Cara Menghilangkan Plak Gigi dan Karang Gigi yang Mbandel

Diposting pada

BAGAIMANA cara menghilangkan plak gigi yang sudah mengeras? Membersihkan plak gigi memang tidak mudah. Apalagi, plak gigi yang sudah mengeras dan susunan gigi tidak rapi. Anda memerlukan upaya ekstra agar plak gigi yang sudah membandel bisa dihilangkan.

Cara terbaik tentu saja rajin menggosok gigi sehari dua kali sebelum plak-plak menumpuk pada gigi Anda. Menggosok gigi harus dilakukan pada pagi hari dan menjelang tidur.

Tetapi, menggosok gigi yang asal-asalan juga tidak bisa menghilangkan plak gigi. Biarpun Anda menggunakan pasta gigi termahal. Kalau cara menggosok gigi tidak benar dan tidak tepat, pasta gigi mahal tidak ada manfaatnya.

Jadi, yang penting adalah cara menggsok gigi, bukan apa pasta giginya.

Cara menggosok gigi yang tepat dan bisa mencegah terjadinya plak atau karang gigi adalah dengan menggerakkan sikat gigi ke atas ke bawah dan sedikit memutar dan menyentuh gusi. Untuk memastikannya, Anda bisa menyikat gigi sambil bercermin.

Bagi Anda yang susunan giginya berjejal dan tumpang tindih, Anda sebaiknya juga menerapkan dental flossing setelah menggosok gigi. Cara ini mampu membersihkan kotoran atau sisa makanan yang tidak terjangkau oleh bulu sikat gigi.

Dental flossing berfungsi untuk mencongkel kotoran yang ada di sela-sela gigi. Ya, seperti tusuk gigi. Ada juga dokter yang menyarankan lebih baik menggunakan obat kumur untuk membersihkan gigi biar tidak tumbuh plak gigi atau karang gigi.

cara menghilangkan plak gigi

(foto:globalestetik.com)

Cara Menghilangkan Plak Gigi yang Sudah Mengeras

Bagaimana dengan plak gigi atau karang gigi yang sudah mengeras dan biasanya sulit diatasi? Cara-cara apa saja yang bisa dilakukan untuk menghilangkan plak gigi atau karang gigi?

Plak gigi adalah bakteri yang menempel pada gigi, tambalan gigi, gusi atau lidah. Plak gigi akan terus bertambah dan menebal dari waktu ke waktu jika Anda tidak membersihkannya.

Tentu saja, cara menghilangkan plak pada gigi tidak mudah jika plak sudah menebal berbentuk zat kapur warna putih yang disebut sebagai karang gigi. Jika dibiarkan, karang gigi bisa menyebabkan terjadinya banyak bakteri yang bisa merusak gigi seperti gigi keropos.

Plak gigi terjadi antara lain karena Anda tidak menyikat gigi secara rutin setidaknya dua kali per hari, cara menyikat gigi yang salah seperti telah disebutkan di atas, pilihan makanan yang tidak sehat untuk gigi, faktor keturunan, dan kurangnya perawatan gigi.

Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras

Ada beberapa cara menghilangkan plak atau karang gigi yang sudah mengeras. Anda bisa melakukannya dengan mudah. Antara lain:

1. Gunakan Kulit Jeruk Bagian Dalam

Anda bisa menggunakan kulit jeruk untuk menghilangkan plak atau karang gigi dari gigi-gigi Anda. Caranya, kulit jeruk digosokkan pada bagian gigi yang ada plak atau karang gigi. Yang digosokkan adalah kulit jeruk bagian dalam warna putih. Kulit jeruk mengandung zat antibakteri.

Ada baiknya Anda menggosokkan bagian dalam kulit jeruk ke gigi menjelang tidur. Setelah digosokkan, Anda tidak langsung berkumur. Tetapi langsung tidur. Biar kandungan kulit jeruk tetap bekerja menghilangkan plak gigi atau karang gigi Anda.

2. Menggunakan Cuka Apel

Anda juga bisa menggunakan cuka apel untuk menghilangkan plak gigi yang membandel atau mengeras. Caranya sangat mudah. Kamu ambil cuka apel dan sikat gigi. Cuka apel Anda gunakan sebagai pasta gigi untuk menggosok gigi.

Jadi, cuka apel Anda oleskan ke sikat gigi lalu gunakan untuk menggosok gigi. Setelah selesai, tunggu 5 – 10 menit. Barulah Anda bisa berkumur untuk membersihkan gigi.

Lakukan cara ini secara rutin tiap hari sampai plak atau karang gigi habis sehingga gigi Anda menjadi bersih dan sehat.

3. Gel Lidah Buaya Bisa Menghilangkan Plak Gigi

Lidah buaya juga sangat baik Anda gunakan sebagai cara menghilangkan karang gigi. Khasiat tanaman lidah buaya untuk kesehatan sudah banyak dipraktekkan dan diteliti.

Cara menghilangkan plak gigi dengan lidah buaya juga tidak sulit. Caranya, oleskan gel lidah buaya pada plak gigi Anda. Misalnya pada saat menjelang tidur. Setelah menggosok gigi seperti biasa, lalu oleskan gel lidah buaya pada plak gigi.

Anda tidak usah berkumur atau membersihkan mulut sampai esok pagi. Olesan lidah buaya biarkan bekerja membersihkan plak atau karang gigi. Lakukan itu secara rutin sampai gigi bersih dari plak atau karang gigi.

4. Berkumur dengan Minuman Teh Hitam

Anda suka mengonsumsi minuman teh hitam? Kebiasaan itu juga bisa Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan plak gigi. Teh hitam mengandung antioksidan, senyawa antibiotik dan analgetik.

Zat-zat dari teh hitam itulah yang bisa menghilangkan plak gigi.

Hanya saja, cara mengonsumsinya agak beda. Caranya, minuman teh hitam Anda gunakan untuk berkumur. Lakukan secara rutin hingga plak atau karang gigi bersih dari gigi Anda.

5. Sering Berkumur dengan Air Putih

Mengonsumsi dan berkumur dengan air putih juga bisa membantu menghilangkan plak gigi. Anda perlu minum setidaknya 7-8 gelas atau 2 liter air putih. Air akan membantu proses metabolisme tubuh sehingga Anda akan sehat.

Selain itu, minum atau berkumur dengan air putih juga bisa melarutkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi sekaligus menjaga agar mulut tidak kering. Dengan kondisi seperti itu, kemungkinan munculnya plak gigi bisa diatasi.

6. Sering Mengonsumsi Melon

Sering mengonsumsi buah melon juga bisa mengatasi masalah plak atau karang gigi. Ada manfaat ganda dari buah melon. Pertama, melon dengan banyak kandungan air bisa memproduksi banyak air liur. Pada gilirannya, air liur akan mengatasi masalah bakteri. Bahkan, banyak bakteri mati akibat air liur.

Di sisi lain, buah melon kaya kandungan air, mineral dan vitamin yang bisa membantu menghilangkan plak pada gigi. Syaratnya, Anda harus mengonsumsinya secara rutin tiap hari.

Demikian artikel tentang Cara Menghilangkan Plak Gigi dan Karang Gigi yang Membandel. Bagaimana dengan gigi Anda? Ada banyak plak atau karang giginya atau bersih dari semuanya? Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *