Connect with us

Herbal

11 Cara Mudah Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

Published

on

SIAPA suka dengan wajah penuh bintik hitam bekas jerawat? Temukan cara menghilangkan bekas jerawat dengan mudah tanpa biaya besar. Bintik-bintik hitam bekas jerawat di wajah terjadi diperkirakan karena proses pengobatan yang tidak normal.

Akibatnya, terjadilah bintik-bintik hitam bekas jerawat yang tidak bisa hilang begitu saja. Proses pengobatan jerawat yang tidak normal bisa mengakibatkan terjadi kelebihan atau kekurangan kolagen di bekas tempat jerawat.

Cara yang baik menghadapi jerawat adalah biarkan saja jerawat tumbuh. Nanti akan sembuh sendiri tanpa meninggalkan bekas bintik-bintik hitam, flek hitam atau bopeng bekas jerawat.

Atau diobati tetapi dengan cara yang benar. Seharusnya, jangan dipencet-pencet dengan kuku. Jika Anda tidak tahu cara menangani dengan baik, tanya kepada mereka yang bisa memberikan solusi terbaik tanpa membuat wajah Anda “babak belur” akibat jerawat.

11 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Kalau kenyataannya bintik-bintik hitam telah menghiasi hampir seluruh wajah, apa yang harus Anda lakukan supaya wajah kembali mulus? Wajah bisa bersih dari noda-noda bekas jerawat.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan bekas jerawat secara alami. Caranya mudah dan Anda bisa melakukan sendiri.

1. Menggunakan Masker Madu

Khasiat madu memang banyak. Salah satunya bisa menghilangkan bintik-bintik bekas jerawat atau menyembuhkan jerawat. Bagaimana cara menggunakan masker madu untuk membuat wajah Anda bebas dari bintik-bintik hitam bekas wajah?

Caranya mudah. Setelah wajah dibersihkan, maka oleskan madu ke seluruh area wajah dengan merata. Diamkan hingga 30 menit. Lalu bilas wajah Anda dengan air hangat.

2. Gel Lidah Buaya Menghilangkan Bekas Jerawat

Cara menghilangkan bekas jerawat lain adalah menggunakan gel lidah buaya. Caranya sangat mudah. Oleskan gel lidah buaya pada bagian bekas jerawat. Biarkan sekitar 1 jam baru wajah dibilas. Tetapi, ada yang menyarankan tak usah dibilas. Ya, itu terserah Anda.

cara menghilangkan bekas jerawat
menghilangkan wajah dengan putih telur (sumber:style.tribunenews.com)

Jika bekas herawat tampak agak parah, tambahkan gel lidah buaya dengan dua tetes minyak pohon teh biar kulit bekas jerawat jadi cerah. Kulit wajah akan tampak lebih muda dan bersih.

Gel lidah buaya bisa Anda dapatkan dengan memeras daun lidah buaya. Daun baru yang habis dipotong, lalu peras dan keluarlah cairan seperti jelly. Lalu oleskan ke tempat bekas jerawat.

3. Lemon Mencerahkan Kulit Wajah

Buah lemon juga sangat bagus untuk menghilangkan noda bekas jerawat di wajah. Lemon bisa merangsang terbentuknya sel kulit baru sehingga kulit wajah yang diolesi jeruk lemon menjadi cerah. Noda bekas jerawat bisa cepat menghilang.

Bagaimana cara menyiapkannya? Ya, sediakan satu buah lemon. Lalu, tekan buah lemon biar saat diperas cairannya mudah keluar.

Jeruk dipotong menjadi dua bagian. Lalu dipers. Hasil perasan Anda oleskan di bekas noda di wajah. Selain 15 menit, bersihkan wajah Anda menggunakan air dingin.

Terakhir, keringkan dengan handuk. Lalu, oleskan pelembab pada wajah Anda biar tidak mudah kering.

Lakukan cara itu tiap hari sekali sampai bekas noda jerawat bena-benar bersih dari wajah Anda.

4. Kulit Jeruk Membersihkan Pori-pori

Kulit jeruk mengandung vitamin C dan asam alpha hidroksi yang cukup tinggi. Karena itu, kulit jeruk bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan pori-pori kulit yang yang terhalang debu atau kotoran lain dan mengangkat sel kulit yang mati.

Anda sebaiknya mengoleskan bubuk kulit jeruk tiap hari sekali untuk menghilangkan noda bekas jerawat di wajah.

Caranya, kulit jeruk lemon dijemur beberapa hari sampai kering. Lalu, kulit jeruk ditumbuk hingga jadi bubuk.

Bubuk kulit jeruk diberi air, lalu aduk hingga menjadi pasta. Oleskan pasta pada wajah dan diamkan sampai beberapa menit.

Bersihkan wajah Anda dengan air hangat. Lakukan tiap hari sampai noda bekas jerawat bersih dari wajah Anda.

5. Cuka Sari Apel Efektif Menghilangkan Bekas Jerawat

Anda juga bisa menggunakan cuka sari apel untuk menghilangkan noda bekas jerawat di wajah. Cuka sari apel bisa mengatur keasaman (pH) kulit dan mengurangi kulit yang tampak memerah bekas jerawat.

Caranya adalah, ya siapkan cuka sari apel 5 ml dan air 95 ml. Aduk jadi satu hingga siap digunakan.

Gunakan kapas untuk mengoleskan cuka sari apel pada noda bekas jerawat. Setelah 15 – 20 menit, gunakan air hangat untuk membilas wajah Anda. Cuka sari apel efektif menghilangkan bekas jerawat.

Lakukan menjelang tidur malam dan ulangi hari berikutnya sampai wajah Anda bersih dari noda.

6. Es Batu Efektif

Cara efektif menghilangkan noda bekas jerawat di wajah adalah menggunakan es. Selain bisa menghilangkan noda bekas jerawat, es batu juga mampu mengurangi peradangan.
Caranya adalah:

  • Es batu dibingkus dengan kain bersih
  • Tempelkan pada noda bekas jerawat hingga bebepa detik
  • Anda bisa lakukan tiga kali tiap hari.
  • Ulangi sampai wajah Anda bersih dari noda bekas jerawat.

7. Bawang Putih

Bawang putih juga bagus untuk menghilangkan noda bekas jerawat di wajah. Caranya sangat mudah. Ambil 1 siung bawang putih lalu diparut (dihaluskan). Tambahkan air dua sendok makan dan campurkan dengan parutan bawang putih.

Oleskan parutan bawang putih pada noda bekas jerawat. Saat mengoleskan, Anda juga lakukan pemijatan pada wajah.

Parutan bawang putih juga bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, membuat kulit lebih lembut, menghilangkan lapisan atas jaringan bekas luka, menghilangkan bakteri dan minyak pada kulit penyebab terjadinya jerawat.

8. Buah Pepaya Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Pepaya mengandung banyak vitamin A, C, dan K yang bisa menyembuhkan jerawat dan menghilangkan noda bekas jerawat. Banyak produsen obat jerawat terkenal menggunakan bawang putih untuk produk-produk mereka.

Bahkan, ada yang menjadikan pepaya sebagai bahan utama untuk produk mereka.

Zat papain dalam pepaya bisa mengangkat sel-sel kulit yang mati. Dengan buah pepaya, regenerasi kulit, termasuk kulit wajah, akan berjalan dengan baik.

Cara membuatnya adalah:

Siapkan satu buah pepaya dan kupas kulitnya.

Setelah dicuci, pepaya dipotong menjadi beberapa potong.
Ambil sebagian untuk diblender atau dihaluskan.
Tambahkan madu, putih telur dan perasan lemon.

Gunakan sebagai masker di wajah. Setelah sekitar 15 menit, bersihkan wajah Anda dengan air hangat.

9. Masker Putih Telur Saat Tidur

Putih telur mengandung banyak nutrisi dan sumber asam amino yang bisa memperbarui sel-sel kulit dan menyerap minyak di kulit. Selain itu banyak kandungan zat lain yang membuat telur efektif membuat wajah Anda halus tanpa noda.

Cara menggunakan putih telur untuk menghilangkan bekas noda jerawat sangat mudah. Ambil putih telur dan oleskan di wajah yang banyak noda bekas jerawat.

Cara yang terbaik adalah mengoleskan masker putih telur sebelum Anda tidur. Semalaman Anda tidur dengan wajah bertabur masker dari putih telur. Setelah bangun dari tidur, bersihkan wajah Anda dengan air hangt.

Lakukan cara itu sampai bintik-bintik bekas jerawat bersih dari wajah Anda.

10. Mentimun/Ketimun

Buah mentimun adalah buah yang merakyat untuk semua tingkatan. Populer sebagai penurun darah tinggi atau hipertensi.

Buah ini mengandung banyak vitamin A, B, dan C; serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika. Itulah sebabnya mentimun sangat baik untuk Anda gunakan dalam perawatan kulit.

Cara terbanyak digunakan sebagai masker wajah untuk berbagai keperluan. Diantaranya untuk menghilangkan bekas noda jerawat.

Caranya adalah siapkan buah mentimun segar lalu dicuci bersih. Lembutkan mentimun dengan cara diparut.

Hasilnya, oleskan ke wajah, khususnya di atas noda bekas jerawat. Setelah 15 – 30 menit, Anda bisa bersihkan wajah dengan air hangat. Ulangi tiap hari sampai binti-bintil noda hitam bekas jerawat hilang dan wajah Anda kembali mulus.

11. Kayu Cendana Penghilang Bekas Jerawat

Anda bisa menggunakan bubuk kayu cendana. Caranya sangat sederhana dan mudah. Yaitu, ambil bubuk kayu cendana 2 sendok makan. Tambah air mawar beberapa tetes air mawar. Jika tak ada air mawar, Anda bisa menggunakan madu atau susu. Lalu, aduk bubuk cendana sampai membentuk pasta.

Oleskan adonan bubuk kayu cendana pada wajah Anda, khususnya yang ada bekas noda jerawat. Diamkan hingga setengah, lalu bersihkan wajah Anda dengan air sampai bersih. Bubuk kayu cendana mengandung zat anti-inflamasi yang bisa mengurangi pigmentasi dan noda bekas jerawat di wajah.

Cara Menghindari Terjadinya Noda Bekas Jerawat

Cara terbaik supaya tidak terjadi noda hitam bekas jerawat di wajah adalah Anda berusaha mencegahnya. Sesungguhnya tidak sulit untuk mencegah terjadinya noba bekas jerawat di wajah.

Seperti disinggung di atas, terjadinya noda hitam bekas jerawat di wajah adalah akibat salah perlakuan ketika jerawat muncul. Sebagian orang memencet jerawat yang muncul di wajahnya dengan harapan supaya jerawat cepat kempis dan menghilang.

Ternyata, jerawat tak bisa sembuh secara sempurna. Ia meninggalkan noda bekas jerawat di wajah. Terkadang jumlahnya sangat banyak. Tentu saja, ini mempengaruhi tampilan wajah Anda.

Anda pun merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri. Di bawah ini akan disampaikan beberapa cara untuk mengatasi jerawat tanpa menimbulkan noda hitam bekas jerawat.

Cara Memencet Bekas Jerawat secara Benar dan Tepat Waktu

Bagaimana cara memencet jerawat secara benar sehingga tidak menyebabkan terjadinya noda hitam bekas jerawat? Berikut ini beberapa mengatasi jerawat dengan benar sehingga tidak menimbulkan adanya noda bekas jerawat di wajah.

Pertama: Pencet jerawat sesudah matang. Jika jerawat masih dalam tahap proses peradangan, jangan dipencet. Belum waktunya. Hasilnya tidak bisa maksimal. Saat jerawat masih proses peradangan dengan warna merah dan kaku, jangan dipencet, tetapi dikompres saja dengan tea tree oil.

Kedua: Setelah dikompres dan jerawat kering, Anda boleh memencetnya. Tetapi, jangan pakai kuku jari, melainkan menggunakan kapas yang disterilkan dengan alkohol.

Ketiga: Setelah biji mata jerawat keluar, silakan jerawat dikompres menggunakan toner. Kemudian oleskan tea tree oil lagi setelah itu.

Keempat: Jika muncul jerawat, cara terbaik adalah mengobatinya. Anda bisa menggunakan obat alami atau tradisional, lotion atau gel lidah buaya.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Obat Herbal

Anda bisa memilih cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan menggunakan obat herbal jika Anda tidak ingin menggunakan obat bekas jerawat alami. Berikut ini beberapa obat herbal untuk mengobati jerawat ataupun menghilangkan bekas jerawat sehingga wajah Anda bisa mulus dan bersih dari bintik jerawat.

1. Obat jerawat ampuh. Selain mengobati jerawat yang parah, obat herbal ini juga mampu menghaluskan wajah yang ada bekas noda jerawat. Obat ini bisa untuk cewek maupun cowok.

2. Obat Pearl Acne Pil. Obat herbal dari China ini diklaim mampu menyembuhkan jerawat yang ganas. Dalam 3 – 7 hari, jerawat bisa sembuh.

3. Cream Magic Acne /Obat Jerawat 3 Days. Mampu mengatasi jerawat, mengurangi radang jerawat, dan menghilangkan bekas jerawat. Harga Rp 135.000

4. Obat Herbal Lucky Cap Wayang. Minyak oles khusus jerawat yang juga bisa membuat kulit wajah menjadi halus, segar dan berseri kembali. Harga sangat murah, Rp 15.000

5. Borobudur Herbal Darsi Pill 100’s. Bisa mengobati jerawat, kulit berjerawat, menghaluskan kulit wajah. Dibuat dari kunyit, tapak liman, kempuyang wangi, kayu secang, dsb. Harga Rp 24.800.

Tentu saja obat-obat herbal ini hanya contoh. Masih banyak obat herbal untuk menyembuhkan jerawat atau noda bekas jerawat sehingga Anda bisa kembali memiliki wajah yang halus. Anda bisa tampil PD dan nyaman.

Demikian artikel mengenai Cara Menghilangkan Bekas Jerawat. Semoga bermanfaat.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.