Connect with us

Penyakit

16 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Published

on

MATA termasuk organ sangat penting. Tanpa mata sehat, Anda tidak bisa mengenali seperti apa ayah Anda, ibu Anda, kakak atau adik Anda. Anda hanya mengenali suaranya. Tidak tahu apakah ayah Anda ganteng seperti bintang film atau sebaliknya atau biasa-biasa saja, dsb.

Oleh karena itu, mata harus selalu dirawat dengan baik. Mata harus dijaga jangan sampai mengalami hal-hal yang tidak diinginkan sehingga menyebabkan mata Anda tidak sehat.

Bahkan, tidak bisa melihat. Atau bisa melihat tetapi tidak sempurna. Berikut ini 16 cara menjaga mata Anda. Harapannya, mata Anda tetap sehat, tetap bisa berfungsi untuk melihat dan tetap nyaman bisa memenuhi semua keinginan dan kebutuhan hidup.

1. Sering Makan Buah dan Sayuran

Cara menjaga kesehatan mata yang pertama adalah sering mengonsumsi buah dan sayuran. Ini tidak sulit untuk Anda lakukan,  tetapi sangat penting agar mata Anda selalu sehat.

Buah dan sayuran yang baik untuk kesehatan mata antara lain brokoli, bayam, tomat, telur, bawang putih, alpukat, kale, dan wortel. Buah dan makanan yang disebutkan itu memiliki kandungan nutrisi yang bisa menyehatkan mata seperti vitamin A dan vitamin C.

cara menjaga kesehatan mata mengonsumsi wortel biar mata sehat (sumber:bosgamat.com)

2. Pakailah Lampu yang Terang untuk Membaca

Supaya mata Anda tetap sehat, jangan membaca di bawah lampu dengan cahaya redup. Gantilah dengan lampu yang terang sehingga beban mata untuk membaca bisa lebih ringan.

Lampu redup juga bisa membuat mata Anda tegang karena dipaksa untuk melotot supaya bisa mengenali tulisan yang Anda baca. Jika mata Anda merasa lelah saat membaca/belajar, ya istirahatlah sebentar. Atau tiap membaca 1 jam istirahat sejenak biar mata Anda tetap sehat.

3. Jangan Memakai Lensa Kontak Lebih dari 19 Jam

Anda membaca dengan menggunakan lensa kontak? Jika ya, sebaiknya istirahat setelah membaca selama 19 jam. Ya, santai-santai dulu atau tidur dulu atau apalah yang tidak mengharuskan mata bekerja berat.

3. Jangan Sering Menggunakan Tetes Mata

Cara menjaga kesehatan mata lainnya adalah jangan punya hobi menetesi mata dengan tetes mata. Sedikit-sedikit tetes mata. Kecuali saat mata sakit atau mata merah. Jika tidak merah, jangan gunakan tetes mata.

Tetapi, istirahatlah biar mata Anda juga istirahat. Mata juga lelah jika terus-menerus disuruh mencermati sesuatu tanpa ada istirahatnya.

5. Gunakan Kacamata Hitam Pelindung UV

Anda sebaiknya menggunakan lensa yang terpolarisasi, bukan hanya sekadar lensa gelap. Kacamata hitam pelindung sinar ultraviolet (UV) diperlukan untuk melawan paparan dari sinar matahari atau sinar ultraviolet lainnya. Kacamata ini banyak dijual di toko olahraga.

6. Jangan Duduk di Depan Komputer Terlalu Lama

Banyak orang suka lupa waktu ketika duduk di depan komputer. Bahkan, juga lupa makan. Apalagi saat main game yang permainannya sangat seru dan game baru. Banyak orang, terutama anak-anak, yang tahan berlama-lama di depan komputer.

Cara seperti itu bisa membuat mata lelah dan makin lama makin tidak sehat. D depan komputer sebaiknya diberi waktu istirahat dan baru menggunakan komputer lagi.

7. Jangan Menatap Lampu yang Sangat Terang/Menyilaukan

Menatap langsung sorot/sinar lampu yang sangat terang juga bisa melelahkan mata. Apalagi sorot atau sinar lampunya sangat tajam. Tidak hanya membuat mata lelah, tetapi lampu yang sangat terang juga bisa merusak mata.

8. Gunakan Kacamata pada Waktu yang Tepat

Gunakan pelindung mata saat bekerja dengan menggnakan peralatan khusus yang bisa merusak mata. Misalnya pekerja las, pekerja tambang, pekerja medis, teknisi elektronik, penyelam, dsb. Pekerja di sektar bahan kimia dan tempat dengan partikulat udara yang berbahaya juga harus menggunakan kacatama khusus biar mata mereka selalu seha

9. Mentimun untuk Mengompres Kelopak Mata

Jika ingin mengompres kelopak mata, gunakan irisan mentimun yang dingin dan lembut. Lakukan sebelum tidur selama 10 menit sehingga Anda terhindar dari pembemgkakan.

10. Cara Menjaga Kesehatan Mata dengan Mata Bersantai

Jika suatu saat mata Anda terasa lelah, apa yang harus Anda lakukan? Cobalah ubah posisi duduk Anda sehingga bisa membuat mata agak santai. Bisa mengurangi rasa lelah. Atau berkedip-kedip, menutip mata dengan telapak tangan atau lakukan pemijayan ringan.

11. Menghindari Kena Penyakit Diabetes

Supaya mata Anda tetap sehat, Anda harus menghindarkan diri dari kemungkinan kena penyakit diabetes. Penyakit diabetes atau kencing manis memang bisa menyebabkan mata Anda mengalami kebutaan.

Sebab, diabetes bisa menyebar ke berbagai organ tubuh, termasuk mata. Salah satu cara mengatasinya adalah menghindari konsumsi gula yang berlebihan. Selain itu, secara periodik cek gula darah Anda. Jika tinggi, Anda bisa segera menurunkannya.

12. Hindari Kebiasaan Suka Merokok

Jika Anda sekarang adalah perokok atau suka merokok, coba hindari. Sebab, perokok punya potensi kena penyakit katarak. Jika kena katarak, penghilatan Anda tidak lagi sempurna. Bahkan, bisa mengalami kebutaan total atau sebagian.

13. Hindari Konsumsi Alkohol, Cara Menjaga Mata

Minum alkohol yang terlalu sering bisa menyebabkan gangguan mata. Bahkan, mata bisa mengalami kebutaan total akibat kerusakan saraf optik. Minuman alkohol juga bisa menyebabkan terganggunya komunikasi antara mata dan otak. Ini membuat mata tidak bisa berfungsi dengan baik.

14. Mengonsumsi Suplemen dan Herbal Lainnya

Cara menjaga kesehatan mata lainnya dengan mengonsumsi suplemen atau obat herbal untuk mata. Misalnya, Madu Bilberry, Pearl Ming Yan Wat, Dynamic Goji, Walatra Sehat Mata Softgel Alami, dsb. Harga obat herbal mata tidak mahal, tetapi khasiatnya cukup besar untuk menjaga dan memelihara supaya maya Anda tetap sehat sejak muda sampai usia tua.

15. Jaga Jarak antara Mata Anda dan Televisi

Anda juga perlu menjaga kesehatan mata dengan cara ketika menonton acara TV jangan terlalu dekat jaraknya dengan TV. Apalagi anak-anak. Mata bisa kena radiasi televisi sehingga bisa menyebabkan mata tidak sehat.

TV dan komputer yang menggunakan layar LCD karena sinarnya bisa memperpat terjadinya mata minus.

16. Jangan Membaca Sambil Tiduran

Ini juga kebiasaan yang bisa menyebabkan terbentuknya mata silindris. Maka, jangan biasakan membaca buku sambil tiduran. Cara yang tidak sehat. Cara membaca yang sehat adalah dengan duduk tegak dan jarak antara mata dan buku sekitar 30 cm – 33 cm. Demikian pula jarak antara Anda dan TV sebaiknya 30 cm – 35 com.

Demikian artikel mengenai 16 cara menjaga kesehatan mata. Tidak hanya di waktu muda, dengan penjagaan dan pemeliharaan mata secara baik, mata akan selalu sehat sampai Anda berusia lanjut.

Ada lo, orang tua usia 80 tahun tetapi matanya masih sangat sehat. Masih bisa membaca buku dengan lancar. Bahkan memasukkan benang ke dalam jarum bisa tepat. Semoga Anda selalu memiliki mata yang sehat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.