20 Cara Tepat untuk Menyembuhkan Stroke Sebelah Kiri

STROKE sebelah kiri adalah jenis stroke berat. Cara penyembuhannya tidak mudah dan memakan waktu. Selain itu, stroke jenis ini juga membuat penderitanya mengalami gangguan daya ingat atau memori.

Oleh karena itu, Anda harus hati-hati dan waspada. Hindari terjadinya stroke sebelah kiri pada diri Anda. Tetapi, jika sudah kena ya pelajari cara menyembuhkan stroke sebelah kiri dengan baik dan terapkan secara sungguh-sungguh.

Saya punya kenalanan Prof Dr Ali Mansyur SH MHum. Ia menderita stroke yang membuat tubuhnya di bagian kanan lumpuh. Padahal, ia masih muda dan energik. Banyak cita-cita yang dicanangkan.

Salah satu karyanya adalah pendirian lembaga pendidikan berkualitas tinggi. Ia dan timnya pernah studi banding ke Tiongkok, Singapura, Malaysia dan Australia. Rencananya juga ke Thailand.

Tetapi, satu setengah tahun lalu ia menderita stroke sebelah kiri. Sebutan stroke sebelah kiri adalah dari sisi otak yang terkena kerusakan akibat aliran darah terhambat, yaitu otak kiri. Tetapi, bagian tubuh yang mengalami kelumpuhan adalah bagian kanan.

Jadi, terjadi silang. Stroke sebelah kiri ini sangat berat. Terapi stroke jenis ini bisa sangat lama karena penyakit ini menyerang otak bagian kiri yang berfungsi sebagai daya ingat manusia.

Apalagi, jika stroke terjadi akibat pecahnya pembuluh darah menuju otak atau disebut stroke hemoragik. Pengobatan stroke jenis ini tidak mudah. Bahkan, dalam beberapa kasus, penderita akhirnya meninggal dunia.

Tetapi, jika stroke sebelah kiri terjadi akibat pasokan darah pembawa oksigen ke otak terhalang oleh plak-plak pada pembuluh darah, cara menyembuhkan stroke sebelah kiri ini tidak seberat stroke akibat pembuluh darah pecah.

Dalam beberapa kasus, penderitanya bisa kembali sehat dengan penanganan yang tepat dan serius.

cara menyembuhkan stroke sebelah kiri terapi stroke sebelah kanan (copy:batstroketradisionalalami.wordpress.com)

Penyakit Stroke Juga Menyerang Usia Muda

Kini, penyakit stroke tidak hanya diderita oleh orang tua. Penyakit stroke juga menimpa kalangan muda usia 20 – 40 tahun. Bahkan, ada juga anak usia 12 tahun terkena stroke. Ini tidak lain akibat pergeseran pola hidup dan pola makan seiring dengan kemajuan zaman.

Kondisi ini bisa mengakibatkan banyak orang stres. Misalnya, mereka bekerja siang malam untuk mengejar pendapatan yang bisa mencukupi kebutuhan hidupnya.

Ditambah pola makan yang tidak sehat. Sering mengonsumsi makanan cepat saji demi kepraktisan. Misalnya mengonsumsi mi instan, kentang goreng, hot dog, pizza, nugget ikan, burger, stick keju, dsb. Ini semua bisa menjadi penyebab terjadi stroke pada diri seseorang.

Sibuk bekerja tetapi tidak pernah olahraga. Berangkat kerja pagi buta dan pulang kerja petang hari, bahkan malam hari. Sampai rumah sudah lelah. Tidak sempat beraktivitas yang bisa membuat badan dan pikiran sehat.

Itu terus berulang hingga bertahun-tahun.

Ibarat kendaraan yang terus dipacu tiap hari tanpa istirahat dan perawatan memadai. Ya, kian lama makin banyak bagian kendaraan yang aus dan rusak akibat terus-menerus harus bekerja.

Sebab dan Proses Terjadinya Penyakit Stroke

Jika ternyata Anda telah terkena stroke, terapi apa yang bisa cepat menyembuhkannya? Bagaimana bentuk terapi stroke yang harus dijalankan?

Ini pertanyaan besar bagi semua penderita stroke. Mereka ingin sekali segera menemukan terapi atau cara penyembuhan yang bisa membuat dirinya kembali sehat.

Penyakit stroke adalah gangguan fungsi otak. Ini terjadi karena adanya gangguan aliran darah ke otak. Aliran darah pembawa oksigen dan nutrisi tidak bisa nyampai ke otak akibat terhalang oleh plak-plak di pembuluh darah.

Apalagi, jika kondisi itu akhirnya membuat pembuluh darah pecah. Bagi orang tua, terkadang pembuluh darah mereka mengeras akibat usia dan menyempit sehingga menghalangi sirkulasi darah pembawa oksigen.

Atau akibat adanya plak-plak yang menghalangi jalannya aliran darah pembawa oksigen ke otak. Terhentinya pasokan oksigen ke otak bisa menyebabkan sel-sel otak mati dan terjadilah penyakit stroke.

Tetapi, bagi penderita usia muda, penyebab stroke umumnya karena stres, konsumsi narkoba, alkohol, keturunan, dan melakukan gaya hidup yang tidak sehat.

Penyebab stroke lainnya adalah kolesterol tinggi akibat banyak mengonsumsi makanan cepat saji atau makanan yang tidak sehat seperti telah disebutkan di atas.

Untuk mencegah terjadinya stroke yang lebih parah, penderita harus segera mendapatkan pengobatan dari dokter. Maka, penderita stroke harus segera dilarikan ke rumah sakit begitu diketahui ia menderita stroke.

Banyak pengobatan stroke yang bisa Anda lakukan. Selain pengobatan dokter atau secara medis, bisa pula dengan mengonsumsi obat herbal stroke atau melakukan terapi stroke. Baik terapi fisik, terapi bicara atau terapi kerja.

Ada juga terapi pijat. Tetapi, umumnya ahli medis menyatakan terapi pijat belum dibuktikan kemanjurannya secara ilmiah. Ini masih jadi perdebatan para ahli.

Yang jelas, pengobatan stroke tidak mudah. Memakan banyak energi dan waktu. Kesabaran sangat dituntut dari penderita ataupun keluarganya.

Jangankan stroke berat, pengobatan stroke ringan pun memerlukan waktu cukup lama. Meskipun, sebagian stroke ringan bisa disembuhkan.

Tetangga saya, Bapak Joko Waluyo, sudah satu setengah tahun menderita stroke ringan (30%). Sampai kini, masih belum normal. Menggerakkan salah satu tangan untuk singkron dengan tangan satunya saja belum bisa.

Kesehatannya masih naik turun atau fluktuatif. Belum stabil. Meskipun pengobatan dan terapi stroke terus dia lakukan.

obat stroke herbalobat stroke herbal

Gejala dan Cara Menyembuhkan Stroke Sebelah Kiri

Berikut ini adalah gejala stroke dan cara menyembuhkan stroke sebelah kiri. Sekali lagi, pengobatan atau terapi stroke memang memerlukan kesabaran yang tinggi karena butuh waktu lama. Apalagi, penyembuhan stroke sebelah kiri akibat pembuluh darah pecah.

Ke-20 cara terapi stroke sebelah kiri adalah:

1. Penderita mengalami sakit kepala yang cukup hebat di bagian belakang. Apalagi, sakit kepala terjadi terus-menerus. Berarti ada sel-sel otak yang mati. Penyaki stroke ini umumnya menyerang mereka yang selalu bekerja keras, kurang istirahat, dan kurang asupan makanan sehat.

2. Tengkuk atau leher belakang sering merasa pegal. Demikian pula rasa pegal di bahu. Itu bisa jadi adalah gejala stroke. Rasa pegal ini tanda tersumbatnya aliran darah akibat plak-plak di dalam pembuluh darah.

3. Mudah lupa. Ini juga bisa merupakan gejala terjadinya stroke sebelah kiri. Oleh karena itu, perhatikan asupan nutrisi makanan dan oksigen. Sebab, kekurangan asupan nutrisi dan oksigen bisa menjadi penyebab stroke sebelah kiri.

4. Mengalami kelumpuhan atau sulit bergerak pada tubuh bagian kanan.

5. Pingsan dan tubuh jatuh pada bagian kanan. Jika terjadi demikian, biarkan saja. Jangan langsung ditolong. Anda dan siapa pun yang menyaksikan tidak perlu panik.

6. Menderita degradasi kesadaran pada bagian tubuh sebelah kanan

7. Sulit untuk berjalan dan mengingat sesuatu. Bahkan, terkadang juga sulit untuk menelan

8. Mengalami kesulitan untuk membaca, menulis dan berbicara .

9. Adakalanya berubah menjadi lebih sensitif.

10. Minta tolong keluarga untuk segera diantar ke rumah sakit supaya cepat mendapatkan pertolongan dokter sehingga strokenya tidak parah. Usahakan pertolongan medis bisa didapatkan sebelum 3 jam dari kejadian.

11. Setelah mendapat pertolongan dari dokter, tentu Anda harus mengonsumsi obat dari dokter dan mematuhi saran-saran lain dari dokter.

12. Perbaiki pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat. Misalnya banyak makan buah, sayur, ikan, dan minum 8 gelas air putih tiap hari.

13. Konsumsi obat alami seperti obat herbal juga sangat baik. Itu akan menghindarkan Anda dari efek samping obat. Banyak obat herbal stroke dijual di toko obat herbal atau toko online.

14. Hindari makanan penyebab stroke. Misalnya, makanan tinggi garam, makanan tinggi gula, dan makanan yang mengandung bahan pengawet seperti makanan dalam kaleng.

15. Hindari konsumsi roti karena banyak kandungan gula, garam dan bahan pengawet. Jika ingin mengonsumsi roti, maka pilih roti dari gandum.

16. Hindari konsumsi makanan yang menggunakan margarin dan keju. Itu hanya akan menambah sakit stroke Anda meningkat lagi.

17. Hindari minuman dengan banyak gula, termasuk soft drink dan minuman-makanan manis lainnya.

18. Hindari makanan aneka gorengan seperti ayam goreng, daging goreng, tempe goreng, dsb. Ganti dengan makanan rebus, panggang, dll.

19. Hindari makanan banyak lemak. Misalnya, daging sapi, kambing, dsb. Demikian pula kuning telur, kulit ayam, telur puyuh, jeroan, dsb.

20. Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, senam, jogging, bersepeda, angkat barbel, dsb.

Demikian artikel mengenai 20 cara menyembuhkan stroke sebelah kiri. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.