Connect with us

Penyakit

16 Cara Cepat Mengatasi Maag Kambuh Tanpa Obat

Published

on

Cara Mengatasi Maag Kambuh Tanpa Obat – Sakit maag Anda suka kambuh dan minum obat tak bisa menyembuhkan maag Anda? Saya pun pernah mengalami keadaan seperti itu. Maag saya kambuh. Saya langsung beli obat maag di apotek. Setelah habis satu caplet, maag belum juga sembuh.

Apakah saya harus membeli obat maag lagi dan minum satu caplet berikutnya? Jika kejadian itu baru sekali, Anda bisa minum obat maag dari caplet berikutnya. Tetapi, jika kejadian itu untuk sekian kali, Anda tentu akan merasa obat maag itu tidak cocok dengan sakit Anda. Obat tak bisa menyembuhkan maag Anda.

Lalu, obat apa yang bisa menyembuhkan maag Anda? Atau coba minum obat maag dengan merek lain? Adakah risikonya jika Anda mengganti dengan obat merek lain?

Bagi saya, solusi yang terbaik jika maag Anda sering kambuh adalah mengonsumsi obat herbal atau obat alami dari tumbuhan misalnya. Anda tidak perlu minum obat maag lagi. Anda bisa memilih cara mengatasi maag kambuh tanpa obat.

Apa Jenis Sakit Maag Anda? Maag Fungsional atau Maag Organik? Akibat Telat Makan, Stres atau Lainnya?

cara mengatasi maag kambuh tanpa obat

Apakah penyakit maag itu? Sakit maag atau radang lambung adalah rasa sakit pada lambung karena adanya luka. Rasa nyeri atau perih saat sakit maag kambuh bisa berasal dari lambung, usus halus, atau kerongkongan yang diakibatkan oleh beberapa kondisi.

Penyebab sakit maag banyak. Di antaranya akibat luka terbuka di lapisan dalam lambung (tukak lambung), infeksi bakteri, efek samping dari konsumsi obat antinflamasi nonsteroid, stres dan sering terlambat makan. .

Jadi, telat makan atau terlambat makan hanya salah satu penyebab sakit maag. Sebagian besar atau 80% sakit maag di Indoneia adalah sakit maag fungsional. Penyebabnya bisa karena waktu makan tidak teratur, stres, beban pekerjaan tinggi, atau kurang tidur.

Sementara, 20 % penyebab maag lainnya adalah adanya kelainan pada saluran pencernaan. Misalnya ada luka di lambung. Penyebab sakit maag yang ini dinamakan penyebab organik.

Pertanyaannya sekarang, apa penyebab sakit maag Anda? Jika penyebabnya karena Anda sering telat makan, ya cara mengatasi sakit maag Anda adalah atur kembali pola makan Anda. Caranya adalah Anda harus selalu makan tepat waktu.

Apa pun kesibukan Anda, Anda tidak boleh menunda waktu makan. Baik untuk makan pagi atau sarapan, makan siang maupun makan malam.

Jika telat makan hanya terjadi satu kali atau dua kali tak apa. Tetapi, jika terlambat makan terjadi setiap hari, Anda bisa terkena penyakit maag. Kalau sudah kena sakit maag, aduuuhh.. Anda tak akan bisa hidup tenang dan nyaman.

Saya pernah mengalami kondisi seperti itu ketika saya masih menderita sakit maag. Saya merasa betapa repotnya sakit maag sampai belasan tahun.

Sebentar-sebentar Anda akan merasa lambung perih dan nyeri. Anda pun harus segera mengonsumsi makanan, apa pun makanan yang Anda komsumsi. Bisa buah, nasi, roti, cemilan, dsb.

Untunglah, maag saya akhirnya berhasil disembuhkan. Yang sangat saya syukuri, saya bisa sembuh total dari sakit maag bukan karena minum obat. Saya justru bisa mengatasi maag tanpa konsumsi obat.

Tetapi, jika Anda belum bisa menyembuhkan maag Anda tanpa, ya sembuhkan dengan menggunakan obat maag alami. Misalnya dari tumbuhan obat maag.

16 Cara Mengatasi Maag Kambuh Tanpa Obat

Bagaimana cara mengatasi maag kambuh tanpa obat? Sulit atau mudah cara itu? Biayanya murah atau mahal? Ya, ada banyak cara mengatasi maag yang bisa Anda lakukan.

Berikut ini 16 cara mengatasi maag dengan cepat tanpa obat antara lain:

1. Menghindari Makanan Pedas

Makanan pedas dan rasa asam bisa memicu sakit maag kambuh. Menurut dr Ari Fahrial Syam, Sp.PD dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, makanan pedas berlebihan bisa membuat permukaan lambung rusak atau luka.

Lapisan lambung menipis dan rentan terhadap infeksi.

Makanan pedas juga bisa menghasilkan gas dalam perut setelah bercampur dengan bahan-bahan lain. Gas yang tidak tertahankan dan cairan asam lambung yang meningkat jumlahnya membuat cairan lambung naik ke kerongkongan.

Rasanya, tentu saja perih karena asam lambung tinggi.

2. Hindari Makanan dan Minuman Rasa Asam

Sama dengan makanan minuman rasa pedas. Makanan minuman rasa asam juga merangsang terjadinya sakit maag. Sebab, makanan dan minuman rasa asam bisa mengganggu keseimbangan pH dalam perut. Makanan minuman asam bisa memicu produksi asam lambung berlebih.

Jeruk, tomat, mangga, nanas, tomat, tape, mrica, dan anggur adalah beberapa contoh mengenai makanan dan minuman dengan rasa asam. Atau semua makanan dan minuman yang dibuat dengan bahan rasa asam. Misalnya jus dari buah rasa asam. Anda harus hindari makanan minuman itu. Ini sebagai cara efektif mengatasi sakit maag Anda.

3. Jauhi Juga Konsumsi Minuman Beralkohol

Selain bisa membuat Anda mabuk, minuman beralkohol juga bisa menyebabkan sakit maag. Sebab, minuman beralkohol akan memperburuk refluks asam lambung. Asam lambung dalam perut meningkat dan membuat tubuh Anda dehidrasi.

4. Makan dalam Porsi Kecil, Meskipun 6 Kali Sehari

Jika sekarang Anda telah menderita sakit maag, jangan mengonsumsi makanan dalam porsi besar. Lebih baik makan dalam porsi kecil dan sering makan. Misalnya, jika biasanya makan sehari 3 kali, kini Anda buat 5 atau 6 kali sehari dengan porsi kecil. Makanan porsi besar menghasilkan banyak asam lambung yang bisa menumpuk dan mengiritasi kerongkongan.

5. Menghindari Minuman Berkafein dan Berkarbonasi

Minuman berkafein dan berkarbonasi juga bisa menyebabkan produksi asam lambung meningkat. Apalagi, Anda terlalu sering minum minuman berkafein atau bersoda tinggi. Jika sekarang Anda sakit maag, sebaiknya Anda berhenti dari minum minuman kopi atau minuman berkafein lainnya dan juga minuman soda. Ya, tujuannya supaya maag Anda cepat sembuh.

Contoh minuman berkafein adalah minuman kopi, teh, minuman bersoda (mengandung 21 – 40 gram kafein), kopi decaf, cokelat dan kakao (makin hitam dan pahit, makin tinggi kafeinnya), es krim rasa kopi atau rasa cokelat, pil diet, kuaci bunga matahari, minuman berenergi, permen penyegar nafas, dan pil pereda nyeri.

6. Berkat Kunyit Saya Sukses Menyembuhkan Maag

Mengonsumsi jamu atau ekstrak kunyit bisa menjadi cara mengatasi maag kambuh tanpa obat. Saya sendiri telah mempraktekkan cara ini dan hasilnya saya bisa bisa sembuh dari sakit maag.

Meskipun tadinya saya sudah belasan tahun sakit maag dan terapi obat dari resep dokter tidak bisa menyembuhkan sakit maag saya. Rempah kunyit mengandung
senyawa yang berkhasiat sebagai obat, antara lain kurkuminoid.

Kurkuminoid ini terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin 10%, bisdesmitoksikurkumin 1 – 5 %, dan zat- zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri. Kunyit juga mengandung lemak 1 – 3%, karbohidrat 3%, protein 30%, pati 8%, vitamin C 45 – 55%, dan juga garam mineral seperti zat besi, fosfor, dan kalsium.

Tetapi, Anda juga bisa membeli obat herbal dari kunyit jika tidak ingin membuat jamu kunyit sendiri. Obat herbal dari kunyit tentu lebih higienes karena dibuat oleh pabrik dan bebas efek samping.

7. Makanan Berlemak Tinggi Meningkatkan Asam Lambung

Makanan dengan kandungan lemak tinggi juga harus Anda hindari sehingga Anda bisa cepat bebas dari sakit maag. Sebab, makanan itu bisa meningkatkan asam lambung karena kemampuan lemak yang bisa bertahan lama di pencernaan. Otomatis lemak akan menyebabkan memicu asam lambung yang berlebih.

Contoh makanan berlemak tinggi antara lain daging babi, daging sapi, daging panggang/olahan, paha ayam, krim susu, keju, susu, es krim, mentega, minyak sawit, mayones, cokelat hitam, ikan sarden, ikan brazil, ayam goreng, kentang goreng, dan produk olahan dari daging.

8. Cokelat Bisa Menyebabkan Radang di Lambung

 

penyebab maag

mengonsumsi cokelat penyebab maag (sumber:prosesdetox.com)

Menghindari konsumsi cokelat juga bisa menjadi cara mengatasi maag kambuh tanpa obat yang cukup efektif. Sebab, sebagaimana diungkapkan oleh hasil sebuah penelitian di Kanada, menghindari konsumsi kafein dan susu bisa menyembuhkan sakit maag.

Demikian pula dengan menghindari konsumsi cokelat. Mengonsumsi cokelat bisa memperburuk peradangan di lambung. Satu porsi 2 ons cokelat semi manis mengandung 44 miligram kafein.

Meskipun untuk sementara konsumsi cokelat bisa membuat lambung nyaman, tetapi mengonsumsi cokelat bisa memperburuk sakit maag Anda. Intinya, hindari makanan cokelat supaya maag Anda bisa sembuh.

9. Konsumsi Aneka Gorengan Bisa Sebabkan Infeksi Usus

Jika Anda sekarang menderita sakit maag, hentikan konsumsi aneka gorengan. Sebab, makanan yang digoreng mengandung minyak yang tidak bisa diurai di dalam lambung. Apalagi, jika lambungnya sedang bermasalah dengan sakit maag.

Tidak hanya membuah sakit maag ataupun lambung, konsumsi aneka gorengan juga bisa menyebabkan kondisi yang membahayakan untuk kesehatan dalam jangka yang lama. Makanan aneka gorengan yang zat-zatnya tidak bisa diurai dan sisa-sisanya lengket di usus halus akhirnya bisa menyebabkan infeksi usus, kanker kolon, dsb. Hiihh.. menakutkan kan???

Cara lain untuk mengatasi maag adalah:

10. Menghindari obat-obatan kelompok OAINS

Seperti ibuprofen dan aspirin. Obat-obatan kelompok OAINS dapat diganti dengan pereda sakit lain seperti paracetamol.

11. Membatasi konsumsi makanan olahan seperti pasta, gula, dan roti putih.

12. Menghindari makanan yang mengandung asam lemak trans.

Misalnya kue, crackers, kentang goreng, donat, margarin, serta makanan yang diproses seperti sosis.

13. Menghindari makanan yang dapat menyebabkan alergi.

14. Mengatasi maag tanpa obat dengan temulawak

15. Menghindari stres

16. Menghindari kurang tidur.

Demikian artikel mengenai 16 Cara Mengatasi Maag Kambuh Tanpa Obat. Sebenarnya masih banyak cara mengatasi sakit maag yang bisa Anda lakukan.

Tentu saja, Anda tidak perlu mencoba semua cara. Pilih salah satu dan lakukan cara menyembuhkan maag dengan baik hingga sakit maag Anda sembuh seperti yang saya lakukan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk menyembuhkan sakit maag Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.