Connect with us

Jantung

Bagaimana Cara Mengecilkan Perut Buncit secara Alami Tanpa Olahraga

Published

on

ADAKAH cara mengecilkan perut buncit secara alami tanpa olahraga? Ya, pertanyaan ini diajukan karena banyak orang mengalami perut buncit tetapi tak punya waktu olahraga, khususnya orang-orang yang sibuk.

Waktu mereka sangat terbatas. Mereka tidak sempat melakukan olahraga, tetapi mereka ingin perut buncitnya bisa dikecilkan atau dirampingkan, terutama wanita yang ingin selalu tampil cantik dan menarik.

Perut buncit, selain tidak sedap dipandang, juga tak nyaman bagi pemiliknya. Perut buncit juga tidak sehat dan bisa mendatangkan beberapa penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, dsb. Oleh karena itu, perut buncit harus diatasi atau dikempiskan.

Banyak cara bisa dilakukan. Yang terbaik memang Anda perlu melakukan olahraga yang bisa mengencangkan otot perut dan menghancurkan lemak yang tersimpan di dalamnya.

Atau melakukan diet perut buncit. Dengan diet, Anda bisa mengecilkan perut buncit dengan cepat. Bahkan, ada yang berhasil mengecilkan perut hanya dalam 1 minggu.

Tetapi, jika Anda tidak punya waktu atau malas berolahraga, Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak cara mengecilkan perut buncit secara alami tanpa olahraga. Antara lain dengan melakukan diet perut buncit.

8 Cara Mengecilkan Perut Buncit secara Alami Tanpa Olahraga

Pertanyaannya adalah bagaimana cara mengecilkan perut buncit dengan cara alami tanpa olahraga atau melakukan diet perut buncit? Berikut ini adalah beberapa cara diet perut buncit yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Makan dengan Porsi Kecil

Salah satu cara mengecilkan perut secara alami tanpa olahraga adalah makan dengan porsi kecil. Ya, makan porsi kecil ini sangat penting supaya makanan yang Anda konsumsi bisa diproses dengan baik oleh pencernaan.

Lebih baik makan dengan porsi kecil 5 kali sehari dibandingkan dengan makan dalam sehari dibandingkan dengan makan 3 kali dengan porsi besar. Sebab, makanan dengan porsi besar tidak bisa diolah dengan baik oleh pencernaan. Akibatnya, terjadilah kegemukan.

Makan dengan porsi kecil sebaiknya dilakukan bertahap. Artinya, pengurangan dari porsi besar menjadi kecil tidak dilakukan sekaligus. Dimulai dengan pengurangan 1/3 dari porsi awal dan baru dengan pengurangan 1/2 dari porsi awal.

cara mengecilkan perut buncit secara alami tanpa olahraga

sumber: caramenurunkanberatbadan9.com

2. Selalu Makan Tepat Waktu

Makan secara teratur pada waktunya bisa menghindarkan Anda dari kegemukan dan sakit maag. Misalnya, Anda tentukan makan pada pukul 06.30, 10.00, 12.00, 15.00 dan pukul 18.00. Anda harus makan tepat waktu sesuai dengan jadwal yang Anda tetapkan.

Anda jangan menunda jam makan dengan alasan apa pun. Sebab, hal itu bisa merusak pola makan Anda dan membuat usaha Anda menurunkan perut buncit tidak bisa tercapai dengan baik.

Makan malam lebih dari jam 19.00 juga harus Anda hindari. Apalagi, makan menjelang tidur. Ini membuat pencernaan tidak punya waktu cukup untuk memproses makanan Anda sehingga akhirnya terjadilah penumpukan lemak di perut Anda, yang akhirnya terjadi perut buncit.

3. Ketika Lapar di Luar Jam Makan

Bagaimana jika di luar jam makan tiba-tiba Anda merasa lapar? Apa yang harus Anda lakukan? Ya, Anda tetap tidak boleh makan nasi di luar jam makan. Anda bisa menggantinya dengan cemilan sehat yang bisa memberi efek kenyang. Bukan cemilan yang membuat Anda ingin terus makan dan makan.

Cemilan yang cepat membuat kenyang antara lain mengonsumsi buah. Misalnya, buah pisang, jeruk, apel, atau aneka jus buah. Atau mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang mete, kedelai, kacang hijau, dsb. Makanan buah atau kacang-kacangan akan membuat rasa lapar Anda hilang untuk waktu yang cukup lama.

Secara bertahap, cara itu akan mengecilkan perut buncit Anda.

4. Kurangi Mengonsumsi Gula

Cara lain untuk mengecilkan perut buncit secara alami adalah mengurangi konsumsi gula. Sebab, gula itu terdiri dari sukrosa dan fruktosa. Dalam prosesnya setelah Anda konsumsi, hanya liver yang bisa mengurai fruktosa.

Masalahnya jika Anda mengonsumsi gula terlalu banyak (manis). Sebagian fruktosa yang tidak bisa diurai oleh liver karena terlalu banyak, maka liver akan mengubahnya menjadi lemak. Kian lama, lemak pun menumpuk di perut Anda hingga terjadilah perut buncit.

Ya, Anda bisa mengonsumsi makanan dan minuman yang manis. Tetapi, jangan terlu manis atau banyak gulanya. Ya, hati-hatilah dengan yang manis-manis. Anda juga bisa terkena penyakit kencing manis atau diabetes.
Kecuali manisnya buah. Itu aman untuk Anda.

5. Perbanyak Konsumsi Makanan Berprotein Tinggi

Makanan dengan kandungan protein tinggi juga merupakan cara bagus untuk mengecilkan perut buncit secara alami tanpa olahraga. Anda bisa mencobanya.

Dengan mengonsumsi makanan banyak protein akan membuat Anda mengurangi makan hingga 60%. Di sisi lain, protein akan meningkatkan metabolisme tubuh hingga bisa membakar 80 – 100 kalori per hari.

Halosehat.com mencatat ada 42 makanan dan buah yang mengandung kalori tinggi dan bisa Anda gunakan untuk menurunkan perut buncit dan kegemukan (obesitas).

Makan dengan protein tertinggi antara lain kacang kedelai, almond, biji bunga matahari, gandum, kacang polong, ikan, dada ayam, daging domba muda, daging sapi, ikan tuna, telur, dan keju.

karbohidrat tinggi

makanan dengan karbohidrat tinggi (sumber:tipdietku.com)

6. Kurangi Makanan dengan Karbohidrat Tinggi

Kebalikan dari nomor 5. Anda perlu mengurangi konsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi biar Anda biar Anda bisa mengecilkan buncit ataupun kegemukan secara alami tanpa olahraga.

Dengan mengurangi (diet) konsumsi karbohidrat tinggi, Anda bisa mengecilkan perut buncit. Anda pun lebih sehat. Banyak makanan dengan karbohidrat tinggi yang bisa Anda konsumsi.

Dengan mengurangi konsumsi karbohidrat tinggi hingga 50 gram per hari, maka tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energinya. Ini berarti lemak yang tersimpan dalam tubuh Anda yang membuat perut buncit atau kegemukan akan terus berkurang.

Bahkan, secara bertahap Anda akan sukses mengecilkan perut buncit. Bahkan, juga sukses mengecilkan kegemukan.

Makanan dengan karbohidrat tinggi antara lain semangka, melon, kedelai, jeruk, keluarga berry, apel. mangga, nanas, kentang, ubi, kentang, beras merah, beras, barley, pasta, singkong, roti, mi, jagung, sereal, dsb.

7. Makanan dengan Serat Larut Air

Cara mengecilkan perut buncit secara alami tanpa olahraga lainnya adalah mengonsumsi banyak makanan yang kaya dengan serat larut. Di lambung akan terjadi pembentukan gel akibat reaksi serat dengan air.

Menurut ahli gizi klinik dokter Samuel Oetoro, gel akan membuat lambung penuh dan segera memberitahu otak bahwa perut sudah kenyang. Dengan sendirinya, nafsu makan Anda pun berkurang atau menurun.

Jadi, gel inilah yang akan membuat Anda tidak mudah merasa lapar. Anda tak ingin sering makan karena rasa kenyang yang lama. Gel akan memperlambat proses lewatnya makanan di pencernaan dan proses penyerapan nutrisi.

Serat larut akan mudah dicerna dalam tubuh. Selain itu, ia juga akan mengikat lemak yang datang dari makanan dan kemudian membuangnya.

Makanan yang mengandung banyak serat larut air adalah buah, sayur dan kacang-kacangan. Buah, misalnya, berry, pisang, apel dan kulitnya, dan pir. Kemudian kacang almon, aot, brokoli, wortel, dsb. Kacang-lacangan terbaik adalah kacang merah dan kacang hitam.

8. Perbanyak Minum Air Putih

Anda juga bisa mengecilkan perut buncit dengan memperbanyak minum air putih. Setidaknya, 8 gelas atau 2 liter per hari. Setidaknya, Anda minum banyak 30 menit sebelum makan.

Ya, minum air putih juga merupakan cara mengecilkan perut buncit secara alami tanpa olahraga. Yang penting adalah Anda rajin minum air putih. Caranya, sediakan air putih di dekat Anda. Di meja, di dalam tas saat bepergian atau di mana saja Anda berada, jangan lula siapkan air putih yang cukup.

Cara ini akan membuat Anda sering minum air putih dan Anda akan mampu menurunkan perut buncit. Cara yang sangat mudah.

Demikian artikel mengenai Bagaimana Cara Mengecilkan Perut Buncit secara Alami Tanpa Olahraga. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang punya perut buncit dan ingin mengecilkannya. Terima kasih.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.