15 Cara Hidup Sehat yang Bisa Anda Lakukan dengan Mudah

Diposting pada

JIKA ditanya, semua orang pasti menjawab ingin hidup sehat. Tetapi, dalam kenyataan sehari-hari, banyak orang enggan menjalani cara hidup sehat. Mereka justru memilih cara hidup tidak sehat. Akibatnya, mereka pun mudah jatuh sakit.

Saya punya tetangga. Dia pekerja keras. Banyak cita-cita yang ingin diraihnya. Kendalanya, dia punya darah tinggi. Tensi darahnya sering naik sehingga dia tidak bisa bekerja secara maksimal.

Saya bilang, “Anda harus diet biar tensi darah bisa turun”.

Apa jawab dia? “Wah, saya tidak bisa kalau disuruh diet. Pekerjaan saya banyak. Tidak mungkin saya harus melakukan diet.”

Apakah jawaban tetangga saya itu bukan menunjukkan bawa dia enggan hidup sehat? Atau dengan kata lain, ia justru memilih cara hidup tidak sehat?

Dua bulan kemudian, saya menerima kabar bahwa tetangga saya ini masuk rumah sakit. Ternyata, dia kena stroke. Sampai sekarang sudah dua tahun menderita stroke. Meskipun dokter menyatakan tetangga saya itu kena stroke ringan, tetapi kenyataannya sampai sekarang dia belum berhasil menyembuhkan sakitnya.

Baca Juga: 9 Tips Membuat Tekanan Darah Anda Selalu Normal

Berbagai terapi alternatif telah dijalaninya, selain tetap rutin periksa dokter. Hingga kini strokenya masih naik turun. Artinya, penyakit stroke yang dideritanya masih cukup berat. Terkadang kesehatannya drop atau turun drastis sehingga harus istirahat. Dia tampak lemah.

15 Cara Hidup Sehat, Anda Pilih Hidup Sehat atau Tidak Sehat

cara hidup sehat
(sumber:seruni.id)

Oleh karena itu, bagi Anda yang sekarang dalam kondisi sehat, apalagi masih muda, siapkan diri Anda untuk selalu hidup sehat sejak sekarang. Caranya? Ya, jalani cara hidup sehat. Tidak ada jalan lain.

Menjalani cara hidup sehat adalah kunci meraih hidup sehat. Tanpa menjalani cara hidup sehat, mustahil Anda bisa selalu hidup sehat. Kecuali Tuhan menakdirkan Anda selalu sehat. Tetapi, itu langka.

Yang lazim adalah Anda harus menjalani cara hidup sehat supaya tubuh Anda tetap sehat. Anda perlu makan, perlu minum, perlu istirahat, perlu bergerak, perlu mandi, perlu tidur, perlu bekerja, tidak stres, dsb. Itu semua adalah bagian dari cara hidup sehat.

Bagaimana Anda bisa menjalani cara hidup sehat dan apa saja yang harus Anda lakukan supaya tubuh atau fisik Anda tetap sehat? Berikut ini 15 cara hidup sehat yang harus Anda jalani.

1. Tingkatkan Pengetahuan tentang Kesehatan

Pengetahuan tentang kesehatan sangat penting supaya Anda bisa memilih cara hidup yang sehat dan menghindari cara hidup tidak sehat. Misalnya, Anda tidak ingin kena darah tinggi (hipertensi). Ya, Anda jangan sering mengonsumsi makanan penyebab darag tinggi. Contohnya, makanan tinggi garam (terlalu asin), jeroan hewan, kulit ayam, kuning telur, aneka gorengan, udang, makanan minuman tinggi gua (terlalu manis), dsb.

2. Makan Teratur Sesuai Jadwal

Makanlah pada waktunya. Maksudnya, jangan sering makan terlambat. Ini bisa membuat Anda kena sakit maag (lambung). Jika sudah kena maag, pengobatannya tidak mudah. Itu pernah saya alami. Suka makan terlambat waktunya. Makan siang pukul 15.00 atau 15.30. Akibatnya, saya sakit maag belasan tahun. Berkali-kali periksa tidak bisa membuar maag sembuh.

3. Makan dengan Porsi Sedang

Sebaiknya Anda makan dengan porsi sedang. Meskipun makanan lezat, Anda tetap perlu membatasi diri biar tidak menderita kegemukan (obesitas). Kegemukan bisa menyebabkan banyak penyakit.

4. Banyak Mengonsumsi Sayur

Sayur mengandung banyak nutrisi dan serat alami yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya membuat tubuh sehat, sering mengonsumsi sayur juga membuat kulit halus dan tidak gemuk. Sayur juga membuat Anda terhindar dari kanker, sakit jantung, darah tinggi, dsb.

5. Sering Mengonsumsi Buah

Mengonsumsi buah juga sangat penting untuk membuat badan Anda selalu sehat. Banyak penyakit bisa dicegah atau diturunkan dengan mengonsumsi buah. Misalnya bisa membuat Anda terhindar dari sakit jantung, kerusakan hati, stroke, darah tinggi, dsb.

Baca Juga: Manfaat Kunyit Putih untuk Mengobati Kanker Payudara dan Maag

6. Rajin Minum Air Putih 2 Liter/Hari

Ini sangat penting. Banyak minum air putih bisa menghindarkan Anda dari banyak penyakit. Anda sebaiknya selalu bawa air putih ke mana saja, kecuali di tempat tujuan telah tersedia air putih dengan cukup. Minum air putih 2 liter atau 6 – 8 gelas. Air seni jernih putih tanda Anda sehat.

7. Banyak Jalan Kaki Pagi Hari

Jalan kaki pagi hari juga bisa menjaga kesehatan Anda. Apalagi, jalan kaki tanpa alas kaki. Tidak perlu jauh. Misalnya, tiap pagi jalan kaki 1 km. Banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan jalan kaki ini. Kesehatan paru, jantung, tensi darah, dan banyak lainnya.

8. Lakukan Olahraga atau Senam

Jika Anda masih muda usia, lakukan olahraga rutin. Ya, pilih olahraga sesuai dengan kemampuan dan kesenangan Anda. Tidak harus olahraga prestasi. Olahraga sehat seperti jogging, bersepeda, renang, senam, sit up, push up, lompat tali, dsb. Bagi lansia, pilih sesuai dengan kemampuan fisik Anda. Jalan, senam atau bersepeda di tempat (sepeda statis).

9. Batasi Konsumsi Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji memang menarik dan banyak orang tergoda untuk mengonsumsinya. Tetapi, itu bukan makanan sehat jika Anda sering mengosumsinya. Makanan cepat saji tinggi garam, tinggi lemak ditambah zat pengawet.

Misalnya, chicken nugget, kentang goreng, soda, hot dog, burger, margarin, dsb.

10. Turunkan atau Hindari Stres

Banyak cara untuk menghindari stres jika sekarang Anda sering stres. Buang jauh-jauh pikiran negatif yang menyebabkan stres. Ubah cara berpikir biar Anda lebih tenang. Selalulah berpikir positif. Jangan suka pikiran negatif. Selalu memandang kejelakan orang lain.

Latihlah dan kendalikan emosi biar tidak mudah stres. Lakukan berbagai aktivitas fisik bisa bebas dari stres. Atau selalu bersabar menghadapi banyak masalah dalam hidup.

11. Beristirahat Cukup

Beristirahat juga sangat penting untuk mencapai hidup sehat. Tidur termasuk bagian dari istitahat. Istirahat berpengaruh positif pada kesehatan, berat badan, pikiran, dsb. Bahkan juga mempengaruhi hubungan suami istri. Sebaiknya Anda tidur 7 – 9 jam per hari.

Baca Juga: Diet Cara Ampuh untuk Menormalkan Asam Urat Wanita

Banyak efek negatif jika Anda selalu kurang tidur, termasuk efek negatif pada kesehatan, fisik ataupun mental.

12. Batasi Konsumsi Makanan Minuman Sangat Manis

Hindari makanan minuman yang terlalu manis. Makanan minuman terlalu manis berisiko membuat Anda bisa kena sakit diabetes (gula darah tinggi). Wanita sebaiknya tidak mengonsumsi makanan minuman lebih dari 25 gram gula per hari dan pria 36 gram gula per hari.

Makanan minuman sangat manis antara lain minuman bersoda, es teh manis, minuman kopi sangat manis, jus sangat manis, permen (gula-gula), minuman bernergi, dsb.

13. Berhenti Makan Sebelum Terlalu Kenyang

Banyak orang, ketika mengonsumsi makanan enak atau lezat, mereka lupa diri. Terus makan dan terus man. Habis, makanannya sangat enak sih, komentarnya ketika selesai makan. Cara makan seperti jelas tidak sehat. Mala-lama, dia akan terbiasa makan dengan porsi besar. Porsi kecil terasa kurang dan perlu menambah.

Biar tubuh sehat dan tidak kegemukan,batasi porsi makan. Untuk itu, ada baiknya sebelum makan lebih dulu mengonsumsi buah. Umumnya di masyarakat, makan buah setelah mengonsumsi nasi. Jika Anda tidak ingin kegemukan, makan dengan porsi kecil. Supaya porsi kecil bisa membuat Anda kenyang, sebelum makan nasih sebaiknya Anda mengonsumsi buah dulu.

14. Makanan dalam Kaleng

Ada beberapa makanan dalam kaleng yang digolongkan tidak sehat. Kandungan lemak, garam, dan asam makanan dalam kaleng sering tinggi. Ya, Anda perlu hati. Baca label kemasan sebelum mengonsumsi. Atau mengonsumsina tidak tiap hari.

Makannan dalam kaleng yang perlu diwaspadai adalah santan kelapa, sup, daging, sayuran, kuah pata, jus, ikan, berbagai jenis saus, buah, dsb.

15. Hindari Merokok dan Minum Alkohol

Dua hal ini sangat penting untuk dihindari supaya Anda selalu hidup sehat. Dengan argumentasi apa pun, banyak mengomsumsi minum alkohol dan banyak merokok adalah cara hidup yang tidak sehat. Bagi penggemar rokok dan minuman alkohol selalu mengemukakan argumen yang mendukung keinginan mereka. Merokok bukan penyebab sakit paru dan jantung. Demikian pula minum alkohol.

Yang jelas, jika Anda ingin hidup sehat ya harus meninggalkan kedua hal itu. Tidak ada ruang untuk berdebat. Tinggal mau atau tidak. Ingin hidup sehat atau tidak sehat. Jika ingin hidup sehat, ya lakukan cara hidup sehat. Bukan sebaliknya.

Semoga artikel tentang cara hidup sehat ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *