24 Cara Mengatasi Rambut Rontok yang Berlebihan

Diposting pada

CARA mengatasi rambut rontok – Rambut adalah mahkota, khususnya bagi kaum Hawa. Tetapi, bagaimana jika tiba-tiba rambut Anda banyak yang rontok? Saat sisiran, saat mandi, saat bangun tidur dan lainnya, Anda menyaksikan ratusan helai rambut kepala rontok.

Bagaimana cara mengatasi rambut rontok seperti itu? Apa yang harus dilakukan? Apa penyebab rambut rontok? Ya, banyak pertanyaan berkecamuk dalam benak Anda. Apalagi Anda masih berusia muda. Misalnya berusia 30 – 45 tahun.

Tentu saja, yang terpenting adalah bagaimana cara mengatasi rambut rontok berlebihan. Anda harus bisa menghentikan rambut rontok secepatnya biar kepala tidak tampak botak atau gundul.

Pertanyaan penting lainnya adalah apa penyebab rambut rontok berlebihan? Anda tentu ingin tahu masalah itu. Jika tahu penyebabnya, Anda ingin mengatasi penyebab itu secepatnya sehingga rambut rontok bisa dihentikan.

Masalah rambut rontok bisa menimpa siapa saja. Tua muda, lelaki perempuan, dsb. Tetapi, kebanyakan rambut rontok ini menimpa wanita. Ya, karena banyak pemicunya pada wanita, terutama dengan perubahan hormonal.

Rambut rontok biasanya terjadi setelah 6 minggu atau 3 bulan sejak peristiwa penyebab rambut rontok terjadi. Cara terbaik adalah mencegah rambut rontok. Bagaimana caranya? Ya, baca terus artikel ini sampai tuntas.

10 Penyebab Rambut Mudah Rontok Parah

 

cara mengatasi rambut rontok berlebihan

(sumber:kompasiana.com)

Ada beberapa penyebab mengapa rambut kepala Anda tiba-tiba rontok. Saat menyisir rambut, misalnya, tiba-tiba Anda menyaksikan banyak sekali rambut yang tercabut dan menempel pada sisir. Jumlahnya tidak sedikit. Bisa ratusan helai.

Jika jumlahnya kurang dari 100 helai, itu masih tergolong wajar. Sebab, rambut baru selalu tumbuh menggantikan rambut lama yang rontok.

Yang tidak wajar adalah rambut rontok lebih dari 100 helai per hari. Peristiwa ini dinamakan telogen effluvium. Selain itu, rambut rontok terjadi di hampir seluruh bagian kepala.

Berikut ini 10 penyebab rambut rontok di kala Anda masih berusia muda:

1. Stres akibat menghadapi masalah berat. Misalnya, terlilit utang dalam jumlah besar, anggota keluarga sakit berat dan memerlukan banyak biaya, dsb.

2. Mederita sakit dalam waktu lama seperti stroke, kanker, jantung, dsb.

3. Stres akibat melahirkan.

4. Perubahan hormonal seperti menstruasi, menopause, sakit berat, pubertas, pemakaian alat KB, atau pengaruh obat tertentu.

5. Kekurangan nutrisi akibat sering berpuasa.

6. Menderita penyakit anemia (kurang darah) yang cukup lama.

7. Menderita infeksi di kepala

8. Kerja kelenjar tiroid kurang aktif.

9. Akibat keturunan. Artinya, punya orang tua (bapak ibu, nenek kakek, dsb.) yang pernah mengalami rambut rontok.

10. Kurang mengonsumsi zat besi, zinc, dan protein dalam tubuh.

24 Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

Setelah mengetahui apa penyebab rambut rontok berlebihan, Anda baru bisa menentukan cara mengatasinya. Tetapi, ada juga rambut rontok akan tumbuh kembali dengan sendirinya setelah penyebabnya teratasi.

Misalnya, adik ipar saya menderita kanker payudara dan harus operasi dengan mengangkat salah satu payudaranya dan diteruskan dengan beberapa kali kemo. Akibatnya, hampir seluruh rambut kepalanya rontok dan tampak gundul.

Tetapi, kini rambut kepalanya kembali tumbuh normal setelah penyakit kanker payudara yang dideritanya teratasi.
Di bawah ini akan disebutkan 24 cara mengatasi rambut rontok berlebihan yang bisa Anda lakukan. Caranya tidak sulit dan Anda bisa melakukan dengan mudah.

1. Minyak Zaitun/Olive Oil. Mampu mengatasi rambut rontok karena adanya sifat antijamur, antioksidan, dan antibakteri. Cara memakainya adalah ambil sedikit minyak zaitun, teteskan ke kepala lalu dilakukan pemijatan sambil meratakan minyak zaitun ke seluruh kepala.

Ada baiknya cara itu dilakukan malam hari sebelum tidur tiap hari. Rambut dibilas pagi harinya. Lakukan cara itu sampai rambut rontok teratasi dan tidak terjadi lagi.

2. Masker Buah-buahan. Ada beberapa buah yang bisa Anda gunakan sebagai cara mengatasi rambut rontok. Tetapi menggunakan buah pisang adalah cara yang terbaik. Lakukan satu minggu sekali.

Caranya, ambil satu buah pisang, kupas kulitnya dan haluskan. Lalu, oleskan pada rambut Anda sebagai masker. Tunggu sekitar 30 menit dan baru dibilas.

Anda juga bisa menambahkan sedikit susu dan jus lemon. Lalu diaduk jadi satu dan digunakan untuk masker rambut. Tidak hanya mengatasi rambut rontok, cara ini juga bisa membuat rambut berkilau, menghilangkan ketombe dan melembabkan kulit kepala.

3. Pijat Kepala dengan Campuran Teh Hijau dan Daun Seledri. Caranya, siapkan air hangat yang diberi teh hijau dan daun seledri. Teteskan larutan teh hijau dan seledri ke kepala Anda sambil dipijat. Setelah Anda diamkan sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Buah Mangga, Yoghurt dan Kuning Telur

4. Buah Mangga, Yoghurt dan Kuning Telur. Caranya, kupas kulit mangga dan potong kecil-kecil, lalu masukkan ke blender dengan ditambah yoghurt satu sendok makan dan kuning telur.

Setelah diblender dan disaring, hasilnya dioleskan pada rambut kepala sambil dipijat-pijat. Setelah 10 – 15 menit, rambut bisa dibilas dengan air bersih. Ketiga bahan itu mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan rambut kepala.

5. Minyak Kemiri. Cara menggunakan untuk mengatasi rambu rontok sangat mudah. Ambil minyak kemiri, oleskan pada rambut kepala hingga merata. Diamkan sekitar 30 menit dan baru dibilas. Bisa juga Anda oleskan minyak kemiri sebelum tidur. Anda membilas rambut kepala setelah bangun tidur esok harinya.

6. Lidah Buaya. Ambil tanaman lidah buaya lalu dicuci bersih. Potong jadi dua untuk mendapatkan lendirnya. Oleskan lendir tanaman lidah buaya pada rambut Anda sambil dipijit-pijit biar kandungan gizinya terserap.

Lalu, bugkus rambut Anda dengan handuk. Setelah 15 menit, bilaslah dengan air bersih. Banyak kandungan pada tanaman lidah buaya untuk kesehatan, termasuk kesehatan rambut.

Jus Kentang, Bawang Putih dan Bawang Merah

7. Jus Kentang. Anda bisa menambahkan kuning telur (sebutir telur) dan dua sendok makan jus lemon ybtyj membuat jus kentang. Anda aduk jadi satu, lalu oleskan ke rambut sampai kulit kepala. Diamkan 40 menit, lalu bilas. Lakukan cara ini dua minggu sekali sampai Anda sukses mengatasi rambut rontok.

8. Bawang Putih. Tidak hanya mengatasi rambut yang rontok. Bawang putih juga bisa mencegah munculnya uban dan mempercepat pertumbuhan rambut. Ini berkat kandungan sulfur, tembaga, vitamin c dan lainnya.

Cara menggunakannya ada beberapa. Ada yang bawang putih dipotong dan digosokkan ke kulit kepala. Ada yang ditambahkan bahan lain seperti minyak zaitun, minyak kelapa, dsb.

9. Bawang Merah. Sama dengan bawang putih. Bawang merah bisa mengatasi rambut rontok karena kandungan sulfur yang tinggi. Zat sulfur bisa meningkatkan sirkulasi darah dan pertumbuhan rambut.

Caranya antara lain bawang merah dibuat jus. Bisa ditambahkan bahan lain atau tanpa campuran. Yang tanpa campuran, bawang merah dipotong tipis-tipis lalu diblender untuk dibuat jus. Lalu, jus bawang putih dioleskan pada bagian rambut dan kulit kepala hingga merata sambil dipijat. Lakukan dua kali dalam satu minggu sampai rambut tidak rontok lagi.

10. Menggunakan Jahe. Mengandung senyawa keto atau yang lebih sering disebut dengan Zingeron, jahe bisa mengatasi rambut rontok. Caranya, kupas kulit jahe, cuci, haluskan dengan ditumbuk, lalu oleskan ke bagian rambut yang rontok. Diamkan 30 menit dan bilas dengan air bersih. Perbanyak minum air putih.

Makanan Penyebab Rambut Rontok

11. Minyak Lavender. Ini juga tergolong cara mengatasi rambut rontok dengan efektif. Minyak lavender merupakan ekstrak dari bunga lavender. Bisa juga untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, wewangian aromatik, dipakai sebagai sabun, penyegar udara dan sampo.

Siapkan 10 tetes minyak lavender, 10 tetes minyak rosemary, 5 tetes minyak kemangi dan 4 ons minyak jojoba. Masukkan semua bahan di dalam botol. Kocok sebelum dipakai supaya semuanya menyatu. Oleskan di rambut dan kulit kepala sambil dipijat.

12. Hindari Makanan Penyebab Rambut Rontok. Antara lain susu, aneka gorengan, yang terbuat dari tepung terigu, makanan manis, pemanis buatan, makanan kemasan, ikan dengan kandungan merkuri, dsb.

13. Atasi Ketombe dan Infeksi Kulit Kepala. Misalnya, makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi, hindari stres, rajin olahraga, istirahat cukup, berhenti merokok, jangan memakai pengering rambut dan keramas dengan air panas, hindari bahan kimia, dan atas ketombe.

14. Mengonsumsi Jus Buah. Misalnya, jus mangga, jus wortel, jeruk, dsb. Buah mengandung vitamin dan mineral yang bisa membantu pertumbuhan rambut. Vitamin C dalam buah jeruk akan membantu tubuh menghasilkan kolagen dan antioksidan yang bisa menyuburkan rambut.

15. Sering Berganti Warna Rambut. Anda sebaiknya tidak terlalu sering mengganti warna rambut. Sebab, cara ini bisa mempengaruhi kesehatan rambut. Tidak sedikit yang berakibat buruk bagi rambut sepert rambut rontok dalam jumlah banyak.

Efek negatif lainnya beruban dalam usia muda, gatal-gatal pada kulit kepala, jerawat di kepala, kanker kandung kemih, kanker payudara, gangguan hormon, dsb.

16. Terlalu Sering Keramas. Sebaiknya keramas maksimal 3 kali dalam satu minggu. Lebih dari itu justru menghilangkan minyak alami pada rambut. Padahal, minyak alami sangat penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

Keramas dengan sampo yang lembut bisa menghilangkan akumulasi debu, kotoran, minyak, dan bakteri. Rambut kotor bisa menyebabkan folikel tersumbat dan akhirnya terjadi rambut rontok. Cara mengatasinya dengan keramas, tetapi jangan berlebihan.

Cara Terbaik Mengeringkan Rambut

17. Cara Mengeringkan Rambut yang Buruk. Ketika mengeringkan rambut setelah mandi hendaknya tidak menggosokkan handuk terlalu keras. Cara itu justru bisa merusak rambut seperti rambut menjadi kusut dan suka rontok.

Cara terbaik adalah menggunakan handuk perlahan-lahan biar tidak merusak rambut. Ada baiknya Anda mengeringkan rambut secara alami.

18. Gunakan Sisir yang Tepat. Menyisir rambut jangan sembarangan. Bisa menyebabkan rambut rontok. Cara menyisir rambut hendaknya dilakukan perlahan. Selain itu, jangan menyisir rambut yang masih basah. Bisa menyebabkan rambut rusak. Sisir yang Anda gunakan harus dalam kondisi bersih.

19. Jangan Gunakan Obat Penyubur Rambut. Anda perlu hati-hati menggunakan obat penyubur rambut yang mengandung bahan kimia. Lakukan cara yang benar sesuai dengan petunjuk dalam label obat. Atau sesuai dengan petunjuk dokter Anda.

20. Rajin Melakukan Olahraga. Banyak olahraga yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi rambut  rontok. Antara lain jalan kaki, bersepeda, renang, dan melakukan aktivitas fisik. Lakukan tiap hari masing-masing 30 – 40 menit. Melakukan aktivitas fisik, misalnya berkebun, bersih-bersih rumah, dsb. Jika tubuh Anda sehat, rambut juga menjadi sehat dan tidak mudah rontok.

21. Suplemen Rambut Rontok. Banyak suplemen rambut rontok dijual di toko online atau offline. Misalnya Tianshi Zinc, Suplemen Penumbuh Rambut Botak dan Rontok Centelica, Nutrimax Hair Shine, Wellnees Skin, Shakila Makmur Minyak Kemiri Najwa, Siplemen Foligain, dsb. Anda bisa memilih mana yang cocok. Anda tidak perlu membuat pengobatan sendiri.

Hati-hati dengan Produk Perawatan Rambut

22. Hati-hati Memilih Produk Perawatan Rambut. Pastinya, kamu semua selalu menggunakan produk perawatan rambut seperti sampo. Jika sekarang rambut Anda banyak yang rontok, coba beralih ke sampo yang bebas dari kandungan sulfat, silikon, dan paraben.

Tujuannya untuk menghindari penimbunan bahan kimia pada rambut atau kulit kepala. Sebab, tumpukan bahan kimia itulah penyebab rambut rontok, rusak atau lainnya. Perhatikan hasilnya jika Anda sudah berganti sampo.

23. Perbanyak Minum Air Putih. Cara mengatasi rambut rontok lainnya adalah rajin minum air putih minimal 6 – 8 gelas per hari. Ini akan membuat kebutuhan mineral untuk tubuh Anda telah tercukupi dengan baik. Kulit tubuh Anda akan selalu sehat, sekaligus akan mengatasi menguatkan rambut Anda. Rambut rontok berlebihan bisa Anda hindari karena kulit kepala sehat.

24. Menghindari Konsumsi Rokok dan Alkohol. Ini juga sangat penting karena sering merokok dan minum alkohol bisa membuat kulit tubuh Anda kering, termasuk kulit kapala. Efek selanjutnya, di kepala Anda mudah muncul ketombe akibat kulit kepala tidak punya kelembaban. Munculnya ketombe dan rasa gatal di kepala akan menyebabkan terjadinya rambut rontok.

Demikian artikel mengenai Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan yang berhasil disajikan oleh sehatfisik.com. Semoga Anda sukses mengatasi rambut rontok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *