20 Cara Mudah untuk Mengencangkan Perut Gelambir

Posted on

Cara Mengencangkan Perut Gelambir.

TIAP wanita pasti mendambakan tubuh langsing dan kencang, termasuk setelah melahirkan. Tetapi, yang dihadapi kaum wanita umumnya adalah kebalikan dari itu. Yakni, tubuh tampak lebih besar dari sebelumnya dengan perut gelambir atau kendor.

Contoh seorang ibu yang berat badannya naik drastis setelah melahirkan adalah Nisfullaila Aristiawan (27) seperti pernah dimuat oleh detikhealth.com. Dengan tinggi badan 147 cm, bobot badan seorang guru ini naik menjadi 69 kg.

Tentu saja, kondisi ini tidak ideal. Berat badan naik drastis setelah ia melahirkan anak pertamanya. Nisfullaila pun segera ingin menurunkan berat badannya. Ia sadar bobot tubuhnya tidak sehat dan ia harus menurunkannya.

Menurunkan berat badan setelah melahirkan menjadi keinginan semua wanita. Apalagi, buat wanita karier atau pekerja kantoran atau sektor-sektor formal lainnya seperti Nisfullaila. Mereka merasa sangat risi dan tidak nyaman dengan kondisi fisik seperti itu.

Tetapi, cara memperkecil perut seperti apa yang bisa bekerja dengan efektif? Adakah tips khusus untuk mengecilkan perut, khususnya untuk wanita setelah melahirkan?

Syarat untuk Sukses Mengencangkan Perut Gelambir

pepayapepaya menurunkan perut gelambir (copy: health.liputan6.com)

Sesungguhnya banyak cara bisa dilakukan untuk membuat perut Anda kembali tampil langsing seperti sebelum hamil. Anda bisa memilih, cara tradisional atau cara modern dengan obat, olahraga atau lainnya.

Ya, Anda perlu memilih cara yang tepat sesuai dengan kondisi fisik Anda. Kondisi fisik satu dengan lainnya tidak sama. Cara mana yang akan Anda pilih untuk membuat perut gelambir bisa kembali kencang, ya sesuaikan dengan keadaan Anda.

Dalam kesempatan ini akan disampaikan 20 cara yang bisa Anda pilih untuk mengencangkan perut gelambir Anda.

Tentu saja, ada syarat-syarat yang diperlukan supaya usaha Anda bisa berhasil. Apa syaratnya?

Pertama Harus Konsisten

Untuk sukses mengencangkan perut gelambir, Anda harus konsisten menjalankan cara yang Anda pilih. Anda harus melakukan cara itu terus-menerus sampai berhasil.

Bahkan, setelah berhasil pun Anda tetap harus menjalankan cara itu supaya perut tidak kembali buncit. Walaupun, bobot atau intensitasnya Anda turunkan.

Kedua Perhatikan Juga Kesehatan Bayi Anda

Apa yang Anda lakukan untuk membuat perut kembali kencang atau ramping harus memperhatikan kesehatan bayi Anda. Jangan hanya karena ingin tampil langsing, lalu kebutuhan nutrisi si bayi tidak tercukupi dengan baik.

Misalnya, kebutuhan si bayi untuk mendapatkan air susu yang berkualitas dengan jumlah cukup. Kualitas air susu ibu tergantung asupan yang dikonsumsi.

Jangan sampai demi diet untuk mengecilkan perut, Anda mengabaikan kebutuhan nutrisi si bayi. Ujung-ujungnya si bayi tidak bisa tumbuh sehat dan maksimal.

Daftar 20 Cara untuk Mengencangkan Perut Gelambir

Berikut ini rincian tentang ke-20 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengencangkan perut gelambir. Sebagian cara memerlukan alat pelangsing dan sebagian cara tanpa alat pelangsing. Anda bisa memilih mana yang cocok.

Cara untuk mengencangkan perut gelambir ini tidak hanya ditujukan kepada ibu-ibu yang telah melahirkan. Bapak-bapak muda ataupun lebih tua, remaja, semua bisa melakukan.

Tips ini bisa dilakukan oleh siapa saja yang punya problem perut gelambir (kendor) khususnya dan problem kegemukan umumnya.

Ke-20 cara memperkecil perut gelambir adalah:

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

air putihAir putih sangat penting untuk kesehatan. Bukan hanya untuk menghindari kekurangan air (dehidrasi). Tetapi memperbanyak minum air putih juga berguna untuk membuat kulit kembali elastis dan otot kulit kembali kencang.

Tidak hanya kulit perut yang tampak gelambir, banyak minum air putih juga dapat mengencangkan kulit di wajah dan menghilangkan kantung mata yang kendur.

Baik wanita maupun pria, semua membutuhkan konsumsi air putih setidaknya 6 – 8 liter.

2. Konsumsi Buah dan Sayuran

Wanita yang memiliki perut gelambir setelah melahirkan perlu mengonsumsi banyak buah dan sayuran. Kekurangan serat bisa membuat wajah Anda tampak kusam.

Buah dan sayuran mengandung tinggi serat, gizi, vitamin dan nutrisi yang Anda perlukan. Konsumsi banyak buah dan sayuran akan mengembalikan perut gelambir Anda menjadi tampak ramping dan langsing. Selain itu, bayi Anda juga tumbuh sehat.

3. Perbanyak Makanan Berprotein

Konsumsi makanan dengan protein tinggi akan membuat pembentukan otot dalam tubuh berlangsung dengan baik dan lancar. Makanan dengan protein tinggi, misalnya, kacang – kacangan, daging sapi, makanan laut, keju, susu dan lain – lain.

4. Melakukan Sit Up

sit up
Woman doing sit-ups

Suka melakukan sit up? Kalau belum pernah, coba sekarang lakukan sit up. Ya, latihan dulu dari yang ringan-ringan. Cara sit up, Anda dalam posisi telentang lalu mengangkat kepala sampai bahu.

Ulangi gerakan yang sama sampai beberapa kali sehingga akhirnya mampu mengencangkan perut gelambir Anda. Ya, katakanlah selama 20 menit. Jika sudah biasa, bisa 30 menit sekali melakukan sit up.

Fokus sit up adalah mengencangkan otot perut.

5. Melakukan Yoga dan Diet

Anda juga bisa mengencangkan perut kendor dengan melakukan yoga ditambah melakukan diet. Mengapa dengan diet? Supaya usaha Anda mengecilkan perut gelambir benar-benar bisa sukses.

Intinya, Anda bisa menjalankan yoga dengan mencegah atau menghindari makanan-makanan yang menyebabkan kegemukan. Misalnya, menghindari makanan berlemak.

6. Jalan Kaki dan Jogging

jogging

Jalan kaki juga bisa Anda jadikan sarana untuk melangsingkan tubuh, termasuk mengencangkan perut dan menghilangkan gelambir. Anda bisa jalan kaki dan jogging di sekitar tempat tinggal Anda.

Dua aktivitas olahraga ringan itu bisa Anda lakukan pagi atau sore hari. Tidak perlu biaya dan ada risiko. Jalan kaki dan jogging akan membuat Anda sehat. Yang penting dilakukan secara rutin, setidaknya 4 kali dalam satu minggu.

7. Bersepeda

Bersepeda tidak hanya mengencangkan otot kaki, tetapi juga bisa mengencangkan otot perut dan menghilangkan perut buncit. Gerakan kaki saat mengayuh sepeda juga menyebabkan otot perut menjadi kencang.

Minimal lakukan selama 30 menit tiap hari, Anda akan mampu membakar banyak kalori dalam tubuh dengan bersepeda. Jika tidak bisa tiap hari, Anda bisa bersepeda minimal tiga hari per minggu.

8. Elliptical Trainer

Elliptical TrainerApakah elliptical trainer itu? Ya, ini adalah alat fitnes untuk latihan cardio. Ini adalah latihan berjalan dan naik tangga. Saat menggunakan elliptical, kaki dan tubuh bagian atas bergerak yang membuat Anda sehat.

Anda juga bisa menjalankan dengan maju mundur untuk melatih berbagai otot dari tubuh Anda. Juga mengencangkan otot perut.

9. Melakukan Squat

Olahraga ini dilakukan dengan gerakan jongkok dan berdiri. Ya, Anda dalam posisi jongkok sekitar 90 derajat. Lalu tangan dibentangkan ke depan. Punggung harus lurus. Jangan membungkuk karena bisa cedera.

Secara perlahan mencoba berdiri. Setelah tegak, Anda kembali ke posisi semula. Yaitu jongkok 90 derajat. Ulangi sampai 15 kali tiap sekali latihan. Anda akan sehat, perut akan ramping.

10. Ball Crunch

Ball CrunchYa, gerakanj ini tidak jauh beda dengan sit up. Bedanya, ball crunch menggunakan bola besar saat Anda melakukan sit up.

Tempat-tempat fitnes biasanya juga menyediakan bola besar untuk ball crunch. Anda berbaring, teletang atau tengkurap di atas bola. Gerakkan bola maju mundur.

11. Melakukan Back Up

Ini adalah kebalikan dari sit up. Semua gerakan ini sangat bermanfaat untuk mengecilkan perut gelambir, terutama ibu muda setelah melahirkan.

Caranya Anda dalam posisi tengkurap dan kedua tangan memegangi kepala bagian belakang atau tengkuk. Tarik tubuh bagian atas ke atas bersama dengan kaki diangkat ke atas.

Ulangi beberapa kali hingga sekitar 20 menit biar manfaatnya untuk mengecilkan perut gelambir cepat berhasil.

12. Vertical Leg Crunch

Vertical Leg CrunchOlahraga ini menyerupai sit up. Ada beberapa gerakan yang bisa kamu lakukan. Misalnya, angkat kedua kaki hingga lurus ke atas. Lalu angkat kepala dengan kedua tangan berpegangan di tengkuk.Atau kedua kaki lurus ke atas. Lalu, angkat kepala dengan tangan juga membentang ke atas.

Anda bisa memvariasi gerakan dengan basis tubuh tetap berbaring. Kaki dan tangan yang melakukan variasi gerakan.

13. Sikap Lilin, tapi Hati-hati

Mengapa disebut sikap lilin? Karena saat Anda melakukan latihan ini posisi Anda seperti lilin.
Caranya, Anda tidur telentang di lantai. Angkat kedua kaki lurus ke atas. Setelah itu, letakkan kedua tangan untuk menyangkat pantat ketika pantan juga anak angkat ke atas.
Lakukan beberapa saat, lalu turunkan pantat Anda yang diikuti turunnya kedua kaki. Jika Anda belum biasa, perlu latihan dengan hati-hati. Syukur ada pelatihnya. Ya, biar tidak terjadi cedera.

14. Bicycle Exercise

bicycle exerciseGerakan ini menyerupai orang bersepeda sehingga dinamakan bicyckle exercise. Caranya, Anda berbaring dengan kedua tangan di bawah kepala. Lalu, angkat lutut kanan ke arah bahu kiri. Angkat kepala sampai siku kiri bertemu lutut kanan. Tahan sampai beberapa detik dan lepas kembali.

Anda bisa lakukan beberapa variasi gerakan. Tetapi, semua dilakukan sambil berbaring. Ya, seperti gerakan orang naik sepeda yang diperagakan sambil tiduran.

15. Lakukan Penghapusan Lemak di Bagian-bagian Lain

Supaya usaha menurunkan perut gelambir bisa sukses, ahli kesehatan olahraga RS Mitra Kemayoran Jakarta, Michael Triangto, memberi saran agar Anda tidak langsung fokus menghilangkan lemak di perut. Tetapi, dimulai dulu dengan menghilangkan lemak di bagian lain dari tubuh Anda.

Caranya, lakukan olahraga rutin seperti jogging, senam atau latihan fisik lainnya dalam seminggu 3 – 5 kali. Setelah cukup waktu, baru fokus untuk menghilangkan lemak di tempat tertentu seperti di perut. Banyak jenis latihan atau olahraga yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi lemak di perut.

16. Minuman Ramuan Pembakar Lemak

Anda bisa menyediakan ramuan pembakar lemak.  Bahan-bahannya adalah:

1/2 – 1 sendok makan bubuk kunyit
1/2 – 1 sendok makan bubuk jahe
1/2 sendok teh cabe rawit bubuk
5 sendok makan air lemon
1 sendok makan bubuk stevia
1 liter air

Masukkan semua bahan itu dalam segelas air matang. Aduk hingga rata dan silakan minum tiap siang hari. Setelah 10 hari, Anda akan merasakan hasilnya. Lakukan terus sampai sukses mengecilkan perut gelambir Anda.

17. Hindari Makanan dengan Banyak Gula

tinggi gulaKonsumsi gula berlebihan juga bisa membuat perut gelambir. Sayangnya, banyak dari kita yang kurang memperhatikan kandungan gula dalam tiap makanan yang kita konsumsi. Lebih-lebih makanan minuman buatan pabrik. Kita sering tidak membaca label yang menjelaskan kandungan gula dalam makanan minuman itu.

Contohnya saus tomat. Ternyata, 1/3 dari saus tomat diolah menggunakan kadar gula tinggi. Makanan lain yang menggunakan banyak gula adalah sayuran kaleng, sup kaleng, roti dengan segala isiannya seperti selai kacang, jeruk, cokelat, dsb.

18. Hindari Stres dan Lakukan Latihan Atasi Stres

Stres juga bisa menyebabkan perut gelambir. Oleh karena itu, supaya segala macam usaha yang Anda lakukan untuk mengempiskan dan menyehatkan perut Anda adalah hindari stres. Ya, usahakan tidak pernah stres. Segala problem harus Anda hadapi dengan tenang dan santai, tetapi tetap serius.

Bisakah seperti itu? Bisa. Tetapi, Anda perlu berlatih mengatasi stres. Olahraga, yoga, meditasi, banyak berdoa kepada Tuhan adalah cara-cara yang sangat baik untuk mengatasi stres.

Baca buku-buku tentang kesehatan psikis berkaitan dengan masalah stres. Lakukan kegiatan fisik seperti berkebun, membersihkan rumah, rekreasi, dll untuk mengatasi stres. Setelah terlatih menghadapi stres, problem apa pun tidak akan membuat Anda stres.

19. Buat Program Menghilangkan Lemak Tepat Sasaran

Anda sebaiknya membuat program menghilangkan lemak dengan tepat sasaran. Caranya, lemak mana yang akan Anda hilangkan lebih dulu. Berapa kadar lemak yang terkandung di dalamnya. Ini adalah saran Dr Paidon Toruan.

Untuk mengetahui kadar lemak yang terkandung dalam perut atau di bagian tubuh lainnya, Anda perlu periksa dokter. Dengan data yang Anda peroleh tentang kadar lemak yang ada pada diri Anda, maka Anda bisa menyusun program penurunan lemak dengan tepat sasaran.

Menurut Toruan, dengan melakukan olahraga rutin dan diet, lemak dalam perut atau organ tubuh lain seperti lengan dan paha bisa diturunkan. Ukuran paha, lengan dan perut bisa tampil ramping.

20. Lakukan Diet Menurunkan Berat Badan

Ya, diet menurunkan berat badan sangat diperlukan. Sasaran utamanya adalah menurunkan kadar lemak yang terdapat di dalam tubuh Anda. Sebaiknya diet dilakukan bertahap sehingga tidak mengejutkan organ-organ tubuh Anda.

Lakukan diet sehat dengan nyaman dan menyenangkan. Bukan keterpaksaan. Pelajari dengan baik dan menyeluruh sehingga Anda bisa melakukan diet menurunkan berat badan dengan benar dan sehat.

Demikian artikel mengenai 20 Cara Mudah untuk Mengencangkan Perut Gelambir. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Save

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *