Connect with us

Obesitas

Cara Lengkap dan Mudah untuk Menghilangkan Lemak di Perut

Published

on

“ADUHH… gimana cara menghilangkan lemak di perut ya?? Saya sendiri tidak suka ini. Saya sangat repot dengan perut buncit seperti ini. Saya juga risi dengan teman-teman,” kata seorang wanita tentang perutnya yang buncit.

Menurut dia, dirinya selama ini sudah berusaha mengecilkan perut buncitnya. Tetapi belum berhasil. Lemak masih saja bertengger di perutnya. Pertanyaannya, bagaimana cara menghilangkan lemak di perut yang efektif sehingga perut bisa tampak ramping?

Ya, masalah lemak di perut yang membuat perut buncit memang banyak dialami oleh wanita, termasuk setelah melahirkan. Meskipun, tidak sedikit bapak-bapak yang juga memiliki perut buncit.
Bukan saja membuat tampilan fisik Anda tak nyaman, kebanyakan lemak di perut juga bisa membuat Anda mudah terkena penyakit berat.

Misalnya, mudah kena penyakit jantung koroner, gejala penyakit diabetes tipe 2, tidur mendengkur, sindrom metabolik, kolesterol mudah naik, darah tinggi, stroke, dsb.

Ya, semuanya merupakan penyakit berat. Anda tentu tidak ingin terkena penyakit-penyakit berat itu. Apalagi, sakit stroke. Amitt… amitt, Anda jangan sampai kena stroke. Itu adalah penyakit yang maha-maha berat.

Saya sangat sedih menyaksikan orang sakit stroke. Beberapa tetangga dan kenalan saya kena stroke. Mereka hanya bisa pasrah kepada Tuhan karena penyakit yang dideritanya sangat-sangat berat. Dalam keseharian mereka lebih banyak di atas kursi roda atau di tempat tidur.

Oleh karena itu, Anda harus mencegah terjadinya penyakit berat pada diri Anda. Caranya, antara lain dengan menghilangkan lemak di perut biar tidak membuat Anda punya perut buncit.

Ya, punya perut buncit memang tidak nyaman dan tidak sehat. Anda harus mencari cara mengecilkan perut buncit.

Penyebab Banyak Lemak di Perut dan Cara Menghilangkannya

Sebelum membahas cara menghilangkan lemak di perut dengan baik dan cepat, Anda perlu tahu juga penyebab terjadinya banyak lemak di perut atau penyebab perut buncit. Dengan mengetahui penyebab terjadinya banyak lemak di perut, Anda bisa melakukan pencegahan atau bisa membakar lemak dengan lancar dan optimal.

Perut buncit tidak lagi datang menghampiri Anda, tetapi ia pergi untuk selama-lamanya. Artinya, perut Anda tidak akan buncit lagi. Anda pun bisa hidup sehat tanpa dihantui oleh perut buncit.

Berikut ini beberapa penyebab banyak lemak di perut sehingga membuat perut Anda buncit, Di sini sekaligus dijelaskan solusi untuk membakar atau cara menghilangkan lemak di perut.

cara menghilangkan lemak di perutjelas ini perut buncit

1. Banyak Duduk, Ya Banyak Lemak di Perut

Kebanyakan orang menderita perut buncit karena kurang olahraga dan gerak fisik. Apalagi dalam kesehariannya mereka lebih banyak duduk seperti pekerja kantoran.

Jika pekerjaan Anda memang harus lebih banyak duduk, maka usahakan Anda sering bangkit atau berdiri dari tempat duduk secara periodik. Misalnya, dua jam sekali Anda bangkit dari tempat duduk dan berjalan sebentar di lingkungan tempat kerja Anda.

Yang terbaik memang Anda harus melakukan olahraga, senam, jogging, lari pagi/sore, jalan kaki, bersepeda, atau lainnya. Anda sebaiknya melakukan olahraga setidaknya 4 hari dalam satu minggu dan setiap kali berolahraga setidaknya dalam waktu 30 menit. Olahraga akan mengecilkan perut Anda.

Ini akan membuat Anda sehat dan mampu mengecilkan perut buncit. Sebab, dengan olahraga seperti itu, banyak lemak visceral dalam perut atau bagian lain dari tubuh Anda bisa terbakar. Ini akan membuat Anda bisa menghilangkan lemak di perut dengan baik dan cepat.

Selain membakar banyak lemak di perut, olahraga juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Intinya, Anda harus berusaha membakar lemak sebanyak-banyaknya. Olahraga adalah salah satu cara menghilangkan lemak di perut dengan efektif. Jika Anda rajin dan konsisten berolahraga, Anda akan sukses menghilangkan lemak perut.

Ya, lakukan olahraga apa saja. Bahkan, menjelang tidur pun Anda bisa melakukan olahraga atau senam untuk mengecilkan perut buncit dan membuat tubuh Anda sehat.

Jadi, olahraga tiap hari itu mudah. Anda bisa melakukan kapan saja dan di mana saja. Yang sulit adalah membangkitkan semangat Anda untuk berolahraga. Tugas Anda sekarang mencari cara biar Anda selalu bersemangat untuk berolahraga, biarpun olahraga sendirian.
mengecilkan perut buncitpilih makanan porsi kecil (foto foord.idntimes.com)

2. Makan Porsi Kecil, Cara Menghilangkan Lemak di Perut

Penyebab terbesar kedua yang membuat seseorang mengalami kegemukan atau perut buncit adalah terlalu banyak makan. Ia makan hanya tiga kali sehari, tetapi tiap makan dia mengambil porsi besar.

Lebih baik makan 5 sampai 6 kali sehari tetapi dengan porsi kecil. Ini akan membuat pencernaan bisa mengolah semua makanan yang Anda konsumsi sehingga tidak terdapat banyak lemak yang menumpuk yang akhirnya membuat perut Anda buncit.

Lain halnya jika Anda makan tiga kali sehari tetapi tiap makan dengan porsi besar. Apalagi, sesudah makan dengan porsi besar di malam hari, tidak lama kemudian Anda tertidur karena badan terlalu lelah akibat kerja seharian.

Cara makan seperti ini bisa membuat berat badan Anda cepat meningkat dengan perut buncit atau tubuh kegemukan. Kini, coba kurangi porsi makan. Misalnya, makan separo saja dari porsi biasanya.

Apalagi makanan yang Anda konsumsi mengandung banyak kalori. Uhh.., ini cepat membuat Anda kegemukan dan perut Anda buncit. Anda perlu mengurangi asupan kalori. Pilih makanan dengan kalori rendah dan hindari makanan berkalori tinggi.

Makanan berkalori rendah, misalnya, putih telur, susu skim, lentil, kacang merah, tahu sutra, dada ayam, kacang hijau, ikan kod, dada kalkun, popcorn, melon, strawberry, jeruk bali, prem, mentimun, lobak, seledri, dsb.

Selain Anda perlu mengonsumsi makanan rendah kalori, Anda juga perlu memperbanyak konsumsi buah, sayur, biji-bijian dan sumber protein rendah lemak lainnya. Anda perlu mengganti lemak jenuh dan lemak trans dengan lemak tidak jenuh.

Anjuran Rasulullah tentang cara makan sangat baik untuk Anda coba. Kata Beliau, jangan makan sebelum lapar dan berhentilah makan sebelum kenyang. Jika Anda praktekkan petunjuk dari Rasulullah ini, insya Allah Anda tak akan memiliki perut buncit, bahkan juga tidak membuat Anda gemuk.

3. Jangan Sering Mengonsumsi Alkohol, Banyak Kalori dan Gula

Anda penyuka minuman alkohol? Ya, sebaiknya tinggalkan kebiasaan minum alkohol. Apalagi, minum alkohol tanpa tujuan jelas. Hanya sebagai bangga-banggaan atau gagah-gagahan. Tidak sedikit orang yang akhirnya meninggal akibat gaya hidup seperti ini.

Banyak minum alkohol juga bisa membuat Anda mengalami kegemukan atau perut buncit. Sebab, mengonsumsi alkohol bisa menyebabkan penumpukan lemak di bagian perut Anda.

Penyebabnya, alkohol mengandung banyak kalori dan gula. Kian lama mengonsumsi alkohol akan membuat lemak dalam perut makin banyak. Risikonya, selain terjadi perut buncit, juga membuat Anda rentan terkena penyakit gangguan ginjal, hati, dsb.

4. Suka Ngemil di Malam Hari? Ganti dengan Buah, Sayuran, Salad

cemilan malam harihati-hati, kamu jadi gendut loo.. (foto female.com)

Anda suka ngemil di malam hari? Sambil menonton acara TV, Anda habiskan makanan ringan atau cemilan malam hari. Atau di depan komputer, laptop, hp, sambil menghabiskan makanan kecil di dekatnya.

Gaya hidup seperti itu memang asyik. Tetapi, Anda perlu tahu bahwa banyak cemilan atau makanan kecil yang disajikan mengandung kalori tinggi dan lemak ataupun gula (manis-manis). Ini jelas akan menjadi sumber terjadinya perut buncit.

Jika Anda tetap ingin ngemil, ya sediakan makanan rendah kalori dan lemak ataupun gula. Misalnya, buah-buahan, sayur dan lainnya. Anda bisa membuat salad buah yang enak. Bisa dibuat dari buah mangga, anggur, apel, strawberry, daun selada, melon, dan pepaya.

Anda juga bisa membuat salad dari sayuran. Bisa dibuat dari tomat, mentimun, kubis, wortel, kacang, tauge, kol, dan selada air. Anda juga bisa membuat salad panggang dari sayuran.

Atau Anda konsumsi makanan yang bisa membuat Anda kenyang untuk waktu lama dan nafsu ngemil berkurang.

Atau, jauhkan makanan kecil dari tempat Anda. Sebagai gantinya, siapkan saja air putih dan buah di dekat tempat duduk Anda.

Pada awalnya tentu terasa berat. Tetapi, setelah berlangsung agak lama, Anda akan terbiasa tidak ngemil dan bebas dari perut buncit. Cara menghilangkan lemak di perut memang menuntut Anda punya tekad dan disiplin untuk tidak ngemil sembarangan.

5. Sering Stres Mengakibatkan Banyak Lemak di Perut

Anda sering stres? Hati-hati. Stres juga bisa menyebabkan terjadinya perut buncit. Sebab, ketika stres, tubuh Anda melepaskan hormon stres ( ya seperti hormon kortisol) untuk bisa meredakan stres Anda.

Tetapi, pelepasan hormon kortisol yang berlebihan di sisi lain bisa menyebabkan perut buncit atau badan gemuk. Apalagi, saat stres nafsu makan Anda juga meningkat dan membuat Anda makan banyak. Kelebihan kalori akibat banyak makan dan stres akan menjadi lemak di perut.

6. Risiko Kurang Tidur: Perut Buncit, Kegemukan, Hipertensi, Sakit Jantung

Jangan abaikan masalah tidur. Anda orang dewasa perlu tidur 7 – 9 jam per hari. Remaja perlu tidur 8 – 10 jam/hari, anak usia 6 – 13 tahun perlu tidur 9 – 11 jam/hari, dan anak balita perlu tidur 10 – 13 jam/hari.

Kurang tidur bisa membuat perut buncit dan badan gemak (berat badan meningkat tinggi). Sebab, tidur mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyimpan dan memproses karbohidrat yang Anda konsumsi.

Dengan tidur cukup, hormon lapar dan hormon kenyang bisa seimbang. Jika kurang tidur, Anda akan merasa mudah lapar dan perlu makan banyak.

Selain itu, kurang tidur juga bisa berisiko kena penyakit diabetes, jantung, stroke, ginjal, darah tinggi, dsb. Kurang tidur bisa membuat kadar gula darah naik melebihi batas normal. Anda akhirnya kena penyakit diabetes.

7. Konsumsi Obat Herbal Perut Buncit

Anda juga bisa menghilangkan lemak di perut dengan mengonsumsi obat herbal perut buncit. Banyak obat herbal ini dijajakan di toko obat, online atau offline. Harganya pun tidak mahal. Anda bisa memilih obat perut buncit sesuai dengan keinginan Anda.

a. Obat Pengecil Perut Buncit Fiforlif

fiforlif

Fiforlif merupakan minuman jus kaya serat dan bernutrisi tinggi. Manfaat dari obat ini adalah mengecilkan perut buncit, menurunkan berat badan, meringankan kerja liver (hati), mencegah kanker usus, mengatur kadar gula, menurunkan kolesterol tinggi, dsb.

b. Slim N Lift Body Shaping for Men: Baju Pelangsing Pria / Baju Perut Buncit

Yang ini bukan berbentuk obat atau jamu. Tetapi dalam bentuk kaos. Ya, kaos yang bisa berfungsi untuk menurunkan berat badan dan menghialngkan lemak perut. Anda kenakan kaos ini tiap hari, maka perut Anda akan mengecil. Kaos pengobatan ini adalah produksi dari Jepang.

c. Step Shape Korset Pelangsing Mengecilkan Perut dalam 2 Minggu

Anda bisa mengenakan korset ini untuk mengecilkan perut buncit. Dalam 2 minggu, Anda bisa melihat hasilnya: berapa kilogram berat badan Anda turun. Apakah berat badan dan perut buncit Anda sudah turun banyak atau masih tinggi.

Obat perut buncit ini dibuat dari karet sintesis dan berkualitas. Bahkan, juga mengandung sinar infra merah yang bisa menyembuhkan banyak penyakit.

Tentu saja, Anda bisa memilih obat herbal perut buncit mana yang ingin konsumsi. Masih banyak obat perut buncit yang bisa Anda pilih.

Semoga artikel mengenai cara menghilangkan lemak di perut ini bermanfaat untuk Anda semua.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.