Cara Merebus Daun Sirsak yang Benar untuk Diabetes

Diposting pada

BAGAIMANA cara merebus daun sirsak untuk diabetes? Khasiat daun sirsak sangat besar. Bisa Anda gunakan untuk mengatasi dan menyembuhkan banyak penyakit, salah satunya adalah penyakit diabetes.

Tanaman sirsak bisa tumbuh di mana saja. Cara penanamannya sangat mudah. Anda bisa menanamnya di depan atau samping rumah. Biarpun di atas tanah yang sempit seperti di kota-kota besar, Anda tidak terlalu sulit unutk menanam buah sirsak.

Selain buahnya, Anda juga bisa memanfaatkan daun sirsak untuk pengobatan. Pohon sirsak tidak tumbuh besar seperti mangga. Oleh karena itu, menanam pohon sirsak tidak area yang luas.

Buah sirsak bisa dikonsumsi setelah tua dan matang (masak). Rasanya manis asam. Selain dikonsumsi, buah sirsak juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Demikian pula daun sirsak. Bahkan, kini banyak dijual obat herbal yang dibuat dari daun sirsak.

Misalnya, Ace-Max’s Obat Herbal Kulit Manggis Dan Daun Sirsak, Dain Sorsak / Obat Kanker/ Herbal/ Tumor, Herbal Green Gold Graviola – Ekstrak Daun Sirsak Cair Obatm, HIU Herba Tunggal Obat Herbal Daun Sirsak – 60, dan masih banyak lagi.

Anda tinggal memilih obat herbal mana yang Anda inginkan. Anda tidak perlu repot membuat sendiri. Harga herbal dari daun sirsak sangat banyak. Ada yang berupa tablet atau pil, kapsul dan obat herbal cair.

Ada juga dokter yang menyarankan pasiennya untukĀ  merebus daun sirsak sebagai obat menyembuhlan sakitnya. Misalnya dr Paulus Wahyudi Halim Med Chir, lulusan Universitas Degli Studi Padova, Italia. Ia sering menyarankan pasiennya yang menderita sakit kanker untuk minum seduhan daun sirsak.

Ya, khasiat rebusan daun sirsak untuk banyak penyakit.

cara merebus daun sirsak untuk diabetes

3 Cara Merebus Daun Sirsak untuk Menyembuhkan Diabetes

Ya, jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa mendapatkan herbal daun sirsak atau obat herbal daun sirsak buatan pabrik. Anda bisa mendapatkan herbal daun sirsak di toko obat herbal atau beli di toko-toko online yang menjual obat herbal.

Tetapi, jika Anda ingin membuat sendiri obat diabetes dari daun sirsak, ya silakan. Cara membuatnya tidak sulit. Bahkan, bisa dikatakan sangat mudah.

Berikut ini beberapa cara merebus daun sirsak untuk diabetes. Anda bisa memilih cara mana yang ingin Anda gunakan untuk membuat ramuan daun sirsak untuk menyembuhkan diabetes.

1. Salah satu cara adalah dengan merebus 10 hingga 15 helai daun sirsak.

Pilih daun sirsak yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Sebelum direbus, daun sirsak sebaiknya dicuci dulu biar bersih. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih.

Lalu, air rebusan disaring dan hasilnya bisa Anda minum. Tentu saja, tunggu sampai air rebusan daun sirsak agak dingin. Anda bisa minum 3 – 4 kali per hari. Jangan minum rebusan daun sirsak berlebihan karena bisa membuat Anda keracunan.

Waktu minum sebaiknya sebelum makan. Jangan sesudah makan.

2. Anda juga bisa membuat minuman dari daun sirsak kering

Cara mengeringkan bisa dengan dibiarkan di mana pun asal tidak kena sinar matahari.

Atau dijemur tetapi daun sirsak ditutup dengan kain biar tidak terkena sinar matahari. Tujuannya supaya kandungan zat dalam daun sirsak tidak berkurang, atau bahkan hilang, akibat sinar matahari.

Cara membuat minuman dari daun sirsak bisa seperti membuat minuman teh. Siapkan air mendidih, daun sirsak kering dipotong kecil-kecil dan dimasukkan ke air yang disiapkan. Atau, daunnya direbus seperi cara nomor satu.

3. Anda juga bisa membuat green smoothies daun sirsak tambah buah.

Bisa untuk menyembuhkan diabetes, sakit jantung, darah tinggi, berbagai kanker, dsb.

Bahan bahannya adalah 1 genggam daun sirsak, 100 gram buah kiwi, 100 gram buah jeruk, 1 potong jahe dan 1 sendok teh biji kenari.

Cara mengolahnya adalah daun sirsak potong kecil-kecil. Tentu saja, sebelumnya daun dicuci dulu. Peras jeruk manis, baik secara manual atau pakai alat. Lalu, semua bahan dimasukkan ke dalam blender.

Setelah halus, jus daun sirsak dituang ke dalam gelas. Tambahkan es batu biar segar, tetapi jika Anda suka. Jika tidak, ya tidak apa-apa.

Green smoothies daun sirsak mengandung zat antioksidan tinggi yang bisa melawan radikal bebas. Radikal bebas bisa memicu berbagai penyakit dalam tubuh Anda.

Demikian antara lain tentang Cara Merebus Daun Sirsak untuk Diabetes. Semoga Anda bisa bebas dari deraan penyakit diabetes atau kencing manis.

Mengubah Pola Makan dengan Rendah Kalori: Diet Ekstrem untuk Menyembuhkan Diabetes

Pengalaman Richard Doughty (59) menyembuhkan sakit diabetes yang dideritanya juga menarik untuk dicoba. Ia mengadopsi cara diet rendah kalori yang diperkenalkan oleh tim peneliti dari Universitas Newcastle. Yakni, hanya makan sebanyak 800 kalori per hari.

Dari 800 kalori itu, 600 kalori di antaranya didapatkan dari makanan pengganti seperti sup dan 200 kalori lainnya dari sayuran hijau. Ditambah minum air putih 3 liter per hari.

Diet yang diperkenalkan oleh tim peneliti Universitas Newcastle ini termasuk diet ekstrem. Sebab, kebutuhan kalori per hari untuk lelaki seharusnya 2.500. Tetapi, ia hanya mengonsumsi 800 kalori. Perbedaannya sangat tinggi.

Logikanya, dengan makanan hanya 800 kalori, penderita akan merasa kelaparan. Lalu, lemak cadangan harus dibakar untuk menghasilkan energi. Cara ini langsung membuat liver dan pankreas tidak lagi tersumbat sehingga tingkat gula darah kembali normal.

Dari hasil uji coba metode diet ini, 11 penderita diabetes tipe 2 bisa bebas dari penyakit diabetes setelah menjalani diet selama 8 minggu. Untuk mencapai kondisi sehat, penderita perlu membuang 1/6 (seperenam) berat badannya untuk menghilangkan lemak di pankreas. Dengan cara itu, produksi insulin akan kembali normal.

Setelah mendapatkan izin dari profesor yang menangani penelitian itu, Richard Doughty akhirnya menjalankan diet diabetes dengan hanya makan 2 sup sayuran hijau per hari. Setelah sehari, kadar glukosanya turun dari 6 mmol/l menjadi 5.9 mmol/l.

Tentu saja rasa lapar dialami Richard. Tetapi, munculnya rasa lapar pertanda diet itu berfungsi dengan baik. Untuk mengatasinya, ia minum air putih yang banyak.

Menu Makan Siang

Untuk makan siang, Richard menyantap sup jamur buatan sendiri yang dicampur dengan bawang, sayuran dan rempah-rempah. Dia juga mengonsumsi suplemen sup ayam sebelum pulang kantor. Walau konsentrasinya tetap terjaga, seringkali dia lantas merasa lelah dan lesu.

“Pola ini berlanjut setiap hari. Saya bereksperimen dengan lebih banyak sup seperti wortel, tomat dan kacang, sayuran panggang, sayuran tumis, sayuran rebus dan casserole, dibumbui dengan bumbu yang tidak pernah saya gunakan sebelumnya, seperti jinten dan paprika,” katanya seperti pernah dilansir oleh health.detik.com.

Dua bulan kemudian sejak memulai diet ekstrem ini, dokter menyatakan dia telah bebas dari penyakit diabetes. Artinya, penyakitnya telah sembuh.

Bagaimana dengan diabetes Anda? Jika ingin melakukan diet ala Richard Doughty, Anda perlu lebih dahulu berkonsultasi dengan dokter Anda.

Intinya, pola makan sangat penting untuk mengatasi diabetes. Anda harus menghindari makanan yang bisa menyebabkan gula darah atau diabetes Anda naik.

Misalnya, nasi beras putih, roti tawar putih, makanan dari tepung terigu, masakan sayuran yang ditambahi garam, keju, mentega, saus dalam jumlah banyak, buah kaleng karena kandungannya banyak gula, makanan digoreng, dsb.

Sekian dan semoga artikel tentang cara merebus daun sirsak untuk diabetes ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *