Connect with us

Asam Urat

Cara Merebus Daun Salam untuk Menyembuhkan Asam Urat

Published

on

JIKA penyakit asam urat Anda sering kambuh, Anda tidak perlu khawatir. Minum saja rebusan daun salam. Cara merebus daun salam untuk asam urat tidak sulit. Ambil beberapa lembar daun salam, bersihkan, lalu direbus.

Hasil rebusan itulah yang harus Anda minum. Tentulah setelah disaring sehingga potongan-potongan daun tak akan ikut terminum. Air rebusan daun salam yang akan Anda minum sudah memenuhi syarat untuk menyembuhkan asam urat Anda.

Meskipun asam urat bukan penyakit berat, tetapi jika sering kambuh sangat menyiksa. Di sekitar sendi, khususnya di sendi jari-jari kaki atau lutut, jika asam urat kambuh terasa sangat nyeri. Terkadang juga disertai bengkak dengan warna kemerah-merahan.

Jika kambuh, mungkin Anda semalaman tidak bisa tidur. Atau bisa tidur tetapi tidak bisa tenang akibat rasa nyeri yang tidak tertahankan. Anda pun harus istirahat beberapa hari di tempat tidur karena sakit sendi atau asam urat.

Bahkan, tetangga saya sampai harus masuk rumah sakit akibat penyakit asam urat yang dideritanya kambuh.

Pertanyaannya, bagaimana cara menghindari sakit asam urat? Bagaimana mencegah supaya Anda tidak kena sakit asam urat atau bagaimana supaya asam urat tidak sering kambuh?

cara merebus daun salam untuk asam urat
sumber:youtube.com

Asam Urat Tak Diobati Bisa Menyebabkan Sakit Batu Ginjal dan Tulang Keropos

Ya, asam urat adalah sakit sendi. Mirip sakit rematik, tetapi tidak sama persis. Sakit asam urat terjadi akibat zat purin yang Anda konsumsi tidak bisa semuanya diolah oleh ginjal untuk menjadi urin.

Di antara penyebabnya karena sering mengonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan zat purin tinggi. Melalui proses metabolisme, zat purin diubah menjadi asam urat.

Jika asam urat yang dihasilkan dari konsumsi zat purin berlebihan, maka ginjal tidak bisa memproses semuanya. Sisanya mengalir ke beberapa sendi dan berproses menjadi kristal-kristal yang makin lama semakin banyak (menumpuk).

Akhirnya terjadilah penyakit asam urat yang ditandai dengan rasa nyeri yang tidak tertahankan di beberapa sendi dan bengkak di sekitarnya. Ini membuat sendi terasa sakit saat digerakkan.

Penyakit asam urat yang tidak disembuhkan bisa menyebabkan ginjal Anda terganggu. Bahkan, bisa terjadi penyakit batu ginjal. Selain itu, tulang di sekitar sendi bisa keropos (pengeroposan tulang).

Oleh karena itu Anda harus berusaha keras untuk menyembuhkan sakit asam urat. Jika bisa, Anda harus mencegah asam urat tidak sering kambuh. Syukur bisa sembuh dari asam urat.

Bagi Anda yang belum terkena sakit asam urat, harus berusaha jangan sampai terkena penyakit ini. Kadar asam urat harus diupayakan agar tidak naik melebihi ketentuan. Atau selalu dalam keadaan asam urat normal.

Kadar asam urat yang sehat atau normal adalah:

Perempuan: 2.4–6.0 miligram per desiliter (mg/dL)
Laki-laki: 3.4–7.0 mg/dL
Anak-anak: 2.0–5.5 mg/dL

Anda bisa mengukur asam urat Anda di laboratorium puskesmas, rumah sakit atau klinik kesehatan.

Tetapi, Anda juga bisa menggunakan alat ukur asam urat digital jika Anda punya alat itu. Kini, banyak dijual alat ukur asam urat digital dengan harga bervariasi.

Dengan alat ukur asam urat sendiri, Anda bisa mengetahui perkembangan asam urat Anda kapan saja. Bagi Anda yang sudah kena asam urat penting memiliki alat ini. Cara penggunaannya sangat mudah.

Jika hasilnya menunjukkan kadar asam urat Anda tinggi, Anda harus menyembuhkannya segera. Salah satu caranya dengan mengonsumsi rebusan daun salam.

Bagaimana caranya? Ya, ikuti uraian berikutnya.

Bagaimana Cara Merebus Daun Salam untuk Asam Urat?

Ada beberapa cara merebus daun salam untuk asam urat. Anda bisa menggunakan daun salam kering atau daun salam segar.

Untuk membuat rebusan daun salam kering, Anda sediakan 10 lembar tang sudah dijemur di bawah sinar matahari. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel di permukaan daun sebelum diolah menjadi obat tradisional. Atau bersihkan dengan air mengalir di bawah kran.

Peralatan yang digunakan merebus daun salam untuk asam urat sebaiknya menggunakan panci, ketel, atau ceret. Anda bisa merebus 10 gelas air bersih memakai api sedang.

Sesudah airnya mendidih, api dikecilkan. Lalu, masukkan 10 lembar daun salam kering. Api kembali dibesarkan hingga air mendidih dan tersisa 7 gelas.

Setelah air rebusan agak dingin, Anda bisa meminum rebusan daun salam secara teratur per hari 1 – 2 kali.

Sebelum air rebusan daun salam diminum, Anda bisa menyimpannya di tempat penyimpanan yang tetutup dan kedap udara. Tujuannya supaya khasiat air rebusan daun salam tetap bertahan selama 2 – 3 hari.

Sebelum diminum, ada baiknya Anda panasi dulu sehingga terasa hangat.

Selama minum air rebusan daun salam, Anda harus menghindari konsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi. Misalnya ikan sarden, kerang, cumi, udang, daging bebek, angsa, burung, jeroan (hati, ampela, usus, otak, paru dll).

Hindari juga ekstrak daging atau kaldu instan dan makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan ragi. Misalnya, tapai, brem, donat, roti, dan makanan fermentasi lainnya.

Cara merebus daun salam untuk asam urat lainnya yang lebih sederhana adalah:

Siapkan 10 lembar daun salam yang bagus dan utuh. Air untuk merebus sekitar 700 cc atau secukupnya. Tambahkan satu batang sere.

Cara merebusnya adalah cuci daun salam dan sere. Lalu, bahan dimasukkan ke dalam tempat rebusan. Tunggu sampai airnya mendidih. Setelah cukup, angkat tempat rebusan. Sebelum diminum, air rebusan disaring dulu.

Silakan minum air rebusan daun salam 1 – 2 kali sehari. Sekali minum 1 gelas. Mudah kann??

Obat Herbal dari Daun Salam

Jika Anda tidak ingin membuat rebusan daun salam sendiri, Anda bisa membeli herbal asam urat dari daun salam yang sudah jadi. Anda tinggal mengonsumsi. Ada yang berbentuk kapsul, tablet atau bubuk. Antara lain:

1. HIU Herbal Tunggal Obat Herbal Daun Salam – 60 Kapsul

Sesuai dengan namanya, obat herbal ini dibuat dari daun salam. Obat herbal ini dalam bentuk kapsul. Kandungan kimia dari daun salam adalah minyak atsiri (0,05%) yang mengandung sitral, eugenol, tanin dan flavonoida. Hiu Herbal terdiri dari berbagai ukuran sehingga harganya juga bervariasi.

2. Kapsul Salam Meredakan Pegal Linu dan  Nyeri di Sendi

Anda juga bisa mengonsumsi kapsul dari salam. Selain untuk meredakan atau menyegah penyakit asam urat, kapsul salam juga bisa Anda gunakan untuk mengobati kolesterol tinggi, maag akut, diabetes, dsb.

Dua jenis obat herbal dari daun salam di atas hanyalah contoh. Masih banyak merek obat herbal dari daun salam yang bisa Anda dapatkan di tokok-toko obat online atau offline.

Daun salam memang bisa menyembuhkan banyak penyakit. Bukan hanya asam urat. Tetapi, juga menyembuhkan diabetes, darah tinggi, kolesterol, dsb.

Sekian artikel mengenai cara merebus daun salam untuk asam urat dan semoga bermanfaat.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.