Connect with us

Sakit Maag

Cara Mengobati atau Menyembuhkan Sakit Maag dengan Cepat dan Mudah

Published

on

CARA mengobati sakit maag sesungguhnya tidak sulit. Saya pakai cara tradisional. Sebelumnya, saya rajin mengonsumsi obat resep dokter. Tetapi, belasan tahun maag belum juga sembuh. Lambung perih dan melilit masih saja datang.

Itu cerita lama tentang sakit maag saya. Kini, maag saya sudah sembuh total. Lima tahun belakangan maag tidak pernah kambuh. Tentu saja, saya sangat bergembira. Saya ingin berbagi tentang cara mengobati sakit maag dengan mudah.

Dulu, saya sering jengkel karena penyakit maag saya tidak segera sembuh. Meskipun, saat itu saya sudah beberapa kali berobat ke dokter. Tidak hanya satu dokter, tetapi tiga dokter dari rumah sakit yang berbeda. Eh, penyakit maag saya masih juga belum sembuh.

Penyakit maag masih saja kambuh. Kalau penyakit maag kambuh, waduhh.. rasanya tidak nyaman. Lambung terasa perih, nyeri dan melilit. Jika sudah demikian, saya harus segera mengonsumsi makanan apa pun agar rasa perih di lambung mereda.

Sebelum mengonsumsi suatu makanan, rasa perih mudah muncul. Ini membuat saya harus selalu siap roti dalam tas. Pergi ke mana pun, saya selalu sedia roti yang bisa dimakan kapan pun saat maag saya kambuh.

Itu berlangsung sampai belasan tahun. Tentu saja, penyakit maag ketika itu benar-benar membuat saya tersiksa. Tidak hanya waktu siang. Saat tidur malam pun tiba-tiba penyakit maag kambuh dan saya harus mencari makanan.

Tetapi, itu adalah pengalaman masa lalu. Kini, penyakit maag saya sudah sembuh. Saya berhasil menemukan cara menyembuhkan maag dengan cepat dan mudah. Bahkan, sebagian cara tidak dengan sengaja untuk mengobati sakit maag, tetapi benar-benar membuat maag saya sembuh total.

Cara mengobati sakit maag seperti apa yang membuat maag saya sembuh? Obat apa yang harus dikonsumsi sehingga maag saya tidak kambuh lagi?

Cara Mengobati Sakit Maag, Ya Hindari Konsumsi Makanan Penyebab Maag

cara mengobati sakit maagmakanan penyebab sakit maag (foto amando.it)

Ya, cara menyembuhkan maag yang saya lakukan adalah cara tradisional. Tetapi, bersamaan dengan mengonsumsi obat maag tradisional, saya juga selalu menghindari makanan dan minuman penyebab sakit maag.

Cara ini sangat penting karena tanpa menghindari makanan dan minuman penyebab maag, maka usaha mengobati sakit maag kurang maksimal. Bahkan, bisa tanpa hasil. Konsumsi obat maag pun bisa sia-sia.

Tidak hanya penyakit maag. Banyak penyakit yang penyebab utamanya adalah makanan dan minuman tertentu. Misalnya, penyakit darah tinggi, kolesterol tinggi, asam urat, diabetes, dsb.

Supaya pengobatan berjalan dengan baik dan penyakit Anda cepat sembuh, Anda harus menghindari makanan minuman penyebab sakit Anda.

Demikian juga sakit maag. Anda harus menghindari makanan dan minuman penyebab sakit maag. Ada beberapa makanan minuman penyebab sakit maag. Jika Anda bisa menghindari semuanya dengan baik, Anda bisa menyembuhkan maag Anda dengan mudah. Itulah cara mengobati sakit maag yang efektif dan perlu Anda coba.

1. Biar Sangat Sibuk, Anda Jangan Terlambat Makan

Jika Anda sering telat makan atau makan tidak tepat waktu, Anda bisa terkena sakit maag. Sesibuk apa pun, Anda harus meluangkan waktu untuk makan, baik makan pagi (sarapan), makan siang atau makan malam. Sering makan terlambat bisa menjadi penyebab Anda kena sakit maag.

Itulah yang membuat saya belasan tahun terkena sakit maag. Saya dulu suka mengabaikan waktu makan siang. Sering makan siang pukul 15.00, bahkan pukul 15.30 akibat kesibukan kerja.

Sebaiknya Anda tidak mengabaikan waktu makan. Sebab, kalau sudah kena sakit maag, aduhh.. penyembuhannya tidak mudah. Bahkan, bisa berakibat lebih fatal dengan sakit maag akut atau maag kronis.

2. Suka Makanan Pedas, Hati-hati Biar Tak Kena Sakit Maag

Jika sekarang Anda termasuk penyuka makanan pedas, ya hati-hati. Anda bisa terkena sakit maag. Sebab, makanan pedas seperti konsumsi cabai atau lada bisa merangsang dan meningkatkan ekskresi asam lambung yang berlebihan.

Ya, jadinya Anda terkena penyakit maag. Kalau sudah sakit maag, makan makanan pedas sedikit saja langsung maag Anda kambuh.

Tetapi, ada dokter yang memastikan bahwa rasa pedas bukan penyebab sakit maag. Walaupun, rasa pedas bisa menyebabkan nyeri di uluhati dan perih di lambung. Rasa nyeri dan perih itu akibat asam lambung berlebihan atau tidak seimbang akibat konsumsi makanan pedas.

3. Makanan Berlemak Tinggi: Daging Kambing, Daging Sapi, dll

Penyebab sakit maag lainnya adalah konsumsi makanan berlemak tinggi. Makanan berlemak tinggi antara lain daging kambing, sapi, domba, dsb. Sebaiknya Anda bersihkan lemaknya sebelum daging dimasak dan dikonsumsi.

Lemak yang tinggi bisa menyebabkan sakit maag karena lemak mampu bertahan lama di pencernaan. Akibatnya, produksi asam lambung berlebih meningkat

Jika sudah kena maag, Anda masih boleh mengonsumsi daging merah, tetapi sedikit saja. Misalnya, satu minggu sekali dan tidak dalam jumlah banyak.

4. Makanan Asam: Semangka Juga Bisa Menyebabkan Sakit Maag

tape ketan

tape ketan, banyak dijual di tempat wisata (sumber:dapureummuaisy.blogspot.com)

Makanan asam, misalnya tape ketan, tape ketela atau jenis tape lainnya, dan cuka. Atau buah jeruk, mangga, nanas, tomat, dsb. Makanan dan buah asam bisa menyebabkan sakit maag karena membuat keasaman pada lambung meningkat. Semangka juga bisa menyebabkan sakit maag karena zat asam yang terkandung dalam buah itu.

Demikian pula saus yang terbuat dari bahan utama sambal dan kecap. Dulu, tiap kali saya mengonsumsi saus, tak lama kemudian penyakit maag saya kambuh. Makanan asam dan pedas bisa merusak lambung.

5. Makanan Mengandung Banyak Gas

Makanan yang mengandung banyak gas juga bisa menyebabkan sakit maag. Ketika banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gas, perut jadi kembung dan asam lambung pun meningkat sehingga terjadi sakit maag.

Contoh makanan yang mengandung banyak gas adalah singkong, ubi jalar, pete, jengkol, buah langsat, dan buah nangka. Juga lemak hewani, sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, buah yang dikeringkan dan minuman bersoda.

6. Cokelat: Mengandung Kakao, Kafein & Memicu Asam Lambung

Banyak orang menyukai cokelat, dari anak-anak, remaja sampai orang dewasa. Tetapi, jika Anda punya penyakit maag, hati-hati mengonsumsi cokelat. Kandungan kakao ataupun campuran kafein ditambah stimulan lain dapat membuat ekskresi berlebih asam lambung.

Kandungan lemak dalam cokelat juga dapat mempengaruhi produksi asam pada lambung. Atau, boleh mengonsumsi cokelat tetapi tidak boleh banyak-banyak. Anda yang sehat juga perlu membatasi konsumsi cokelat biar tetap sehat, tak terkena maag.

Juga ketika mengonsumsi minuman mengandung kafein, minuman soda atau minuman beralkohol, juga terlalu banyak dan terlalu sering. Minuman-minuman itu bisa menyebabkan Anda kena penyakit maag.

7. Beberapa Sumber Karbohidrat Makanan Pemicu Asam Lambung

Beberapa sumber karbohidrat juga bisa memicu asam lambung yang akhirnya membuat Anda menderita sakit maag. Di antara beberapa makanan itu adalah beras ketan, mi, bihun, bulgur, jagung, singkong, tales, dan dodol..

8. Stres dan Cemas Juga Bisa Menyebabkan Sakit Maag

Ya, betul. Stres dan cemas bisa membuat Anda terkena sakit lambung atau sakit maag. Hal ini adalah masalah psikologis. Stres memang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit. Ya, macam-macam jenis penyakit yang dideritanya.

Maka, Anda sebaiknya berlatih mengatasi dan mengelola stres biar Anda tetap sehat. Walaupun Anda menghadapi masalah berat. Istirahat cukup dan tidur cukup bisa mengurangi atau menghindarkan diri dari stres.

Ya, sesungguhnya masih banyak penyebab terjadinya penyakit maag yang harus Anda waspadai atau hindari supaya Anda tetap sehat dan tidak terkena sakit maag. Tetapi, informasi di atas rasanya cukup membuat Anda bisa terhindar dari sakit maag sehingga Anda bisa menghindarinya dengan baik.

Cara Mengobati dan Menyembuhkan Sakit Maag yang Bisa Anda Lakukan

jamu kunyit

jamu kunyit (sumber:jamushirodhara.com)

Bagaimana cara mengobati sakit maag yang tepat sehingga maag Anda bisa cepat sembuh? Adakah cara khusus untuk menyembuhkan maag dengan mudah?

Ya, banyak cara bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan maag Anda. Minum obat bebas, minum obat resep dokter, minum obat herbal terstandar, dsb. Yang ingin disampaikan di sini adalah pengobatan maag secara tradisional atau dengan obat herbal terstandar.

1. Minum Jamu Kunyit Sukses Menyembuhkan Maag

Saya sudah mempraktekkan cara mengobati sakit maag dengan minum obat tradisional dari kunyit. Hasilnya sangat baik. Saya kini bebas dari sakit maag. Meskipun tadinya sudah belasan tahun menderita sakit maag dan sudah minum banyak obat maag resep dokter.

Manfaat kunyit untuk menyembuhkan maag memang nyata. Penyakit maag saya sembuh setelah minum ekstrak (jamu) kunyit yang saya siapkan sendiri. Saya beli kunyit si pasar tradisional dan saya membuat sendiri jamu kunyit. Kunyit dibersihkan dengan cara kulitnya dikupas, lalu dicuci bersih. Setelah diparut atau dihaluskan, parutan kunyit diperas dengan diberi air matang.

Hasilnya berupa jamu kunyit yang siap diminum. Sering jamu kunyit saya tambah madu dan kuning telur supaya rasanya lebih segar dan khasiatnya lebih tinggi untuk mengobati maag sehingga Anda cepat sehat dan maag tidak kambuh lagi.

Tetapi, jika Anda tidak ingin membuat sendiri jamu kunyit, Anda bisa beli obat herbal untuk sakit maag dari kunyit. Banyak toko online yang menjual obat herbal maag.

2. Minuman Sari Kedelai Efektif Mengobati Maag

Anda juga bisa menggunakan sari kedelai untuk mengobati sakit maag. Banyak orang mengatakan penyakit maag bisa sembuh setelah minuman sari kedelai. Sari kedelai dan olahannya memang efektif untuk menyembuhkan maag Anda.

Sari kedelai mengandung zat antioksidan, kaya nutrisi, kaya vitamin, protein dan lemak nabati. Semua kandungan itu sangat bermanfaat untuk mengobati sakit maag.

Cara menyembuhkan maag dengan sari kedelai adalah: setelah biji kedelai disangrai, lalu dihaluskan. Diblender sampai benar-benar halus. Selanjutnya Anda bisa menyeduh sari kedelai dengan menggunakan air panas.

Setelah airnya agak dingin, Anda bisa meminumnya. Lakukan cara itu tiap hari sampai maag Anda betul-betul sembuh.

3. Minuman Daun Salam Menormalkan Asam Lambung

Daun salam juga bisa Anda pilih untuk mengobati sakit maag dengan mudah. Ketika asam lambung Anda tinggi, maka lambung akan terasa perih dan nyeri. Anda bisa membuat teh dari daun salam untuk mengatasi sakit maag. Ramuan daun salam akan menormalkan kembali asam lambung Anda.

Cara mengobati sakit maag dengan seduhan daun salam adalah: Anda siapkan 20 lembar daun salam yang sudah Anda bersihkan dengan air mengalir. Rebus daun salam dengan air 3 gelas. Setelah airnya mendidih dan tinggal satu gelas, Anda matikan kompor.

Anda bisa minum satu gelas rebusan daun salam tiap hari sampai penyakit maag Anda sembuh.

4. Bubuk Biji Pepaya Bisa Sembuhkan Banyak Penyakit

Tidak hanya buahnya yang segar dikonsumsi. Biji pepaya juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Bisa digunakan sebagai cara mengobati penyakit maag dan beberapa penyakit lain seperti untuk kesehatan hati, ginjal, anti radang, anti bakteri, anti jamur, dsb.

Biji pepaya mengandung enzim papain yang cukup tinggi. Zat ini berfungsi untuk membantu proses pencernaan protein sehingga Anda bisa bebas dari sakit maag.

Cara menyembuhkan maag dengan biji pepaya sangat mudah. Pertama, keringkan biji pepaya dengan cara dijemur. Setelah itu, biji pepaya ditumbuk hingga lembut.

Kini, bubuk biji pepaya siap untuk dibuat minuman. Ambil gelas, ambil bubuk biji pepaya satu sendok dan tuangkan air panas. Setelah seduhan bubuk pepaya agak dingin, Anda bisa meminumnya.

Ya, mudah kan cara membuatnya. Itulah cara mengobati sakit maag dengan cara tradisional. Anda sebaiknya minum bubuk biji pepaya tiap hari hingga maag Anda sembuh.

5. Temulawak Juga Bisa Mengobati Sakit Maag Akut

Temulawak sudah sangat lama dikenal sebagai tanaman obat untuk berbagai penyakit. Misalnya, untuk mengatasi anak susah makan, mengobati usus buntu tanpa operasi, kolesterol, dsb.

Cara mengobati sakit maag dengan memanfaatkan remulawak adalah: Ambil rimpang temulawak dan potong kecil-kecil. Setelah dibersihkan, irisan temulawak lalu direbus sampai airnya mendidih.

Tunggu sampai airnya agak dingin, barulah Anda bisa minum rebusan temulawan. Bisa ditambah gula jawa atau gula aren biar mengurangi rasa pahitnya. Minumlah rebusan temu lawak tiap hari sampai penyakit maag sembuh.

Temulawan mengandung minyak atsiri dan kurkumin yang bisa digunakan sebagai acnevulgaris dan anti inflamasi atau antiradang yang dapat mengobati maag, termasuk penyakit maag akut.

Tentu saja, proses penyembuhan sakit maag tidak secepat omat kimiawi. Anda perlu bersabar jika mengonsumsi ramuan temu lawak.

6. Obat Maag Tradisional dari Lidah Buaya

Lidah buaya juga sangat baik untuk mengobati sakit maag. Anda bisa mencobanya untuk menyembuhkan maag Anda. Kandungan aleonin dan magnesium laktat dari tanaman ini bisa mengontrol asam lambung sehingga Anda bisa bebas dari sakit maag.

Lidah buaya tidak hanya dikenal sebagai bahan jamu/obat. Tetapi, juga sebagai bahan kecantikan. Kini, banyak perusahaan besar yang memanfaatkan lidah buaya sebagai bahan baku produknya, baik untuk produk kesehatan ataupun produk kecantikan.

Cara mengolah daun lidah buaya menjadi obat menyembuhkan maag adalah sebagai berikut: Ambil beberapa lembar daun lidah buaya, lalu bersihkan, termasuk lendirnya.

Gunakan 3 gelas air untuk merebusnya. Setelah air mendidih, matikan api kompor. Tunggu sebentar sampai beberapa menit, seduhan jamu dari lidah buaya bisa Anda konsumsi. Lakukan rutin tiap hari sampai maag sembuh total. Tidak ada efek samping dari konsumsi obat maaf ini. Terima kasih atas kunjungannya.

Tanaman obat lain yang bisa Anda buat ramuan untuk mengobati atau menyembuhkan sakit maag Anda adalah: daun jambu biji, biji pala, daun keji, pisang raja, kacang hijau, daun alpukat kering, buah alpukat, akar daruju kering, akar bunga matahari, bangle, bawang putih, dan daun mint.

Cara membuatnya sebagai obat maag tidak jauh beda dengan pembuatan obat maag yang telah dijelaskan dari nomor 1 sampai 6. Ya, bahan dibersihkan, dipotong kecil-kecil atau dilembutkan, direbus atau langsung dituangkan air panas dan jadilah obat tradisional maag yang bisa Anda konsumsi untuk menyembuhkan sakit maag Anda.

Mungkin Anda punya pengalaman khusus tentang cara mengobati sakit maag? Anda pun bisa berbagi dengan kita semua. Siapa tahu pengalaman Anda bermanfaat buat yang lain.

Obat Herbal Sakit Maag yang Juga Bisa Anda Pilih

obat sakit maag

sumber:youtube.com

Jika Anda tidak ingin membuat sendiri obat maag tradisional dari berbagai tanaman obat, Anda bisa membeli obat jadi di toko obat herbal, baik toko online atau offline. Obat maag herbal antara lain:

Sai Mei An Kapsul Obat Maag, Infeksi Lambung dan Tenggorokan; Weitong Pian Obat Sakit Maag , Asam Lambung, Kembung & Mual; Gastropin Obat Maag, Kembung, Nyeri Lambung & Ulu hati; Al Mabruroh Madu Maag Obat Untuk Sakit Maag 350gr; Wakamoto Dried Yeast Tablet – Obat Maag / Nyeri Lambung; Greenworld – Gastric Health – Obat Maag, Asam Lambung – Herba dan masih banyk lagi.

Anda bebas memilih obat herbal maag mana yang cocok untuk mengobati dan menyembuhkan sakit maag Anda. Harga obat herbal sakit maag di atas tidak mahal. Beberapa di antaranya dijual dengan harga di bawah Rp 100.000.

Demikian artikel mengenai Cara Mengobati dan Menyembuhkan Sakit Mag dengan Cepat dan Mudah. Cara mudah, murah dan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menyembuhkan sakit maag Anda.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.