8 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Garam. Mudah, Murah dan Cepat

Diposting pada

PADA gigi Anda banyak karang gigi atau plak? Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa mencoba cara menghilangkan karang gigi dengan garam dapur. Caranya sangat mudah dan sekaligus murah. Ini adalah cara alami dan siapa pun bisa melakukannya.

Karang, kalkulus atau plak pada gigi perlu mendapat perhatian. Sebab, jika dibiarkan akan makin menebal dan mengeras. Efeknya bisa membuat bau mulut tidak sedap. Jelas ini membuat Anda tidak sehat.

Lingkungan Anda pun akan merasa tidak nyaman. Kian lama bisa mengganggu hubungan Anda dan teman-teman atau siapa pun yang menjadi lawan bicara Anda.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya selalu membersihkan gigi setidaknya dua kali sehari. Membersihkan gigi harus dengan cara yang benar, sehingga bisa menjadikan gigi Anda putih dan bersih, sekaligus bebas dari plak gigi.

Gigi putih dan gigi bersih akan membuat Anda selalu hidup sehat. Anda semua pasti senang hidup sehat, plus gigi putih bersih. Bahkan, Anda juga akan bangga dengan kondisi itu.

Garam bisa digunakan untuk menghilangkan karang gigi karena punya kandungan antiseptik dan antibakteri yang cukup tinggi.

Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Garam Vs Membersihkan Karang Gigi di Klinik

Bagaimana cara menghilangkan karang gigi?

Salah satu hal yang ingin disampaikan oleh sehatfisik.com kali ini adalah cara menghilangkan karang gigi dengan garam dapur. Ya, benar dengan garam dapur. Anda semua pastinya sudah tahu garam dapur yang lembut warna putih.

cara menghilangkan karang gigi dengan garam

garam dan beberapa bahan tambahan lain (sumber:danifin.net)

Banyak orang yang mengatakan bahwa membersihkan karang gigi dengan garam dapur adalah cara yang ampuh atau efektif. Caranya pun tidak sulit dan dalam waktu dekat gigi Anda tampil bersih.

Tetapi, jika Anda punya dana dan tidak ingin repot, ya datang saja ke klinik gigi. Paling murah Anda harus mengeluarkan dana Rp 300 ribu – Rp 400 ribu. Anda akan mendapatkan layanan memutihkan gigi sekaligus menghilangkan karang gigi.

Jadi, layanan kompletlah. Memutihkan gigi dan membersihkan karang gigi.

Baca Juga: Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel dengan Biaya Murah

Jika Anda ingin cara murah dan mudah, ya lakukan cara membersihkan karang gigi dengan garam. Kini, banyak dijual garam lembut. Atau di dapur Anda sudah tersedia garam putih lembut bagaikan tepung.

Kalau Anda tidak mencicipi rasanya, secara sepintas Anda akan menganggap itu tepung terigu. Tetapi, coba ambil sedikit dan tempelkan di lidah. Rasanya asin. Nah, berarti itu garam.

Ya, garam zaman sekarang berkat teknologi dan kreativitas pengusaha. Pekerjaan ibu rumah tangga atau siapa pun yang bertugas membuat masakan/makanan, termasuk para koki, kini sangat dimudahkan oleh kemajuan teknologi. Termasuk hal-hal kecil, seperti penyediaan garam.

Bunda sekarang tak perlu menggerus garam di atas cobek dengan alat penggerus. Tidak perlu menggerus mrica, membuat sambal, dsb. Banyak tersedia bahan jadi di pasar. Bunda tinggal menggabungkan saja.

Beberapa Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Bisa Anda Lakukan

Cara menghilangkan karang gigi dengan garam seperti telah disinggung di atas bisa dilakukan dengan beragam cara. Bisa hanya menggunakan garam saja, bisa pula digabung atau dicampur dengan bahan lain. Di sini akan disampaikan 8 cara membersihkan karang gigi dengan basis bahan dari garam.

Misalnya menggunakan garam dan minyak mustard, garam dan minyak wijen, garam dan jus lemon, garam dan lidah buaya, dsb. Anda bisa memilih salah satu cara menghilangkan karang gigi.

1. Menghilangkan Karang Gigi dengan Garam + Baking Soda

Cara menghilangkan karang gigigi dengan garam sangat mudah. Ambil bubuk garam dan baking soda masing-masing satu sendok. Gabunkan kedua bahan itu. Tambahkan sedikit air lalu diaduk supaya kedua bahan menjadi satu. Kedua bahan berubah menjadi pasta.

Gunakan pasta dari garam dapur dan baking soda ini untuk menggosok karang gigi Anda. Ya, perlahan-lahan saja. Setelah selesai, silakan Ana berkumur. Lakukan sekali lagi cara yang sama sampai selesai.

Baca Juga: Memutihkan Gigi dengan Jeruk Nipis dan 10 Cara Merawatnya

2. Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Garam Saja

Anda juga bisa membersihkan karang gigi hanya menggunakan bahan garam tanpa tambahan lainnya. Caranya, siapkan air hangat 1 gelas, lalu masukkan 1 sendok garam. Aduk sampai garamnya larut.

Lalu, gunakan air garam yang Anda buat untuk berkumur sampai tiga kali. Tiap berkumur sekitar 1 menit sehingga air kumur merata ke semua gigi yang banyak karangnya.

3. Membersihkan Karang Gigi dengan Garam dan Minyak Mustard

Minyak mustard dikenal sebagai bahan yang bisa membunuh banyak bakteri, termasuk bakteri mulut. Ambil garam setengah sendok teh dan sedikit minyak mustard, lalu diaduk jadi satu biar menjadi pasta.

Pasta buatan itulah yang kemudian Anda gosokkan ke plag gigi smpai beberapa menit. Setelah selesai, Anda bersihkan dengan air hangat. Lakukan dua kali sehari biar karang gigi atau plak hilang hancur).

4. Cara Menghilangkan Garang Gigi dengan Garam + Jeruk Lemon

Kali ini, cara menghilangkan karang gigi dengan menggunakan garam dan perasan atau jus lemon. Cara membuat ramuan garam dan jeruk lemon juga sangat mudah.

Ambil garam setengah sendok teh dan tambahkan sedikit perasan atau jus lemon. Setelah disatukan dan berbentuk pasta, Anda bisa oles-oleskan pada karang gigi yang ingin Anda bersihkan hingga beberapa menit.

Setelah selesai, Anda bisa berkumur dengan air hangat. Bisa dilakukan pagi dan sore biar cepat membuahkan hasil. Karang gigi bersih dan gigi Anda putih plus tanpa bau mulut.

5. Membersihkan Plak Gigi dengan Garam + Cuka Putih

Cara membersihkan plak gigi dengan garam adalah ditambah dengan cuka putih. Bahan cuka putih sangat baik karena mengandung asam asesat yang cukup tinggi sehingga bisa mencegah demineralisasi enamel gigi.

Maka, pertumbuhan plak gigi pun bisa diatasi atau dicegah karena bahan ini mampu melewan bakteri penyebab terjadinya plak atau karang gigi.

Cara membuat bahan penghilang karang gigi atau plak pada gigi adalah siapkan 1 sendok teh garam halus, 1/2 cangkir air hangt dan 2 sendok teh cuka putih. Bilas mulut Anda atau gunakan berkumur air cuka putih garam sehari 2 kali hingga karang gigi hilang.

6. Garam Digabung dengan Lidah Buaya

Lidah buaya juga sangat bagus untuk menghilangkan karang gigi. Sebab, lidah buaya mengandung bahan yang bisa membunuh bakteri penyebab munculnya karang gigi. Dengan cara dioleskan ke plak atau arang gigi, bau mulut pun hilang.

Baca Juga: 6 Cara Memutihkan Gigi secara Alami dan Cepat

Cara membuatnya, sediakan 1/2 sendok garam halus, lendir daun lisah buaya, aduk jadi satu dan oleskan bahan itu ke karang gig. Tetapi, tanpa garam. Anda hanya menggunakan lendir lidah buaya dan Anda oleskan pada karang gigi. Ulangi sampai sukses.

7. Garam Campur Pasta Gigi Khusus Menghilangkan Karang Gigi

Anda juga bisa menggunakan pasta gigi yang biasa Anda gunakan tiap hari, dan tambah garam 1/2 sendok teh. Jika bisa, Anda perlu sikat gigi khusus untuk mengatasi karang gigi. Misalnya, Herbs Fluoride Toothpaste.

Pasta gigi khusus ini juga bisa membantu menghilangkan karang/plak gigi. Caranya, sediakan garam 1/2 sendok teh, campur dengan pasta gigi khusus dan aduk jadi satu. Lalu, gunakan untuk menggosok gigi, khususnya gigi dengan karang gigi.

8. Menghilangkan Plak Gigi dengan Pasta Gigi Khusus Tanpa Garam

Cara menghilangkan plak gigi yang ini hanya menggunakan pasta gigi yang secara khusus dibuat untuk bisa menghilangkah karang atau plak gigi. Ada beberapa yang bisa Anda pilih.
Misalnya, Parodontax, Green World Herbs, AP 24, Ciptadent, Formula, Enzime, Pepsodent, dan Siwak F.

Demikian artikel mengenai 8 cara menghilangkan karang gigi dengan garam. Bagaimana dengan Anda? Siap untuk mencobanya? Semoga Anda sukses mengatasi karang/plak gigi dengan garam.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *