4 Cara Mengecilkan Pinggang dengan Cepat, Tepat dan Nyaman

Posted on

PUNYA pinggang besar bukan hanya tak enak dipandang. Tetapi juga bisa mendatangkan berbagai penyakit. Selain itu, dengan memiliki pinggang yang besar, Anda tak bisa tampil cantik dan nyaman.

Sesungguhnya pinggang besar tidak hanya dialami oleh wanita. Banyak juga pria yang memiliki pinggang besar. Tetapi, jumlah wanita punya pinggang lebar lebih banyak dan lebih repot dibandingkan lelaki.

Oleh karena itu, banyak wanita yang berusaha keras untuk mencari cara mengecilkan pinggang secara efektif. Tempat pelatihan untuk mengecilkan perut, pinggang dan badan, mereka datangi. Obat penurun perut buncit dan pinggang besar mereka konsumsi.

Tetapi, mengapa pinggang Anda masih tampak besar? Cara mengecilkan atau merampingkan pinggang seperti apa yang efektif dan cepat membuahkan hasil?

Pinggang Besar Berisiko Kena Sakit Diabetes, Jantung, Stroke dan Darah Tinggi

Ya, pinggang dan pinggul yang besar, perut buncit dan badan gemuk, harus dirampingkan. Bukan saja karena tak sedap dipandang dan membuat Anda tidak PD (percaya diri), tetapi kondisi fisik seperti itu bisa mendatangkan berbagai penyakit berat.

Misalnya, penyakit diabetes, penyakit jantung, stroke dan tekanan darah tinggi. Semua ini merupakan penyakit berat.
Anda harus berusaha merampingkan tubuh Anda dan organ lain yang tampak buncit. Anda harus berusaha mencari cara bagaimana mengecilkan pinggang, mengecilkan parut dan organ tubuh Anda lainnya.

Anda harus berusaha menurunkan risiko sindrom metabolisme yang bisa membuat tubuh Anda langsing, ramping dan sekaligus sehat.

Tidak perlu Anda menempuh cara-cara yang sulit. Lakukan saja dengan bertahap, komprehensif tetapi konsisten atau terus-menerus. Jangan mudah putus asa dan mudah tertarik untuk menjalani gaya hidup yang membuat pinggang dan pinggul Anda besar, perut buncit dan badan gemuk.

cara mengecilkan pinggangcara mengecilkan pinggang lebar (sumber: fimandaan.blogspot.com)

1. Kurangi Kosumsi Makanan Berlemak dan Tinggi Kalori

Banyak dari kita sudah tahu makanan berlemak bisa menyebabkan kegemukan, termasuk membuat perut buncit, pinggang dan pinggul besar. Tetapi, kita ataupun Anda sering lalai atau sulit untuk menghindari makanan-makanan berlemak itu.

Demikian pula makanan dengan kalori tingggi. Anda juga harus mulai menguranginya supaya berat badan Anda, perut buncit dan pinggang besar Anda mulai berkurang.

Catat semua makanan yang mengandung banyak lemak dan tinggi kalori. Letakkan lembar catatan itu di meja makan atau di mana saja yang mudah Anda lihat. Tujuannya supaya Anda bisa menghindari makanan terlarang itu.

Pada tahap awal, Anda akan merasa cara mengecilkan pinggang seperti itu berat. Berkali-kali Anda melanggarnya. Tetapi, Anda harus terus-menerus menyemangati diri sendiri untuk mengurangi dan akhirnya meninggalkan makanan berlemak dan berkalori tinggi.

Dengan cara ini, Anda bisa mengecilkan pinggang besar. Anda pun akan tampil cantik dan sehat dengan pinggang yang ramping.

Contoh makanan yang mengandung kalori dan lemak tinggi yang harus Anda hindari adalah:

1. Aneka gorengan seperti tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng, kerupuk, keripik, dsb. Camilan umumnya terdiri dari makanan aneka gorengan. Kandungan kalorinya sangat tinggi. Tiap 100 gram makanan gorengan mengandung 902 kalori.

2. Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang mete, almon, biji semangka (kwaci), dan produk olahan lain dengan bahan kacangan-kacangan. Tiap 100 gram kacang tanah mengandung 718 kalori.

3. Cokelat, khususnya cokelat kakao (cokelat hitam) atau makanan yang terbuat dari cokelat atau campuran cokelatnya tinggi seperti berbagai kue. Tiap 100 gram cokelat hitam mengandung 589 kalori.

4. Buah alpukat. Tiap 100 gram buah alpukat mengandung 160 kalori. Kalorinya akan lebih tinggi bila dibuat jus dengan tambahan susu dan gula. Buah lain yang juga mengandung kalori tinggi adalah mangga, kurma dan kelapa.

5. Makanan cepat saji. Misalnya, hamburger, pizza, demikian kentang goreng. Lemaknya tinggi hingga kalorinya juga tinggi.

6. Susu. Selain lemaknya tinggi, kalorinya juga tinggi. Per 100 gram susu mengandung 452 kalori.

7. Ikan berlemak dan mengandung kalori tinggi. Misalnya, meckerel, salmon, sarden, dan ikan berlemak lain. Tiap 100 gram ikan berlemak mengandung 300-400 kalori.

8. Daging dan daging olahan juga mengandung lemak dan kalori tinggi. Daging olahan seperti hot dog, sosis dan lainnya. Selain lemak dan kalori tinggi, kandungan garamnya juga tinggi.

9. Es krim. Jangan tergoda dan terpedaya. Es krim mengandung gula, lemak dan kalori tinggi sehingga bisa menyebabkan kegemukan, perut buncit dan pinggang besar.

10. Minuman bersoda memang sangat segar, terutama jika Anda minum saat haus. Tetapi, kandungan gula, lemak dan kalorinya tinggi. Anda yang punya masalah kegemukan, perut buncit atau pinggang besar, hindari minuman bersoda.

11. Minyak hewani. Contohnya minyak dari lemak daging kambing, dari daging sapi, kulit ayam atau minyak ikan yang mengandung kalori tinggi. Tiap 100 gram mengandung 902.

12. Minyak sayur atau minyak nabati juga mengandung kalori tinggi, yakni 884 kalori per 100 gram minyak nabati. Minyak nabati yang sehat untuk dikonsumsi adalah minyak zaitun.

13. Mi instan juga mengandung kalori tinggi. Tiap bungkus mi instan mengandung 330 kalori.

14. Buah yang dikeringkan seperti dibuat manisan atau dibuat jus juga mengandung kalori tinggi. Pisang yang dikeringkan dan dibuat manisan seperti sele, mengandung kalori tinggi. Jus buah setengah gelas mengandung 224 kalori.

Jika Anda mampu mengurangi konsumsi 500 – 1000 kalori per hari, maka Anda akan mampu menurunkan berat badan 0,5 – 1 kg per minggu. Tetapi, sekali lagi, lakukan semua itu secara bertahap supaya tubuh Anda tidak terkejut (shock). Anda pun akan merasa nyaman karena tidak akan terasa berat.

Anda pun akhirnya mampu mengecilkan pinggang dengan cara yang nyaman. Anda kembali bisa tampil cantik dan sehat. Cara merampingkan pinggang seperti inilah yang membuat Anda bisa sukses menjalani hidup sehat.

Saya memerlukan tiga bulan untuk meninggalkan makanan gorengan. Dulu, sangat suka aneka gorengan. Kini, saya tidak terlalu tertarik untuk menikmati makanan gorengan, baik untuk camilan atau untuk lauk saat makan.

makan malam

hindari makan malam setelah jam 19.00 biar pinggang bisa ramping (sumber:tribunnews.com)

2. Hindari Makan Terlalu Malam

Anda, sebagaimana dijelaskan oleh alodokter.com, sebaiknya tidak makan terlalu malam. Sebab, makan terlalu malam bisa mengganggu ritme sirkadian atau jam biologis yang mengatur siklus tubuh manusia.

Selain itu, makan terlalu malam bisa mengubah hormon pengendali nafsu makan. Demikian pula makan sebelum tidur. Cara itu akan memperberat proses pencernaan dan memicu rasa kembung ataupun nyeri di ulu hati.

Apalagi saat Anda kelelahan. Makan malam membuat proses pencernaan makanan menjadi tambah lambat.

Akibatnya, makan malam bisa membuat Anda makin bertambah gemuk. Apalagi, jika porsi makan malam adalah porsi besar. Kalori yang masuk ke tubuh Anda makin banyak.

Di sisi lain karena setelah makan malam tak ada aktivitas fisik, jadilah kalori dari makan malam akan berubah menjadi lemak yang kian besar jumlahnya dalam tubuh Anda. Yang terjadi, justru tubuh Anda makin gemuk, termasuk perut dan pinggang Anda.

Cara mengecilkan pinggang atau menurunkan berat badan yang tepat adalah makan pada petang hari sebelum pukul 18.00.  Atau setidaknya sebelum pukul 19.00. Tetapi, harus disertai diet makan di malam hari. Misalnya, kurangi makan camilan di malam hari.

Jangan makannya sebelum jam 18.00, tetapi malamnya banyak mengonsumsi camilan. Itu sama saja Anda tidak mengurangi lemak dalam tubuh. Untuk lebih jelasnya, ya silakan Anda mencobanya. Buktikan dalam kehidupan Anda.

Makanan dan minuman yang harus Anda hindari dikonsumsi pada malam hari atau sebelum tidur adalah makanan aneka gorengan, minuman bersoda, kafein (minuman kopi), es krim, dan mi instan.

Dengan cara ini, Anda akan sukses mengecilkan atau merampingkan pinggang sekaligus Anda menjadi lebih sehat.

3. Hindari Pola Makan yang Buruk

Cara mengecilkan pinggang lainnya adalah memperbaiki pola makan. Tidak hanya untuk mengecilkan pinggang, pola makan yang baik juga sangat penting untuk menurunkan berat badan, mengecilkan perut buncit dan menurunkan pinggang yang besar. Caranya, antara lain dengan:

a. Jangan Makan sambil Melakukan Perbuatan Lain

Pernah menyaksikan orang makan sambil bekerja? Mengetik, mencatat sesuatu, melayani pembeli, makan sambil nonton TV, dsb. Ini cara yang harus Anda hindari karena tidak sehat. Cara makan seperti itu tidak membuat berat badan atau pinggang besar Anda bisa turun.

b. Hindari Makan dalam Porsi Besar

Lebih baik beberapa kali makan dalam porsi kecil, bukan makan satu atau dua kali sehari tetapi dengan porsi besar. Ini cara makan yang tidak sehat. Justru membuat Anda tetap gemuk atau bertambah gemuk dengan perut atau pinggang makin besar.

c. Hindari Asupan Lemak Trans

Mengonsumsi makanan yang mengandungkan banyak lemak tak jenuh tak masalah. Itu justru bertambah baik untuk pinggang Anda. Lain halnya dengan lemak trans, akan membuat pinggang makin besar.

Beberapa makanan yang mengandung lemak tak jenuh antara lain teh hijau, yogurt, blueberry, dan bulgur. Susu cokelat juga sumber yang bagus, terutama apabila dibuat dari susu rendah lemak.

Makanan yang mengandung lemak trans dan harus Anda hindari sebagai cara mengecilkan pinggang dan organ lain adalah makanan panggang, biskuit, popcorn, es krim, daging sapi, aneka gorengan, susu kaleng dan cream kopi.

popcornhindari konsumsi camilan popcorn untuk mengecilkan pinggang (sumber:radiocity.ci)

4. Lakukan Olahraga secara Teratur

Olahraga adalah sarana yang umum dilakukan di mana saja untuk membuat diri sehat, termasuk cara mengecilkan pinggang. Tidak perlu olahraga berat. Anda bisa merampingkan pinggang, mengecilkan perut buncit dan mengecilkan bokong dengan olahraga ringan.

Yang terpenting, berbagai kegiatan olahraga yang Anda lakukan bisa membakar lemak dalam jumlah banyak dengan efektif. Antara lain melakukan kardio dengan berlari dan bersepeda. Ini cara yang mudah dan murah, terutama lari. Kalau bersepeda, ya tergantung harga sepeda yang digunakan. Sepeda mahal atau sepeda murah.

Olahraga ringan lain yang bisa Anda lakukan adalah push up, senam, sit up, dan jogging. Lakukan rutin setiap minggu 3 atau 4 kali. Anda bisa melakukan di mana saja. Di samping rumah, depan rumah, di garasi atau lainnya. Yang terpenting lakukan rutin dengan santai. Anda akan sukses menjalankan cara mengecilkan pinggang, perut buncit, bokong besar, dsb.

Demikian artikel mengenai cara sukses mengecilkan pinggang. Semoga Anda berhasil merampingkan pinggang dan perut buncit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *