10 Cara Melembutkan Rambut Kepala Secara Alami

Diposting pada

Rambut kepala yang lembut dan lurus selalu menjadi dambaan setiap orang, khususnya wanita. Dengan rambut yang lembut dan indah, Anda bisa tampil menarik. Tetapi, bagaimana cara melembutkan rambut, terutama rambut kering dan kusam?

Dalam artikel ini akan dibahas secara rinci bagaimana Anda bisa melembutkan rambut secara alami sehingga Anda akan merasa nyaman dan bebas dari efek samping. Anda pun bisa kembali tampil menarik. Perlu diketahui bahwa penyebab utama rambut kering adalah kurangnya minyak pada kulit kepala.

Banyak penyebab mengapa kulit kepala Anda menjadi kering dan dampaknya membuat rambut kepala tidak lembut, tidak lurus dan tidak sehat. Terkadang kondisi itu juga disertai rasa gatal di kepala.

Banyak penyebab mengapa kulit kepala Anda menjadi kering, antara lain:

1. Kekebalan/imun pada tubuh Anda menurun
2. Terdapat jamur pada kulit kepala
3. Terjadi alergi
4. Anda terlalu sering menggaruk kepala
5. Terdapat eksim yang membuat kulit kepala bersisik dan gatal
6. Banyak ketombe atau terjadi dermatitis seboroik pada kulit kepala

Tentu saja, untuk melembutkan rambut kering secara alami, Anda terlebih dahulu harus mengatasi penyebab kulit kepala kering. Sebab, terjadinya rambut kering adalah akibat dari kulit kepala Anda kering. Pertanyaannya, bagaimana cara mengatasi kulit kepala kering?

Jika masalah kulit kepala kering bisa diatasi, maka upaya melembutkan rambut kepala akan berlangsung lebih mudah.

cara melembutkan rambut

Cara Melembutkan Rambut dan Mengatasi Kulit Kepala Kering

Pertanyaannya, bagaimana cara mengatasi kulit kepala yang kering? Apa saja yang harus dilakukan supaya kulit kepala kembali sehat dan tidak mudah kering? Dengan kulit kepala sehat, maka rambut akan kembali tumbuh lebat.

1. Jangan terlalu sering menggunakan alat pengering rambut ataupun pencatok elektronik. Apalagi alat itu menggunakan panas listrik. Jangan gunakan tiap hari.

2. Hindari terlalu sering keramas menggunakan sampo atau lainnya yang mengandung bahan kimia keras.

3. Hindari menggunakan bahan kimia untuk rambut Anda. Misalnya menggunakan pewarna rambut.

4. Jangan menggunakan sampo, hairspray, atau conditioner yang bau harum. Mengapa? Bau harum justru cepat merusak rambut kepala.

5. Gunakan krim steroid dan pelembab yang diresepkan dokter. Ini bisa Anda dapatkan jika Anda periksa ke dokter.

6. Hindari menggaruk bagian tubuh yang gatal dengan bahan yang keras. Dikhawatirkan akan terjadi iritasi.

10 Cara Melemaskan Rambut secara Alami

Setelah Anda mampu mengatasi kulit kepala kering, Anda pun akan lebih mudah memiliki rambut yang lembut dan lurus. Berikut ini beberapa cara melembutkan rambut sekaligus melemaskan rambut secara alami yang bisa Anda lakukan, antara lain:

1. Keramas rambut menggunakan madu

Khasiat madu untuk kesehatan tidak perlu diragukan, termasuk untuk menyehatkan rambut kepala. Rambut akan lembut, berkilau, tidak mudah rontok, dsb. Cara menggunakan madu, Anda keramas dulu. Lalu, oleskan madu ke seluruh rambut kepala. Setelah beberapa saat, rambut dibilas hingga bersih

2. Cara Melembutkan rambut dengan lidah buaya

Keramas menggunakan lidah buaya juga bisa melembutkan rambut atau melemaskan rambut kepala. Ambil daging daun lidah buaya, lembutkan, lalu oleskan ke seluruh rambut kepala. Tunggu 30 menit atau biarkan semalaman dan bersihkan dengan keramas pagi harinya.

3. Oleskan minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung vitamin E dan K, lemak esensial, asam laurat, asam kaprat, dan antimikroba tertentu. Ini membuat minyak kelapa bermanfaat untuk mengatasi ketombe, mencegah rambut rontok, mencegah rambut kering, dan mencegah rambut bercabang.

4. Pelembab rambut

Cara alami melembutkan rambut lainnya adalah memakai pelembab rambut yang bisa digunakan langsung untuk menghilangkan rambut kusut, mengatasi rambut kering, dan membuat rambut Anda lebih bersinar. Di sini, Anda tidak perlu keramas lebih dulu.

5. Gunakan shampo ringan

Anda bisa menggunakan shampo ringan, yaitu shampo dengan sedikit busa. Ya, ini bisa sebagai ganti shampo dengan banyak busa. Selain itu, penggunaannya jangan tiap hari.

6. Menggunakan masker pisang

Ambil pisang satu atau dua, lembutkan dengan blender, lalu gunakan sebagai masker rambut kepala. Ya, oleskan ke seluruh rambut kepala Anda. Bisa ditambahkan madu. Setelah 15 menit, Anda bisa membilasnya dengan air bersih.

7. Mengenakan topi

Anda sebaiknya mengenakan topi ketika melakukan aktivitas di luar ruangan. Atau, menggunakan pelembab rambut sehingga rambut kepala aman dan tidak rusak.

8. Menggunakan buah alpukat

Anda juga bisa melembutkan rambut secara alami dengan menggunakan buah alpukat. Buah ini mengandung lemak yang mampu memenuhi kebutuhan rambut untuk pelembab alami.

Bisa mencegah rambut kering dan rambut bercabang. Ditambah kandungan vitamin, mengonsumsi buah advokat bisa membuat rambut kepala tetap sehat dan indah.

9. Jangan gunakan air panas saat keramas

Anda sebaiknya menghindari penggunaan air panas (hangat) untuk bilas setelah keramas. Untuk bilas sebaiknya gunakan air dingin. Bilas dengan air panas atau hangat justru bisa membuat rambut kering.

10. Sampo dengan moisturizing conditioner

Gunakan sampo dengan moisturizing conditioner. Sebab, sampo ini bisa menjaga kelembapan rambut secara alami. Di sini, ada sampo yang menggunakan khasiat asam amino dan ada juga yang menggunakan minyak untuk rambut sebagai bahan pelembap rambut.

Anda bisa memilih sampo sesuai dengan keinginan Anda, termasuk masalah harga. Ada harga murah, ada juga harga mahal.

Misalnya Pantene Daily Moisture Renewal Shampoo, Herbal Essences Hello Hydration Moisturizing Shampoo, Eternaleaf Moisturizing Shampoo, Agadir Oil Daily Moisturizing Shampoo, dsb.

Demikian artikel mengenai cara melembutkan rambut yang bisa Anda lakukan secara alami yang bisa disajikan oleh sehatfisik.com dan semoga bermanfaat bagi Anda semua pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *