakupan asuransi kesehatan Prudential ini.

Pada era informasi dan keterbukaan sekarang, Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan penjelasan lengkap. Jika masih ada hal-hal yang belum jelas, Anda bisa bertanya kepada agen atau petugas pemasaran asuransi.

Dengan cara demikian, maka adanya nasabah marah-marah karena klaim biaya perawatan sakit di rumah sakit tidak bisa dimintakan penggantian bisa dihindari. Nasabah pun bisa tahu haknya bahwa penyakit yang diderita sudah ada sejak sebelum menjadi nasabah asuransi tidak bisa dimintakan klaim.

Jika nasabah tidak tahu hal itu, maka saat masuk rumah sakit, nasabah ini tentu saja memilih layanan terbaik sesuai kelasnya. Pikir dia, biaya rumah sakit akan diganti oleh asuransi. Eh, ternyata tidak.

Sangat bisa dipahami jika nasabah ini sangat kecewa dengan pihak asuransi. Tentu saja, pihak asuransi, terutama petugas pemasaran atau agen harus berlaku terbuka terhadap nasabah. Ia harus menjelaskan secara lengkap tentang hak dan kewajiban peserta asuransi.

Jangan anggap bahwa tiap nasabah pasti tahu hak dan kewajibannya dengan baik. Justru, pihak asuransi harus menganggap nasabah belum tahu semua hal berkaitan dengan program asuransi yang diikui.

Oleh karena itu, nasabah harus mendapatkan penjelasan secara lengkap dan terbuka sehingga nasabah tidak akan merasa ditipu jika ternyata klaimnya tidak bisa dipenuhi semua.

Sebaliknya, peserta asuransi harus aktif bertanya dan minta keterangan. Atau mencari keterangan/informasi dari pihak ketiga seperti berbagai artikel di internet. Termasuk informasi tertulis dari pihak asuransi seperti Prudential.

Asuransi Kesehatan Prudential – Baru 4 Bulan Ikut Asuransi Dapat Ganti Rp 64 Juta

Yang ini adalah pengalaman menyenangkan tentunya. Walaupun sesungguhnya tidak ada orang yang mengharapkan. Ya, siapa yang menginginkan dirinya mengalami kecelakaan biar dapat dana asuransi.

Nasabah ini baru 4 bulan menjadi peserta asuransi kesehatan Prudential. Pada saat mudik Lebaran, nasabah ini pulang kampung dari Bandung dengan menyewa mobil. Ia mudik Lebaran ke Kabupaten Kuningan.

Di tengah perjalanan, ia mengalami kecelakaan. Cukup parah sehingga harus operasi di rumah sakit. Masalahnya, berapa biaya di rumah sakit? Sangat besar, yaitu Rp 64 juta.
Ia membayar premi asuransi Rp 500.000 / bulan.

Lantas, berapa klaim yang dibayarkan oleh pihak asuransi? Ya, biaya pengobatan seluruhnya dibayar oleh pihak asuransi.

Ya itulah asuransi, termasuk asuransi kesehatan. Asuransi hakikatnya merupakan cara tolong menolong dengan sesama nasabah supaya terhindar dari risiko  terburuk untuk kesehatannya.

Tentu saja, berapa klaim yang bisa dibayarkan kepada nasabah adalah sesuai dengan jenis asuransi yang diikuti oleh nasabah bersangkutan.

Seorang agen dari Prudential memperkirakan bahwa nasabah yang hanya mendapatkan penggantian Rp 450.000 per kamar/hari untuk perawatan selama 10 hari seperti disinggung di awal artikel ini adalah pesrta asuransi kesehatan program Prumed Cover.

Program ini hanyalah sebagai penunjang. Misalnya, Anda sudah menjadi nasabah asuransi A dari perusahaan tempat Anda bekerja. Supaya ketika sakit Anda bisa mendapat bantuan keuangan dari asuransi yang lebih besar, lalu Anda ikuti program Prumed dari Prudential.

Demikian informasi mengenai kekecewaan nasabah atas layanan perusahaan Asuransi Kesehatan Prudential. Keluhan semacam bisa juga terjadi pada nasabah dari perusahaan asuransi lainnya. Ini terjadi akibat adanya kesalahpahaman atau kurangnya informasi yang dimiliki oleh nasabah.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua pembaca.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.