13 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Sehat

CARA menurunkan berat badan sesungguhnya bukan hal yang sulit. Itu tergantung bagaimana cara Anda mengatur pola hidup dan pola makan. Jika apa yang Anda lakukan sesuai dengan kaidah kesehatan, Anda tidak akan memiliki berat badan yang berlebihan.

Berat badan yang berlebihan memang harus diturunkan. Sebab, berat badan berlebihan atau kegemukan bisa mendatangkan banyak penyakit. Sakit jantung, kolesterol tinggi, darah tinggi, diabetes bisa menjadi ancaman serius jika Anda tidak segera menurunkan berat badan Anda.

Ini bukan masalah sepele. Sebelum tubuh Anda telanjur mengalami kegemukan hingga bertahun-tahun, coba mulai sekarang Anda turunkan sehingga Anda bisa terhindar dari risiko berbagai penyakit.

Kata pepatah, mencegah (penyakit) lebih mudah daripada mengobati. Jadi, sebelum kegemukan atau obesitas pada diri Anda berlarut-larut, Anda harus segera menurunkannya.

Jangan sebaliknya, justru merasa bangga dengan badan yang subur dan bongsor. Sebab, di balik itu ada ancaman penyakit yang tidak ringan. Banyak orang yang mengalami kegemukan akhirnya harus melawan penyakit-penyakit berat yang dideritanya.

Saya yakin, Anda tidak ingin seperti itu. Cara terbaik untuk menghindari ancaman penyakit berat adalah menurunkan berat badan atau menurunkan kegemukan (obesitas), termasuk ibu-ibu setelah melahirkan.

Lalu, bagaimana caranya? Cara apa yang bisa cepat menurunkan berat badan Anda?

menurunkan berat badan

sukses menurunkan berat badan (sumber:melangsingkantubuh.info)

13 Cara Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

Untuk menurunkan berat badan Anda sehingga bisa terhindar dari kegemukan (obesitas), maka Anda perlu melakukan 13 tips berikut ini.  Anda bisa memilih beberapa tips menurunkan berat badan yang bisa dilakukan bersamaan biar kemungkinan sukses lebih besar. Ke-13 cara tersebut adalah:

1. Anda Harus Selalu Sarapan Pagi

Sarapan pagi sangat penting supaya pada siang harinya Anda tidak makan berlebihan. Dengan sarapan, Anda memiliki energi yang cukup untuk melakukan berbagai aktivitas di pagi hari.

Karena itu, sesibuk apa pun Anda harus sarapan pagi sebelum berangkat kerja. Jangan bilang tak sempat atau tidak ada waktu untuk sarapan pagi.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa sarapan bisa menekan nafsu makan di siang hari. Anda tak akan makan berlebihan pada siangnya. Orang yang tidak sarapan pagi, siangnya akan makan berlebih tanpa memikirkan nutrisi dan gizinya.

Atau sebelum makan siang, mereka justru banyak ngemil. Ini adalah cara buruk untuk kesehatan.

Lain halnya dengan mereka yang selalu sarapan pagi. Siangnya mereka makan dengan memilih makanan yang sehat dan bergizi sehingga tidak mendorong terjadinya berat badan berlebih. Mereka tidak ingin mengonsumsi junk food yang justru akan cepat membuat tubuh menjadi gemuk.

2. Minum 2 Gelas Air Putih sebelum Makan

Anda sebaiknya minum air putih sebelum makan. Ini akan membuat nafsu makan Anda berkurang karena perut telah terisi air yang Anda minum sebelum makan. Anda sebaiknya minum 2 gelas air putih 30 menit sebelum makan.

Sebuah penelitian di Inggris menyimpulkan sekelompok orang yang minum 2 gelas air sebelum makan bisa menurunkan berat badannya sekitar 1,5 kg dalam waktu 12 minggu. Berbeda dari mereka yang juga diet, tetapi tidak minum air putih sebelum makan.

Keuntungan lain dari minum 2 gelas air putih sebelum makan adalah mampu membakar kalori lebih banyak dan menghindari terjadinya dehidrasi.

Selain menurunkan berat badan, minum air putih juga mampu membersihkan ginjal dan saluran kandung kemih. Ini membuat aliran darah lebih lancar, bersih dan Anda pun lebih sehat.

Tentu saja, banyak minum air putih akan sukses menurunkan berat badan jika Anda juga melakukan olahraga dan diet kesehatan. Ya, metode penurunan berat badan akan saling membantu satu dengan lainnya.

makan porsi kecil

makan dengan porsi kecil lebih baik (sumber:wanitamandiri.com)

3. Sering Makan dengan Porsi Kecil

Anda sebaiknya makan dengan porsi kecil, walaupun makan lebih dari 3 kali sehari. Mengapa? Dengan makan dalam porsi kecil, pencernaan akan bekerja lebih baik sehingga bisa mencegah terjadinya banyak lemak.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa makan dengan porsi kecil bisa membuat konsumsi gula, kalori dan lemak menjadi lebih sedikit. Selain itu, juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sekaligus merangsang metabolisme.

Dengan demikian, makan 5-6 kali dengan porsi kecil lebih baik daripada makan 3 kali dengan porsi besar. Anda akan mampu menurunkan berat badan secara bertahap.

Kebiasaan kita yang sehat adalah makan 3 kali dengan porsi besar tiap hari. Tetapi, jika berat badan Anda mulai meningkat, Anda sebaiknya menerapkan cara makan seperti dijelaskan di atas.

4. Timbanglah Bobot Tubuh Anda dan Cek Ukurannya

Sebelum mulai melakukan diet untuk menurunkan berat badan, Anda sebaiknya timbang dulu berapa berat badan Anda dan berapa persen lemak Anda. Catat juga berapa ukuran lingkar pinggang, paha, lengan dan dada Anda.
Catatan ini penting untuk mengetahui berapa perkembangan dari usaha penurunan berat badan Anda.

Untuk mengetahui berat badan ideal, Anda bisa menggunakan rumus BMI (Body Mess Index) atau IMD (Indeks Masa Tubuh). Rumusnya adalan:

Berat Badan Ideal = Berat Badan (Kg) : (Tinggi badan x Tinggi badan)

Sebagai Contoh: Berat badan Anda 50 kg : (1,68 m x 1,68 m) = 45 : 2,82 = 17,0 adalah Nilai BMI anda.

Jika hasilnya adalah lebih dari 27 berarti Anda menderita kegemukan (obesitas). Anda harus berusaha menurunkannya.

Sebaliknya, jika berat badan Anda kurang dari 18 kg berarti badan Anda kurus dan perlu disehatkan atau berat badannya dinaikkan.

Ada alat online yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui berat badan ideal Anda dengan sangat mudah. Anda tinggal ketikkan berat badan Anda, misalnya 52 kg dan tinggi badan 153 cm. Lalu, tekan kotak Kalkulasi dan keluarlah hasilnya, yaitu 22.94. Ini berarti berat badan Anda adalah ideal (sehat). Tidak mengalami kegemukan (obesitas) atau badan kurus.

Tetapi, ukuran ini tidak untuk anak-anak, wanita hamil, Anda yang berotot seperti olahragawan, dan orang tua.

cek berat badan

cek berat badan (sumber:futuready.com)

5. Buat Target Penurunan yang Realistis

Anda sebaiknya membuat target penurunan berat badan yang realistis. Jangan terlalu tinggi yang tidak mungkin dicapai. Misalnya, membuat target penurun 2 – 3 kg per bulan. Bukan 10 – 15 kg per bulan. Ya, Anda harus membuat target yang Anda bisa capai.

Tetapi, Anda harus sungguh-sungguh menjalankan program penurunan berat badan. Selain itu, harus konsisten. Artinya, selalu menjalankan program penurunan berat badan terus-menerus, termasuk pengaturan makanan atau diet.

6. Diet Kegemukan secara Bertahap

Anda harus melakukan diet kegemukan jika ingin menurunkan berat badan dengan sungguh-sungguh. Anda tidak perlu melakukan diet dengan drastis. Artinya, Anda langsung meninggalkan belasan jenis makanan minuman yang biasa Anda konsumsi sebelumnya.

Cara diet seperti itu bisa membuat tubuh Anda kaget sehingga Anda shock. Ini efeknya justru tidak baik untuk kesehatan. Sebaliknya lakukan diet bertahap dan hati-hati.

Catat makanan apa yang harus Anda tinggalkan. Misalnya, minuman manis. Ya, coba gulanya kurangi. Setelah beberapa hari diet gula, maka tingkatkan dengan mengonsumsi minuman tanpa gula tiap dua hari sekali. Akhirnya, tinggalkan konsumsi gula dan gantikan dengan pemanis lain yang aman dan sehat.

Cara diet bertahap ini lebih sehat dan Anda akan selalu merasa nyaman. Banyak orang melakukan diet secara drastis. Akibatnya, mereka pun tidak mampu melakukan diet dengan baik. Bahkan, akhirnya gagal diet akibat kekurangan kalori.

7. Lakukan Olahraga secara Rutin

Ya, olahraga juga sangat penting sebagai salah satu cara menurunkan berat badan. Anda bisa saja menjalankan program penurunan berat badan tanpa olahraga. Misalnya, Anda setiap hari selalu sibuk kerja sehingga tidak punya waktu untuk berolahraga.

Tetapi, jika memungkinkan, lakukan olahraga untuk membuat berat badan Anda ideal. Tidak perlu memilih olahraga berat. Lakukan olahraga ringan tetapi dilaksanakan secara kontinyu dan sungguh-sungguh (serius). Setidaknya Anda melakukan olahraga 30 menit tiap hari.

Anda bisa memilih olahraga lari pagi, jalan cepat, lari, jogging, senam, bersepeda, menggunakan treadmill, sepeda statis, aerobik, dsb. Olahraga akan mendukung atau menambah sukses penurunan berat badan. Olahraga selama 30 menit bisa membakar 400 kalori.

Ya, secara umum olahraga sangat perlu supaya badan Anda tetap sehat, terhindar dari penyakit dan berat badan ideal. Anda bisa bebas dari penyakit kegemukan (obesitas) yang berisiko mendatangkan penyakit berat seperti sakit jantung, diabetes, kolesterol tinggi, dsb akibat rajin berolahraga.

olahraga menurunkan berat badan

sekali senam membakar 400 kalori (sumber:ayodetox.com)

8. Kurangi Asupan Kalori secara Bertahap

Hakikatnya, pengurangan kalori adalah bagian yang tidak terpisahkan dengan pengurangan porsi makan. Bahkan, sebagian pihak menyatakan bahwa pengurangan kalori adalah cara utama menurunkan berat badan.

Artinya, untuk sukses menurunkan berat badan, Anda harus membatasi jumlah kalori yang Anda konsumsi. Jumlahnya tidak boleh melebihi jumlah kalori yang bisa Anda bakar melalui berbagai aktivitas fisik tiap hari.

Jika Anda mengonsumsi 2.000 kalori per hari, misalnya, maka Anda harus mampu membakar setidaknya 2.200 kalori. Syukur lebih tinggi lagi sehingga upaya menurunkan berat badan bisa berlangsung lebih cepat.

Jika tidak, ya upaya Anda untuk menurunkan berat badan bisa gagal. Tentu saja, di sini Anda harus mengetahui jumlah kalori dari tiap makanan yang Anda konsumsi. Anda harus memilih makanan atau minuman yang rendah kalori.

Rata-rata orang membutuhkan 2.000 kalori tiap hari untuk berbagai kegiatan. Kalori itu ibarat bahan bakar untuk mobil. Tanpa bahan bakar, mobil tak mungkin bisa jalan.

Tetapi, kalau kalori yang dikonsumsi melebihi kebutuhan, ya jadinya kegemukan atau berat badan tinggi.
Contoh makanan dengan kalori tinggi adalah makanan yang mengandung santan dan minyak, aneka kue tart, susu kental manis, soda, junk food dan fast food (kalori burger 400), satu porsi nasi goreng 600 kalori, dressing salad, kentang goreng, keripik kentang, dsb.

Minyak sayur dan minyak lemak hewani juga sangat tinggi kalorinya. Tiap 100 gram minyak sayur mengandung kalori 884, dan 100 gram minyak lemak hewani mengandung 902 kalori.

Anda sebaiknya menghindari makanan dengan kalori tinggi jika ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Tetapi, sebaiknya lakukan secara bertahap biar Anda tetap nyaman.

9. Tidur Malam yang Cukup

Anda harus tidur malam dalam waktu yang cukup. Yaitu, tidur 7 – 8 jam per hari. Ini akan membuat Anda bisa menurunkan berat badan sehingga Anda lebih sehat.

Penelitian terkini menyimpulkan bahwa kurang tidur bisa menyebabkan gangguan metabolisme tubuh. Akibatnya, proses pembakaran lemak pun terhambat sehingga Anda mengalami kegemukan atau obesitas.

Selain membuat Anda bisa istirahat dengan baik, tidur yang cukup juga sekaligus melakukan pemulihan tubuh dan memproduksi hormon yang bisa menjaga agar berat badan tetap normal dan sehat.

Bagaimana dengan tidur yang lamanya kurang dari 7 jam? Ya, Anda tidak bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Tidur 7 jam bisa menurunkan lemak lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidur kurang dari 7 jam.

Tidur terbaik adalah dengan posisi telentang. Mengapa? Sebab, tidur seperti ini bisa memperlancar peredaran darah sehingga bisa membantu menurunkan berat badan

Siapkan air putih di meja dekat tempat tidur. Dengan cara itu, Anda bisa langsung minum saat terbangun di malam hari. Ini akan membuat Anda lebih sehat lagi.

tidur sehat

tidur malam cukup menurunkan berat badan (sumber:qshopwanitacantik.blogspot.com)

10. Hindari Makan Malam dengan Porsi Besar

Anda sebaiknya tidak makan malam setelah pukul 19.00. Apalagi, makan malam menjelang tidur. Ini cara yang tidak baik untuk kesehatan. Anda bisa mengalami kegemukan atau obesitas.

Tetapi, ada juga dokter yang masih membolehkan Anda makan malam. Yang penting, Anda jangan makan dengan porsi besar yang bisa membuat berat badan Anda meningkat. Atau, Anda akan gagal menurunkan berat badan.

Apalagi, waktu makan Anda menjelang tidur. Tidak lama setelah makan, Anda langsung tidur. Ini cara yang tidak sehat. Sebab, selama tidur, pencernaan Anda beristirahat. Ini membuat proses pengolahan makanan yang Anda konsumsi malam hari tidak bisa sempurna.

Akibatnya, lemak Anda pun bertambah. Ini yang membuat Anda mengalami kegemukan atau badan Anda besar.

11. Sediakan Camilan yang Sehat

Anda dilarang mengonsumsi camilan yang tidak sehat secara berlebihan, terutama di malam hari. Apalagi, camilan itu berpotensi meningkatkan obesitas Anda.

Misalnya, makanan yang terlalu manis seperti donat, biskuit, permen, dan lain sebagainya. Selain menyebabkan kegemukan, makanan manis juga bisa membuat Anda berisiko kena penyakit diabetes dan kolesterol tinggi.

Minuman bersoda juga harus Anda hindari karena kandungan gulanya tinggi. Bisa menyebabkan berat badan tinggi. Makanan lain yang juga harus Anda hindari adalah keripik singkong, keripik kentang, keripik tempe, dan cake manis.

Lalu, nugget ayam, burger, sosis sapi dan sosis ayam, sereal manis, mayones, aneka krim, kopi instan, dsb. Semuanya harus Anda hindari supaya Anda tetap sehat.

Adapun makanan atau camilan yang sehat antara lain makanan yang kaya serat larut. Misalnya, kacang polong, kacang-kacangan seperti gandum, oatmeal, daging unggas tanpa kulit, ikan air tawar, alpukat, salad sayuran. dsb.

12. Hindari Makanan Minuman dengan Kadar Gula Tinggi

Makanan dan minuman manis akibat kandungan gula tinggi juga bisa menyebabkan kegemukan. Untuk itu, jika Anda ingin menurunkan berat badan, ya kurangi atau hindari makanan dan minuman yang terlalu manis.

Kini, banyak makanan dan minuman manis yang dijual di swalayan. Anda perlu hati-hati. Tubuh memang memerlukan zat gula sebagai energi. Tetapi, jika berlebihan, bisa menyebabkan kegemukan.

Bahkan, bisa juga menimbulkan penyakit diabetes atau kencing manis. Oleh karena itu, atur pola makan, termasuk mengonsumsi makanan dan minuman yang manis.

Boleh makan dan minuman yang manis-manis, tetapi dibatasi. Jangan berlebihan.

obat herbal menurunkan kegemukan

obat herbal menurunkan berat badan

13. Bantulah dengan Obat Herbal

Anda juga bisa menurunkan berat badan atau kegemukan dengan mengonsumsi obat herbal. Banyak obat herbal menurunkan berat badan yang bisa Anda konsumsi. Obat herbal dibuat dari tumbuhan obat dan umumnya bebas dari efek samping yang bisa merugikan kesehatan Anda.

Obat herbal untuk menurunkan berat badan antara lain:

1. Borobudur Herbal Diyet Pill 100’s – Obat Pelangsing, Obat Diet, Obat Penurun Berat Badan, Obat Pembakar Lemak, Menurunkan Berat Badan

2. Xenical Orlistat 120mg Obat Pelangsing Badan Anti Gemuk Asli Ampuh

3. Sea-Quill Herbal Fat Burner 50’s – Obat Pelangsing, Diet, Pembakar Lemak

4. Obat Pelangsing Tubuh Ampuh Diet For Men Man Pria Cepat Kapsul Kurus Pil Menurunkan Berat Badan Herbal Alami Penurun Berat Badan Berkualitas

5. Obat Pelangsing Tubuh Ampuh Diet For Men Man Pria Cepat Kapsul Kurus Pil Menurunkan Berat Badan Herbal Alami Penurun Berat Badan Berkualitas

6. Arma Langsing Ayu Original Obat Pelangsing Menurunkan Berat Badan

7. Obat Herbal Membantu menurunkan berat badan – Q Slim

8. Nutrimax Slim Fast 60’s – Obat Pelangsing, Obat Diet, Pembakar Lemak, Obat Penurun Berat Badan, Menurunkan Kolesterol

Demikian artikel tentang 13 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Sehat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan atau mencegah terjadinya peningkatan berat badan.

Cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan mengonsumsi obat pelangsing buatan sendiri. Ya, Anda bisa membuat sendiri dengan mudah. Bahan-bahannya tersedia di banyak tempat, khususnya di pasar tradisional ataupun pasar swalayan atau super market. Terima kasih.