Buah Bit Penambah Darah – Bisa Mengatasi Anemia dengan Cepat

Diposting pada

BUAH bit penambah darah – Anda sering kurang darah sehingga mudah lelah, letih, lesu, dsb? Jika ya, Anda bisa mengonsumsi buah bit. Bit (beet) termasuk salah satu buah atau sayuran yang sangat baik untuk mengatasi kurang darah atau penyakit anemia.

Sebenarnya bit termasuk kelompok sayuran. Tetapi, kebanyakan orang menyebut buah bit. Buah dari tanaman umbi-umbian ini bisa digunakan untuk pengobatan alami.

Cara mengonsumsinya bermacam-macam. Bisa direbus, dikukus, dipanggang, dibuat jus, atau dikonsumsi dalam keadaan mentah. Ya, semua terserah kepada Anda, pilih yang mana.

Anda juga bisa memadukan buah bit dan buah lain untuk dikonsumsi. Misalnya, buah bit dipadu dengan wortel, apel, atau jeruk. Tentu saja, jumlah buat bit harus lebih banyak dibandingkan buah lain. Misalnya, buah bit 3/4 dari kebutuhan dan 1/4 bahan dari buah lain.

Atau 3 buah bit dan 1 buah campurannya. Dengan campuran seperti itu, maka jus bit akan lebih segar, lebih lezat dan menyehatkan. Buah bit mirip ubi, tetapi dagingnya warna merah mirip warna buah naga.

Buah bit mengandung vitamin B9 (asam folat), fosfor, posatium dan magnesium. Vitamin B9 sangat penting untuk pembentukan sel darah yang bisa mencegah penyakit anemia (kurang darah). Anda bisa mengonsumsi satu gelas jus bit tiap hari dan itulah cara hidup sehat.

Selain mengatasi anemia dan kurang sel darah merah, buah bit juga bermanfaat untuk mengobati hati, empedu, dan ginjal. Menghancurkan sel tumor dan sel kanker, melancarkan pencernaan, menyehatkan jantung, pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

buah bit penambah darah

jus buah bit (sumber:kabarsehatonline.com)

Beberapa Contoh Jus Buah Bit Penambah Darah dengan Buah Campurannya

Berikut ini berbagai contoh tentang cara membuat jus buah bit penambah darah. Seperti dijelaskan di atas, jus bit bisa dipadu dengan buah lainnya. Anda pun bisa membuat variasi lain dengan campuran buah yang Anda suka.  Tetapi, tanpa tambahan buah lain juga bisa. Semua terserah Anda.

Harga buah bit bermacam. Umumnya buah bit dijual dalam bentuk kemasan berat 400 gram dijual dengan harga Rp 28.000. Harga agak mahal karena permintaan konsumen yang tinggi. Sementara, produksi belum tinggi.

1. Jus buah bit penambah darah

Bahannya: buah bit dan air secukupnya

Cara membuatnya: Cuci bersih buat bit, kupas kulitnya, potong kecil-kecil dan masukkan ke blender. Tambahkan air secukupnya dan hidupkan blender. Setelah halus, hasilnya Anda saring sehingga bersih dari ampas. Kini, jus buah bit siap diminum.

2. Jus Buah Bit Penambah Darah Dipadu Anggur

Bahan-bahannya adalah 200 gram bit, 100 gram sawi putih, 200 gram anggur, dan ½ gelas air dingin.

Cara membuatnya: Masukkan buah bit, sawi putih dan air dingin ke dalam blender kaky hidupkan. Hasilnya blender , hasilnya disaring dan ambil sarinya. Masukkan lagi ke blender ditambah anggur tanpa biji. Lalu blender lagi sampai halus. Kini,  jus bit dan sawi putih siap diminum.

3. Jus buah bit bayam pepaya

Bahan-bahannya: 50 gram bit, 150 gran bayam merah, 200 gram pepaya, air dingin secukupnya dan 50 gram es batu.

Cara mengolahnya: Sebelum diblender, buah bit dikukus sebentar. Lalu, masukkan semua bahan ke blender, termasuk bayam dan pepaya. Setalah hasilnya lembut, tuangkan jus bit bayam. Silakan minum sewaktu masih dingin sehinggga terasa segar.

4. Jus buah bit ditambah kurma

Bahan-bahannya: 100 gram buah bit merah, 3 biji kurma, 3 sendok makan yoghurt tawar, 2 sendok makan gula, sirup gula dan 150 ml air dingin.

Cara membuat minuman: bit dikupas kulitnya, potong-potong dan masukkan ke dalam blender. Anda bisa menambahkan kurma tanpa biji, yoghurt, sirup gula dan air dingin. Hidup blender dan tunggi sampai jus buah bit jadi dan siap diminum.

Kandungan buah bitsebagai berikut:

Komponen Jumlah per 100%
Asam Folat 34%
Kalium 14,8%
Serat 13,6%
Vitamin C 10,2%
Magnesium 9,8%
Triptofan 1,4%
Zat besi 7,4%
Tembaga 6,5%
Fosfor 6,5%

Campuran Salad atau Dipanggang

Anda juga bisa mengonsumsi bit mentah dicampur dengan salad. Buah bit diiris kecil-kecil sehingga menjadi nyaman dikonsumsi sebagai campuran salad. Anda juga bisa menambahkan campuran lain seperti yogurt atau perasan jeruk lemon sebagai dressing salad.

Anda juga bisa menikmati buah bit panggang. Cara membuatnya, buah bit dibungkus kertas aluminium foil dan dipanggang hingga matang. Gula alami yang terkaramelisasi akan mengubah rasa bit semakin lezat.

Demikian informasi mengenai buah bit penambah darah yang berhasil disajikan oleh sehatfisik.com. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Inilah cara hidup sehat yang selalu harus kita jalani setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *