Connect with us

Kanker

Waspadai Kanker Payudara pada Ibu Menyusui, Kenali Cirinya

Published

on

WASPADAI ciri kanker payudara pada ibu menyusui. Kenali cirinya. Kanker payudara merupakan ancaman yang sangat serius bagi kaum wanita. Walau, sesungguhnya kanker payudara juga bisa menyerang kaum pria.

Tetapi, kebanyakan yang dihinggapi penyakit mematikan ini adalah kaum Hawa. Yakni ibu-ibu, termasuk ibu yang sedang menyusui.

Oleh karena itu, jika Bunda menemukan tanda atau ciri kanker payudara, ya sebaiknya Bunda segera periksa ke dokter untuk dilakukan pengecekan, apakah itu benar kanker atau bukan.

Tujuannya, jika tanda atau ciri-ciri yang Bunda temukan adalah kanker, Bunda bisa segera diobati atau disembuhkan. Sebab, kalau penyakit kanker payudara sudah membesar, misalnya sudah menginjak stadium 2, 3 atau 4, pengobatannya sangat berat.

Bunda tidak perlu takut. Justru dengan selalu waspada dan bersikap proaktif, Bunda bisa menghindari akibat yang lebih fatal. Kanker payudara yang tidak segera diobati bisa kemana-mana. Penyakit bisa melebar atau menjalar ke organ lain yang pengobatannya akan lebih sulit lagi.

Dampak ikutannya, ya biaya yang harus Bunda keluarkan untuk pengobatan benar-benar bisa menguras isi kantung. Dari cek laboratorium, operasi, kemo, dsb, dsb. Semua memerlukan biaya yang tidak kecil.

Dari cerita beberapa pasien yang pernah operasi payudara akibat kanker, wahh… penyakit kanker ini benar-benar sangat berat. Berat lahir dan juga berat batin.

Maksudnya, penderitaan akibat penyakit kanker payudara dan biaya pengobatannya benar-benar menyita energi.

Saya punya adik ipar yang telah melakukan operasi payudara. Banyak informasi yang dia sampaikan ke saya. Sungguh, kesabaran yang tinggi sangat diperlukan untuk menghadapi penyakit kanker.

Tidak perlu risau, takut, dan cemas yang berlebihan sehingga membuat Bunda stres berat atau depresi. Hadapi dengan tenang dan berserah diri kepada Allah, Tuhan Yang Esa.

Bahkan, sabar dan tenang juga menjadi kuci sukses menyembuhkan penyakit kanker payudara. Itu diceritakan oleh adik ipar saya yang sudah 8 tahun pasca-operasi payudara.

“Saya harus sabar dan tidak boleh emosi. Apa pun kenyataan hidup yang saya hadapi, saya harus selalu sabar dan menerima adanya.” kata adik ipar saya, Tuti Haryanti suatu saat.

Yang penting Bunda harus berusaha mengobatinya dengan cara yang cepat dan tepat, yaitu melalui pemeriksaan dokter dan laboratorium. Tidak hanya sebelum dan saat operasi, pasca-operasi juga harus selalu bersabar.

Jika mudah emosional, kanker bisa kambuh lagi atau berpindah ke payudara satunya yang belum dioperasi.

ciri kanker payudara pada ibu menyusui

kankerpayudaraobat.com

14 Ciri Kanker Payudara pada Ibu Menyusui

Apa saja ciri kanker payudara pada ibu menyusui dan Anda perlu mengetahuinya? Dengan mengetahui ciri atau tanda sakit kanker payudara, Anda bisa cepat mendapatkan pengobatan untuk menyembuhkannya.

Sesungguhnya tidak ada gejala khusus untuk kanker payudara pada ibu menyusui. Tetapi, pada tahap awal dari munculnya penyakit kanker payudara ini perlu Anda amati ciri-cirinya dengan teliti. Lihat perkembangannya tiap hari.

Untuk memastikan, sekali lagi, segera periksa dokter. Dengan hasil pemeriksaan dokter, Anda bisa segera mendapatkan pengobatan.

Tentu saja, kanker payu dara pada ibu menyusui bukan akibat dari menyusui. Tetapi akibat faktor lain. Hanya kebetulan terjadi saat Bunda pada masa menyusui. Justru menyusui bisa membantu membuat Bunda tak mudah kena kanker payudara.

Berikut ini 14 ciri kanker payudara pada ibu menyusui:

1. Perubahan cepat pada ukuran payudara, entah berubah mengecil atau menjadi lebih besar

2. Perubahan pada bentuk payudara juga berkembang cepat

3. Rasa nyeri dan radang pada ketiak

4, Warna puting mengalami perubahan

5. Ada benjolan di salah satu payudara. Bentuknya sebesar kelereng, keras, tidak terasa sakit dan tidak bisa digeser. Kalau benjolan bisa bergerak, itu bukan kanker. Sebanyak 80% benjolan bukan kanker, tetapi itu terjadi akibat medis lainnya. Misalnya karena kista, perubahan fibrokistik, infeksi bakteri, dan lainnya.

6. Kadangkala muncul rasa nyeri, tetapi sangat jarang

7. Warna kulit berubah dan bertambah tebal seperti kulit jeruk

8. Ada benjolan memerah dan terasa agak hangat.

9. Keluar cairan tanpa ada rangsangan. Artinya, cairan keluar sendiri. Anda meremasnya dan juga tidak menyusui.

10. Terdapat kerutan pada bagian tertentu dari payudara. Anda coba raba, terasa kasar. Warna agak kehitam-hitaman

11. Puting masuk ke dalam. Atau setidaknya sejajar dengan payudara

12. Puting masuk ke dalam atau setidaknya sejajar.

13. Puting susu terasa gatal, bersisik, dan beruam.

14. Terdapat penebalan kulit payudara di bawah ketiak.

Lakukan Cek Rutin Kondisi Payudara Anda

Sebenarnya masih ada beberapa ciri kanker payudara pada ibu menyusui. Tetapi, dengan mencocokkan ciri kanker payudara sebagaimana disebutkan di atas, Anda bisa memastikan diri untuk segera periksa dokter.

Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan, termasuk cek laboratorium sebelum memutuskan untuk melakukan operasi dan serentetan pengobatan dan penyembuhan lainnya, termasuk terapi kemo.

Beberapa pemeriksaan yang diperlukan untuk memastikan bahwa benjolan yang muncul sebagai kanker atau bukan antara lain pemeriksaan ultrasonografi (USG), mamografi, kombinasi pemeriksaan ultrasonografi dan mamografi, MRI atau pencitraan resonansi magnetik, dan biopopsi.

Sebagai langkah preventif (pencegahan), Bunda sebaiknya rajin memeriksa payudara sendiri dengan meraba semua bagian. Jika ditemukan ada benjolan dengan ciri-ciri seperti disebutkan di atas, Bunda bisa segera konsultasi ke dokter. Dengan demikian, tindakan cepat bisa dilakukan dan embrio kanker payudara bisa disembuhkan.

Ada baiknya semua Bunda memeriksakan payudaranya tiga tahun sekali. Kalau tidak, ya Bunda rajin memeriksanya sendiri dengan cara paling mudah, yaitu dengan cara merabanya secara teliti.

ibu menyusui

desprecopii.com

Bolehkah Ibu Terkena Kanker Payudara Tetap Menyusui Bayinya?

Pertanyaannya sekarang, jika ternyata Bunda dinyatakan positif menderita kanker payudara, masih bolehkah ia menyusui buah hatinya? Bagaimana cara menyusui yang aman untuk bayinya?

Menurut dr. Utami Roesli, SpA, pakar laktasi, boleh saja ibu penderita kanker menyusui bayinya. Sebab, kanker mungkin tidak berada pada sel-sel pembuat ASI.

Hanya saja, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Misalnya, Bunda tidak sedang minum obat. Jika Bunda minum obat, maka obat yang diminum akan mengalir dalam darah yang kemudian terlarut ke dalam ASI.

Ini jelas tidak baik. Ada kemungkinan ASI akan membuat si kecil terkena efek obat.

Pengobatan yang tidak berpengaruh pada ASI adalah pengobatan bersifat radiasi dan lumpektomi.

Tetapi, untuk pastinya Bunda sebaiknya konsultasi dengan dokter yang melakukan pemeriksaan. Termasuk mempertimbangkan kondisi fisik Bunda yang terkena kanker. Sebab, kondisi fisik ibu menyusui berbeda-beda sehingga satu dengan lainnya tidak bisa disamakan.

Jika dari hasil pemeriksaan dinyatakan bahwa Bunda masih bisa memberikan ASI kepada si kecil, ya berikan ASI. Misalnya, memberikan ASI dari payudara satunya yang masih sehat.

ASI sangat penting bagi bayi karena akan memberikan kekebalan dari berbagai penyakit, termasuk kebal dari penyakit kanker.

Demikian artikel mengenai 14 ciri kanker payudara pada ibu menyusui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi ibu-ibu khususnya untuk mencegah atau mengobati kanker payudara.

20 Comments

20 Comments

  1. regie redian

    Juni 29, 2017 at 4:53 pm

    Ass .. Dok istri saya sedang menyusui tapi payudara nya terasa sakit dan ada benjolan sbesar klereng rasa nya sakit dan bisa bergeser apakah itu kanker atau tumor

    • sudarto

      Juli 1, 2017 at 7:10 am

      Sebaiknya istri Anda segera diperiksakan ke dokter biar tidak terlambat. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan jika diperlukan, termasuk periksa dilaboratorium. Semoga istri Anda tetap sehat.

  2. ema

    Juli 24, 2017 at 5:15 am

    Dok sy sedang menyusui dan sdh seminggu ini ada benjolan d pyudra kanan atas kdg mengecil kdg sbsar kelereng.kl dipegang keras tp ga brpindah2 kl d pegang,kira2 apa ya dok?mksh

    • sudarto

      Juli 25, 2017 at 3:29 pm

      Benjolan di payudara belum tentu kanker. Perlu pemeriksaan dokter, atau juga perlu pemeriksaan tambahan seperti USG. Benjola bisa karena infeksi, tumor jinak, atau mengarah ke kanker. Ya, sebaiknya Anda periksa ke dokter. Semoga saja bukan kanker payudara.

  3. Lia

    Agustus 3, 2017 at 1:17 pm

    Dok,saya ibu menyusui tetapi payudara yg aktif cuman satu sisi(kiri).utk payudara yg kanan tdk. Puting payudara kanan saya kadang2 terasa gatal dan keluar air susunya.bagian hitamnya kulitnya spt kering.kira2 knp ya dok?

  4. Indayani

    Agustus 4, 2017 at 1:24 am

    Dok sy sedg menyusui n sdh 3 miggu trz di bagian dada kanan dkt keteak sakit n keras tp kerasx bukan se ukuran kelereng n kalo di tekan sakit di tambah lagi bagian putingx ad nanah sprti ukuran jerawat kecil,, apa itu kanker dok??

  5. Novia

    Agustus 10, 2017 at 10:48 am

    Maaf dokter sy sesang menyusui anak sya 15bulan sudah 3hr payudara sebelah kiri atas saya terasa sakit dan ada benjolan sebesar koin rp500 dok..knp ya dok?
    sy harus pergi k puskesmas atau rumah sakit dok? Trimakasih

    • sudarto

      Agustus 10, 2017 at 1:39 pm

      Ya, Mbak Novia. Benjolan pada payudara belum tentu kanker. Bisa kista, karena ketidakstabilan hormon selama siklus menstruasi, dsb.
      Jika kanker, benjolan terasa keras dan ketika ditekan tidak bergeser. Juga jarang terasa sakit. Payudara mengalami perubahan ukuran atau bentuk. Puting susu tertarik ke dalam.
      Untuk memastikan kanker atau lainnya, Mbak Novia sebaiknya segera periksa dokter. Bisa ke Puskesmas atau rumah sakit. Semoga saja bukan kanker. Terima kasih.

  6. Sri hartati

    September 2, 2017 at 11:50 am

    Hlo Dr,sys ibu menyusui byi umur 20 bln br 3 hri sya menemukan benjolan d panyudara bgian kiri bwah td udh k bu bidan desa tp d surh prksa k Dr d RS

    • sudarto

      September 3, 2017 at 10:45 pm

      Ya, Bu. Tidak semua benjolan di payudara itu kanker. Ciri-ciri kanker payudara adalah benjolan keras, tidak nyeri, bila ditekan tidak bergeser.
      Pada kasus lanjut dapat disertai gejala lain seperti perubahan bentuk payudara, kulit cekung, berkerut seperti kulit jeruk, keluar cairan/darah dari puting dan sebagainya.
      Kata Bu Bidan memang betul. Sebaiknya ibu periksa dokter untuk memastikan apakah benjolan itu kanker atau tidak. Moga-moga saja bukan kanker.
      Nanti, dari hasil pemeriksaan dokter akan diketahui apakah Ibu perlu pemeriksaan ke laboratorium. Jangan takut Bu, pemeriksaan dini lebih baik daripada terlambat. Nanti benjolannya menjadi besar.
      Jika Ibu punya kartu BPJS, pakai saja kartu itu. Sekalgi lagi, moga-moga benjolan itu bukan kanker, tetapi karena faktor lain. Terima kasih.

  7. Ati siti l

    September 6, 2017 at 1:38 pm

    Saya lg menyusui ada benjolan kecil tp tidak sebesar kelereng d bagian bwah ketiak truz saya menyusui hnya payudara sblah kiri yg kanan kecil dan berkerut apakah itu kanker payudara

    • hidupsehat

      September 19, 2017 at 2:22 pm

      Terima kasih Ibu Ati Siti atas pertanyaannya. Seperti jawaban kepada yang lain atas pertanyaan yang senada, bahwa tidak semua benjolan di payudara itu kanker.
      Ciri-ciri kanker payudara adalah benjolan keras, tidak nyeri, bila ditekan tidak bergeser.
      Pada kasus lanjut dapat disertai gejala lain seperti perubahan bentuk payudara, kulit cekung, berkerut seperti kulit jeruk, keluar cairan/darah dari puting dan sebagainya.
      Sebaiknya Ibu periksa dokter untuk memastikan apakah benjolan itu kanker atau tidak. Moga-moga saja bukan kanker.
      Nanti, dari hasil pemeriksaan dokter akan diketahui apakah Ibu perlu pemeriksaan ke laboratorium. Jangan takut Bu, pemeriksaan dini lebih baik daripada terlambat. Nanti benjolannya menjadi besar.
      Jika Ibu punya kartu BPJS, pakai saja kartu itu. Sekali lagi, moga-moga benjolan itu bukan kanker, tetapi karena faktor lain. Terima kasih.

  8. Roudlotul jannah

    September 12, 2017 at 3:59 pm

    Dok saya mau tanya,,beberp hari ini d daerah sekitar puting,,terdpat. Benjolann,,tp benjolannya tidak bulat,,tp memanjang seperti urat nadi,saya ibunmenyusui dok,,umur anak saya batu satu thn,,apakah itu bisa d katakan kanker

    • hidupsehat

      September 19, 2017 at 2:26 pm

      Terima kasih Ibu Roudlotul Jannah atas pertanyaannya. Seperti jawaban saya kepada yang lain atas pertanyaan yang senada, bahwa tidak semua benjolan di payudara itu kanker.
      Ciri-ciri kanker payudara adalah benjolan keras, tidak nyeri, bila ditekan tidak bergeser.
      Pada kasus lanjut dapat disertai gejala lain seperti perubahan bentuk payudara, kulit cekung, berkerut seperti kulit jeruk, keluar cairan/darah dari puting dan sebagainya.
      Sebaiknya Ibu periksa dokter untuk memastikan apakah benjolan itu kanker atau tidak. Moga-moga saja bukan kanker.
      Nanti, dari hasil pemeriksaan dokter akan diketahui apakah Ibu perlu pemeriksaan ke laboratorium. Jangan takut Bu, pemeriksaan dini lebih baik daripada terlambat. Nanti benjolannya menjadi besar.
      Jika Ibu punya kartu BPJS, pakai saja kartu itu. Sekali lagi, moga-moga benjolan itu bukan kanker, tetapi karena faktor lain. Terima kasih.

  9. iis

    September 17, 2017 at 12:27 pm

    Assalamualaikum
    Saya mau nanya…
    Kmrn siang setelah saya menyusui anak saya yg berumur 4 bulan ko tiba2 ada benjolan yaa
    Itu kenapa yaaa

    • hidupsehat

      September 19, 2017 at 2:15 pm

      Ibu Iis, Wassalamu’alaikum. Terima kasih atas pertanyaannya. Seperti jawaban kepada penanya lain, tidak semua benjolan di payudara itu kanker.
      Ciri-ciri kanker payudara adalah benjolan keras, tidak nyeri, bila ditekan tidak bergeser.
      Pada kasus lanjut dapat disertai gejala lain seperti perubahan bentuk payudara, kulit cekung, berkerut seperti kulit jeruk, keluar cairan/darah dari puting dan sebagainya.
      Untuk memastikan apakah benjolan itu penyakit, sebaiknya ibu periksa dokter untuk memastikan apakah benjolan itu kanker atau tidak. Moga-moga saja bukan kanker.
      Nanti, dari hasil pemeriksaan dokter akan diketahui apakah Ibu perlu pemeriksaan ke laboratorium. Jangan takut Bu, pemeriksaan dini lebih baik daripada terlambat. Nanti benjolannya menjadi besar.
      Jika Ibu punya kartu BPJS, pakai saja kartu itu. Sekali lagi, moga-moga benjolan itu bukan kanker, tetapi karena faktor lain. Terima kasih.

  10. lina

    September 24, 2017 at 1:54 pm

    Assalamualaikum.dok mau tanya.saya masih menyusui anak saya umur 9 bln.di payudara sebelah kiri saya terdapat benjolan kalo di tekan tidak bergeser.apakah itu tumor.bolehkah saya menyusi

  11. Nurlaela

    Oktober 7, 2017 at 8:44 pm

    Assalamualaikum dok. Saya ibu menyusui, anak saya baru berumur 20 hari. 2hari yg lalu saya tidak sengaja merabah payudara dalam keadaan baring tiba-tiba saya merasa memegang benjolan dibagian tengah payudara(ada diantara payudara kanan dan kiri) awalnya tidak ada rasa sakit sebelum mengetahuinya tp kok setelah saya tau ada benjolan malah jadi sakit klo di pencet, kadang terasa nyeri sampai ke belakang tp tdk ada tanda-tanda kulit jeruk, puting rata dengan kulit atau masuk kedalam,tdk ada cairan yang keluar, cm air susu klo di pencet,benjolannya sebesar kelereng tdk bergerak klo di pencet,Kadang saya merasa sesak klo lg sakit/nyeri .Beberapa tahun sebelum menikah saya pernah mengalami sakit pada bagian ketiak dan payudara kiri, saya periksakan ke dokter katanya ini cuma kelenjar jadi saya tidak periksakan lebih lanjut, waktu itu saya mengkonsumsi daun sirsak sekitar beberapa bulan dan alhamdulillah sakitnya tdk terasa lg tp kadang2 sekarang muncul lg sakitnya aplg klo lg cape(cuci manual pakaian). Pertanyaan saya apakah masih bs menyusui dan apa mungkin benjolan itu kanker? Tlg infonya dok terima kasih

    • hidupsehat

      Oktober 8, 2017 at 3:47 am

      Wa’alaikumsalam, Bunda. Benjolan di tengah dua payudara seperti Bunda kemukakan moga-moga bukan kanker dan bukan suatu penyakit yang serius. Tetapi, bisa juga akibat infeksi. Tentu saja, untuk memastikannya, Bunda perlu periksa dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik sehingga bisa segera dilakukan terapi.
      Bunda tetap bisa menyusui bayi Anda dan tetap sehat. Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

  12. Ilya

    Oktober 9, 2017 at 3:01 am

    Assalamu’alaikum dokter, saya ibu menyusui anak saya baru umur 2,5bulan, umur saya 30th, di ujung puting ada bercak putih seperti nanah, setiap kali saya menyusui terasa sakit, kira-kira itu apa ya dok?
    Terimakasih

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.