Diet Kentang, Cara Efektif Menurunkan Berat Badan dan Hipertensi

Posted on

DIET kentang atau mengonsumsi kentang bisa menjadi solusi terbaik untuk hidup sehat. Misalnya, diet kentang untuk menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah tinggi, diabetes, dsb. Tetapi, jangan mengonsumsi kentang goreng.

Mengapa? Sebab, kentang goreng termasuk makanan yang tidak sehat, terutama bagi Anda yang sudah punya penyakit khusus, seperti obesitas (kegemukan), hipertensi (darah tinggi), kolesterol tinggi, diabetes, dsb.

Jadi, bukan kentangnya yang kurang atau tidak sehat. Melainkan cara mengolahnya yang menyebabkan makanan kentang tidak sehat. Yaitu, menggunakan minyak goreng yang mengandung lemak jenuh.

Lalu, bagaimana mengolah kentang yang baik dan benar sehingga kentang bisa menjadi makanan sehat yang bisa membantu membuat tubuh Anda sehat? Ya, di antaranya dengan dipanggang atau direbus.

salad kentangsalad kentang (sumber:vemale.com)

6 Manfaat Kentang untuk Kesehatan Anda

Kentang termasuk makanan sehat. Ia mengandung banyak nutrisi. Sangat baik untuk dikonsumsi karena akan membuat Anda sehat. Misalnya, untuk menurunkan berat badan.

Sebab, kentang mengandung vitamin B6, serat yang tinggi, dan karbohidrat sebagai pengganti nasi. Dengan demikian, sangat baik Anda jadikan kentang untuk diet, terutama diet obesitas atau kegemukan.

Hanya saja, jangan dikonsumsi dalam bentuk kentang goreng. Ini justru membuat hasil yang sebaliknya. Yaitu, konsumsi kentang bisa menambah berat badan atau gemuk. Bisa meningkatkan tensi darah.

Bahkan, berdasarkan penelitian, konsumsi kentang sehari dua kali juga tetap sehat. Tidak membuat berat badan bertambah. Justru darah tinggi bisa turun dengan konsumsi kentang.

Syaratnya, kentang tidak digoreng dan tidak ditambahi krim keju.

Dengan berbagai zat yang dikandungnya, kentang juga bisa membuat pertahanan tubuh Anda makin baik untuk melawan berbagai penyakit.

Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menjadikan kentang sebagai penurun berat badan:

1. Mengendalikan nafsu makan

Kentang mampu memasok serat yang tinggi sehingga bisa membuat Anda cepat kenyang. Anda tidak sebentar-sebentar ingin makan. Atau, kalau makan seolah tak ingin berhenti. Inginnya terus makan dan terus.

Dengan serat pangan yang ada pada kentang akan membuat Anda tetap kenyang dalam waktu yang lebih lama. Intinya, membuat Anda tak cepat merasa lapar dan ingin makan lagi. Makan dan makan lagi akan membuat Anda kegemukan (obesitas).

Dengan kandungan serat yang tinggi, kentang sangat baik untuk Anda jadikan cara untuk menurunkan kegemukan atau berat badan.

2. Membuat nutrisi jadi energi

Seperti disebutkan di atas, kentang itu kaya dengan kandungan vitamin B6. Fungsi vitamin ini adalah memecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino sebagai bahan bakar energi tubuh.

Dengan karbohidrat yang dikandungnya, kentang membuat Anda tidak mudah atau tidak cepat lapar. Ini membuat konsumsi makanan berkurang dibandingkan sebelumnya. Yakni, sebelum melakukan diet kentang. Kentang panggan bisa menyerap lemak lebih banyak dan mengeluarkannya melalui kotoran.

3. Menurunkan Darah Tinggi

Anda bisa mengonsumsi kentang untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi Anda. Ini bisa terjadi karena kentang mengandung zat kukormin yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tetapi, sayaratnya jangan dikonsumsi dalam bentuk kentang goreng.

4. Melindungi Jantung

Konsumsi kentang juga bisa membuat jantung Anda tetap sehat. Sebab, kentang mengandung sejumlah besar flavonoid yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah Anda. Dengan demikian, konsumsi kentang bisa membuat saluran arteri Anda bersih dari lemak yang bisa menyebabkan sakit jantung jika Anda suka mengonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol tinggi.

5. Melancarkan sistem pencernaan

Kentang dengan kandungan seratnya bisa memperlancar hajat besar Anda sehingga tidak terjadi sembelit. Dengan sendirinya hal ini akan membuat tubuh Anda tetap sehat. Selain itu, kentang bisa menambah energi untuk Anda sehingga bisa bekerja lebih produktif dan berolahraga.

6. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Diet kentang juga mampu meningkatkan fungsi otak. Anda bisa berpikir lebih dan mampu berkonsentrasi dengan baik sehingga kerja otak bisa maksimal. Ini tidak lain karena kentang mengandung glukosa seimbang, vitamin B kompleks, asam amino dan smega 3.

Demikian antara lain manfaat atau khasiat diet kentang. Kentang bahkan bisa untuk menghilangkan jerawat, mengatasi bengkak di sekitar mata, membentuk dan membangun sel baru, mengurangi risiko batu ginjal, menyehatkan tulang, dsb.

Jangan Buang Kulit Kentang dan Jangan Digoreng

Bagaimana cara memasak kentang dengan baik sehingga bisa menjadi makanan yang sehat?

Saat memasak kentang, Anda sebaiknya tidak mengupas kulitnya. Cukup dicuci saja. Mengapa? Karena nutrisi kentang terbanyak ada pada kulitnya.

Jadi, sayang kan kalau kulit kentang Anda kupas dan Anda buang. Selain itu, cara terbaik memasak kentang adalah dioven sehingga warnya menjadi cokelat dan kering.

Adapun kandungan nutrisi kentang adalah:

– 164 kaloti

– 37 gr karbohidrat

– 4,3 gr protein

– 0,2 gr lemak

– 4,7 gr serat pangan

– 0 kolesterol

Kentang mampu memenuhi kebutuhan tubuh Anda untuk:

– 2% kebutuhan kalsium per hari

– 51 % vitamin C

– 9 % zat besi

– 30 % vitamin B6

– 12 % mangesium

– 25 kebutuhan kalium

Bagaimana dengan kandungan garam?

Sangat kecil, yaitu 13 gram atau tidak ada 1 % dari asupan garam per hari yang dianjurkan. Tetapi, jika kentang digoreng seperti dijajakan dalam bentuk makanan ringan, wooww.. kandungan garamnya bisa sangat tinggi.

Anda yang punya penyakit khusus seperti hipertensi, kolesterol, jantung, jangan mengonsumsi kentang goreng. Bahaya…. !!! Yang dianjurkan adalah mengonsumsi kentang rebus, kentang kukus, kentang oven, dsb.

Demikian artikel mengenai diet kentang. Ternyata, manfaat kentang sangat besar untuk kesehatan. Selayaknya Anda memberi perhatian terhadap konsumsi kentang untuk membuat tubuh Anda selalu sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *