21 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Cepat dan Aman

Posted on

BANYAK cara menurunkan kolesterol yang bisa Anda lakukan. Tidak sulit sebenarnya. Ya, saya mengatakan demikian karena saya pernah menderita kolesterol tinggi. Dengan pengalaman itu, kini saya punya banyak cara untuk mencegah ataupun menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat.

Awal tahun 2017 ini pun saya kembali melakukan cek kolesterol di sebuah laboratorium klinik. Hasilnya, kolesterol saya adalah 188 mg/dl. Ini berarti kolesterol saya adalah normal dan sehat. Kolesterol normal adalah 150 – 200 mg/dl.

Tentu saja, saya bersyukur dan bergembira mengetahui hasil laboratorium tentang kadar kolesterol yang menunjukkan dalam kondisi sehat atau normal. Saya tidak lagi khawatir tentang kemungkinan terkena kolesterol.

Ya, periksa kolesterol secara periodik sangat penting, terutama bagi Anda yang sudah berusia 40 tahun lebih. Sebab, banyak kasus kolesterol tidak disertai gejala atau tanda-tanda khusus seperti sakit kepala atau sakit leher bagian belakang (tengkuk).

Tanda-tanda khusus muncul setelah kadar kolesterol tinggi seperti dialami adik ipar saya, Trisyani, dengan kadar kolesterol 284 mg/dl. Karena kolesterolnya sangat tinggi dan tidak segera diobati, dia pun menderita sakit jantung dan harus opname di rumah sakit.

Kolesterol tinggi yang tidak segera diobati atau diturunkan bisa menyebakan Anda terkena sakit jantung, stroke, dsb. Kolesterol tinggi bisa menyebabkan aliran darah pembawa oksigen ke otak atau jantung terhenti akibat banyak plak di pembuluh darah.

Tentu saja, Anda tidak ingin mengalami seperti itu. Maka, cek berapa kolesterol Anda sekarang. Biaya cek kolesterol murah kok. Kalau Anda punya kartu BBJS, cek kolesterol gratis. Kalau tidak punya BBJS, biaya cek kolesterol sekitar Rp 25.000.

Jika dari hasil pemeriksaan diketahui kolesterol Anda tinggi, banyak cara menurunkannya. Anda bisa memilih cara menurunkan kolesterol dengan cepat sehingga Anda cepat sehat.

cara menurunkan kolesterol(sumber: obatbenjolandipayudara.web.id)

Daftar 21 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Cepat dan Aman

Ya, kolesterol tinggi memang harus diturunkan dengan segera. Risiko sakit kolesterol tinggi yang tidak diturunkan adalah sakit jantung, stroke, dsb. Banyak cara menurunkan kolesterol tinggi bisa Anda lakukan.

Pilih cara yang mudah, aman dan Anda bisa melakukan dengan baik. Tentu saja, cara yang Anda pilih sebaiknya disesuaikan dengan kadar kolesterol Anda.

Jika masih di bawah 240 mg/dl berarti masih pra-kolesterol tinggi. Cara menurunkannya lebih ringan dibandingkan dengan kadar kolesterol tinggi di atas 240 mg/dl.

Tanda-tanda atau gejala sakit kolesterol tinggi hampir sama dengan gejala sakit darah tinggi atau hipertensi. Tanda paling menonjol adalah kepala pusing atau tengkuk sakit.

Tanda lainnya banyak. Ada yang menyebutkan sampai 20 tanda atau gejala seperti nyeri dada, sakit di kaki dan tangan, sulit bernafas, tubuh cepat lelah, otot kaki lemah, nyeri leher dan punggung, dsb.

Ya, gejala atau tanda-tanda terkena kolesterol tinggi hampir sama dengan gejala darah tinggi. Ketika menderita kolesterol tinggi, pada awalnya saya menduga karena darah tinggi naik. Ternyata, bukan darah tinggi tetapi akibat kolesterol tinggi.

Bagaimana cara menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat?

Berikut ini ada 21 cara yang bisa Anda lakukan. Anda bisa memilih cara yang cocok dan mudah dilakukan. Selain itu, juga efektif untuk menurunkan kolesterol tinggi Anda.

Ke-21 cara menurunkan kolesterol tinggi yang bisa Anda pilih adalah:

1. Mengonsumsi obat resep dokter. Obat ini akan Anda dapatkan saat Anda periksa ke dokter. Cuma, obat kolesterol farmasi memiliki efek samping yang harus Anda perhatikan supaya di belakang hari tidak muncul gangguan kesehatan lainnya. Karena itu, obat kimiawi ini sebaiknya dijadikan alternatif terakhir.

2. Cek berapa kadar kolesterol Anda sehingga Anda bisa menyesuaikan pengobatannya. Apakah masih dalam taraf pra-kolesterol tinggi (201 – 239 mg/dl) atau sudah kolesterol tinggi (240 mg/dl ke atas). Pengobatannya sesuai dengan kadar kolesterol Anda.

3. Hindari makanan penyebab kolesterol tinggi, terutama makanan yang kandungan kolesterolnya sangat tinggi. Ini akan mempercepat penurunan kolesterol tinggi seperti saya pernah melakukannya atas saran dokter yang memeriksa saya.

buah penurun kolesterolbuah penurun kolesterol, segarrr… (sumber: visia.info)

4. Perbanyak konsumsi buah yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Banyak buah yang bisa Anda pilih untuk memperlancar cara menurunkan kolesterol dengan cepat. Misalnya, apel, pir, stroberi, dsb karena memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi.

5. Perbanyak konsumsi sayur karena sayur termasuk bahan makanan yang mengandung lemak jenuh yang rendah. Jika Anda mengonsumsi banyak sayur, maka Anda telal merasa kenyang sehingga akan sedikit mengonsumsi makanan dengan lemakĀ  jenuh.

6. Minum air putih minimal 8 gelas per hari. Banyak bukti dari berbagai penelitian bahwa konsumsi air putih yang cukup bisa menurunkan kadar kolesterol. Bahkan, tidak hanya untuk kolesterol tinggi. Kurang konsumsi air bisa membuat terjadinya gangguan kesehatan lainnya.

7. Lakukan olahraga rutin setidaknya 4 hari dalam seminggu. Tidak harus olahraga berat. Anda cukup melakukan olahraga ringan seperti lari cepat, jalan kaki, senam, jogging, bersepeda, dsb. Bagi Anda yang tidak biasa berolahraga, ini memerlukan tekad dan semangat. Kalau tidak, Anda menjadi malas untuk senam, jalan kaki pagi, dsb.

8. Tidak merokok. Ya, ini juga penting untuk bisa menurunkan ataupun mencegah kolesterol tinggi. Rokok mengandung zat akrolein yang bisa menghentikan aktivitas kolesterol baik (HDL). Padahal, HDL justru melawan lemak dan mengangkutnya ke hati dan dibuang.

9. Hindari makanan dengan kandungan lemak tidak jenuh yang tinggi. Sebab, lemak itu yang akhirnya memicu terjadinya kolesterol tinggi. Jadi, hindari makan tidak sehat untuk penderita kolesterol tinggi.

10. Hindari minuman alkohol.

11. Turunkan berat badan Anda jika Anda tergolong gemuk atau mengalami obesitas. Sebab, orang dengan berat badan berlebih sangat rentan untuk terkena kolesterol tinggi.

12. Perbanyak makanan penurun kolesterol tinggi. Misalnya makanan yang mengandung banyak omega-3 seperti ikan teri, salmon, kakap; B3 atau niasin seperti kacang tanah, tahu, tempe; mengandung serat seperti buah, sayur, beras; dan makanan yang mengandung antioksidan seperti vitamin C dan E. Semua zat dalam makanan itu bisa menurunkan kolesterol tinggi Anda.

13. Turunkan darah tinggi. Ya, ini jika Anda selain menderita kolesterol tinggi, juga menderita darah tinggi. Gejala sakit darah tinggi dan kolesterol hampir sama. Cara menurunkannya juga ada yang sama. Misalnya, makanan yang harus dihindari juga ada yang sama. Pengalaman saya, menurunkan kolesterol tinggi juga sekaligus menurunkan darah tinggi. Sangat efektif.

14. Lakukan diet kolesterol. Dengan melakukan diet kolesterol, usaha menurunkan kadar kolesterol bisa lebih fokus dan efektif. Ketika kolesterol saya tinggi, dokter yang memeriksa saya juga meminta saya untuk melakukan diet kolesterol. Selain minum obat antikolsterol, saya juga melakukan diet kolesterol. Ini membuat penurunan kolesterol berlangsung efektif.

obat herbal kolesterolobat anti kolesterol (sumber:herbalink.id)

15. Konsumsi obat herbal kolesterol tinggi. Anda bisa beli obat ini di toko obat herbal atau di toko online. Obat herbal terbuat dari tumbuhan berkhasiat obat sehingga bebas dari efek samping sehingga aman untuk jangka panjang. Banyak obat herbal kolsterol bisa Anda temukan di toko obat herbal. Harganya bisa Anda pilih sesuai keinginan Anda.

16. Konsumsi obat tradisional atau alami. Obat jenis ini juga bisa membantu untuk menurunkan kolesterol tinggi. Anda bisa membuat obat kolesterol tradisional atau alami ini dengan memanfaatkan tanaman obat. Banyak tanaman obat tumbuh liar yang bisa Anda manfaatkan untuk mengobati diri Anda atau orang lain. Atau membeli tanaman obat di pasar tradisional atau swalayan.

17. Hindari makanan dengan kandungan zat kolesterol tinggi. Antara lain kuning telur, cumi-cumi, otak sapi, otak dan kaki babi, jeroan sapi, jeroan kambing, dan jeroan babi, gajih, kerang putih (tiram), mentega dan margarin, dan kepiting. Makanan-makanan ini harus Anda hindari betul karena zat kolesterolnya sangat tinggi. Kecuali kolesterol Anda sudah normal. Anda boleh makan tetapi terbatas.

18. Buat daftar makanan yang harus Anda hindari di meja makan. Biar tiap kali Anda akan sarapan pagi, makan siang atau makan malam selalu melihat daftar itu. Anda bisa diingatkan untuk tidak melanggar larangan makan makanan atau minuman penyebab kolesterol tinggi.

19. Hindari makan di luar rumah seperti di rumah makan atau restoran. Sebab, makanan di rumah makan dan restoran mengandung banyak lemak dan zat kolesterol lainnya. Makanan di rumah makan dan restoran memang dibuat untuk memanjakan lindah konsumen supaya mereka merasa puas. Bukan disiapkan untuk penderita penyakit tertentu.

20. Hindari stres. Ya, stres juga bisa meningkatkan kadar kolesterol Anda menjadi kolesterol tinggi. Banyak cara untuk menghindari stres. Tetapi, yang lebih penting adalah kemauan untuk menghindari stres, yaitu dengan menahan diri. Jadi, cara yang utama untuk menghindari stres adalah berlatih untuk tidak mudah marah dan emosional. Misalnya, buat tidur, menyibukkan diri untuk melakukan suatu kegiatan, menghindari sumber stres, dsb.

21. Konsumsi makanan sehat dan bergizi yang membuat Anda tetap sehat dan tidak mudah kena kolesterol tinggi. Misalnya makanan yang mengandung kedelai. Puding kedelai tanpa gula, susu kedelai, kacang edamame, dan tahu. Mengonsumsi 0,5 ons dari makanan-makanan itu bisa mengurangi kolesterol setidaknya 6.

Demikian artikel mengenai 21 cara menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat yang bisa Anda pilih. Cara ini juga bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kolesterol tinggi. Atau dengan kata, ke-21 tips ini adalah cara untuk membuat kolesterol Anda selalu normal dan sehat.

Selamat untuk hidup sehat tanpa kolesterol tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *