Buah-buahan Penambah Darah Efektif untuk Menyembuhkan Penyakit Anemia

Advertisement

ANDA menderita kurang darah atau anemia? Salah satu cara efektif untuk menyembuhkan atau meningkatkan darah Anda sehingga Anda sehat adalah mengonsumsi buah-buahan penambah darah.

Tentu saja, untuk mengonsumsi buah penambah darah alami ini sangat mudah. Bahkan, cenderung menyenangkan. Apalagi, jika Anda memilih buah yang segar, manis, dan murah.

Woww.. Anda pasti senang. Dengan cara itu, proses penambahan darah Anda menjadi sangat mudah. Kebutuhan hemoglobin pun cepat Anda penuhi.

Ya, hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah pembawa oksigen. Kadar hemoglobin (Hb) Anda rendah apabila kurang dari 13,5 gram/dl untuk pria dan kurang dari 12 gram/dl untuk wanita.

Ciri-ciri penderita anemia atau hemoglobin rendah adalah sering sakit kepala, mudah merasa lelah, konjungtiva mata tampak pucat, rambut gampang rontok, wajah pucat, jantung berdebar, dan nafas pendek.

Tentu saja, dengan kurang darah, Anda menjadi lesu, badan kurang sehat, dan produktivitas otomatis menurun. Anda perlu segera menyembuhkan penyakit anemia atau kurang darah sehingga Anda kembali sehat, di antaranya dengan mengonsumsi buah dan makanan penambah darah.

Beberapa Risiko jika Kurang Darah Tak Segera Diobati

penyakit anemiaaduhh.. darah tinggi pusing, kurang darah juga pusing (sumber:sembuhdaripenyakit.blogspot.com)

Salah satu cara untuk menyembuhkan anemia adalah mengonsumsi buah-buahan penambah darah. Ini adalah cara pengobatan alami yang aman dari efek samping dari penggunaan obat.

Penyembuhan penyakit anemia sangat penting karena ada banyak risiko jika penyakit kurang darah ini tidak segera diatasi atau diobati.

Anda bisa melakukan berbagai cara untuk menyembuhkan penyakit anemia. Misalnya dengan minum obat, menghindari makanan penyebab anemia, mengonsumsi makanan penambah hb, dsb.

Berbagai risiko dari penyakit anemia atau darah rendah adalah:

1. Fisik sangat lemah sehingga Anda tidak bisa melakukan aktivitas secara maksimal tiap hari. Ciri-cirinya, ya loyo, lesu, letih, malas, dsb.

2. Irama jantung terganggu. Jika itu berlangsung cukup lama bisa menyebabkan Anda akan mengalami gagal jantung.

3. Bagi wanita hamil, Anda perlu bekerja keras mengembalikan kesehatan Anda. Mengapa? Anemia yang berkepanjangan bisa menyebabkan kelahiran prematur dan bahkan kematian pada bayi yang Anda kandung.

Caranya, ya mengonsumsi banyak makanan penambah darah untuk ibu hamil. Bahkan, ibu hamil juga perlu mengonsumsi suplemen penambah darah sebagai tambahan.

Ada beberapa macam penyakit anemia. Tetapi, yang banyak terjadi adalah penyakit anemia defisiensi besi. Penyebabnya adalah kekurangan zat besi dalam tubuh Anda.

Jika kekurangan zat besi, maka tubuh Anda tidak bisa memproduksi hemoglobin (Hb) yang cukup untuk sel darah merah. Menstruasi, pendarahan dan kehamilan juga bisa menjadi penyebab terjadi kurang darah.

Ada juga anemia defisiensi B12 dan folate. Anda bisa mengalami penyakit ini jika saat melakukan diet, Anda kekurangan asupan vitamin B12 dan asam folat. Akibatnya, produksi sel darah merah menurun.

Anemia lain adalah anemia pada penyakit kronis, anemia hemolitik, anemia aplastik, dan anemia sel sabit. Tetapi, yang terbanyak terjadi adalah anemia defisiensi akibat kekurangan zat besi.

Beberapa Buah yang Efektif untuk Menambah Darah Anda

buah penambah darah rendah buah segar penyembuh anemia atau kurang darah (sumber:slim232.com)

Tentu saja, banyak cara bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan sakit anemia. Yaitu, dengan meningkatkan jumlah darah Anda sehingga bisa terhindar dari darah rendah.

Salah satu caranya dengan mengonsumsi buah penambah darah. Banyak buah yang memiliki kandungan nutrisi yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan zat hemoglibin darah atau kurang darah.

Cara lain untuk mengatasi kurang darah adalah mengonsumsi makanan penambah darah. Tetapi, dalam artikel ini hanya akan dibahas mengenai buah-buahan penambah darah.

Beberapa buah penambah darah adalah:

1. Jambu Biji Warna Merah

Anda bisa memilih jambu biji yang dagingnya warna merah. Ini kerjanya lebih maksimal untuk meningkatkan kadar darah Anda dibandingkan dengan jambu biji warna putih.

Anda bisa membuat jus dengan jambu biji ini. Kaya vitamin C, A, dan vitamin B1 dan zat besi. Zat besi sangat penting untuk pembentukan hemoglobia sehingga bisa menambah darah Anda.

2. Buah Mangga Kaya Serat

Buah mangga juga kaya dengan serat. Anda bisa mengonsumsi langsung setelah dikupas dan dicuci atau dibuat jus.

Mangga mengandung asam folat, vitamin A, B1, B2, B3, B6, C, E, dan K. Selain itu, juga mengandung berbagai mineral seperti zat besi, magnesium, kalsium, tembaga, mangan, dan seng.

Dengan kandungan berbagai vitamin dan mineral itu, mangga bisa menjadi buah penambah darah yang efektif sehingga layak untuk mengonsumsi buah ini.

3. Jeruk Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Jeruk mengandung nutrisi yang sangat baik untuk meningkatkan kekurangan darah Anda. Misalnya, mengandung magnesium, zat besi, kalsium, fosfor, asam folat, vitamin B1, B2, B3, B5, B6 atau vitamin C dosis tinggi.

Selain itu, jeruk juga mengandung zat antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas.

Dengan berbagai kandungan itu, jeruk merupakan buah-buahan penambah darah sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit.

4. Buah Penambah Darah Stroberi

Stroberi juga bagus untuk Anda pilih sebagai buah-buahan penambah darah karena kandungan vitamin C dan berbagai nutrisi penting. Misalnya, vitamin A, B1, B2, B3, B6, E, K, zat besi, mangan dan kalsium.

Selain itu, stroberi juga berkhasiat anti-inflamas, kaya serat dan sering digunakan untuk diet kegemukan.

5. Buah Penambah Darah Apel

Buah apel mudah didapatkan dan segar untuk dikonsumsi. Apel juga efektif untuk menambah darah Anda. Jika Anda mengonsumsinya rutin, penyakit anema Anda segera sembuh. Anda tidak mengalami kurang darah lagi.

Apel kaya nutrisi dengan kandungan vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, C, zat besi, magnesium, kalium, natrium, kalsium, asam folat, seng, dan fosfor.

Apel juga kaya serat yang bisa yang bisa melancarkan pencernaan dan berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Buah lain yang juga bisa Anda konsumsi untuk mengatasi kurang darah adalah anggur, alpukat, buah naga, blewah, delima, tomat, kesemek, pisang, kiwi, sirsak, sukun, kurma, tebu, dan labu. Konsumsi secara teratur mana buah yang mudah Anda dapatkan dan Anda suka untuk mengonsumsinya.

Demikian artikel mengenai buah-buahan penambah darah untuk menyembuhkan Anda dari pengakit anemia. Anda bisa memilih buah mana yang Anda sukai. Semoga artikel ini bermanfaat untuk peningkatan kurang darah Anda sehingga Anda bisa selalu sehat.

Silakan bagikan artikel ini biar teman dan relasi Anda yang punya darah rendah bisa cepat sehat. Kesehatan adalah faktor utama untuk kehidupan.

Advertisement