Connect with us

Berita Kesehatan

23 Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat dengan Sangat Mudah

Published

on

CARA menghilangkan noda hitam bekas jerawat sesungguhnya sangat mudah. Tetapi, karena banyak orang yang salah memilih cara menghilangkan jerawat atau belum tahu cara yang tepat untuk menghilangkan noda bekas jerawat, maka bekas jerawat mereka tidak kunjung hilang.

Bagi Anda yang sekarang punya jerawat jangan sekali-kali memencet jerawat dengan harapan biar jerawatnya cepat kempis. Jerawat di wajah memang sangat merepotkan. Membuat Anda tidak percaya diri dan sering jadi bahan olok-olok teman

Tetapi, jangan sekali-kali Anda memencet jerawat sembarangan. Misalnya, memencet jerawat sebelum waktunya. Cara itu akan menimbulkan noda flek hitam bekas jerawat. Ada juga bekas jerawat berupa kulit wajah berlubang atau wajah bopeng.

Ini terjadi akibat jerawat dikorek-korek sehingga menimbulkan lubang di lokasi bekas jerawat. Apa pun penyebabnya, kini pekerjaan rumah Anda adalah menghilangkan bekas jerawat sehingga wajah kembali mulus dan bersih dari noda bekas jerawat.

Jangankan banyak, ada satu dua noda bekas jerawat pun Anda akan merasa tidak nyaman. Apalagi untuk wanita. Jerawat atau bekas jerawat menjadi persoalan besar. Mereka menjadi tidak percaya diri atau merasa risi untuk tampil bersama teman-teman di muka umum.

Lantas bagaimana cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat?

23 Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat dengan Mudah dan Murah

cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat

sumber:majalahsehat.com

Berikut ini adalah 23 cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat yang bisa Anda lakukan. Cara ini merupakan cara tradisional yang sudah dilakukan banyak orang sejak puhan, bahkan ratusan tahun lalu.

Cara ini bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan khasiat tumbuhan atau bahan tradisional lainnya. Anda bisa mendapatkan tanaman obat ini di kebun, di pinggir jalan, dsb. Atau membelinya di pasar tradisional atau pasar swalayan.

Cara mengolahnya menjadi penghilang bekas jerawat juga tidak sulit. Anda bisa memilih tanaman obat mana yang ingin Anda gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat Anda.

1. Penghilang Bekas Jerawat Lidah Buaya

Ambil daun lidah buaya dan bersihkan. Kupas kulit daun lidah buaya sehingga Anda mendapatkan gel lidah buaya. Lalu olesken ke wajah Anda, terutama yang ada noda hitam bekas jerawat.

Setelah sekitar 30 menit, wajah bisa Anda bersihkan dengan air bersih. Lidah buaya mengandung beberapa vitamin yang bisa menghilangkan bekas jerawat ataupun bekas luka.

2. Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Baking Soda

Sama dengan lidah buaya, baking soda juga berkhasiat bisa menghilangkan bekas jerawat atau luka. Caranya, ambil beberapa sendok teh baking soda. Campur dengan air hingga kental seperti pasta. Oleskan baking soda di noda bekas jerawat.

Setelah beberapa menit, Anda bisa membersihkan wajah Anda dan oleskan pelembab biasa. Lakukan dua hari sekali sampai bekas noda jerawat hilang dari wajah Anda.

3. Ngilangin Bekas Jerawat dengan Mentimun

Mentimun juga bagus untuk Anda jadikan sebagai cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah. Mentimun mengandung vitami A, C dan magnesium yang bisa menyehatkan kulit wajah Anda.

Potong buah mentimun menjadi kecil-kecil/tipis dan tempelkan di wajah bekas jerawat. Biarkan sampai 30 menit, baru wajah dibersihkan. Lakukan cara ini tiap hari sampai bekas jerawat hilang.

4. Minyak Kelapa untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Cara menggunakan untuk menghilangkan bekas jerawat adalah ambil seperempat sendok teh extra virgin coconut oil. Tuangkan sedikit minyak kelapa di atas telapak tangan dan oleskan ke bekas jerawat.

Setelah 30 menit, Anda bisa bersihkan wajah Anda dengan menggunakan sabun biar sisa minyak hilang dari wajah Anda.

5. Penghilang Bekas Jerawat Jeruk lemon

Peras jeruk lemon dan air perasan itulah yang Anda oleskan pada wajah untuk menghilangkan noda bekas jerawat atau bekas luka. Air perasan jeruk lemon tidak perlu diencerkan dengan air biasa.

Ini jika kulit Anda sesitif. Biarkan sampai setengah jam, lalu bersihkan dengan air hangat. Lakukan perawatan ini dua hari sekali.

6. Madu Asli

Yang terbaik Anda menggunakan madu murni. Bukan madu yang banyak dijual di swalayan. Oleskan madu di bekas noda jerawat. Biarkan sampai beberapa menit sehingga madu meresap di bekas jerawat. Lakukan tiap hari sampai wajah Anda bersih dari noda bekas jerawat.

7. Kentang

Kentang kaya akan vitamin dan mineral yang berkhasiat untuk penyembuhan luka di kulit. Cara penggunaannya sangat mudah. Ambil kentang, bersihkan, lalu potong tipis-tipis.

Letakkan potongan-potongan kentang di atas noda bekas jerawat di wajah Anda. Anda juga bisa menggosokkan potongan kentang di wajah biar airnya cepat meresap. Setelah selesai, cuci muka dengan air bersih.

8. Minyak Rosehip

Minyak Rosehip dibuat dari biji bunga mawar. Sangat baik untuk perawatan kulit. Tidak lengket saat dioleskan di kulit. Anda oleskan minyak ini pada permukaan luka di tubuh atau lokasi bekas jerawat di wajah.

9. Scrub Gula

Siapkan gula putih 3 sendok teh dan 2 sendok teh minyak zaitun. Campurkan keduanya dan aduk hingga merata. Kini, saatnya Anda mengoleskan scrub gula pada wajah Anda. Setelah sekitar 30 menit, wajah bisa Anda bersihkan dengan menggunakan sabun berbahan ringan.

10. Vitamin E

Anda bisa memanfaatkan isi kapsul vitamin E untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Gunakan secukupnya. Setelah beberapa menit, wajah bisa dibersihkan. Jangan gunakan isi kapsul secara berlebihan.

11. Minyak zaitun

Minyak zaitun sudah berabad-abad lamanya dikenal sebagai minyak pengobatan dan kecantikan. Ia mengandung zat besi tinggi dan kaya antoksidan.

Oleskan minyak zatun tiap malam menjelang tidur pada bagian wajah yang terdapat noda bekas jerawat. Lakukan beberapa kali sampai wajah Anda bersih dari noda bekas jerawat.

12. Air mawar dan Glycerin

Cara menghilangkan noda bekas jerawat dengan air mawar dan glycerin juga tidak sulit. Caranya, siapkan air mawar dua sendok teh dan gliserin. Campur keduanya menjadi satu dan oleskan pada bagian wajah yang ada noda hitam bekas jerawat.

Anda bisa memijit bagian wajah yang banyak bekas jerawatnya. Setelah beberapa menit, Anda bisa membersihkan wajah dengan air bersih.

13. Bawang Putih

Bawang putih punya banyak khasiat untuk pengobatan. Salah satunya untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Senyawa thiacremonon sulfur yang bisa mengeringkan jerawat. Sementara, senyawa allicin yang bersifat antiseptik sangat ampuh untuk menangkal bakteri penyebab jerawat.

Caranya, haluskan bawang putih lalu oleskan pada bekas jerawat. Bawang yang dihaluskan bisa ditambah cuka sari apel. Setelah beberapa menit, Anda bisa membilasnya dengan air bersih hangat.

14. Pasta gigi

Cara mudah lainnya untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat menggunakan pasta gigi. Ya, benar asta gigi. Caranya, Anda harus lebih dulu membersihkan wajah Anda, terutama di area bekas jerawat, menggunakan pembersih wajah.

Selanjutnya wajah dikeringkan dengan handuk. Biar pori-pri di wajah terbuka, coba beri uap air panas ke wajah.

Oleskan pasta gigi ke wajah lokasi bekas jerawat secara merata. Sebaiknya cara ini dilakukan menjelang tidur dan dibersihkan dengan air dingin setelah bangun tidur paginya.
Langkah terakhir untuk menutup kembali pori-pori pada wajah Anda.

15. Bubuk kunyit

Kamu juga bisa menggunakan bubuk kunyit untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Bubuk kunyit bisa dicampur dengan madu, lidah buaya atau minyak kelapa. Anda bisa bikin sendiri bubuk kunyit atau beli jadi.

Caranya, ya bubuk kunyit satu sendok teh dicampur dengan madu. Lalu, oleskan ke wajah bekas jerawat. Setelah 15 – 20 menit, coba pijat wajah Anda dengan lembut biar mengeksfoliasi sel-sel kulit mati dan mengangkat kotoran-kotoran yang menyumbat pada pori-pori.

Anda juga bisa mencampur bubuk kunyit dengan lidah buaya atau minyak kelapa. Cara membuatnya adalah sama.

16. Putih telur

Putih telur juga bagus untuk meremajakan kulit, termasuk kulit wajah yang banyak noda jerawat. Akan lebih bagus bila ditambah jeruk lemon. Tetapi, tanpa jeruk lemon juga tak apa.

Caranya, siapkan satu telor dan ambil putihnya lalu dikocok untuk dioleskan ke wajah. Tetapi, sebelumnya wajah Anda harus dibersihkan dengan air. Lalu, oleskan putih telur ke wajah, diamkan sampai 15 – 30 menit. Setelah kering, bersihkan wajah menggunakan air hangat sampai bersih.

Anda juga bisa mencampur putih telur dengan perasan jeruk lemon, madu, minyak zaitun, dsb.

17. Cuka apel

Cara ini juga sangat mudah. Siapkan cuka apel, air putih dan kapas. Tuangkan sedikit air putih dan tambahkan beberapa tetes cuka apel. Setelah keduanya bercampur, gunakan kapas untuk mengoleskan ramuan cuka apel ke wajah lokasi bekas jerawat.

Lakukan menjelang tidur dan bersihkan wajah setelah bangun tidur. Lakukan tiap malam menjelang tidur sampai wajah Anda bersih dari noda jerawat. Mudah kan???

18. Es batu

Es batu juga bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat atau mempercepat kesembuhan jerawat. Cara paling mudah, ya ambil es batu lalu tempelkan pada wajah yang terdapat noda bekas jerawat.

Layaknya melakukan kompres. Diamkan sampai 15 – 20 menit. Anda bisa melakukan 2 atau 3 kali dalam sehari, sampai noda bekas jerawat hilang.

19. Bawang putih

Sayur ini juga sangat mudah penggunaannya. Ambil bawang putih, kupas kulitnya dan cuci dengan air hangat. Ambil satu siung bawang putih, lalu diparut. Hasilnya dicampur dengan air dua sendok makan.

Oleskan parutan bawang putih ke wajah Anda, terutama di lokasi bekas jerawat. Lakukan pemijatan halus/ringan.

Bawang putih berkhasiat bisa mengangkat sel-sel kulit yang mati, membuat kulit lebih lembut/halus, menghilangkan kulit lapisan atas di daeah bekas jerawat, dan menghilangkan bakteri dan minyak yang menjadi penyebab terjadinya jerawat di wajah.

20. Buah Tomat Meremajakan Kulit Bekas Jerawat

Mengonsumsi tomat sangat baik untuk peremajaan kulit. Tomat bisa menyeimbangkan pH pada kulit sehingga kulit tidak terlalu berminyak atau terlalu kering.

Untuk menghilangkan noda bekas jerawat di wajah, Anda bisa ambil satu buah tomat. Setelah dicuci, tomat dimasukkan ke blender dengan ditambah sedikit air.

Hasilnya bisa Anda gunakan sebagai masker pada wajah tempat bekas noda jerawat. Setelah 15 – 20 menit, Anda bisa membersihkan wajah dengan air bersih.

Tetapi, Anda juga bisa menggunakan tomat tanpa diblender. Iris tomat tipis-tipis lalu tempelkan ke muka yang ada bekas jerawat. Biarkan sampai beberapa saat dan baru diangkat untuk dibersihkan.

21. Kulit Semangka Kering

Tidak hanya buahnya yang segar dan manis, kulit semangka juga bisa Anda manfaatkan untuk kesehatan. Antara lain dijadikan cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah.

Kulit pisahkan dari daging semangka, lalu dijemur supaya kering. Setelah kering, kulit semangka dilembutkan, misalnya dengan cara ditumbuk.

Sebagai campuran, siapkan getah lidah buaya dan mentimun. Campur ketiga bahan itu lalu diaduk rata. Setelah itu, oleskan ke wajah bekas jerawat.

Setelah sekitar 15 – 20 menit, wajah bisa dibilas dengan air bersih untuk menghilangkan olesan kulit semangka. Ulangi tiap hari sampai noda bekas jerawat hilang.

22. Buah Pepaya

Buah pepaya juga bisa Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Caranya pun sangat mudah. Ambil daging pepaya setelah dikupas, lalu diblender. Berikan sedikit madu untuk menyamarkan noda bekas jerawat.

Sebelum diolesi ramuan buah pepaya, bersihkan dulu wajah Anda dengan pencuci muka. Setelah wajah diolesi ramuan buah pepaya, diamkan selama 20 menit hingga kering.

Setelah itu cuci wajah dengan air bersih. Waktu terbaik untuk menggunakan cara ini adalah menjelang tidur sehingga aktivitas harian Anda tidak terganggu.

23. Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bengkoang

Anda perlu lebih dulu membuat pati bengkoang yang akan Anda gunakan untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Caranya, ambil dua bengkoang lalu diparut atau diblender. Hasilnya diperas atau disaring dan ampasnya dibuang.

Hasilnya diendapkan satu malam sehingga terdapat endapan yang halus berupa pati. Pati inilah yang nantinya Anda oleskan ke wajah. Tentu perlu diberi air sedikit.

Baca Juga: 11 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

Setelah sekitar 1 jam – 2 jam, olesan pati bengkoang bisa Anda bersihkan. Waktu terbaik untuk mengolesi muka dengan masker bengkoang adalah malam menjelang tidur. Cara ini tidak mengganggu kegiatan harian Anda.

Demikian artikel mengenai 23 Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat dengan Sangat Mudah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.