8 Cara Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel dengan Biaya Murah

Diposting pada

CARA memutihkan gigi kuning yang membandel. Adakah cara yang terbaik untuk itu? Ya, ada. Tinggal cara mana yang Anda pilih. Kalau Anda memilih cara modern di tempat praktek dokter, biayanya mahal. Bisa Rp 3 juta sampai Rp 5 juta sekali perawatan.

Jika Anda punya dana besar, ya tidak apa memutihkan gigi ke tempat praktek dokter. Hasil dari bleaching gigi memang bagus. Gigi Anda akan berubah total menjadi gigi putih bersih dan rapi. Seorang gadis di Jakarta menceritakan bahwa proses bleaching gigi (memutihkan gigi) sangat nyaman.

Hanya perlu 40 menit untuk memutihkan giginya dan dia tidak merasakan apa pun seperti rasa ngilu atau linu.

Tetapi, jika Anda tidak punya dana besar, ya jangan kecil hati. Memutihkan gigi secara alami juga bisa Anda lakukan. Yang penting hasilnya, gigi Anda bakal putih sehingga tidak malu-maluin. Anda tidak akan malu dengan kawan-kawan. Bahkan, bisa bangga dan tertawa lebar tanpa risi sedikit pun.

Lantas bagaimana cara membersihkan gigi kuning supaya gigi Anda bisa menjadi putih sekaligus tanpa plak dan lain sebagainya? Tenang saja. Uraian berikut akan memberitahu Anda tentang hal itu.

Rincian 8 Cara Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel

Tidak hanya sekadar gigi menjadi putih. Anda perlu selalu merawat gigi dengan baik supaya gigi selalu sehat, putih dan bersih. Perawatan gigi sangat diperlukan supaya gigi tidak tampak kuning, keropos, dan banyak plak atau karang giginya.

cara memutihkan gigi kuning yang membandelmemutihkan gigi kuning dengan siwak (foto:ngembaca.worsdpress.com)

Jika gigi yang rusak tidak diperbaiki bisa menimbulkan penyakit yang berat seperti kanker mulut. Gigi yang rusak bisa menyebabkan sariawan yang tidak kunjung sembuh. Atau menyebabkan terjadi luka kronis yang memicu terjadinya kanker mulut.

Apalagi, mereka yang giginya tidak dirawat dengan baik juga perokok, penyirih atau peminum alkohol. Ancaman kanker mulut paling tinggi. Umumnya kanker mulut terjadi pada mereka di usia 25 – 40 tahun.

“Kanker mulut biasanya di lidah. Kanker mulut merupakan kanker nomor delapan paling sering diderita di dunia dan yang paling mahal biaya perawatannya,” kata Ratu Mirah Afifah, Profesional Marketing Manager Oral Care PT Unilever Indonesia Tbk seperti dikutip Kompas.com.

Pertanyaannya, bagaimana cara merawat dan memutihkan gigi kuning yang membandel dengan biaya murah? Apa saja yang harus disiapkan untuk memutihkan gigi kuning?

1. Memutihkan Gigi Kuning dengan Garam dan Jeruk Nipis

Anda bisa memutihkan gigi kuning dengan garam dapur dan jeruk nipis. Caranya pun sangat mudah. Siapkan garam dapur satu sendok makan dan satu buah jeruk nipis.

Garam Anda lembutkan dengan cara ditumbuk. Jika memungkinkan, beli garam yang sudah lembut sehingga Anda tidak usah menumbuk sendiri. Jeruk nipis dibelah dua dan diperas airnya. Air perasan jeruk nipis langsung Anda tuangkan pada bubuk garam.

Ketika Anda menggosok gigi, gunakan campuran bubuk garam plus air jeruk nipis sebagai pasta gigi. Lakukan cara itu seminggu dua kali sampai gigi Anda putih.

Tentu saja, lama tidaknya cara itu mencapai hasil tergantung pada kondisi gigi masing-masing orang. Tiap orang tentu berbeda dengan yang lain.

2. Cara Membersihkan Gigi Kuning dengan Baking Soda

Baking soda juga bisa Anda gunakan untuk memutihkan gigi kuning yang membandel. Baking soda mempunyai sifat memutihkan dan sifat inilah yang mampu menghilangkan warna kuning pada gigi Anda.

Tetapi, pemakaiannya jangan berlebihan. Cukup dua hari sekali. Jika berlebihan justru bisa merusak gigi.

Cara membuatnya, Anda sediakan baking soda setengah sendok teh baking soda dan setengah sendok teh air perasan jeruk nipis. Kedua bahan dijadikan satu dan diaduk hingga keduanya bercampur secara merata.

Anda gunakan campuran baking soda dan perasan jeruk nipus untuk menyikat gigi. Ya, baking soda sebagai ganti pasta gigi biasa. Lakukan gogok gigi sekitar 1 menit, lalu berkumurlah dan bilaslah mulut Anda dengan air bersih.

3. Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan Kulit Pisang

Anda juga bisa memutihkan gigi kuning yang membandel dengan kulit pisang. Betul, dengan kulit pisang. Selama ini, kulit pisang dianggap tidak berguna, kecuali bagi pemilik ternak. Bisa untuk makanan ternak.

Kulit pisang ternyata juga bisa untuk memutihkan gigi kuning. Kulit pisang bagian dalam mengandung bahan mineral seperti kalsium, magnesium, dan mangan yang bisa terserap oleh gigi dan gigi menjadi putih.

Caranya, ambil kulit pisang dan tempelkan bagian dalam kulit pisang pada gigi. Diamkan sampai beberapa menit. Setelah kulit pisang dilepas, Anda perlu menggosok gigi dengan pasta gigi biasa.

Lakukan cara memutihkan gigi kuning dengan kulit pisang tiap hari. Setelah satu minggu, coba lihat hasilnya. Gigi Anda menjadi lebih putih dari sebelumnya.

4. Memutihkan Gigi Kuning dengan Kulit Jeruk

Pada nomor 1 telah disinggung tentang cara memutihkan gigi kuning dengan bubuk garam ditambah air perasan jeruk nipis. Tetapi, kali ini hanya menggunakan kulit jeruk. Bukan perasan jeruk nipis. Yang ini kulit jeruk apa pun bisa.

Caranya, ambil kulit jeruk yang masih segar. Lalu kerok daging kulit jeruk warna putih. Gunakan daging jeruk untuk menggosok gigi dengan sikat gigi. Atau gosokkan daging kulit jeruk ke gigi Anda dengan tangan secara langsung. Ulangi beberapa kali sampai gigi tampak putih.

Tentu Anda harus sabar untuk terus mengusahakannya agar gigi menjadi putih dan bersih dari plak atau karang gigi. Dengan cara ini, gigi Anda pun akan sehat.

5. Membersihkan Gigi Kuning dengan Siwak

Anda juga bisa membersihkan gigi kuning dengan menggunakan siwak. Cara ini sudah dikenal lama sejak zaman Rasulullah Muhammad dalam Islam. Bahkan, cara ini juga sangat dianjurkan untuk dilakukan menjelang shalat.

Sampai sekarang siwak masih banyak dijajakan, khususnya di tempat layanan jamaah haji atau jamaah umrah. Pilih siwak yang ujungnya lembut sehingga saat digunakan menggosok gigi tidak menimbulkan iritasi.

Cara menggunakan siwak untuk membersihkan gigi kuning adalah gunakan siwak seperti orang menggosok gigi dengan sikat gigi sekitar 10 – 15 detik. Setelah itu, berkumurlah dengan air hangat.

6. Hindari Makanan Manis dan Lengket

Untuk menjaga agar gigi tetap putih dan bersih, hindari konsumsi makanan manis dan lengket. Makanan manis yang banyak zat gulanya cenderuang merusak gigi. Lihat anak-anak yang suka mengonsumsi permen atau kembang gula, umumnya gigi mereka rusak (gugus).

Tetapi, produsen makanan anak justru makin kreatif menyakikan makanan manis dan lengket untuk menarik selera anak. Padahal, makanan minuman manis warna warni justru mudah merusak gigi anak. Apalagi jika derajat keasamannya rendah. Kesehatan gigi menjadi taruhannya.

Lebih baik perbanyak mengonsumsi makanan segar dengan banyak kandungan seratnya, seperti buah dan sayur, jelas pakar gizi keluarga, Leona Victoria Djajadi, MND. Pilihan sayur terbaik seperti brokoli, timun, seledri, wortel, dan kacang.

7. Perbanyak Konsumsi Asam Malat

Anda juga bisa memperbanyak konsumsi buah yang mengandung asam malat tinggi sebagai cara memutihkan gigi kuning yang membandel. Contohnya jus apel hijau dan stroberi. Anda bisa mencampur 2 -3 buah stroberi dengan baking soda untuk memutihkan gigi.

Dr. Adinda Carrel, dokter gigi di New York, Amerika Serikata mengatakan menggosok gigi dengan stroberi cara murah untuk mencerahkan senyum Anda. Tetapi, jangan terlalu sering. Nanti enemel gigi bisa rusak karenanya. Caranya, pacahkan buah stroberi matang lalu gunakan menggosok gigi. Diamkan 5 – 10 menit, lalu sikat gigi Anda dengan pasta gigi biasa hingga bersih.

8. Buah dan Sayuran Renyah Bisa Memutihkan Gigi

Buah dan sayuran yang renyah juga bisa Anda gunakan untuk memutihkan gigi kuning secara alami. Contohnya buah apel, pir, dan wortel. Bagaikan sikat gigi, mengonsumsi buah-buah itu bisa mengangkat noda dan warna kuning gigi hingga gigi tampak putih bersih tanpa merusak enemel gigi. Anda sebaiknya mengonsumsi buah dan sayuran setelah makan nasi.

Demikian 8 cara memutihkan gigi kuning yang membandel dengan biaya murah. Anda bisa menggunakan cara dan buah mana saja yang Anda anggap mudah melakukannya. Bahan herbal memang sangat baik untuk memelihara kesehatan, termasuk kesehatan gigi.

Semoga Anda sukses memutihkan dan menyehatkan gigi Anda.

Cara Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *