12 Buah Penurun Kolesterol Terbaik dan Murah

Advertisement

KOLESTEROL Anda sering naik tinggi? Tidak perlu risau. Anda bisa menyembuhkan atau menurunkannya dengan mengonsumsi buah penurun kolesterol. Yang menyenangkan, Anda bisa memilih buah terbaik dengan harga murah.

Cuma, penurunan kolesterol dengan mengonsumsi buah tidak secepat dengan minum obat kolesterol. Tetapi, mengonsumsi buah adalah cara yang paling aman. Ia tidak memberikan efek samping seperti minum obat farmasi karena kandung kimianya.

Selain harga murah, mengonsumsi buah juga sangat nyaman karena rasanya yang manis dan segar. Anda bisa mendapatkan buah di pasar tradisional, toko buah atau swalayan yang kini menjamur di mana-mana.

Yang perlu diingat, menyembuhkan penyakit kolesterol tidak cukup sekali dua kali tindakan. Tetapi harus terus-menerus. Jika tidak, ya kolesterol Anda bisa naik lagi.

Oleh karena itu, Anda perlu mencek kolesterol secara berkala. Misalnya, dua bulan sekali, tiga bulan sekali, dan seterusnya.

Ya, penyakit kolesterol memang bisa berbahaya jika tidak dikontrol dan tidak diobati. Sama dengan penyakit darah tinggi. Jika tidak diobati dengan serius, kolesterol tinggi bisa menyebabkan Anda sakit jantung atau stroke. Anda harus menurunkannya menjadi normal.

Karena itu, usaha menurunkan kolesterol tinggi harus dilakukan terus-menerus. Jika sudah turun, Anda perlu mentabilkan sehingga tidak naik lagi.

Di sini, Anda bisa mengonsumsi buah penurun kolesterol tinggi. Anda juga bisa mengonsumsi obat herbal untuk lebih mempercepat penurunan kadar kolsterol.

Minum obat herbal untuk penurun kolestor lebih nyaman. Anda tak perlu repot. Juga aman dari efek samping. Lebih jauh KLIK DI SINI.

makan pisangpisang termasuk buah penurun kolesterol yang efektif (sumber.mulimahsehat.com)

Antara Minum Obat dan Mengonsumsi Buah Penurun Kolesterol

Sebelum uraian berlanjut, perlu disampaikan dulu tentang pengertian kolesterol. Kolesterol adalah lemak di dalam aliran darah atau sel tubuh.

Sebenarnya, setiap orang membutuhkan kolesterol untuk pembentukan dinding sel dan bahan baku beberapa hormon. Tetapi, jika kadar kolesterol Anda berlebihan, maka Anda bisa jatuh sakit, termasuk sakit jantung dan stroke.

Kadar kolesterol normal adalah 200 mg/dL. Jika kolesterol total Anda melebihi angka 200, Anda perlu hati-hati. Apalagi, jika kolesterol Anda 240 mg/DL atau lebih tinggi. Ini tergolong kolesterol tinggi dan Anda harus berusaha menurunkannya.

Ya, salah satu upaya menurunkan kolesterol adalah konsumsi buah penurun kolesterol. Tetapi, jika kolesterol Anda terlalu tinggi (lebih dari 240 mg/dL), Anda sebaiknya lebih dulu minum obat farmasi untuk mempercepat penurunan kolesterol Anda. Atau obat dari resep dokter.

Mengapa? Karena obat farmasi bisa bekerja lebih cepat dan terukur. Obat farmasi diproduksi dengan menggunakan metode ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan akurasinya.

Tetapi, obat farmasi akan bekerja lebih baik dan lebih cepat jika ditunjang dengan metode lain. Misalnya, selain minum obat, Anda juga tidak mengonsumsi makanan minuman penyebab kolesterol tinggi. Di sisi lain, Anda perlu mengonsumsi makanan minuman dan buah penurun kolesterol.

Baca Juga: 10 Obat Herbal Penurun Kolesterol

Saya sendiri pernah melakukan pengobatan seperti itu. Saat itu, kolesterol saya adalah 253 mg/dL. Ya, ini tergolong kolesterol tinggi. Dokter yang memeriksa saya selain memberikan obat farmasi, juga minta saya agar melakukan diet sehingga kolesterol saya cepat turun ke posisi normal.

Apa yang diminta oleh dokter adalah benar. Walaupun tidak diet ketat, kadar kolesterol saya turun ke posisi 191 mg/dL dalam waktu satu bulan. Diet adalah cara yang efektif untuk menurunkan kolesterol tinggi ke posisi normal. Termasuk diet adalah makan buah.

buah apelanda bisa gunakan apel untuk penurun kolesterol (sumber:juragancipir.com)

Daftar 12 Buah untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi Anda

Berikut ini 12 buah-buahan pnurunan kolesterol yang bisa Anda konsumsi. Anda bisa memilih buah mana yang Anda sukai dan bisa Anda temukan dengan mudah dan murah.

1. Apel, Kontrol Produksi Kolesterol

Anda bisa mendapatkan buah apel atau pir di pasar swalayan, pasar tradisional, atau toko buah. Keduanya memiliki zat beta-glucan yang bisa mengontrol produksi kolesterol, sekaligus mencegah dinding arteri mengeras dan membebaskan Anda dari serangan jantung dan stroke.

Anda juga bisa membuatnya menjadi cuka apel. Fungsinya untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Penderita diabetes juga sangat baik mengonsumsi apel.

2. Jus Jeruk Naikkan HDL hingga 21%.

Jus jeruk juga bagus untuk menurunkan kadar kolesterol Anda. Zat sterol yang dikandung oleh jeruk bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) hingga 10%. Di sisi lain, jeruk bisa meningkatkan kolesterol baik (HDL). Jika Anda tiap hari minum jus jeruk 750 ml, maka kolesterol baik Anda naik 21%.

Sementara itu, jeruk nipis mengandung zat flavonoid yang bisa menghambat produksi kolesterol jahat (LDL). Zat flavonoid juga ada pada teh, brokoli, tomat, dan bawang berlapis.

Tetapi, bagi Anda yang punya penyakit disarankan tidak mengonsumsi jus jeruk ini. Mengapa? Sebab, rasa jeruk adalah asam. Dan, rasa asam bisa menyebabkan sakit maag kambuh.

3. Jambu Merah, Coba Minum 2 Bulan

Jambu merah atau jambu biji juga merupakan buah penurun kolesterol. Ia mengandung banyak vitamin dan senyawa baik. Misalnya, flavonoid, vitamin C dan E, karotenoid, dan selenium.

Sebuah penelitian menyatakan jika Anda minum jus jambu merah selama 2 bulan, kolesterol Anda akan turun hingga 52,64%. Woww… sangat tinggi penurunannya. Bahkan, jus jambu setara dengan pil simvastatin yang dijual bebas di apotek.

Jambu ini juga kaya akan likopen, zat pengendali kolesterol. Sama dengan semangka merah dan tomat merah sehingga baik digunakan untuk menurunkan kolesterol secara alami.

buah delima buah delima merah, sangat baik untuk menurunkan kolesterol (sumber:live.viva.com)

4. Delima Mampu Menghilangkan Plak

Delima mengandung zat oksida nitrat juga termasuk buah penurun kolesterol yang sangat baik. Selain itu, mengonsumsi buah ini juga bisa menghilangkan plak pada pembuluh darah. Bahkan, bisa meningkatkan produksi oksida nitrat yang membantu mengurangi plak dalam pembuluh darah.

5. Mangga, Banyak Serat Prebiotik dan Vitamin C

Mangga banyak memiliki Vitamin C yang dapat mencegah kolesterol jahat teroksidasi yang membuat terjadinya plak (penimbunan) kolesterol dalam tubuh. Selain itu, juga mengandung banyak serat prebiotik yang bisa menurunkan kadar kolesterol Anda.

Tetapi, rasa buah ini juga asam. Karena itu, penderita sakit maag harus hati-hati.

6. Blueberry Berikan Banyak Manfaat

Beberapa buah yang masuk dalam kategori berry seperti stroberry dan blueberry, mengandung pterostilbene. Yaitu, antioksidan dalam tubuh yang bisa menurunkan kolesterol tinggi Anda.

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bukti seperti itu. Stroberry Cs juga berkhasiat untuk sakit kanker, kesehatan otak, pencernaan, dsb.

Baca Juga:

7. Anggur, Banyak Serat Turunkan Kolesterol Jahat

Anggur mengandung senyawa dan berbagai jenis senyawa flavonoid yang bisa menurunkan kolesterol jahat, mencegah penggumpalan darah dan menangkal kerusakan akibat radikal bebas. Buah ini mengandung banyak serat dan memiliki zat catechin yang dapat menurunkan kolesterol tinggi.

jus alpukat jus alpokat manis segar, bisa menurunkan kolesterol (sumber:gulaarenorganik.com)

8. Alpukat Sumber Lemak Tak Jenuh

Alpukat juga efektif untuk menurunkan kolesterol tinggi. Sebab, ia merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal, jenis lemak yang membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.

Buah ini mengandung beta-sitosterol yang bisa mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Di sisi lain, ia bisa meningkatkan kolesterol baik. Sangat bagus jika Anda membuat jus alpokat. Sebab, jus alpukat mengandung lemak baik seperti asam oleat, lemak tak jenuh, dan serat buah yang bisa meningkatkan kolesterol baik

Kan pada buah alpokat terdapat lemak? Ya, betul. Tetapi itu lemak tak jenuh yang justru berfungsi sebagai antioksidan yang menghindarkan arteri dari kerusakan akibat penumpukan kolesterol jahat.

9. Buah Zaitun Juga Sehatkan Jantung Anda

Seperti buah lainnya, buah zaitun juga mengandung zat anti-oksidan yang dapat menurunkan kolestrol jahat Anda, sekaligus meningkatkan kolesterol baik. Bahkan, ia menyehatkan jantung karena kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E.

Silakan Anda mengonsumsi setidaknya campuran 2 sendok minyak zaitun dan buah zaitun yang dicampurkan pada salad. Ini bisa meningkatkan kolesterol baik Anda.

9. Jeruk Lemon Kurangi Kolesterol Jahat

Jeruk Lemon juga bagus untuk penurun kolesterol. Ia mengandung banyak Vitamin C dan senyawa yang bisa mengurangi zat pemicu naiknya kolesterol Anda. Selain itu, jeruk ini juga mengandung antioksidan yang bisa mengurangi kolesterol jahat (LDL).

10. Nanas Hancurkan Kolesterol Jahat Sejak Dini

jus nanas jus nanas siap diminum (sumber:resepmembuat.com)

Nama buah nanas sekarang tidak begitu populer. Tahun 1960 – 1970-an nanas pernah sangat terkenal, terutama produksi dari Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Rasanya manis asam, tetapi ia mempunyai banyak manfaat.

Di antaranya adalah mencegah kolesterol jahat di tubuh Anda. Buah ini mengandung enzim bromelain yang mampu mencegah masuknya kolesterol jahat ke tubuh Anda. Ya, sebelum kolesterol merajalela di tubuh Anda, nanas telah menghancurkannya.

11. Pisang Turunkan Risiko Peningkatan Plak

Buah pisang juga sangat baik untuk menurunkan kolesterol Anda. Sebab, pisang mengandung potasium, yaitu mineral yang dapat menstabilkan proses fisiologi yang penting bagi tubuh.

Pisang mampu menurunkan risiko peningkatan plak di dinding arteri, demikian kata para peneliti dari
Yanbian Universitas di China.

Penelitian terhadap 20 pria dan wanita menyimpulkan kadar kolesterol tinggi dalam darah turun setelah dua jam mengonsumsi pisang.

Mereka juga meneliti kandungan pisang seperti pati, tanin dan vitamin. Disimpulkan, kandungan serat dalam pisang bisa menurunkan kadar kolesterol.

12. Semangka Bisa Melebarkan Pembuluh Darah

Semangka juga bisa menurunkan kolesterol tinggi. Sebab, semangka bisa melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah berjalan lancar. Selain itu, semangka mengandung likopen (lycopene) yang bisa melindungi jantung dari berbagai ancaman penyakit. Buah tomat juga mengandung likopen seperti halnya semangka.

Baca Juga: 39 Makanan Penurun Kolesterol yang Sangat Manjur

Sebenarnya masih ada beberapa buah yang juga bagus untuk menurunkan kolesterol Anda. Misalnya, mengkudu, Tetapi, dengan 12 daftar buah penurun kolesterol cukuplah untuk Anda praktekkan dalam upaya menurunkan kolesterol Anda.

Data WHO menyebutkan angka penderita kolesterol tinggi di Indonesia mencapai 35% dari jumlah penduduk. Angka yang cukup tinggi. Penyakit kolesterol umumnya tak memberi sinyal yang jelas sehingga banyak orang yang tidak mengetahui dirinya menderita kolesterol.

Tahu-tahu, saat sakit dan periksa dokter, Anda dinyatakan menderita kolesterol tinggi dan telah menyebabkan jantung Anda juga sakit. Kolesterol yang tidak diobati bisa menyebakan sakit jantung.

Ya, sekali lagi, cek kolesterol Anda. Jangan tunggu sampai Anda menderita kolesterol tinggi. Jika ternyata Anda menderita kolesterol, pilih cara menurunkan kolesterol dengan cepat hingga kolesterol Anda normal.

Semoga artikel tentang 12 Buah Penurun Kolesterol Tinggi Anda ini bermanfaat dan membuat kolesterol Anda turun dengan mudah.

Advertisement