Cara Jitu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat Apa Pun

Posted on

ANDA ingin menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara mudah tanpa obat? Ya, Anda tentu bisa. Tetapi, Anda harus memahami perilaku penyakit darah tinggi Anda dan bagaimana cara menurunkannya dengan mudah.

Saya telah berkali-kali menurunkan tensi darah tinggi tanpa obat, baik obat dokter ataupun obat herbal. Hasilnya, sangat baik.

Cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat saya lakukan untuk menghindari efek samping dari pemakaian obat. Selain itu, saya ingin meningkatkan pengetahuan dan keterampilan saya menangani penyakit darah tinggi.

Ya, siapa tahu nanti saya bisa jadi ahli. Ahli membantu siapa saja yang ingin sukses menstabilkan tekanan darahnya. Tak ingin tensinya sering naik tanpa kendali.

Saya tidak ingin mengalami nasib seperti beberapa kenalan saya yang akhirnya menderita sakit stroke akibat tidak sungguh-sungguh menurunkan darah tinggi mereka.

Jika Anda sungguh-sungguh melakukan berbagai cara yang dianjurkan dokter maupun dariĀ  pengalaman sendiri, kemungkinan besar Anda bisa menurunkan tekanan darah Anda sehingga selalu dalam posisi normal.

Tetapi, ini memerlukan kesungguhan dan ketekunan. Saya sudah 26 tahun ini menyandang sakit hipertensi atau darah tinggi. Dengan banyak pengalaman yang saya lalui, saya sekarang bisa mengendalikan tekanan darah tinggi saya sehingga selalu sehat.

Walau, pada awalnya saya harus jatuh bangun karena minimnya pengetahuan tentang darah tinggi. Ya, pengetahuan tentang tekanan darah tinggi sangat diperlukan supaya Anda tidak tergantung pada dokter, pada obat darah tinggi, atau lainnya.

Sebaliknya, Anda bisa mengatur diri sendiri untuk selalu hidup sehat dan bebas dari darah tinggi. Atau setidak-tidaknya, saat tensi darah Anda naik, Anda bisa segera menurunkannya dengan cepat.

Tentu saja, menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat apa pun. Bahkan, juga bisa melakukan cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat. Woowww… nyaman rasanya hidup tanpa gangguan darah tinggi.

Kunci Sukses Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

tensimeter digital

cek darah tinggi menggunakan tensimeter digital yang benar (atas) dan salah (bawah).(sumber:bukalapak.com)

Kunci sukses menurunkan tekanan darah tinggi adalah diet hipertensi. Bukan obat. Biar Anda minum obat tiap hari, tetapi jika Anda tidak melakukan diet hipertensi atau diet darah tinggi, ya tensi darah Anda tetap tinggi.

Tidak percaya? Coba saja. Saya punya teman sekantor tempat kerja yang juga menderita darah tinggi. Ia rajin periksa dokter dan mengonsumsi obat dari resep dokter. Bahkan, pernah beberapa kali masuk rumah sakit.

Tetapi, di sisi lain ia sering mengonsumsi makanan penyebab darah tinggi. Ya, tekanan darah tingginya sulit untuk turun. Makanan yang dikonsumsi menyebabkan tekanan darahnya naik. Ada kontradiksi antara obat darah tinggi dan makanan yang dikonsumsi.

Lain halnya jika Anda melakukan diet. Yaitu, menghindari makanan dan minuman penyebab darah tinggi. Ini membuat obat yang Anda konsumsi tidak mendapatkan perlawanan dari mana pun. Hasilnya, tensi darah Anda bisa turun dengan cepat.

Ya, benar. Upaya Anda menurunkan tekanan darah tinggi akan mencapai sukses dengan cepat. Anda kembali sehat.

Diet hipertensi sangat diperlukan, terutama saat usia Anda sudah lanjut, misalnya 60 tahun lebih. Dalam usia lanjut, daya tahan tubuh menurun. Ini berarti tensi darah tinggi Anda mudah naik ketika Anda mengonsumsi makanan larangan.

Tentu saja, pengalaman tiap orang dalam hal ini tidak sama. Tetapi, daya tahan fisik sangat menentukan kemampuan Anda untuk merespon berbagai makanan yang Anda konsumsi.

Dulu, saya mengonsumsi masakan dengan kuah santan kelapa tetap sehat. Namun, setelah usia 60 tahun, tensi saya langsung naik begitu saya makan dengan kuah santan kelapa. Ketika saya menghindari makanan dengan santan kelapa, saya pun tetap sehat. Tensi darah tidak naik.

Pada hari raya Idul Fitri beberapa tahun terakhir, saya tetap sehat karena menghindari konsumsi santan kelapa untuk sajian lontong opor. Sebelumnya, tensi darah saya selalu naik tiap kali usai lebaran Idul Fitri setelah usia menginjak usia kepala 6. Lalu, saya evaluasi.

Setelah memastikan penyebab tensi darah naik usai Lebaran adalah santan kelapa, pada Idul Fitri tahun berikutnya saya menikmati sajian lontong opor tanpa kuah santan kelapa. Hasilnya, darah tinggi saya tidak naik dan saya tetap sehat.

Saya punya tetangga. Pak Joko namanya. Dua bulan sebelum kena sakit stroke, saya telah meminta dia untuk diet hipertensi. Tetapi, dia keberatan dengan berbagai alasan.

Kini, dia sedang berusaha keras untuk mengembalikan kesehatannya dengan cara menurunkan tekanan darah tingginya. Saya doakan semoga usahanya itu berhasil.

Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet Hipertensi

makanan pantangan darah tinggisate, makanan pantangan hipertensi yang harus anda hindari (sumber:obattradisionalpenyakitamandel.blogspot.com)

Berikut ini adalah beberapa cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan mudah tanpa obat apa pun. Caranya, ya dengan diet hipertensi. Ada beberapa makanan yang harus Anda hindari selama diet karena makanan-makanan tersebut adalah penyebab tensi Anda naik.

Jika Anda mampu melakukan diet hipertensi dengan baik, maka Anda akan berhasil menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat.

Sebaiknya Anda melakukan diet hipertensi secara bertahap. Jangan drastis atau serentak. Ini bisa menimbulkan kekagetan pada tubuh Anda sehingga Anda merasa lemas. Lakukan diet hipertensi bertahap.

Misalnya, tiap hari Anda makan tempe goreng 3 potong. Kini, kurangi dua potong. Setelah beberapa hari, mulai tinggalkan tempe goreng dan ganti dengan lauk pauk lain yang bukan aneka gorengan. Jadi, dietnya dilakukan bertahap.

1. Garam, Katakan Tidak

Garam merupakan salah satu penyebab naiknya darah tinggi sudah dikenal oleh kebanyakan orang. Tetapi, yang sulit adalah menghindari konsumsi garam berlebihan yang bisa menyebabkan tensi darah naik.

Oleh karena itu, Anda harus membuat strategi atau cara bagaimana Anda bisa sukses untuk melakukan diet garam.

Misalnya, masakan yang disajikan kepada Anda harus rendah garam. Jangan disamakan dengan masakan yang disajikan kepada anggota keluarga lainnya.

Anda harus berani mengatakan tidak jika masakan yang disajikan kepada Anda mengandung banyak garam (sangat asin). Sangat banyak makanan yang mengandung garam tinggi, bukan hanya kuah. Roti, misalnya. Umumnya mengandung garam tinggi.

Makanan ringan, camilan, kue asin, keripik, bumbu salad, dan sebagainya termasuk makanan dengan tinggi garam.

Kurangi makan di luar seperti di restoran, rumah makan atau di mana pun yang masakannya untuk orang sehat. Bukan untuk penderita hipertensi seperti Anda. Umumnya masakan mereka tinggi garam.

Jika terpaksa, ya ambil menu yang aman bagi Anda, penderita darah tinggi. Atau, Anda berlangganan katering makanan sehat. Menu makanan disesuaikan dengan sakit Anda.

2. Gula Pasir, Cari Pemanis Lainnya

Gula pasir dan semua jenis makanan manis yang bisa membuat darah tinggi naik harus Anda hindari. Mengapa? Makanan manis bisa menyebabkan darah mengental sehingga ada risiko aliran darah tidak lancar. Misalnya, roti, kue kering, kue basah, gula-gula, permen, dsb.

Apalagi, jika di dinding arteri atau pembuluh darah telah banyak plag-plag akibat lemak. Aliran darah menuju jantung atau otak menjadi tidak lancar. Atau terjadi penyumbatan yang bisa menyebabkan terjadi stroke atau sakit jantung.

Anda harus hindari berbagai makanan manis karena gula pasir. Itulah cara jitu untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan mudah.

3. Makanan dengan Lemak Jenuh

Anda sebaiknya menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh seperti lemak pada daging sapi, domba (kambing) atau minyak sawit. Asupan berlebihan atas lemak trans atau lemak jenuh bisa menyebabkan kegemukan. Kondisi ini mudah membuat Anda terkena penyakit darah tinggi.

aneka gorenganhindari aneka gorengan untum menurunkan hipertensi (sumber:vemale.com

4. Makanan Aneka Gorengan

Makanan digoreng atau aneka gorengan juga bisa meningkatkan tensi darah tinggi Anda. Diet atau meninggalkan konsumsi makanan digoreng memang sulit. Apalagi, jika tiap hari lauk makan Anda adalah aneka masakan gorengan. Meninggalkan makanan satu ini tentu tidak mudah.

Tetapi, karena Anda telah bertekad untuk hidup sehat, ya Anda harus berani meninggalkan makanan aneka gorengan. Saya pun merasakan seperti itu. Meninggalkan aneka masakan gorengan bukan hal mudah. Apalagi, tempe goreng, tahu goreng, ikan goreng, dsb.

Untuk itu, Anda bisa melakukan bertahap. Tetapi harus nyata bahwa Anda benar-benar ingin menghindari makanan aneka gorengan. Hanya demi makanan, jangan korbankan kesehatan tensi darah Anda. Anda harus mampu menurunkan darah tinggi Anda. Jika tidak, Anda bisa berisiko kena stroke.

5. Daging Merah seperti Daging Sapi, Domba..

Daging merah harus Anda hindari karena bisa meningkatkan tensi darah Anda, terutama daging kambing atau domba.

Tetapi, sekali lagi, pelaksanaannya bisa Anda sesuaikan dengan kondisi kesehatan tensi Anda. Caranya, Anda mencoba makan daging kambing. Setelah satu hari, coba ukur tekanan darah Anda. Ada kenaikan tensi atau tidak. Jika tidak ada, berarti Anda aman. Jika tensi naik tinggi, hentikan untuk makan daging kambing atau domba.

Mengapa? Karena makanan daging kambing membuat kondisi kesehatan Anda memburuk. Berarti daging berpengaruh tidak baik untuk tensi darah Anda.

Ya, hasil penelitian ahli memang berbeda-beda. Cara terbaik menyikapinya adalah lihat prakteknya. Berpengaruh negatif atau positif, yaitu tensi darah Anda naik atau tidak.

Tidak usah diperdebatkan. Tetapi, lihat saja kenyataannya. Ini saya kira lebih nyata. Anda harus selalu berpikir untuk menurunkan darah tinggi Anda, bukan sebaliknya.

Perbanyak Makan Buah Penurun Darah Tinggi

Selain menghindari makanan yang menyebabkan tekanan darah Anda naik, Anda perlu memperbanyak konsumsi buah penurun darah tinggi. Banyak buah yang punya khasiat untuk menurunkan darah tinggi. Bahkan buah segar dan manis sehingga Anda pasti suka mengonsumsi.

Misalnya, semangka, melon, anggur, stroberi, jeruk, apel, dsb. Selengkapnya baca 9 Buah Penurun Darah Tinggi Favorit Saya.

Demikian antara lain beberapa makanan yang harus Anda hindari atau konsumsi jika ingin sukses menurunkan tekanan darah tinggi. Ini adalah cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat.

Banyak orang menderita sakit stroke atau sakit jantung karena kurang sungguh-sungguh dalam mengendalikan hipertensi mereka.

Lakukan cara jitu menurunkan tekanan darah tinggi sehingga Anda tetap sehat. Ya, tidak ada kesuksesan tanpa perjuangan atau kerja keras. Anda memang harus rela menghindari makanan pantangan demi kesehatan Anda. Walau makanan yang harus dihindari itu adalah favorit (kesukaan) Anda.

Tetapi, jika tensi darah sangat tinggi, misalnya, 170/100 mmHg, ya Anda harus mengonsumsi obat darah tinggi sebagai penurun darah tinggi utama. Sementara, diet hipertensi adalah sebagai pendukung. Cara lain adalah menurunkan darah tinggi secara alami.

Jika Anda sudah biasa dan punya kemampuan mengendalikan tensi darah Anda, maka Anda bisa menjadikan diet hipertensi sebagai cara utama untuk membuat tekanan darah normal. (Tekanan darah normal antara 120/80 – 140/90 mmHg).

Semoga artikel tentang beberapa cara menurunkan tekanan darah tinggi degan cepat ini bermanfaat bagi Anda semua, khususnya penderita hipertensi yang kini berjuang keras untuk menurunkan tekanan darah mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *