Connect with us

Herbal

10 Cemilan Sehat untuk Menyembuhkan Sakit Maag Anda

Published

on

ANDA menderita sakit maag? Jangan makan cemilan sembarangan. Anda harus memilih cemilan untuk penderita maag. Maksudnya, cemilan sehat bagi penderita sakit maag. Makanan atau cemilan tidak sehat justru bisa menambah sakit Anda makin bertambah parah.

Ya, memilih cemilan atau makanan sehat sangat penting karena penyakit maag sangat menjengkelkan. Dua jam setelah makan, Anda tiba-tiba merasakan perut kembali perih seperti orang lapar yang perlu segera makan.

Tidak hanya di siang hari, tengah malam pun sering rasa perih di lambung kembali muncul. Terpaksa Anda harus mencari makanan atau cemilan jika tidak ingin rasa perih terus melilit di lambung dan semalaman Anda tidak bisa tidur nyenyak. Rasa perih di lambung pun kian bertambah perih.

Ya, saya bisa bercerita seperti ini karena pernah menderita sakit maag sampai belasan tahun. Berkali-kali periksa dokter dan minum obat resep dokter, tetapi maag belum juga sembuh.

Ke manapun saya harus membawa cemilan untuk penderita maag. Begitu lambung mulai terasa perih, saya makan cemilan yang sudah saya siapkan. Begitu bertahun-tahun saya lakukan. Penyakit maag terasa sembuh setelah mengonsumsi obat maag dari bahan kunyit.

10 Cemilan untuk Penderita Maag yang Bisa Membuat Lambung Anda Sehat

 

cemilan untuk penderita maag

bubur sehat untuk maag (foto obatmaagcair.com)

Selain harus menghindari makanan pantangan, Anda juga perlu mengonsumsi cemilan sehat biar maag Anda tidak kambuh dan rasa perih di lambung tidak sering muncul.

Demikian pula penderita maag akut dan maag kronis. Anda juga perlu sering mengonsumsi cemilan sehat untuk penderita maag kronis biar maag Anda cepat sembuh.

Konsumsi obat maag, baik obat resep dokter atau obat maag herbal, juga sangat penting biar maag segera sembuh. Tetapi, yang sangat penting adalah Anda harus makan teratur. Anda jangan sering makan terlambat atau telat makan.

Dulu, saya kena penyakit maag karena suka telat makan. Makan siang sering pukul 15.00 lebih karena kesibukan kerja. Bahkan, tidak jarang juga makan siang pukul 15.30. Supaya bebas dari penyakit maag, Anda harus makan teratur atau makan tepat waktu.

Baik sarapan pagi, makan siang atau makan malam. Jangan sering terlambat dan jangan sering ditunda-tunda. Jika bisa, makan malam sebelum pukul 20.00. Jika maag Anda masih suka kambuh, coba kurangi porsi makan.

Anda bisa makan lebih dari 3 kali tiap hari dengan porsi kecil. Misalnya, makan tiap tiga jam sekali. Itu lebih baik daripada sehari hanya makan tiga kali tetapi dengan porsi makanan yang banyak.

Lalu, cemilan sehat apa saja yang bisa Anda konsumsi biar sakit maag tidak sering muncul atau kambuh?

1. Makanan/Cemilan Sehat Bertekstur Lembut

Makan atau cemilan bertekstur lembut bisa mengurangi rasa perih di lambung. Apalagi jika penyakit maag Anda sudah kronis. Anda harus mengonsumi makanan bertekstur lembut. Misalnya, bubur, buah pepaya, pisang, oatmeal/sereal, kentang tumbuk (mashed potato). Makanan bertekstur lembut bisa menjadi cemilan untuk penderita maag yang sangat baik dan perlu Anda pilih.

Bubur: dengan mengonsumsi bubur, maka pencernaan bisa memproses makanan yang Anda konsumsi dengan mudah. Makanan bertekstur lembut juga bisa mengurangi rasa perih. Bubur akan terasa lebih nikmat jika Anda menambahkan telur rebus dan kecap manis ditambah kerupuk.

Pepaya: Selain teksturnya lembut, pepaya juga mengandung zat papain yang bisa memperlancar proses pencernaan dan buang air besar.

Pisang: Buah pisang mengandung kalium yang mampu menurunkan kadar keasaman berlebih di dalam lambung. Kadar keasaman berlebih ini merupakan salah satu pemicu sakit maag.

2. Puding Lidah Buaya untuk Penderita Maag

Anda bisa mengonsumsi lidah buaya untuk menyembuhkan maag. Rasa tanaman lidah buaya memang tak lezat (langu). Tetapi jika ingin maag Anda cepat sembuh, ya konsumsi aja cemilan sehat untuk penderita maag yang terbuat dari lidah buaya. Anda bisa mengolahnya menjadi puding yang cukup lezat dinikmati.

Lidah buaya mengandung mukopolisakarida yang bisa Anda gunakan untuk memulihkan radang, meredakan panas dan luka di lambung. Selain untuk lambung, lidah buaya juga bisa digunakan untuk mempercepat pertumbuhan sel-sel baru pada kulit.

3. Es Kelapa Muda Aman bagi Sakit Maag

Konsumsi es kelapa muda juga bisa bermanfaat untuk mencegah sakit maag Anda kambuh. Selain terasa dingin segar, es kelapa muda bisa menurunkan kadar keasaman pada lambung. Ini membuat sakit maag Anda tidak kambuh lagi. Selain itu, es kelapa muda juga bisa menambah energi sehingga Anda bisa tampil lebih sehat dan semangat.

4. Sari Kacang Hijau Memelihara Kinerja Lambung

Sari kacang hijau juga sangat baik untuk memelihara kinerja lambung dan mengatasi gangguan asam lambung berlebih. Selain itu, sari kacang hijau bisa membantu pembentukan lapisan dinding lambung akibat iritasi oleh asam lambung yang berlebih. Fungsi lain dari makanan sehat untuk lambung ini adalah kaya karbohidrat yang dibutuhkan tubuh.

5. Biskuit Jahe, Cemilan Lezat yang Menyembuhkan Maag

Anda juga mamanfaatkan jahe untuk menyembuhkan sakit maag. Banyak penelitian yang menyatakan berbagai kandungan dalam jahe bisa membunuh beberapa virus penyebab terjadinya sakit maag.

Ambil 5 gram rimpang jahe. Setelah dibersihkan, jahe direbus dengan air 3 – 4 gelas. Setelah air mendidih sekitar 30 menit, Anda bisa meminum air rebusan jahe setelah agak dingin. Anda bisa minum sampai lambung Anda terasa nyaman dan rasa perih hilang.

Tetapi, Anda juga bisa membuat biskuit jahe. Tentu saja, bahan-bahannya tidak hanya jahe. Bahan lain adalah garam, soda kue, terigu, jahe, cengkeh, pala, dan kayu manis menjadi satu.

Bahan lain adalah mentega, gula pasir, air, sirup, dan vanili. Semua bahan dimasukkan ke dalam pengocok listrik atau mixer. Ya, cara membuat cemilan dari jahe ini hampir mirip membuat roti.

Anda bisa membuat cemilan untuk penderita maag dalam bentuk biskuit sesuai dengan keinginan. Bisa juga memberikan hiasan menarik sehingga mengundang selera. Ya, biskuit jahe selain bisa menyembuhkan maag, juga lezat dinikmati.

6. Kentang Rebus Bisa Menetralkan Asam Lambung

 

makanan untuk penyakit maag

kentang goreng gurih (foto: female.com)

Makanan kentang juga bisa Anda jadikan cemilan sehat untuk penderita sakit maag. Sebab, kentang mengandung serat dan karbohidrat yang tinggi. Selain itu, kentang mengandung zat anti-inflamasi yang bisa mengurangi peradangan dan meringankan berbagai gejala penyakit perut, termasuk sakit maag.

Bentuk cemilan terserah Anda. Bisa direbus dan langsung dinikmati atau diolah dengan berbagai bentuknya sehingga tampil menarik.

Kentang rebus juga bermanfaat untuk menetralkan asam lambung sehingga Anda bisa bebas dari sakit maag.

7. Cemilan Buah Kurma dengan Rasa Manis Alami

Anda bisa mengonsumsi buah kurma untuk meredakan sakit maag. Rasa manis dalam buah kurma adalah rasa manis alami yang tidak membuat Anda terkena penyakit diabetes. Sebaliknya, konsumsi buah kurma bisa membantu meredakan sakit maag.

Buah kurma juga kaya karbohidrat dan gula alami yang sangat baik untuk kesehatan lambung.

8. Cemilan Brokoli Kaya Kalsium, Sulfur dan Vitamin C

Wortel dan brokoli juga sangat baik Anda jadikan cemilan untuk penderita maag. Bentuk cemilan terserah Anda ingin dibuat dalam bentuk camilan apa. Brokoli kaya akan kalsium, sulfur dan vitamin C sehingga sangat baik untuk penderita maag kronis.

Sulfur berfungsi untuk antioksidan dan pelindung mucosa lambung. Sementara, vitamin C penting untuk memelihara stamina tubuh. Saat penyakit maag meningkat, stamina tubuh biasanya menurun (drop) dan konsumsi vitamin C membantu menjaga kesehatan tubuh Anda.

9. Alpukat Kaya Gizi dan Serat Mengatasi Sakit Lambung

Buah alpukat juga bisa menjadi pilihan untuk cemilan sehat bagi penderita maag. Kandungan gizi dan serat yang tinggi bermanfaat untuk kesehatan lambung. Selain untuk menjaga kesehatan lambung, alpukat juga bisa mengurangi kerusakan hati dan menghentikan vitus hepatitis.

Kandungan alpukat lain adalah lemak cukup tinggi, kaya vitamin A, B, C, B12 dan vitamin B Kompleks, vitamin E dan D. Sebagai buah, tentu kandungan vitamin A lebih banyak dibandingkan dengan kandungan vitamin lain.

Anda bisa mengonsumsi alpukat langsung setelah dikupas kulitnya dan dipotong-potong. Dibuat jus atau diparut dan diminum airnya. Anda pun bisa membuat cemilan sehat lainnya dari bahan utama alpukat.

10. Buah Semangka, Melon, Mentimun….

Masih ada beberapa buah yang bisa Anda konsumsi untuk menyembuhkan sakit maag. Misalnya, semangka, melon, mentimun, dsb. Buah semangka mengandung citrulline asam amino yang bisa menciptakan amonia untuk menjaga tingkat asam dalam tubuh.

Demikian pula dengan buah melon, juga bisa Anda konsumsi untuk meredakan rasa perih yang sering terjadi akibat sakit maag.

Anda bisa memilih makanan dan buah mana yang ingin Anda konsumsi untuk menyembuhkan penyakit maag Anda. Atau mencegah maag Anda kambuh.

Sebagaimana disinggung pada awal artikel ini, makanan atau cemilan yang Anda pilih haruslah cemilan sehat sebagai pendukung untuk penyembuhan sakit maag. Pengobatan utama adalah Anda harus menjauhkan diri dari makanan dan buah penyebab sakit maag.

Antara lain makanan rasa asam dan pedas. Selain itu, juga menjaga pola makan yang sehat. Anda harus makan pada waktunya. Obat maag, termasuk obat herbal maag dan obat tradisional maag, juga bisa membantu penyembuhan sakit maag Anda.

Demikian artikel mengenai 10 cemilan untuk penderita maag, termasuk maag kronis dan maag akut. Anda harus memilih cemilan sehat khusus untuk penderita maag. Semoga artikel ini bermanfaat dan Anda bisa bebas dari sakit maag.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.