Pilih Makanan Terbaik untuk Sukses Jalani Diet Asam Urat

Posted on

DIET adalah cara terbaik untuk menyembuhkan atau menghindari penyakit asam urat. Selama diet, Anda hanya perlu memperbanyak konsumsi makanan terbaik untuk penderita asam urat.

Sebaliknya, Anda harus menghindari makanan yang mengandung banyak zat purin yang menyebabkan terjadinya banyak asam urat di berbagai sendi bagian kaki. Ini adalah makanan pantangan bagi penderita asam urat (gout artrithis).

Penyakit asam urat sangat menyiksa. Anda akan merasakan rasa nyeri yang amat sangat. Bahkan, terkadang disertai bengkak dan tampak kemerah-merahan di daerah sekitar sendi.

Ini sering menyebabkan sakit yang tidak tertahankan karena nyeri yang sangat tinggi. Akibatnya, Anda tidak bisa pergi ke mana-mana saat sakit Anda kambuh. Anda hanya bisa tiduran di tempat tidur atau bersandar di kursi.

Diet asam urat adalah cara terbaik untuk menghindari terjadinya sakit asam urat.

Penyebab Penyakit Asam Urat

diet asam urat(sumber:littleredmillinery.com)

Penyebab asam urat adalah konsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi. Jika Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi, tubuh Anda akan menghasilkan banyak asam urat.

Tingginya zat asam urat membuat ginjal dan saluran pencernaan tak mampu menampungnya. Sebagian besar zat asam urat diproses melalui ginjal dengan limbahnya berupa urin. Sebagian kecil diproses melalui saluran pencernaan dengan limbahnya berupa tinja.

Zat asam urat yang tidak terproses oleh ginjal dan pencernaan akhirnya mengalir ke sendi-sendi. Setelah menumpuk banyak, maka terjadilah kristal tajam yang menusuk-nusuk hingga Anda merasa nyeri di sendi, khususnya sendi di jempol kaki.

Itulah proses terjadinya penyakit asam urat. Ada juga penyebab penyakit asam urat lain seperti keturunan karena ada keluarga yang punya penyakit yang sama.

Apa pun penyebab dari asam urat, yang lebih penting adalah pencegahannya. Yaitu, seberapa besar diet asam urat yang Anda lakukan untuk mencegah penyakit asam urat kembali kambuh.

Perbanyak Makanan Rendah Purin

Salah satu cara terbaik untuk menghindari sakit asam urat adalah mengonsumsi makanan untuk penderita asam urat. Di antaranya mengonsumsi buah-buahan yang tidak mengandung banyak purin atau rendah purin. Misalnya, buah jeruk, melon, dan apel.

Beberapa sayuran rendah purin seperti sayuran hijau, wortel, dan tomat, juga layak untuk diperbanyak dalam program diet asam urat ini.

Air mineral atau air putih juga bagus untuk mencegah timbulnya asam urat. Anda bisa mengonsumsi air putih minimal 2 liter perhari. Air putih bisa meluruhkan atau melarutkan kadar asam urat. Kentang dan beras merah juga bagus untuk Anda konsumsi.

Makanan rendah lemak lainnya yang bisa Anda konsumsi adalah susu dan yoghurt.

Selain memperhatikan makanan pantangan asam urat dan makanan untuk penderita asam urat, Anda juga perlu menjaga berat badan Anda. Maksudnya, berat badan Anda tidak boleh berlebihan atau terlalu gemuk.

Mengapa? Karena kegemukan atau obesitas juga sebagai faktor risiko timbulnya asam urat. Anda bisa menurunkan berat badan dengan olahraga dan mengurangi asupan tinggi lemak.

obat alami asam urat aduuhhh.. nyerinya bukan main (surat:flecfreeclinic.com)

Hindari Makanan Pantangan Asam Urat dengan Purin Tinggi

Tentu saja, sebagai kebalikan dari anjuran di atas adalah larangan mengonsumsi makanan dan buah yang mengandung purin tinggi. Sebab, ini adalah salah satu penyebab terjadinya penyakit asam urat yang Anda derita.

Saat penyakit asam urat Anda kambuh, Anda sebaiknya menghindari konsumsi makanan dan minuman penyebab sakit asam urat. Ini adalah makanan pantangan asam urat.

Saat penyakit asam urat Anda sudah sembuh, Anda boleh mengonsumsi makanan penyebab asam urat tetapi dalam jumlah sedikit. Selain itu, juga tidak terlalu sering.

Ya, diet asam urat harus dilakukan saat asam urat kambuh atau sudah sembuh. Tujuannya supaya asam urat Anda selalu terkendali sehingga tidak kambuh lagi.

Tetapi, untuk makanan atau buah dengan kadar purin tinggi, ya sebaiknya Anda hindari. Kesehatan Anda lebih penting daripada sekadar ingin menikmati buah atau makanan yang mengandung zat purin tinggi.

Di antara makanan pantangan asam urat dengan zat purin sangat tinggi adalah kafein coklat (2300), limpa domba/kambing (773), hati sapi (554), dan ikan sarden (480).

Mengapa? Ya, karena kerugiannya lebih besar daripada keuntungannya. Daripada Anda menderita sakit setelah mengonsumsi makanan larangan, ya lebih baik tetap sehat dengan tanpa mengonsumsi makanan atau minuman itu.

Makanan yang harus Anda hindari atau batasi konsumsinya adalah:

1. Daging merah, misalnya, daging sapi, daging kambing dan daging bebek.

2. Jeroan, misalnya, hati, otak, ginjal, dan jantung.

3. Jenis ikan, misalnya, sarden, tuna, dan makarel, kepiting, udang

5. Makanan manis dan minuman ringan yang tinggi kadar gula atau fruktosanya. Misalnya, sirup jagung fruktosa tinggi dan gula pasir.

6. Makanan mengandung ragi seperti roti, tape.

7. Minuman keras, terutama bir.

8. Sayuran, misalnya, bayam, jamur, kembang kol, kacang polong, kacang panjang, dan kacang merah, kacang kering dan kacang polong.

Asam Urat Tinggi Bisa Sebabkan Komplikasi

bayu ginjaladuhh.. sakitnya kena batu ginjal….

Penyakit asam urat tinggi bisa menyebabkan komplikasi. Misalnya timbul penyakit jantung, stroke, darah tinggi, bahkan ginjal seperti batu ginjal.

Makanan dengan tinggi serat bisa membuat kadar asam urat dalam darah turun. Sebab, serat bisa menyerap asam urat dalam aliran darah dan mengeluarkannya melalui ginjal.

Tetapi, ini tidak berarti Anda harus mengonsumsi banyak makanan berserat. Tujuannya hanya Anda harus menghindari makanan banyak serat.

Minyak Zaitun

Penggunaan mentega atau minyak nabati bisa diganti oleh minyak zaitun cold pressed. Minyak yang telah digunakan akan cepat berubah menjadi bau tengik.

Vitamin E dalam tubuh bisa hancur akibat konsumsi makanan olahan menggunakan minyak yang tengik. Padahal, vitamin E sangat diperlukan untuk mengontrol dan mengurangi kadar asam urat Anda.

Minum Air Putih:

Anda sebaiknya memperbanyak minuman air putih untuk menurunkan kadar asam urat Anda. Setidaknya 3 1/2 liter setiap hari. Air putih akan memperlancar kerja ginjal untuk mengeluarkan segala kotoran dari zat asam urat.

Mengonsumsi Obat Herbal Asam Urat

Anda bisa mengonsumsi obat herbal asam urat, baik sebagai pengobatan maupun pencegahan. Obat herbal bisa membantu karena terdiri dari obat alami yang diolah lebih baik dengan metode yang lebih canggih. Apalagi, pembuatannya dilakukan di pabrik besar dengan teknologi maju.

Obat herbal untuk asam urat yang bisa Anda pilih, misalnya, Asam Urat Herbal Obat Herbal Asam Urat Alami, Obat Herbal Godong Ijo Kapsul Pegalinu dan Asam Urat, Obat Herbal Asam Urat Menyembuhkan Dan Mengobati Asam Urat, Tiens Paket Obat Herbal Asam Urat Teh Hijau + Calcium + Glucosamin, dsb. Lebih lengkap tentang obat herbal asam urat di sini.

Demikian artikel mengenai Pilih Makanan Terbaik untuk Sukses Jalani Diet Asam Urat. Semoga artikel mengenai diet asam urat ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *