Connect with us

Asam Urat

23 Tips tentang Cara Mengatasi Nyeri Sendi dengan Sangat Mudah

Published

on

CARA Mengatasi Nyeri Sendi – Dokter, saya menderita nyeri sendi. Nyeri pada pergelangan tangan, siku, lutut dan pergelangan kaki. Sampai sekarang belum hilang nyerinya.

Dua hari lalu saya mengonsumsi daging. Apakah itu merupakan penyebab saya menderita nyeri sendi? Tetapi, di area sendi yang nyeri kok tidak bengkak. Saya pikir ini bukan tanda penyakit asam urat.

Sampai sekarang saya belum mengonsumsi obat pereda nyeri. Jadi, penyakit apa itu, dok? Asam urat, rematik atau lainnya?

Tentu saja, untuk menjawab pertanyaan di atas dan menentukan penyakit apa yang dialami oleh penanya dengan nyeri di beberapa sendi, tidak bisa begitu saja. Perlu pemeriksaan intensif.

Misalnya pemeriksaan fisik, wawancara medis, mencek rekam medis, dan mungkin juga perlu pemeriksaan penunjang seperti tes darah, dsb.

Nyeri sendi bisa terjadi pada siapa saja. Nyeri sendi tidak mengenal usia. Bahkan, dari survei diketahui bahwa sepertiga orang dewasa menyatakan pernah menderita nyeri sendi. Terbanyak adalah nyeri sendi di lutut.

Nyeri sendi, apa pun penyebabnya, harus disembuhkan. Baik sakit sendi ringan, sedang ataupun nyeri sendi parah. Ada nyeri satu sendi dan nyeri pada beberapa sendi secara bersamaan. Sakit nyeri sendi bisa sangat mengganggu kehidupan penderita.

Bahkan, terkadang penderita harus istirahat karena sendi yang sakit termasuk vital seperti sendi lutut. Untuk nyeri yang parah, sendi tidak bisa digerakkan. Tetangga saya harus dirawat di rumah sakit beberapa hari karena sakit sendi.

cara mengatasi nyeri sendi
nyeri di lutut (foto:klikcara.com)

Daftar 23 Tips Menarik tentang Cara Mengatasi Nyeri Sendi

Sebelum periksa dokter, di sini ada beberapa tips menarik untuk mengatasi dan mengobati nyeri sendi. Dokter pun mengatakan jika nyeri sendi masih tergolong ringan bisa ditangani sendiri di rumah.

Jika ternyata tindakan sementara tidak meredakan nyeri sendi Anda, ya Anda perlu kunjungi dokter.

Ada 23 tips yang bisa Anda lakukan untuk meredakan sakit nyeri Anda. Pilih tips mana yang cocok dan bisa Anda lakukan dengan mudah. Ke-23 tips itu adalah:

1. Istirahat yang cukup

2. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Misalnya makanan yang bisa menurunkan asam urat. Setidaknya ada 17 makanan yang baik dikonsumsi karena bisa menurunkan asam urat/rematik atau nyeri sendi lainnya.

3. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Misalnya buah alpukat, jeruk, anggur, pepaya, nanas, sayuran kol, brokoli, kale, dsb.

4. Selalu minum air putih 2-3 liter/hari biar dalam tubuh tidak terjadi dehidrasi

5. Lakukan pengompresan dengan es pada bagian sendi yang nyeri

6. Jangan mengonsumsi minuman berkafein (teh/kopi), beralkohol

7. Hindari stres yang berlebihan

8. Usahakan berat badan Anda tetap ideal. Kegemukan bisa menjadi beban bagi sendi pinggul, lutut dan kaki.

9. Lakukan olahraga secara rutin, seperti jogging, jalan kaki, senam, bersepeda, renang, dsb.

10. Hindari makanan yang mengandung banyak zat purin karena nantinya akan mempertinggi zat asam urat. Misalnya daging merah, seafood, anggur, makanan mengandung ragi, dsb.

11. Lakukan pemeriksaan kadar asam urat. Sangat baik jika Anda punya alat cek asam urat sendiri sehingga bisa cek setiap saat. Kalau masih tinggi segera turunkan.

12. Terapi hangat dan dingin. Maksudnya, lakukan kompres dengan air hangat untuk sendi yang kaku. Lakukan kompres dengan air dingin untuk sendi yang merasa nyeri.

13. Mengonsumsi asam lemak omega-3 melalui makanan. Ini bisa meringankan radang sendi. Misalnya, konsumsi suplemen minyak ikan tinggi omega3, asam gamma-linolenat,

14. Mengonsumsi kunyit. Rempah ini mengandung curcumin yang bisa mengurangi rasa nyeri radang sendi. Kunyit mengandung zat yang memiliki sifat anti-inflamasi untuk meredakan nyeri sendi.

15. Mengonsumsi obat nyeri sendi, baik obat farmasi atau obat herbal yang khusus untuk mengatasi nyeri sendi. Baik untuk sakit rematik, asam urat dan sejenisnya. Obat herbal asam urat, misalnya, Urico Mild, Maderic, dsb.

16. Obat nyeri sendi tradisional. Misalnya menggunakan daun jarak pagar segar. Daun jarak dibersihkan, lalu ditumbuk halus. Diremas dengan air hangat, lalu oleskan (balurkan) pada bagian sendi yang nyeri. Anda juga bisa menggunakan kulit kayu manis atau bunga matahari untuk mengobati nyeri sendi.

17. Mengoleskan gel lidah buaya yang telah didinginkan pada bagian sendi yang nyeri. Kemudian diamkan beberapa saat hingga nyeri reda.

18. Minyak kayu putih. Coba saja olesi sendi yang nyeri dengan minyak kayu putih. Jika Anda punya tanaman kayu putih, juga bisa mengambil daunnya digunakan meredakan rasa nyeri sendi. Paling mudah ya pakai minyak kayu putih.

19. Jahe juga bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi nyeri sendi. Senyawa dalam jahe yang anti-inflamasi bisa meredakan rasa nyeri sendi. Ya, cari saja jahe, haluskan dan oleskan di bagian sendi yang nyeri.

20. Air garam. Caranya, ambil air hangat dan tuangkan di tempat yang cukup untuk merendam anggota tubuh yang nyeri. Air hangat ditaburi garam secukupnya.

21. Bubuk kunyit juga bagus untuk menghilangkan rasa nyeri di sendi. Dari hasil penelitian ternyata kunyit mengandung zat yang bisa melawan nyeri sendi. Baca: 10 Racikan Kunyit untuk Peradangan dan Sakit Sendi.

22. Lakukan olahraga yang bisa memperkuat sendi. Misalnya jalan kaki, berenang atau bersepeda. Coba lakukan secara rutin.

23. Jika Anda berbadan gemuk atau berat badan tinggi, maka turunkan berat badan Anda. Berat badan bisa membebani lutut dan sendi lain sehingga terjadi nyeri sendi.

Demikian tips tentang cara mengatasi nyeri sendi. Semoga Anda bisa menjaga dan melindungi semua sendi dalam tubuh Anda sehingga Anda selalu sehat. Sehat itu sangat nyaman dan menyenangkan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.