Connect with us

Hipertensi

7 Cara Mengobati dan Mengatasi Darah Rendah dengan Mudah

Published

on

ANDA menderita darah rendah? Jangan khawatir. Tensi rendah akan kembali normal dengan 7 cara berikut ini. Sebenarnya, banyak cara mengobati tekanan darah rendah. Apa yang dikemukakan di sini hanya sebagian saja. Tetapi, jika Anda bisa menjalankan di antara 7 cara itu, tensi darah Anda akan normal.

Anda pun tidak akan mengalami kesulitan dengan pengobatan darah rendah secara tradisional ini. Anda bisa mendapatkan bahan-bahannya di pasar tradisional atau swalayan. Selain bahannya mudah ditemukan, harganya juga murah.

Yang diperlukan adalah mengetahui cara mengonsumsi dan aturan lain. Selai itu, Anda bersedia mencari bahan-bahannya, lalu mengolahnya menjadi obat untuk menaikkan tensi darah rendah Anda. Anda pun bisa kembali sehat dengan tekanan darah normal.

Tensi rendah atau hipotensi terjadi jika tekanan darah Anda di bawah 90/60 mmHg. Banyak gejala yang menunjukkan bahwa Anda menderita darah rendah. Misalnya pusing, mata berkunang-kunang, mudah pingsan, sulit berkonsentrasi, kulit pucat, mudah merasa haus, dsb.

Tentu saja, apakah dengan beberapa gejala itu menunjukkan Anda menderita tensi rendah? Ya, Anda memerlukan cek tekanan darah. Sebab, pusing itu banyak penyebabnya. Bukan hanya tanda Anda menderita darah rendah.

Anda bisa cek darah di Puskesmas, klinik, rumah sakit atau tempat dokter praktek. Atau Anda punya alat sendiri. Bagi Anda yang menderita darah rendah atau darah tinggi, punya alat cek darah sendiri sangat penting. Anda bisa pilih alat cek darah yang murah jika dana terbatas.

Dengan punya alat sendiri, Anda bisa cek tensi darah setiap saat. Jika diketahui tensi darah tidak normal, Anda bisa segera mengobati. Baik dengan obat farmasi, herbal atau obat tradisional.

cara mengobati tekanan darah rendah
pingsan…. (sumber:perawatilmiah.com)

7 Cara Mengobati Tekanan Darah Rendah yang Bisa Anda Lakukan dengan Mudah

Anda bisa mengobati darah rendah dengan menggunakan tanaman obat, cara tradisional, pakai obat farmasi atau resep dokter juga baik. Menggunakan obat herbal juga bagus.

Cuma di sini akan disampaikan cara mengatasi darah rendah dengan menggunakan obat atau cara tradisional. Tentu saja, cara ini bebas efek samping. Selain untuk menyembuhkan penyakit, obat tradisional juga bisa digunakan.

Berikut ini 7 cara mengobati atau mengatasi tekanan darah rendah menggunakan bahan-bahan tradisional. Ke-7 cara mengobati darah rendah adalah:

1. Mengobati Darah Rendah dengan Kacang-kacangan

Kacang-kacangan bisa Anda pilih untuk mengobati darah rendah Anda. Termasuk kacang-kacangan adalah buncis, kacang merah, kacang hijau dan kacang polong. Kacang-kacangan bisa dicerna oleh pencernaan secara perlahan sehingga bisa membantu menaikkan tensi rendah Anda.

2. Banyak Minum Air Putih Mengatasi Darah Rendah

Bawalah air putih ke mana pun Anda pergi. Lalu, seringlah minum air putih yang Anda bawa. Ini akan membuat Anda sehat. Anda yang punya darah tinggi juga perlu banyak minum air putih.

Air putih akan membuat tensi darah rendah Anda menjadi tensi normal. Konsumsi air putih 6 – 8 liter per hari sangat penting karena kandungan mineralnya tinggi. Mineral penting untuk membuat tubuh tidak mudah kena penyakit.

3. Sayur Bayam Kaya Vitamin dan Zat Besi

Mengonsumsi sayur bayam sangat baik bagi Anda yang punya darah rendah ataupun darah tinggi. Dengan kandungan asam folat, bayam bisa membuat pembuluh darah lemas sehingga pasokan darah ke berbagai organ penting bisa berjalan lancar. Ini bisa menghindari tekanan darah rendah ataupun darah tinggi.

Bayam juga tinggi kandungan mineral niasin dan seng, protein, serat, vitamin A, C, E, dan K, thiamin, vitamin B6, folat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, tembaga, dan mangan. Sangat baik untuk memelihara kesehatan Anda.

4. Daging dan Hati Ayam Pembangun Sel untuk Pembuluh Darah

Daging ayam juga sangat baik Anda jadikan cara mengobati tekanan darah rendah. Daging ayam mengandung protein yang tinggi sehingga mampu memenuhi kebutuhan membangun sel, termasuk sel dalam pembuluh darah sehingga aliran darah ke seluruh tubuh lancar.

Konsumsi hati dan daging ayam sangat dianjurkan karena mengandung rasa asin. Ini bisa meningkatkan tensi darah karena kandungan garamnya tinggi. Hati sapi, hati kambing dan ikan salmon juga bagus untuk menaikkan darah rendah. Kandungan vitamin B12 tinggi.

5. Olahraga Renang dan Jogging Bisa Menaikkan Darah Rendah

Anda juga bisa melakukan olahraga sebagai cara mengatasi darah rendah. Tentu saja tidak semua olahraga bisa Anda pilih. Ada olahraga yang justru menurunkan tensi darah.

Olahraga yang baik untuk menaikkan darah rendah adalah olahraga yang bisa meningkatkan kekuatan organ jantung dan paru-paru. Ini efeknya bisa membuat tekanan darah normal. Antara lain renang, jalan cepat, mendayung, jogging, bersepeda, dan pilates. Anda perlu berolahraga teratur 3-5 kali perminggu dan tiap kali olahraga selama 30-45 menit.

6. Konsumsi Roti dan Sereal Mengatasi Tensi Rendah

Anda juga bisa mengobati darah rendah dengan mengonsumsi roti dan sereal. Kedua makanan ini menyumbang 20 persen zat besi yang Anda butuhkan. Asal Anda mengonsumsinya setiap hari.

Gandum sebagai bahan pembuatan roti dan sereal memberikan efek lebih sehat pada tubuh. Oleh karena itu, roti penting untuk menu makanan sehari-hari. Gandum juga memiliki banyak kandungan zat besi yang bisa mengurangi risiko tekanan darah rendah

7. Minuman Kopi Bagus, tapi Jangan Berulang-ulang

Minum kopi juga bisa menaikkan tensi rendah Anda. Tetapi hati-hati. Jangan minum berlebihan. Selain itu, jangan minum kopi malam hari. Satu hari cukup 1 – 2 gelas. Kopi mengandung antioksidan sehingga bisa menahan efek buruk dari peradangan pada arteri.

Kafein dalam kopi bisa meningkatkan kerja denyut jantung. Kemampuan jantung memompa darah pun meningkat. Dampaknya, tensi darah Anda juga bisa meningkat. Bahkan, bisa menjadi tensi normal.

Penyebab Darah Rendah karena Kondisi atau Penyakit Tertentu

Darah rendah atau hipotensi juga bisa diakibatkan oleh kondisi atau penyakit tertentu. Misalnya, berdiri terlalu lama seperti Anda lihat ketika mengikuti upacara yang terlalu lama. Terkadang ada di antara peserta upacara yang tiba-tiba jatuh pingsan.

Bahkan berubah posisi duduk pun bisa menyebabkan tensinya turun menjadi hipotensi. Kurang minum seperti sedang diare, akibat minum obat tertentu seperti obat darah tinggi, hamil, punya penyakit saraf, pendarahan yang hebat seperti kecelakaan, dan punya sakit jantung juga bisa menyebabkan darah rendah.

Cara mengatasi darah rendah atau hipotensi terbaik adalah selalu menjaga kesehatan dengan menjalankan pola hidup dan pola makan yang sehat. Beberapa cara mengobati tekanan darah rendah secara tradisional seperti disebutkan di atas bisa Anda coba.

Semoga Anda bisa bebas dari tekanan darah rendah dan tubuh dalam kondisi sehat.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.