Connect with us

Berita Kesehatan

Cara Mengecilkan Paha dengan Cepat, Murah dan Sangat Mudah

Published

on

CARA mengecilkan paha sebenarnya tidak sulit. Banyak cara bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat hasilnya. Anda bisa kembali tampil langsing, atletis dan cantik.

Cara mengecilkan paha yang akan disampaikan dalam artikel ini adalah cara yang mudah dan murah. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar.

Tidak percaya? Coba saja. Ada 9 cara mengecilkan paha yang bisa Anda lakukan di rumah atau di kompleks perumahan di mana Anda bertempat tinggal.

Anda tidak perlu pergi ke pusat kebugaran. Tetapi, kalau ingin bergabung dengan banyak orang hingga bisa beramai-ramai dan banyak kawan, ya boleh saja. Itu justru bisa mempunyai manfaat ganda.

Yaitu, bisa sehat sekaligus memperluas pergaulan. Banyak teman. Bahkan, banyak teman bisa menjadi motivasi untuk rajin berlatih/berolahraga.

Apalagi jika ada pelatihnya. Anda bisa berlatih dengan baik di bawah arahan pelatih. Jika tidak bergabung dengan pusat kebugaran, berolahraga untuk mengecilkan paha sendirian di rumah juga tidak apa.

Yang penting semangat untuk rajin menjalankan cara mengecilkan paha sehingga Anda sukses merampingkan tubuh Anda. Selain itu Anda bisa tampil langsing, sehat, dan cantik.

Demikian juga Anda yang pria. Anda bisa tampil sehat dan handsome setelah berhasil mengecilkan paha, betis, perut, pinggul, dsb.

Daftar 9 Cara Mengecilkan Paha, Pilih yang Nyaman untuk Anda

sepeda gunung

foto:wonderbox.es

Berikut ini adalah daftar 9 cara mengecilkan paha yang perlu Anda praktekkan biar Anda bisa tampil langsing dan sehat. Tidak hanya untuk paha, tetapi Anda juga bisa mengecilkan betis, perut, pinggul, dan bokong. Bahkan, seluruh tubuh Anda.

1. Bersepeda Keliling Kompleks Perumahan

Bersepeda bisa Anda pilih karena sangat bagus untuk mengecilkan paha dan betis. Kaki dan betis yang terus bergerak mengayuh sepeda akan menjadi sehat dan atletis.

Tetapi, jika Anda ingin bersepeda di jalan rya juga lebih baik. Syaratnya, Anda harus hati-hati karena lalu lintas di jalan raya ramai. Atau pilih di tempat khusus untuk bersepeda di kompleks stadion.

Atau memilih menggunakan sepeda statis sehingga Anda bersepeda di rumah atau di tempat kebugaran. Sepeda statis adalah sepeda tanpa roda yang berarti bersepeda di tempat. Meski sepeda Anda kayuh seperti naik sepeda biasa.

Kalau memilih sepeda statis, Anda perlu beli sepeda. Paling murah harga Rp 1 jutaan. Ya, biaya sedikit tidak apa. Yang penting Anda bisa mengecilkan paha dengan nyaman.

Sepeda statis bisa dipakai ramai-ramai satu keluarga. Dipakai banyak orang, jadinya harga terasa ringan dibandingkan dengan kemanfaatannya.

Bersepeda efektif membakar banyak lemak di paha sekaligus menurunkan berat badan.

2. Jogging Bersama atau Sendirian

Kamu juga bisa memilih jogging untuk mengecilkan paha. Bisa bersama teman-teman atau sendirian. Bersama teman tentu akan lebih seru dibandingkan dengan jogging sendirian.

Yang penting Anda bisa mengecilkan paha sekaligus Anda sehat. Jogging termasuk latihan kardio yang sangat baik untuk membuat fisik Anda selalu sehat. Anda juga akan selalu energik dan tubuh yang langsing.

3. Naik Turun Tangga secara Rutin

Anda juga bisa memilih naik turun tangga suatu bangunan. Di rumah sendiri, di swalayan, di bangunan umum atau tempat yang tersedia tangga dan Anda bisa gunakan.

Ini termasuk olahraga yang murah meriah. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya, tetapi efektif  membuat diri Anda bisa tampil langsing dan sehat.

Yang lebih penting lagi adalah Anda tidak malas naik turun tangga, Sebab, kebanyakan orang sekarang biasa naik lift sehingga malas jalan lewat tangga biasa. Naik turun tangga selama 30 – 60 menit tiap hari sangat baik dan sehat.

4. Berlari 45 – 60 Menit Per Hari

Berlari juga efektif untuk membakar lemak di seluruh tubuh, termasuk di paha. Tidak perlu lari cepat. Cukupan saja sudah bisa mengecilkan paha dan bagian tubuh lain yang banyak lemaknya.

Tetapi, berlari secara rutin juga membuat tubuh Anda sehat dan tidak mudah dihinggapi penyakit. Kombinasikan dengan aktivitas sehat lainnya, seperti banyak minum air putih, selalu mengonsumsi makanan sehat dan istirahat cukup.

Anda akan sukses mengecilkan paha, betis, perut, pinggul, dsb.

5. Lompat Tali, Murah Meriah dan Sehat

Sama dengan olahraga lari, lompat tali juga mudah dilakukan, tetapi efektif hasilnya. Modalnya hanya seutas tali dan sepatu. Namun, tanpa bersepatu juga bisa. Hanya alangkah baiknya bersepatu biar lebih nyaman dan lebih bersemangat sehingga hasilnya bisa maksimal. Yakni, mengecilkan paha, pinggul, betis, dsb.

6. Berenang Ampuh untuk Mengecilkan Paha

Anda bisa renang? Coba jalankan olahraga berenang dengan rutin. Atau setidaknya 2 – 3 kali dalam satu minggu. Anda akan mampu mengecilkan paha. Hanya saja, hasilnya tidak bisa instan. Anda perlu waktu dan perlu rajin berenang sehingga makin banyak kalori yang berhasil Anda bakar.

7. Kaki Berputar (Leg Circles)

Ini juga olahraga mudah tetapi bisa membantu Anda untuk mengecilkan paha. Caranya, Anda  telentang di atas matras. Tangan lurus ke bawah.

Lalu tekuk salah satu kaki. Kaki satunya Anda naikkan ke atas lurus tegak. Lalu, kaki putar searah jarum jam 5 – 10 kali. Setelah itu, kedua kaki turunkan dengan posisi lurus ke bawah.

Ulangi gerakan tadi dengan berganti posisi kaki. Jika tadi yang ditekuk kaki kanan, kini kaki kiri. Kaki kanan naikkan ke atas dan putar beberapa kali. Ulangi hal serupa sampai Anda anggap cukup. Ya, misalnya 30 – 60 menit.

8. Walking Lunges

Olahraga ini juga bisa mengecilkan paha dengan cepat. Cara melakukannya juga mudah.

Anda harus berdiri tegak. Langkahkan kaki kiri ke depan dan tekuk dengan posisi 90 derajat sehingga membentuk sudut di mana posisi paha sejajar lantai. Kaki kanan ditekuk ke arah belakang.

Tahan hingga 1-2 detik, lalu kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan itu dengan kaki kanan ke depan dan kaki kiri ditekuk ke arah belakang.

9. Squat with Ball

Cara mengecilkan paha yang ini sangat mudah. Modalnya pun hanya bola besar. Tetapi, squat ball ini bisa mengecilkan paha dengan cepat. Banyak lemak yang bisa Anda bakar dengan olahraga ini.

Caranya, letakkan bola pada dinding lalu tekan dengan punggul Anda sehingga bola tidak jatuh ke bawah. Saat punggung menekan bola, Anda dalam posisi seperti orang duduk-duduk.

Setelah 5 menit, Anda lepas bola dan berdiri. Ulangi olahraga ini sampai 5 – 12 kali.

Sebenarnya masih ada beberapa jenis olahraga untuk mengecilkan paha khususnya dan anggota tubuh lain seperti perut, betis, dan pinggul.

Tetapi, coba dulu beberapa jenis olahraga di atas. Tidak usah semuanya. Coba beberapa saja dan jalankan dengan sungguh-sungguh, secara benar dan rutin tiap hari.  Anda sukses mengecilkan paha, betis, perut, bahkan Anda juga bisa menurunkan berat badan Anda.

Berapa lama? Ya, tergantung kondisi tubuh Anda, berat Anda dan berapa lama Anda melakukan berbagai jenis olahraga yang Anda jalannya. Jadi, hasilnya tiap orang bisa berbeda dengan yang lain.

Jika Anda sudah berhasil mengecilkan paha tidak berarti tugas selesai. Tugas selanjutnya adalah mempertahankan agar paha tetap langsing. Caranya, ya Anda tetap melakukan olahraga seperti disebutkan di atas.

Hanya saja, Anda bisa mengurangi waktu olahraga. Jika sebelumnya 4 kali satu minggu, bisa dikurangi menjadi 2 kali dalam satu minggu.

3 Gerakan Yoga untuk Mengecilkan Paha

Anda juga bisa melakukan gerakan yoga untuk mengecilkan paha. Yoga dikenal juga sebagai olahraga untuk menenangkan diri (pikiran) sekaligus berolahraga.

Cara mengecilkan paha di sini juga dipilihkan dengan jenis gerakan yoga yang tidak berat dan ekstrem. Gerakan yang mudah dan ringan dilakukan tetapi bisa mengecilkan paha dan bagian lain dari tubuh Anda.

1. Sun Salutation dengan 12 Gerakan

Gerakan yoga yang ini sangat lengkap. Ada 12 gerakan yang perlu Anda lakukan untuk jenis senam ini. Semuanya sangat bermanfaat untuk membuat tubuh Anda langsing. Tidak hanya paha tetapi juga bagian tubuh lain seperti perut dan lengan.

Ke-12 gerakan mengecilkan paha ini sangat mudah untuk Anda praktekkan. Ini seperti senam biasa. Lihat gambar di bawah ini.

gerakan yoga
(sumber:galena.co.id)

2. Gerakan Warrior Pose

Gerakan yoga yang ini juga tidak sulit dan tidak berat. Tetapi, Anda harus melakukannya dengan penuh semangat dan maksimal. Jika Anda bisa melakukan olahraga ini secara rutin, Anda akan sukses mengecilkan paha, perut, betis, dll. Selain itu juga memperkuat sendi di bahu, punggung, tangan, dll.

Cara melakukan gerakan yoga ini adalah angkat kedua tangan dengan kedua telapak tangan ditempelkan dengan posisi berhadapan. Salah satu kaki melangkah ke depan sambil lutut direndahkan sedikit. Kepala mendongak ke atas sambil menarik.

Setelah beberapa saat, turunkan kedua tangan dan berdiri pada posisi semula. Lalu, ulangi lagi dengan kaki yang melangkah ke depan bergantian

3. Gerakan Yoga Dhanurasana

Gerakan yoga ini bisa untuk mengecilkan paha, perut dan betis. Gerakan agak sedikit sulit. Tetapi, jika Anda rajin akan mampu melakukan senam ini dengan baik. Anda pun akan sukses mengecilkan paha, betis dan perut.

Olahraga yoga ini sangat baik untuk memperbaiki postur tubuh dan memperkuat otot dan tulang punggung. Baca juga 7 Gerakan Yoga Lain yang Bisa Anda Lakukan untuk Mengecilkan Paha. 

Penyebab Paha Besar dan Cara Mengecilkannya

Anda sebaiknya memilih cara mengecilkan paha yang tepat, Caranya, teliti dulu apa kira-kira penyebab paha Anda tidak ramping. Dengan mengetahui penyebab paha besar, Anda bisa memilih olahraga mengecilkan paha yang sesuai.

Ada empat penyebab paha besar, yaitu bentuk tubuh, genetika atau keturunan, hormon estrogen, dan lemak berlebihan. Lalu, olahraga mana yang cocok dengan kondisi tubuh Anda?

1. Paha Besar Sudah Bawaan

Ini Adakalanya seseorang punya paha besar karena bawaan dari sono-nya. Artinya, ya itulah pemberitahuan Tuhan. Tentu saja, ini tidak berarti tidak ada cara untuk mengecilkan paha atau pinggul Anda.  Cara mengecilkan paha seperti itu, yang cocok adalah lari, jogging, treadmill, dsb.

2. Genetika Penyebab Paha Besar

Adakalanya paha besar akibat faktor genetik. Jika orang tua atau kakek-nenek punya paha besar, ya ada kemungkinan Anda juga problem paha besar.

Faktor genetik mempengaruhi penimbunan lemak pada paha Anda. Latihan atau olahraga yang cocok dengan kondisi paha Anda adalah mengangkat beban yang terlalu berat. Misalnya, mengangkat barbel.

3. Banyak Timbunan Lemak

Penyebab paha besar lainnya adalah konsumsi makanan banyak lemak. Ini bisa dialami wanita ataupun pria. Mereka tak pernah memperhatikan apa yang dikonsumsinya. Yang penting enak, nyaman, dan bisa memenuhi nafsu makannya.

Solusinya adalah menghindari makanan dan minuman yang mengandung banyak lemak.

Contoh makanan banyak lemak adalah daging sapi, babi, olahan daging panggang, paha ayam, krim susu, es krim, susu, keju, kentang goreng, ayam goreng, mayones, ikan sarden, dsb. Anda bisa mengecilkan paha akibat banyak lemak dengan jogging, bersepeda, renang, naik turun tangga.

4. Otot Besar, Perlu Konsultasi Ahli

Ada juga paha besar akibat otot. Misalnya otot dengan serat otot tipe 2 yang umumnya terdapat pada pelari jarak dekat. Serat otot lainnya adalah serat tipe 1 yang umumnya dimiliki oleh olahragawan yang memerlukan strategi seperti dilakukan olahragawan sepeda dan pelari maraton.

Jika Anda termasuk pemilik paha besar akibat otot besar, Anda sebaiknya konsultasi dengan dokter atau ahli. Jika salah pilih olahraga, bukannya membuat paha Anda makin kecil, tetapi justru makin besar. Ini jelas tidak Anda inginkan.

Semoga artikel tentang cara mengecilkan paha dengan cepat, murah dan sangat mudah bermanfaat bagi Anda semua.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.