Kenali Ciri-ciri Kanker Payudara dan Cara Mencegahnya

Advertisement

PENYAKIT kanker payudara selalu menakutkan bagi wanita. Ada juga lelaki terkena kanker payudara. Tetapi, sangat jarang. Cara terbaik adalah mengenali ciri ciri kanker payudara sehingga Anda bisa melakukan pencegahan sejak dini.

Misalnya, Anda bisa segera melakukan pengobatan. Atau, bahkan melakukan berbagai upaya untuk  mencegah kanker payudara tumbuh menjadi besar dan jaringannya menyebar ke mana-mana.

Dengan mengenali ciri-cirinya, Anda bisa mengecek sendiri apakah payudara Anda sehat atau terdapat tanda-tanda terkena kanker payudara. Anda perlu tahu itu karena penyakit kanker payudara bersifat progresif di mana penyebarannya dalam tubuh Anda berjalan sangat cepat.

Sedikit terlambat, virus kanker telah menyebar ke mana-mana di bagian payudara Anda. Jika Anda ingin periksa dokter, itu juga lebih baik. Tetapi, sesungguhnya Anda bisa melakukan sendiri untuk mendeteksi tanda-tanda awal munculnya kanker payudara.

Anda bisa mengeceknya secara manual. Atau, menggunakan alat khusus untuk deteksi kanker payudara. Contohnya, Breast light alat deteksi kanker payudara. Penggunaan alat ini tidak sulit. Sekalipun Anda orang awam, Anda bisa mengoperasikan alat cek kanker payudara ini dengan mudah.

Harga alat deteksi kanker ini memang agak mahal. Tetapi, manfaatnya sangat besar. Ada baiknya ibu-ibu dalam organisasi yang punya seksi kesehatan memiliki alat ini. Gunanya untuk membantu cek kanker payudara.

Harga alat deteksi kanker di atas adalah Rp 2 juta lebih. Mahal bagi Anda yang berkantung tipis, tetapi murah bagi Anda yang berkantung tebal. Ya, iuran saja sehingga biayanya lebih ringan dan bisa digunakan bersama.

Tetapi, kalau Anda tidak punya dana untuk pembelian alat itu, ya Anda bisa mengenali ciri-ciri kanker payudara secara manual. Ini tidak perlu biaya khusus.

Atau, Anda mencari alat deteksi payudara dengan harga yang lebih murah. Anda bisa membelinya di banyak toko online.

ciri-ciri kanker payudaraAniela McGuinness, bintang film hollywood, pasca operasi payudara (sumber:webplanets.ru)

Cara Melakukan Cek Awal Penyakit Kanker Payudara

Bagaimana melakukan deteksi dini terhadap gejala penyakit kanker payudara?

Pertama: periksa benjolan di dada

Ciri-ciri kanker payudara pertama adalah adanya benjolan di sekitar payudara. Biasanya akan terasa ada sesuatu yang mengganjal. Tidak hanya di area payudara, tetapi juga di area sekitarnya.

Misalnya, benjolan di area ketiak, tulang rusuk, bagian atas tulang rusuk sampai ke bawah. Ya, sel kanker memang bisa menjalar ke mana-mana.

“Jadi, kanker payudara itu tidak hanya ada di payudara. Tetapi, juga di area sekitarnya,” kata Linda Gumelar, ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) belum lama ini.

Kedua: lihat, raba, dan tekan

Bagaimana cara melakukan deteksi kanker payudara secara manual? Mudah saja. Yaitu, lihat, raba, dan tekan. Linda Gumelar menggunakan istilah 3D, yaitu dilihat, diraba, dan ditekan.

Jika ternyata ada benjolan, ya coba ulangi lagi. Jika Anda mencurigai itu adalah tanda-tanda kanker payudara, segera kunjungi dokter. Ke Puskesmas terdekat atau ke dokter Anda. Dokter yang menentukan kepastian dan terapi atau pengobatannya.

Ketiga: Periksa Area Payudara

Jika ternyata benjolan berada di are payudara, coba cek dengan tiga jari Anda. Tekan dan putar searah jarum jam. Apakah benjolan yang Anda curigai itu benar-benar ada atau tidak.

“Periksa juga puting Anda. Jika puting Anda tekan lalu keluar cairan aneh, segera pergi ke dokter,” tambah Linda, seperti dikutip oleh Okezon.

Itulah deteksi awal kanker payudara. Pada stadium 1, besar benjolan kanker adalah 2 cm. Kanker belum menyebar ke mana-mana. Misalnya, ke kelenjar getah bening di bagian ketiak.

Mereka yang Punya Risiko Kena Kanker Payudara

Kanker payudara bisa menyerang siapa saja yang punya risiko terkena penyakit ini, khususnya kaum wanita. Gaya hidup dan lingkungan dicurigai memiliki pengaruh besar terhadap tumbuhnya penyakit ini.

Jika seseorang telah dihinggapi kanker jenis ini, ia harus bergerak cepat untuk penyembuhannya. Sel kanker akan menyerang seluruh jaringan payudara Anda. Antara lain menyerang saluran keluar air susu, sumber penghasil air susu (lobulus), dan jarningan penunjang lainnya.

Ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan seseorang menderita kanker payudara dan Anda harus mewaspadainya. Beberapa faktor risiko itu adalah:

1. Usia 50 tahun atau lebih. Merela mudah terkena kanker payudara karena daya tahan sudah menurun. Tetapi, kini juga banyak wanita usia di bawah 50 tahun yang terkena kanker payudara.

2. Punya keluarga dekat seperti ibu, saudara kandung atau lainnya, yang menderita kanker ovarium atau kanker payudara. Walaupun, kanker payudara bukan penyakit warisan.

3. Pernah ada benjolan jinak di payudara atau pernah didiagnosa sakit kanker payudara. Maka, hati-hati dan perlu melakukan pencegahan sehinga kanker tidak tumbuh subur.

4. Kegemukan atau obesitas. Orang yang berat badannya berlebihan atau gemuk juga punya risiko terkena kanker payudara. Adik ipar saya yang masih usia di bawah 50 tahun juga terkena penyakit kanker payudara karena tubuhnya agak gemuk.

tanda-tanda kanker payudara

Ciri-ciri Kanker Payudara

Berikut ini adalah ciri-ciri atau gejala kanker payudara. Anda perlu mengenalinya supaya bisa segera melakukan pengobatan atau tindakan lain jika Anda terkena penyakit kanker ini.

Ya, biar Anda tidak terlambat untuk mengobati atau mencegahnya. Sebab, kanker payudara, disamping kanker serviks, termasuk penyakit yang mematikan.

1. Benjolan di Payudara

Benjolan di payudara atau sekitarnya tidak selalu terasa sakit. Selain itu, tidak semua benjolan di payudara adalah benjolan sakit kanker. Bisa juga akibat yang lain. Benjolan sangat menonjol saat Anda sedang menstruasi.

Tetapi, dengan mengenali adanya benjolan, Anda bisa segera periksa dokter untuk mengetahui apakah itu sebagai gejala kanker payudara atau benjolan lain. Jika ternyata benjolan sebagai tanda sakit kanker, Anda bisa periksa lebih lanjut untuk pengobatan.

2. Warna Kulit Payudara Berubah

Banyak orang mengira perubahan warna kulit pada payudara itu sebagai infeksi. Oleh karena itu, Anda harus mewaspadai hal ini. Ini adalah tanda-tanda lain dari munculnya kanker payudara.

Yaitu, kulit payudara tampak kemerahan (agak merah), kulit payudara terasa seperti kulit jeruk, permukaan kulit payudara yang terkena kanker berlekuk-lekuk dan terjadi penebalan kulit.
Tentu saja, ada juga penderita yang tidak merasakan adanya tanda-tanda atau cici-ciri ini.

3. Puting Terasa Sakit

Ciri-ciri kanker payudara lainnya adalah puting payudara terasa sakit. Penampakan puting agak beda dari biasanya dan terasa nyeri. Ditambah keluar cairan tidak normal dari puting.

4. Benjolan di Ketiak

Benjolan tak hanya muncul di area payudara, tetapi juga di bawah ketiak. Ini pertanda kanker telah menyebar sampai ke area ketiak. Penyakit kanker sampai bawah ketiak melalui kelenjar getah bening.

Itulah beberapa gejala atau ciri-ciri kanker payudara yang perlu Anda kenali dan waspadai. Dengan cara itu, Anda bisa segera mengambil tindakan saat diketahui adanya gejala awal munculnya kanker payudara.

Misalnya, dengan periksa ke dokter untuk mendapatkan cara mencegah kanker payudara berkembang ke tingkat (stadium) yang lebih berat. Atau, juga mendapatkan pengobatan.

Dengan demikian, Anda bisa menghindarkan diri dari sakit kanker yang lebih besar risikonya. Misalnya, harus melakukan operasi pengangkatan payudara. Jika kondisi ini yang terjadi, waduhh… pengobatannya sangat berat. Ya, benar-benar berat.

Karena begitu berat, sampai seluruh rambut kepala berguguran atau gundul. Itulah yang dialami adik ipar saya yang telah menjalani operasi salah satu payudaranya enam tahun yang lalu.

Cara terbaik adalah mengenali gejala atau ciri-ciri kanker payudara dan melakukan cara mencegah   kanker payudara. Ya, mencegah kanker payudara tumbuh besar adalah sangat penting sehingga Anda bebas dari penderitaan yang sangat berat.

Di antara cara mencegah kanker payudara adalah melaksanakan cara hidup sehat. Ini adalah cara yang terbaik dan sangat penting untuk bebas dari penyakit apa pun, termasuk sakit kanker payudara.

Advertisement